Pilih nama domain sendiri jauh lebih bagus

pilih nama domain sendiri
Membuat blog blogspot atau blog di blogger itu gratis dan mudah. Gratis hosting, tidak perlu pula beli nama domain, cukup gunakan sub domain blogspot yang gratis. Padahal ada opsi gunakan custom domain atau nama domain sendiri. Lalu yang mana lebih baik, pilih nama domain sendiri atau sub domain blogspot.

Artikel ini mencoba memberi pandangan kepada anda agar anda bisa menentukan yang mana lebih baik anda pilih antara pilih nama domain sendiri dan tetap pakai sub domain blogspot.

Sekedar masukan pakai yang gratis itu sebenarnya tidak benar-benar gratis, karena pada kenyataannya kita hanya pinjam, pinjam dari blogger.com. Lalu karena pinjam maka akan mudah pula diambil kembali oleh sang empunya apabila kita melakukan pelanggaran.

Kemudian bila mana blog yang kita kelola sudah menjadi besar lalu terkenal, dan kita masih pakai sub domain yang gratis, maka kita masuk dalam perangkap zona nyaman. Kita akan sungkan keluar dari area tersebut. Dan selamanya kita tetap tergantung sama blogger.com. Manfaat dari blog yang sudah kita bangun hingga menjadi besar tidak bisa didapat secara maksimal.

Sampai alinea diatas mungkin anda bingung apa yang sedang saya bicarakan. Maksud saya pada saat membuat blog anda akan dipersilahkan pilih nama blog. Nama blog itu adalah kata yang diikuti “blogspot.com”, bisa pula disebut subdomain dari blogspot.com.

Misalnya blog anda pada awalnya bernama “carabisnisonline.blogspot.co.id”, dan setelah menjadi cukup dikenal dan anda tetap tidak harus bayar sedikitpun selamanya, maka amda terlena dan tidak pernah anda ganti dengan nama domain sendiri.

Apakah menurut anda blog tentang bisnis online anda sebaiknya tetap menggunakan carabisnisonline.blogspot.co.id tersebut karena ia gratis atau segera berganti menggunakan nama domain carabisnisonline.com misalnya, meskipun anda harus bayar Rp.150.000,- per tahun.

Mengapa pilih nama domain sendiri jauh lebih baik

Beberapa poin berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan apakah sebaiknya pilih nama domain sendiri (custom domain) atau sub domain gratis.

1. Gratis selalu tidak akan lebih bagus dari yang bayar

Anda mungkin pernah menggunakan template blog versi gratis. Template gratis biasanya tidak memuat fitur-fitur tertentu dan sengaja dibuat agar anda melihat kekurangan yang nyata, yang mendorong anda menjadi berniat menggunakan template versi berbayar yang harus anda beli, karena versi berbayar lebih bagus. Ini sering terjadi untuk theme wordpress.org.

Itu adalah teknik pemasaran produk dan banyak dilakukan oleh marketer baik dalam bisnis online maupun offline.

Lalu apa hubungannya template gratis dengan nama domain gratis yang menjadi tofik bahasan kita ?. Tidak ada. Kecuali anda harus yakin bahwa yang bayar jauh lebih bagus dari yang gratis. Karena kalau bagus mana mungkin dikasih gratis.

2. Nama domain sendiri bisa digunakan untuk website anda yang hosting dimanapun

Nama subdomain blogspot yang gratis tersebut hanya bisa anda gunakan pada blog yang hosting di blogger.com. Anda tidak bisa gunakan untuk blog yang hosting di tempat lain. Begitu juga dengan nama sub domain wordpress.com.

Bandingkan kalau blog blospot anda menggunakan nama domain sendiri, seandainya anda berniat pindah membuat blog berbayar seperti wordpress.org, maka dengan mudah nama domain tersebut yang semula anda pakai untuk blog blogspot dan sudah cukup populer bisa anda gunakan untuk blog/website wordpress.org baru anda.

Website wordpress anda akan mendapatkan keuntungan karena menggunakan nama domain yang sudah anda besarkan tersebut.

Artikel terkait:
Cara bikin website
Cara membuat blog gratis

3.Pilih nama domain sendiri lebih bergengsi ketimbang subdomain blogspot.com

Anda pasti sepakat dengan saya bahwa semua website kenamaan didunia ini menggunakan nama domain sendiri, kalaupun blog blogspot setidaknya pakai custom domain. Mengapa demikian ?. Karena lebih terlihat profesional ketimbang sub domain blogspot.com atau sub domain blog/website manapun yang kesannya menumpang.

Banyak juga blog gratis yang masih pakai subdomain blogspot.com yang juga cukup terkenal di Indonesia ini.  Dan mereka tetap setia menggunakan domain gratis tersebut. Tapi percayalah tetap pakai sub domain blogspot adalah pilihan yang salah, bahkan dari sejak awal buat blog akan lebih baik pilih nama domain sendiri atau dalam blogspot disebut custom domain.

Meskipun dari sisi teknik SEO on page hampir tidak ada kelebihan pakai nama domain sendiri, Saya menyarankan kalau anda membuat blog blogspot dengan pertimbangan bukan semata-mata dari sisi SEO, sebaiknya segera menggunakan nama domain sendiri dari sejak awal. Tidak mengapa anda keluar uang setiap tahun untuk memperpanjang nama domain. Ada keuntungan yang benar-benar nyata menggunakan nama domain sendiri ketimbang domain gratisan blogspot.

Mengenai cara mengganti nama domain blogspot dengan nama domain sendiri (custom domain) sangat mudah, sudah banyak blogger yang menuliskan panduannya, salah satunya adalah artikel cara ganti blogspot.com dengan custom domain oleh blog sugeng.id.

4. Terakhir pilih nama domain sendiri bertujuan agar lebih bisa meyakinkan pengunjung
Untuk memiliki nama domain sendiri minimal kita seringkali harus memberikan data pribadi kita sesuai Kartu Tanda Penduduk, meskipun tidak harus menyertakan scan KTP.  Bahkan untuk pendaftaran nama domain ekstensi tertentu persyaratannya lebih sulit dan ini sekaligus berdampak pada upaya peningkatan tingkat kepercayaan pengunjung internet lebih efektif.

Mengetahui kepemilikan nama domain ini juga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan pengunjung agar tidak mudah tertipu belanja di toko online.

Jadi setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan diatas yang nyata pilih nama domain sendiri adalah pilihan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *