Usaha modal kecil yang menguntungkan mudah dikerjakan

usaha modal kecil yang menguntungkan
Ada banyak usaha modal kecil yang menguntungkan tanpa harus menyita banyak waktu luang kita. Beberapa contoh usaha modal kecil yang saya tulis di artikel ini bisa dipertimbangkan sebagai bisnis sampingan. Karyawan, ibu rumah tangga dan mahasiswa bisa melakukannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebenarnya kendala utama bagi kebanyakan orang untuk memulai usaha itu adalah ketiadaan modal, dan merasa tidak mempunyai keahlian.

Kendala lain lagi adalah tidak berani memulai usaha, baik karena alasan takut bangkrut, takut tidak berhasil, dan banyak takut lainnya.

Padahal ada banyak ide usaha modal kecil yang tidak membutuhkan modal besar. Banyak bisnis yang tidak juga butuh keahlian khusus, bahkan tidak akan menyita banyak waktu luang kita.

Kita yang bekerja sebagai seorang karyawan masih bisa terus berstatus sebagai seorang karyawan sembari mengelola usaha modal kecil. Anda yang ibu rumah tangga, tetap masih bisa fokus mengurus rumah tangga dan anak, sembari mengelola usaha untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Berikut ini beberapa Jenis usaha modal kecil dan menengah yang mudah dikerjakan dan menguntungkan. Sebagian darinya bisa dilakukan tanpa harus punya keahlian khusus.

Usaha modal kecil yang dilakukan offline

Pada awalnya semua bisnis yang dilakukan oleh usahawan itu adalah bisnis offline. Bisnis offline itu adalah bisnis yang dikerjakan tanpa harus menggunakan fasilitas yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Beberapa jenis usaha kecil sukses yang mudah dilakukan secara offline.

Menjual makanan kecil

Istri teman saya seorang ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan lain selain mengasuh anak. Setiap pagi menjajakan barang dagangannya berupa makanan kecil untuk sarapan pagi masyarakat sekitar tempat tinggal mereka.

Hanya dengan modal meja kecil dan beberapa buah mangkuk dan piring serta beberapa lembar daun pisang ia mendapatkan pemasukan yang lebih besar dari gaji teman saya yang karyawan sebuah perusahaan swasta.

Waktu yang dihabiskan untuk memajang makanan yang ia jual tidak lebih dari 3 jam dalam 1 hari dari pukul 05:30 pagi hingga pukul 08:30.

Diatas adalah contoh peluang usaha makanan untuk ibu-ibu. Usaha kecil ini bagus sekali dilakukan unuk anda yang tinggal di komplek perumahan sederhana, bisa diandalkan sebagai bisnis rumahan.

Usaha jual pulsa elektrik

Ini bisnis yang pasti menguntungkan karena pulsa elektrik tidak akan rusak membusuk, tidak juga akan basi, apalagi kadaluarsa.  Meskipun pulsa elektrik tidak laku, masih bisa digunakan untuk keperluan anda sehari-hari yang pastilah butuh menelpon, atau berkirim SMS.

Coba kita perhatikan, semua orang berusia remaja hingga kakek-nenek nyaris semua pegang ponsel. Setiap pemegang ponsel pasti membutuhkan pulsa mininal 10 ribu rupiah dalam sebulan. Keponakan saya yang masih SMA bahkan menghabiskan pulsa hingga 70 ribu rupiah dalam 1 bulan.

Jadi kalau kita bisa menjual pulsa kepada mereka kita pasti menangguk keuntungan yang tidak sedikit.

Modal yang kita butuhkan untuk stok jualan pulsa bisa dimulai dari Rp.100.000,-. Setiap nominal pulsa yang terjual paling tidak kita akan untung Rp.1000,- hingga Rp.5000,-.

Kita nyaris tidak memerlukan modal lain selain kemauan kita berpromosi ke teman-teman sekolah, teman kuliah, rekan kerja, kerabat dan tetangga yang tinggal di lingkungan tempat tinggal kita.

Kalau kita punya petak/toko/warung pinggir jalan mungkin kita bisa jualan pulsa elektrik dibarengi dengan pulsa fisik dan perlengkapan HP. Kita hanya memerlukan ruangan 2 X 2 meter untuk usaha jualan pulsa dan perlengkapan HP.

Jika anda mau keluar sedikit uang, anda bisa memulai usaha modal 1 juta saja  dengan menjual pulsa telepon, pulsa listrik, jual tiket. Untuk memulai bisnis kecil ini tidak butuh modal besar.

Usaha service atau reparasi barang elektronik

Untuk Usaha jasa service elektronik tentu kita harus memilki keterampilan memperbaiki alat-alat elektronik yang rusak. Misalnya kita bisa memperbaiki komputer yang rusak, laptop yang bermasalah, televisi dan alat elektronik lainnya.

Kalau kita tidak punya modal banyak kita bisa buka usaha service panggilan, jadi kalau orang butuh jasa kita mereka hanya perlu menelepon kita.

Besaran upah perbaikan alat ektronik biasanya dipengaruhi harga produk yang diperbaiki. Semakin mahal harga produk, kian besar pula upah atas jasa revarasi. Jadi ini termasuk jenis usaha modal kecil untung besar.

Usaha modal kecil offline lainnya adalah Les privat

Ini benar-benar bisnis tanpa modal selain pengetahuan. Kalau punya keahlian dibidang tertentu misalya menguasai mata pelajaran MIPA, kita bisa menawarkan jasa les privat MIPA. Kalau mahir komputer kita bisa membuka les privat komputer dsb. Usaha les privat ini benar-benar tidak perlu modal selain mengandalkan pengetahuan.

Memberikan les privat adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

Usaha jasa pertukangan

Jenis usaha modal keahlian lainnya adalah jasa pertukangan. Kita bisa jual jasa sebagai Tukang Cat, Tukang Profil, tukang pasang keramik dan jasa pertukangan lainnya. Kalau kita seorang karyawan kita bisa tawarkan jasa tersebut dengan ketentuan bahwa kita hanya bisa kerjakan di hari minggu atau hari libur/sepulang kerja.

Usaha Jasa terkait kendaraan sepeda motor

Seiring dengan peningkatan drastis populasi sepeda motor kebutuhan perawatan sepeda motor juga meningkat.

Anda bisa buka jasa pencucian sepeda motor. Anda tidak butuh banyak modal uang, tidak sampai Rp.5 juta anda sudah bisa mulai buka usaha jasa cuci sepeda motor. Keuntungan yang bisa anda raih cukup menarik, mengingat biaya operasional yang rendah.

Jasa cuci sepeda motor bisa jadi usaha menjanjikan untuk pemula. Selain modalnya kecil, tidak juga butuh keahlian khusus.

Anda perlu cermat dalam mengelola usaha kecil apapun dari sejak memulai agar usaha kecil Anda dapat berkembang.

Usaha modal kecil yang dilakukan secara online

Usaha online selalu memerlukan ide usaha kreatif setidaknya dalam usaha pemasarannya. Ada 3 model usaha online modal kecil populer

usaha modal kecil yang menguntungkan

Ada banyak model bisnis yang cocok untuk siapapun yang mungkin tidak memiliki usaha apapun secara offline, tapi ingin menambah penghasilan dengan berbisnis.  Anda seorang usahawan yang ingin produk buatan perusahaan anda dikenal luas.

Untuk anda Ada 3 model bisnis di internet yang populer dilakukan orang. 3 model bisnis tersebut adalah: Menjual produk, layanan jasa, jualan informasi.

Beberapa usaha modal kecil ONLINE seperti berikut ini:

Menjual produk pakai Toko ONLINE atau media sosial.

Untuk anda yang punya usaha offline anda bisa pasarkan produk anda secara online. Agar produk anda yang dijual online cepat laku silahkan baca cara jualan online agar cepat laku.

Sementara bagi anda yang tidak punya produk sama sekali, solusinya adalah menjual produk buatan orang lain. Anda harus mencari produk yang bisa anda jual, baik produk yang selama ini telah dipasarkan secara online atau belum online sama sekali.

Apa produk yang bisa anda jual secara online ?. Beberapa jenis produk yang bisa anda jual secara online adalah:

  • Produk fisik: Anda bisa jual sepatu, tas, baju, barang elektronik dan barang-barang yang mempunyai fisik lainnya.
  • Produk digital: Produk ini karena ia tidak memiliki bentuk maka cara pengirimannya dengan memberikan link download kepada pembeli. Contoh produk digital adalah: Video, audio lagu, gambar, theme (desain) website dan produk apapun yang bisa didownload.

Apa yang anda perlukan?.

a. Anda butuh produk yang mau dijual

Tidak harus produk buatan sendiri bisa saja produk buatan orang lain. Bahkan anda tidak harus stok produk itu, bisa saja menawarkan produk milik orang lain yang disimpan di gudang mereka.

Ada 2 macam sistem jualan barang di internet yang biasa dilakukan orang yaitu:

  • Jualan sebagai reseller: Yaitu anda menjual kembali barang yang anda beli dari orang lain. Dalam hal ini anda kemungkinan harus stok barang, setidaknya sebelum barang tersebut anda kirim kepada konsumen anda. Jadi sistemnya anda menawakan barang kepada orang lain, begitu orang pesan sama anda, anda lantas membeli barang tersebut dari sebuah toko, selanjutnya anda kirim barang tersebut kepada pemesan.
  • Jualan sistem dropshipping: Ini termasuk bisnis tanpa modal, karena Anda tidak stok barang. Anda hanya menawarkan barang melalui website anda, begitu ada yang order melalui website anda, lantas anda melanjutkan pemesanan tersebut kepada suplier anda. Setelah pembeli membayar harga produk kepada anda dan anda membayar kepada suplier, lantas suplier kirim pesanan kepada pembeli tersebut atas nama anda atau toko onlin anda.

Jualan sistem reseller maupun drophip ini biasanya lebih sering untuk produk fisik jarang sekali untuk produk digital.

b. Selain produk itu sendiri Anda perlu punya website

Bisa berupa website toko online ecommerce atau website biasa, bisa pula hanya sebuah blog. Anda tidak harus membuat website sendiri, anda bisa menggunakan website orang lain untuk memajang produk jualan anda.

Bahkan Anda bisa pula jualan pakai facebook atau Instagram.

Tapi tentu saja jauh lebih baik memiliki website atau blog sendiri, karena anda bisa pajang gambar produk sebanyak mungkin dan semau anda. Tanpa harus dibatasi oleh aturan yang biasanya diberlakukan kalau menumpang di website orang lain.

Anda bisa membuat website/blog sendiri, atau membayar orang untuk melakukannya. Biaya pembuatannya tidak mahal, berkisar mulai dari Rp.100.000,- hingga beberapa ratus ribu rupiah saja.

Anda bisa pilih blog gratis yang akan online selamanya atau website berbayar bulanan. Untuk buat blog gratis silahkan klik cara membuat blog gratis.

Usaha jasa yang anda lakukan sendiri atau sebagai perantara

Menjual jasa secara online ini bisa berupa penawaran jasa melalui website yang jasa tersebut anda kerjakan secara offline. Artinya setelah terjadi kesepakatan untuk menggunakan jasa anda, maka anda akan bertemu muka dengan pemakai jasa anda.

Contoh jasa yang dipasarkan secara online namun dikerjakan secara offline: usaha rental mobil, arsitek bangunan, tukang pembuat rumah, tukang renovasi rumah dsb. Anda bisa tawarkan jasa anda tersebut kepada banyak orang dengan cara memasarkannya melalui artikel yang anda tulis di blog/website.

Ada pula jenis jasa yang benar-benar anda pasarkan secara online dan anda kerjakan pula secara online. Pada jenis jasa kedua ini anda bahkan tidak perlu bertatap muka dengan konsumen anda. Model usaha seperti ini benar-benar bisa anda lakukan tanpa terikat waktu dan tempat.

Bila anda tidak punya usaha jasa apapun, atau anda merasa tidak punya keterampilan sama sekali untuk dijual, anda bisa tawarkan jasa orang lain. Anda sebagai perantara dan anda akan mendapatkan komisi atas jasa menghubungkan konsumen pengguna jasa dan pemilik usaha jasa.

Beberapa contoh bisnis jasa online:

Bisnis jasa menulis artikel

Seiring dengan meningkatnya pengakses internet dan semakin banyak bermunculan website dan blog baru maka kebutuhan akan konten online kian meningkat pula. Salah satu konten yang paling dominan mengisi sebuah blog adalah artikel.

Tidak banyak orang yang bisa dan cukup punya waktu menulis artikel, sementara sebuah blog harus terus menerus diisi dengan artikel yang berkualitas.

Jadi jika anda mahir dalam bidang tertentu dan bisa menuangkannya dalam tulisan. Anda berpeluang besar untuk mendapatkan penghasilan dari internet dengan menulis artikel. Artikel yang original dan berkualitas akan sangat dibutuhkan oleh setiap pemilik blog.

Anda bisa menawarkan artikel berkualitas dengan harga bervariasi mulai Rp.50.000,- hingga diatas Rp.100.000,-untuk setiap judul artikel. Kalau anda mampu menulis 2 judul saja perminggu maka anda bisa mendapatkan uang sedikitnya Rp.400.000,- sebulan. Sebuah nilai yang lumayan, karena waktu yang anda butuhkan untuk menulis 1 judul artikel mungkin tidak akan lebih dari 2 jam.

Bisnis jasa olah gambar

Terkadang orang butuh sebuah gambar dengan tampilan background yang unik dan menarik, atau membuat gambar nampak bernilai seni. Tidak sedikit pula blogger yang butuh gambar unik dan menjelaskan sesuatu. Hanya sedikit orang bisa memanipulasi gambar hingga bernilai seni dan relevan menjelaskan sesuatu.

Untuk menambah daya tarik sebuah blog setiap blogger biasanya menyisipkan sedikitnya sebuah gambar dalam setiap artikel yang mereka terbitkan. Meskipun ada banyak gambar gratisan yang bisa dipakai, namun memiliki gambar milik sendiri jauh lebih baik untuk branding. Sementara ada banyak blogger (termasuk saya) tidak pandai mengolah gambar agar menjelaskan sesuatu yang relevan dengan tema artikel. Untuk blogger seperti ini anda bisa menjual gambar karya anda.

Bisnis sebagai perantara antara penjual dan pembeli ini dikenal dengan sebutan bisnis marketplace.

Apa yang perlu anda persiapkan.

Kalau pekerjaan jasa itu bisa anda lakukan sendiri, anda hanya perlu mempersiapkan website/blog tempat penawaran jasa tersebut anda tulis atau pajang.

Sebagai perantara selain sebuah website, anda perlu menghubungi orang yang melakukan pekerjaan tersebut dan melakukan kesepakatan dengan mereka. Seperti tentang komisi yang bakal anda terima dan ketentuan lainnya.

Bisnis melalui blog

Untuk sukses menjadikan blog Anda menghasilkan uang, blog Anda harus mendapatkan pengunjung yang banyak terlebih dahulu.

Blog anda yang ramai pengunjung tersebut bisa menjadi sumber pemasukan seperti:

  • Memasang iklan PPC.  Jenis iklan yang bisa anda pasang di blog bisa berupa iklan bayar per klik (iklan PPC) seperti google adsense dan iklan bayar per jangka waktu tertentu misalnya per bulan.  Untuk iklan bayar perklik anda akan mendapatkan uang kalau iklan PPC di blog anda diklik orang. Contoh iklan PPC yang terkenal adalah mendapatkan uang dari google Adsense. Sementara untuk iklan bayar pertayang/perbulan anda bisa tentukan sendiri berapa bayaran yang anda minta kepada pemasang iklan.
  • Memasang link afiliasi di blog. Bisnis affiliasi adalah bisnis dimana anda menjadi mitra usaha orang lain yang menjual produk tertentu dan anda sebagai perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual,  yang dalam hal ini penjual adalah mitra anda. Anda akan mendapatkan bayaran kalau orang membeli produk kepada mitra anda melalui informasi yang anda sajikan di blog anda.  Rata-rata komisi yang bisa anda terima berkisar 20% hingga 70%. dari harga produk.

Tentang bagaimana membuat blog/website, mengelola blog atau website dan menjalankan bisnis is pakai WEBSITE atau blog anda bisa mengikuti pelatihan gratis atau yang lebih baik yaitu yang berbayar. Silahkan klik pelatihan bisnis online untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang pelatihan.

Demikanlah beberapa jenis usaha yang mudah dan menguntungkan dengan modal kecil yang bisa anda kerjakan dengan mudah di rumah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu luang anda.

Ada banyak macam usaha modal kecil yang bisa kita lakukan baik secara offline maupun usaha modal kecil secara online. Namun agar artikel ini tidak menjadi terlalu panjang saya cukupkan dengan beberapa contoh diatas saja.

Usaha modal kecil yang menguntungkan mudah dikerjakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas