7 strategi menjadikan blog sumber penghasilan online

strategi menjadikan blog sumber penghasilan online

Banyak blog gagal menjadi sumber penghasilan online. Kegagalan ini bukan semata karena blog sepi pengunjung, melainkan karena ada yang salah dengan penggunaan strategi menjadikan blog sumber penghasilan online. Faktanya banyak juga blog yang ramai pengunjung tidak menghasilkan banyak uang. Sementara ada blog yang mendapatkan sedikit pengunjung malah menghasilkan uang lebih banyak.

Berikut ini strategi menjadikan blog sumber penghasilan online

Ada beberapa strategi yang perlu anda terapkan agar blog lebih mungkin mencapai kesukseksesan khususnya sebagai sumber penghasilan

  1. Kumpulkan sebanyak mungkin alamat email.
  2. Bentuk komunitas blog anda.
  3. Buat blog anda memiliki ciri khas.
  4. Konsisten dalam mengelola blog.
  5. Tidak membiasakan menggratiskan setiap produk dan layanan anda.
  6. Jadikan proses mengelola blog sebagai pekerjaan bukan sekedar hoby.
  7. Buat blog memiliki tema yang anda sukai.

Strategi ini penting dilakukan juga agar pengunjung yang datang bisa kita ubah menjadi konsumen. Atau setidaknya melakukan konversi dalam bentuk lain, misalnya klik tombol suka, melakukan pertanyaan melalui email. Sehingga akhirnya blog anda bisa menjadi sumber penghasilan.

1. Kumpulkan sebanyak mungkin alamat email

Meskipun aktifitas di media sosial yang paling populer dalam berkomunikasi, namun penggunaan email masih tetap pilihan lain. Setidaknya menggunakan email untuk menyampaikan informasi yang lebih detil kepada banyak orang juga baik.

Email juga masih tetap digunakan dalam komunikasi oleh banyak orang dalam aktifitas perusahaan.

Ada kalanya anda ingin menyebarkan informasi yang anda tulis di blog atau mengirimkan penawaran produk kepada banyak orang. Anda bisa kirimkan informasi tersebut ke alamat email yang anda kumpulkan.

Beberapa orang dari pemilik alamat email tersebut berkemungkinan tertarik membaca informasi yang anda kirimkan. Selanjutnya mereka akan mengunjungi blog anda atau boleh jadi akan membeli apa yang anda tawarkan.

Seringkali mereka yang pernah berkunjung ke blog anda tidak lagi mengulangi berkunjung. Karena anda memiliki alamat email mereka maka anda bisa undang mereka agar kembali berkunjung. Maka meskipun peringkat blog anda jatuh di search engine, blog anda akan tetap mendapatkan pengunjung dari sumber lain.

Bagaimana mengumpulkan alamat email?. Anda bisa misalnya menawarkan ebook gratis dengan terlebih dahulu mengharuskan peminat mengisi form. Atau menggunakan form komentar tertentu yang bisa menangkap email.

2. Bentuk komunitas blog anda

Komunitas blog bisa berupa kumpulan orang yang bergabung dengan halaman facebook khusus yang terkait dengan blog anda. Bisa pula orang-orang yang bergabung sebagai teman google+ anda.

Bentuk lain dari sebuah blog yang memiliki komunitas adalah jumlah komentar pada posting di blog anda. Kalau blog anda tidak mendapatkan komentar sama sekali tentu saja blog anda nampak sepi.

Seringkali pengunjung yang sama akan selalu berkomentar setiap kali anda menerbitkan posting baru, dan itu bagus selagi mereka tidak melakukan komentar spam. Anda harus menjaga jalinan hubungan baik dengan mereka.

Mengenai cara meningkatkan jumlah pengunjung yang berkomentar akan saya tulis dilain kesempatan.

3. Buat Blog anda memiliki ciri khas

Kalau anda mengisi blog dengan konten yang tepat berupa konten original karya anda sendiri maka biasanya kekhasan blog anda akan terbentuk. Sementara kalau anda mengisi blog dengan artikel karya orang lain (copy paste) anda akan menyamarkan ciri khas blog anda.

Ciri khas biasanya terbentuk karena gaya penulisan anda, desain blog yang berbeda dari punya orang lain.

Karena itu ciri khas atau personality sebuah blog yang memiliki banyak penulis akan sulit terbentuk, kecuali anda bisa membuat pedoman khusus yang harus diikuti oleh setiap penulis blog anda.

Membuat blog atau website adalah juga langkah awal dari beberapa langkah sederhana untuk memulai bisnis ONLINE agar sukses mendapatkan uang dari internet jangka panjang. Artikel tentang langkah-langkah cari uang dari internet terus-menerus ini silahkan klik langkah-langkah mendapatkan uang terus menerus.

4. Konsistenlah dalam mengelola blog

Cara mengelola blog dengan baik yang dilakukan diawal pembuatannya saja, melainkan aktivitas terus-menerus sepanjang usia blog anda.

Anda harus secara teratur menerbitkan artikel baru, atau lebih bagus lagi menelurkan produk baru. Tapi tentu saja mengeluarkan produk bukan pekerjaan mudah, jadi menelurkan produk baru ini bisa anda abaikan. Namun pengunjung yang datang umumnya ingin membaca artikel posting anda. Bila mereka suka membaca apa yang anda tulis mungkin mereka akan kembali berkunjung dilain kesempatan.

Pengunjung yang terus menerus mengunjungi blog anda akan mengingat kapan anda menerbitkan artikel baru, dan bila saat itu tiba mereka akan kembali datang. Kalau mereka tidak menemukan artikel baru saat mereka berkunjung di lain hari, apalagi itu sering terjadi, maka ada kemungkinan mereka berpikir untuk apa mendatangi blog anda kalau harus membaca artikel yang itu-itu saja.

Anda juga haru menulis artikel yang mereka sukai atau artikel yang bermanfaat langsung bagi mereka. Karena itu anda harus pahami apa dan siapa pengunjung blog anda.

5. Jangan biasakan menggratiskan setiap produk atau layanan anda

Kalau anda terbiasa memberikan setiap karya anda atau produk anda dengan gratis maka anda memanjakan pengunjung blog anda, lalu nantinya anda akan kesulitan menjual kepada mereka.

Biasaya yang populer dilakukan oleh blogger adalah memberikan ebook gratis. Itu bagus, namun hendaklah pemberian ebook gratis tersebut pada akhirnya diarahkan agar mereka membeli dari anda untuk mendapatkan yang lebih lengkap dari apa yang diberikan ebook.

Jadi buat mereka merasa perlu membeli produk anda yang lain setelah membaca ebook anda.

Atau setidaknya ada semacam barter. misalnya untuk membaca artikel panduan tertentu yang anda anggab bernilai maka terlebih dahulu mereka harus klik tombol suka.

Jadi anda biasakan mendidik pengunjung blog anda memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu dari anda, walau sekedar klik tombol suka, atau membagi posting blog anda ke akun media sosial mereka.

6. Ingatlah mengelola blog bukan hoby tapi perkerjaan

Kalau anda menganggab blog sebagai hobby maka anda akan menomor duakan blog anda. lalu karena ia sekedar hoby anda akan melakukan hoby tersebut disaat anda sedang ingin saja.

Mungkin alat ukur yang anda gunakan untuk menakar kesuksesan blog hanya berdasarkan jumlah orang yang berkomentar, jumlah yang klik tombol suka atau jumlah teman yang ikut google+ anda.

Sementara kalau ngeblog anda anda anggab sebagai sebuah pekerjaan, anda biasaya memiliki tujuan jangka panjang untuk blog anda, maka anda akan mementingkan blog tersebut.

Anda akan serius dan konsisten mengelola blog anda. Alat ukur kesuksesan blog adalah seberapa banyak pengunjung yang berhasil anda ubah menjadi pembeli produk anda.

7. Buat blog yang memilik tema yang anda sukai

Melakukan sesuatu aktivitas yang tidak anda sukai itu sangat membosankan, begitu pula dengan mengelola blog yang temanya tidak anda sukai.

Alasan anda tidak menyukai blog anda tidak semata karena tema, melainkan dipicu pula oleh kenyataan bahwa anda tidak memahami tema yang anda pilih, atau anda tidak menguasai tema yang anda pilih.

Karena itu langkah pertama dalam pembuatan blog adalah menentukan tema tentang apa blog anda. anda tentu harus pilih tema yang anda sukai dan anda cukup memahami hal-hal seputar tema yang anda pilih.

Demikianlah, mengikuti 7 strategi menjadikan blog sumber penghasilan online diatas akan bisa memperbaiki kualitas blogging anda dan semoga meningkatkan nilai manfaat keberadaan blog anda agar sukses sebagai sumber penghasilan online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *