Cara mengetahui penyebab peringkat blog turun

cara mengetahui penyebab peringkat blog turun
Blog carabisnisonline.net yang semua postingnya saya pindahkan ke biajobisnis yang sedang anda kunjungi ini turun peringkat serp Google. Artikel ini mencoba menjelakan langkah-langkah cara mengetahui penyebab peringkat blog turun dan bagaimana memperbaiki ranking SERP blog tersebut.

Benar bahwa peringkat yang turun bukan satu-satunya penyebab jumlah pengunjung blog berkurang drastis. Peringkat di mesin pencari menjadi sangat penting karena bisa mendatangkan pengunjung yang berpeluang jadi konsumen.

Kondisi ini sudah berlangsung kira-kira sejak awal mei 2014, sejak keluarnya algoritma panda 4. Namun saya tidak mengetahui apakah turunnya peringkat serp blog ini karena dampak algoritma panda terbaru tersebut. Informasi selengkapnya tentang penyebab blog turun peringkat di google pernah saya tulis. Selengkapnya silahkan baca penyebab situs turun peringkat.

Berikut ini fakta-fakta singkat tentang blog carabisnisonline.net sebelum Mei 2014.

  • Jumlah kunjungan sebelum Mei 2014 adalah 700 hingga 1000 pengunjung perhari.
  • Menduduki peringkat 3 teratas google.com selama beberapa bulan untuk keyword utama. Peringkat 10 teratas juga untuk keyword nomor 2 baik home page maupun halaman posting.
  • Peringkat global alexa di kisaran 250.000.
  • Jumlah link masuk menuju URL home dan URL posting sekitar 700 buah yang berasal dari 50 domain.

Fakta sejak pertengahan Mei 2014:

  • Jumlah pengunjung harian anjlok menjadi sekitar 300 pengunjung.
  • Peringkat home page untuk keyword utama turun ke halaman 2 google.com, paling tinggi peringkat 9 (tidak stabil). Bahkan beberapa peringkat yang semula halaman 1 tidak ditemukan hingga halaman 10.
  • Kondisi kesehatan blog ini paling buruk diantara beberapa buah blog yang saya daftarkan ke google webmasters.

Cara mengetahui penyebab peringkat blog turun

Satu-satunya alat yang saya gunakan pertama kali untuk mengetahui penyebab peringkat blog menurun drastis adalah Google webmasters tool (sekarang: Search Console).

Tetapi Google webmasters tool tidak menginformasikan error apapun yang sekiranya menjadi penyebab penurunan peringkat. Jadi saya harus melihat lebih dalam lagi untuk mengumpulkan data-data penting  terkait.

Melihat asal link masuk

Berikutnya yang saya lakukan adalah melihat link masuk menuju baik halaman home maupun halaman posting. Faktanya sebagian besar backlink yang blog ini terima berasal dari blog yang menerbitkan ulang artikel dari blog ini. Beberapa buah dari puluhan blog tersebut bahkan mengambil hingga lebih dari 5 buah artikel blog ini.

Meskipun secara tidak langsung mereka telah mempromosikan blog saya, namun ini bukan cara yang baik mempromosikan blog.  Ia juga cara salah mendapatkan backlink.

Pernah ada juga praktek mirip copy paste seperti yang dilakukan feedreader.com. Apa yang dilakukan feedreader.com mengakibatkan peringkat artikel saya malah dibawah peringkat artikel yang terbit di feedreader.com. Ini terjadi pada awal tahun 2013 lalu.

Melihat tekslink yang digunakan untuk backlink masuk

Celakanya mereka terbitkan seperti apa adanya, termasuk juga link-link yang ada dalam artikel tersebut. Akibat ulah mereka ada taburan link menuju blog ini dalam jumlah yang dominan untuk keyword tertentu. Mayoritasnya adalah link yang menggunakan exact match anchor teks dan optimized anchor teks. Mereka menjadi lebih buruk lagi karena backlink-backlink tersebut berasal dari konten yang sama meskipun berbeda URL.

Contoh optimized anchor teks yang saya maksudkan seperti keyword “seo on page” untuk artikel posting yang berjudul “cara seo on page yang benar”. Semua link untuk artikel posting tersebut menggunakan anchor teks yang sama. Jadi terjadi penggunaan anchor teks yang sama secara berlebihan dan ini tidak disukai google Penguin.

Idealnya harus terjadi keseimbangan penggunaan achor teks (teks yang digunakan sebagai link).

Beberapa jenis teks link yang biasanya digunakan adalah:

  • Exact match anchor teks atau teks link yang digunakan sama dengan kata kunci utama yang jadi target.
  • Partial match anchor teks atau keyword yang ditargetkan ada dalam teks link yang digunakan, namun tidak benar-benar sama persis.
  • Optimized anchor teks atau teks link yang digunakan adalah juga keyword yang ditargetkan.
  • Generic anchor teks seperti misalnya teks link menggunakan kata “klik disini”.
  • Menggunakan URL sebagai anchor teks. Jadi URL itu sendiri digunakan sebagai teks link.
  • Branded link, misalnya seperti link menuju searchengineland.com menggunakan teks link “search engine land”.

Ada lagi backlink yang menggunakan teks link yang luar biasa. Tekslink berupa kata-kata yang berkonotasi perjudian, pornografy. Jumlah tekslink berupa kata-kata tidak pantas untuk backlink yang mengarah ke beranda carabisnisonline.net berjumlah puluhan dari belasan domain. Ini berpengaruh sekali karena blog carabisnisonline.net memiliki sedikit backlink.

Dengan bertambahnya backlink dari link masuk memakai tekslink tidak pantas tersebut dan juga tidak ada penambahan backlink berkualitas, maka komposisi backlink yang blog tersebut peroleh menjadi mayoritas tidak berkualitas.

Sementara beberapa halaman di blog ini mendapatkan backlink dengan komposisi anchor teks yang tidak seimbang. Menjadi kian parah karena juga berasal dari artikel copy paste, dan tekslink tidak pantas, jelas ini adalah profil link yang buruk.

Asumsi diatas lebih melihat pada bangunan link dan ini terkait dengan google penguin. Sementara penurunan peringkat blog ini bersamaan dengan keluarnya algoritma google panda 4.0. Jadi bisa juga penurunan peringkat karena terkena dampak update panda.

Kalau bicara tentang algoritma google Panda tentu berhubungan dengan kualitas artikel atau lebih pada faktor on page. Artikel dianggab berkualitas bila memenuhi standar yang ditentukan Google. Seperti kedalaman bahasan, originalitas, bangunan link yang terstruktur baik dan benar. Relevansi antara judul dan isi, dan sebagainya.

Terkait dengan bagaimana artikel berkualitas menurut Google silahkan klik bagaimana google menentukan artikel berkualitas menurut saya.

Apa langkah perbaikan yang saya lakukan

  1. Mendata semua link masuk menuju baik halaman home maupun halaman posting. Ini tidak mudah sebeb saya hanya gunakan cara manual dengan melihat data dari google webmasters tool. Saya mencatat dari URL di blog mana backlink berasal, apa keyword yang digunakan, menuju URL mana link menuju.
  2. Setelah mengumpulkan data sumber backlink saya akan meminta semua pelaku copy paste untuk menghapus artikel yang mereka copy paste. Kalau mereka tidak mengindahkan saya mungkin akan menggunakan fasilitas Google DMCA.
  3. Melakukan disavow link. Silahkan baca Mengenai tool disavow link.
  4. Berusaha kembali rutin menerbitkan artikel, agar google menganggab blog ini benar-benar dikelolah dengan sungguh-sungguh.
  5. Memperbanyak tambahan backlink melalui beragam sumber.
  6. Memperbanyak jumlah kata dalam setiap posting. Menurut kebanyakan praktisi SEO jumlah kata dalam setiap posting sebaiknya paling sedikit 600 kata.
  7. Memastikan setiap posting mendapatkan setidaknya 1 backlink internal.

Demikianlah cara mengetahui penyebab peringkat blog turun dan bagaimana langkah perbaikan yang saya lakukan. Kepada teman-teman blogger yang masih memiliki artikel copas dari blog saya untuk segera menghapusnya.

Saya paham pelaku copas tidak semua berniat buruk dengan apa yang mereka lakukan. Sebagian dari mereka adalah blogger yang baru mulai belajar ngeblog. Namun memulai ngeblog dengan menerbitkan artkel karya sendiri jelas jauh lebih baik.

Artikel terkait lain yang menarik untuk Anda baca silahkan klik cara SEO blog.

    • Dalam setiap usaha menaikkan atau mempertahankan peringkat SERP kita dianjurkan terlebih dulu melihat sisi SEO on Page, setelah itu sisi SEO off Page (Backlink external).

      Karena penjelasan kedua sisi SEO diatas sangat panjang maka secara singkat menurut saya:

      Pertama, pastikan apa keyword yang turun peringkat dan untuk halaman mana keyword tersebut.

      Kedua, apa yang Anda lakukan pada blog sebelum peringkat turun.

      Ketiga, apakah ada laporan error di search console.

      Sepertinya judul posting blog Anda dominan pakai prasa “sewa villa di puncak”.

      Menurut saya lebih baik pakai prasa kata yang berbeda untuk judul tiap posting.

      Ada baiknya Anda daftarkan sewa villa Anda di Google place/Google my business.

      Semoga saran saya bisa membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *