Cara mendatangkan pengunjung melakukan konversi menjadi konsumen

cara mendatangkan pengunjung melakukan konversi jadi pembeli
Anda telah berhasil mendatangkan banyak pengunjung ke website anda namun konversi yang terjadi kecil sekali. Anda telah bisa menampilkan website atau blog anda di halaman pertama google untuk keyword target anda, namun pengunjung yang datang melalui keyword tersebut sedikit sekali.  Untuk itu anda perlu mengetahui cara mendatangkan pengunjung melakukan konversi menjadi konsumen bisnis anda.

Namun demikian yang terpenting dari semuanya adalah selain produk hendaklah berkualitas dan dibutuhkan konsumen anda harus memastikan harga jual produk atau jasa anda realistis dan mampu bersaing di pasar yang kian kompetitif ini. Tentang bagaimana menetapkan harga jual produk jasa silahkan anda klik bagaimana saya menetapkan harga jual produk jasa.

Cara mendatangkan pengunjung melakukan konversi

Berikut ini apa yang perlu anda lakukan untuk membuat website anda efektif sebagai media bisnis sehingga pengunjung yang datang melakukan konversi yang anda harapkan.

1. Buat website dengan nama domain dan judul yang tepat

Ini mendasar sekali. Membangun bisnis online sendiri yang sukses dimulai dari pemilihan nama domain yang tepat. Salah pilih akan menghambat perkembangan bisnis anda. Atau setidaknya melalui nama domain yang tepat bisa membentuk image positif terhadap bisnis anda.

Anda bisnis jasa konsultan bisnis offline, yang mendampingi pelaku usaha kecil tetapi nama domain anda konsultanbisnisonline.com misalnya. Maka pencari informasi di google akan lebih mungkin klik website dengan nama domain misalnya: konsultanbisnis.com atau konsultanbisniskecil.com ketimbang nama domain anda. Kecuali website anda bisa tampil di peringkat paling atas untuk keyword yang mereka ketik.

2. Gunakan desain website yang bagus, indah, simpel dan menarik

Desain yang terlihat bagus mengesankan website anda professional. Tidak mengapa anda keluar uang sedikit lebih banyak untuk membeli sebuah theme yang sangat bagus.

Sama halnya dengan berpakaian atau berkendaraan. Pakaian yang pantas dan kendaraan yang berkelas akan membentuk imaje anda sebagai seorang sukses, karenanya anda terlihat lebih meyakinkan orang. Begitu pula dengan tampilan website anda.

Namun demikian tampilan yang bagus itu tidak harus memiliki aksesoris yang berlebihan. Anda harus membuat website anda terlihat simple tidak memuat berbagai aksesoris, yang malah akan membuat pengunjung melihat banyak pilihan untuk diklik,  lalu mereka akan bingung, dan akhirnya klik link yang tidak mengarahkan mereka untuk melakukan konversi menjadi konsumen anda.

Anda bisa lihat website kelas atas yang punya reputasi dunia semuanya tampil simple, tidak dipenuhi widget yang tidak penting.

Tujuan utama memilik tampilan sederhana adalah agar website  anda memiliki sedikit mungkin pilihan untuk diklik, sehingga link manapun yang pengunjung klik akan mengarahkan mereka melakukan apa yang anda harapkan.

3. Judul website atau blog harus memuat keyword utama anda

Website anda sudah menggunakan nama domain yang sesuai dengan bisnis anda, sudah pula memakai theme bagus. Selanjutnya adalah membuat judul yang tepat. Apa yang dilihat pengunjung selain nama domain adalah judul, judul yang menjelaskan lebih baik dan mengundang klik pengunjung.

Buat judul website anda memuat keyword utama yang anda targetkan. Bikin judul tersebut bisa menjelaskan secara singkat tentang apa yang anda tawarkan kepada pengunjung. Selain menjelaskan buat pula judul yang attraktif namun jangan belebihan. Batasi panjang karakter dalam judul agar semuanya bisa tampil di halaman SERP Google atau tidak terpotong.

4. Tulis artikel yang relevan dengan tema website anda

Artikel yang relevan dengan tema website anda sangat penting karena ia membentuk sebuah rangkaian yang saling terhubung dan disukai google. Lagi pula kalau anda meulis artikel di website anda dengan tofik seputar tema website anda maka anda terlhat sebagai seoang ahli di bidang tersebut.

Website anda bisa menjadi otoritas dimana pengunjung akan selalu mencari informasi dan panduan yang relevan di website anda, lalu anda akan memiliki pengunjung setia. Jumlah pengunjung setia yang banyak bisa membentuk sebuah komunitas yang anda adalah titik sentralnya.

5. Konsisten dan buat pengunjung selalu mempercayai anda

Selalu konsisten maksudnya adalah anda harus berusaha hanya dan secara rutin menerbitkan artikel seputar tema blog atau website anda. Jangan pernah menulis artikel yang tidak relevan.

Kendalanya barangkali anda akan sering direpotkan dengan urusan menerbitkan artikel yang berkualitas dan relevan. Karena itu dari awal anda harus merencanakan setiap berapa hari anda menerbitkan 1 artikel. Tidak berguna anda menerbitkan 60 artikel dalam 2 bulan pertama, lalu 4 artikel pada bulan berikutnya, kemudian merosot lagi menjadi hanya 2 setiap bulannya.

Setelah anda berhasil melakukan transaksi jual beli dengan pengunjung, jangan pernah membuat mereka berpikir anda mencurangi mereka. Selalu tanam kepercayaan bahkan untuk kasus-kasus tertentu jangan merasa rugi mengambil keputusan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen meskipun anda harus kehilangan keuntungan.

Saya rasa 5 poin ini saja cara mendatangkan pengunjung melakukan konversi yang saat ini bisa saya bagikan. Semoga bisa menjadi masukan untuk pebisnis pemula dalam membuat website atau blog mereka mendukung pencapaian tujuan bisnis.

Setelah sukses mendatangkan pengunjung yang konversi menjadi konsumen maka dalam beberapa waktu kemudian anda bisa mengukur seberapa besar tingkat keberhasilan strategi pemasaran yang anda lakukan. Tentang cara mengukur ROI strategi pemasaran konten silahkan klik cara mengukur roi strategi pemasaran konten.

Demikianlah cara mendatangkan pengunjung yang melakukan konversi menjadi konsumen.

Artikel panduan lebih lengkap terkait pemasaran di internet bisa anda baca dalam artikel panduan ini, silahkan klik digital marketing.

Tinggalkan Balasan