Cara membuat landing page menarik dan bagus

cara membuat landing page menarik dan baik
Apa itu landing page. Menurut saya adalah halaman yang pengunjung lihat pertama kali begitu masuk ke website atau blog kita, yang halaman tersebut ditujukan untuk mengarahkan pengunjung agar menjadi konsumen, atau setidaknya melakukan apa yang kita inginkan. Artikel posting ini akan menjelaskan cara membuat landing page menarik dan bagus.

Landing page yang baik akan berhasil meningkatkan penjualan produk barang dan jasa kita. Tetapi kebanyakan landing page yang kita buat tidak efektif karena beberapa kesalahan, karenanya tidak mendukung terjadinya konversi. Tentang hubungan antara landing page dan peningkatan konversi anda bisa klik apa hubungan landing page dengan konversi.

Berikut ini cara membuat landing page menarik dan baik

  1. Jangan tulis terlalu banyak informasi.
  2. Buat hanya satu tombol aksi.
  3. Jangan muat terlalu banyak teks.
  4. Buat headline yang menarik.
  5. Perhatikan kecepatan loading landing page.
  6. Faktor kredibilitas anda dan website anda.

1. Jangan tulis terlalu banyak informasi

Landing page menarik dan baik itu umumnya memiliki sedikit sekali informasi, ia hanya memuat informasi yang relevan. Kebanyakan Landing page lebih didominasi oleh form isian sederhana dan tombol aksi (call to action). Contoh terbaik adalah halaman muka google webmasters (google.com/webmasters).
cara membuat landing page menarik

Anda bisa lihat halaman home google webmasters bahkan tidak memuat informasi apapun pada bagian paling atas halaman tersebut, selain hanya memiliki 3 buah kalimat yang berupa penawaran kepada pengunjung untuk melakukan satu hal, yang merupakan solusi atas permasalahan yang ditemukan pengguna.

Halaman landing seperti itu menjadikan perhatian pengunjung fokus pada satu hal, lalu kemungkinan mereka klik tombol call to action menjadi besar sekali.

Ada banyak website dan blog termasuk juga blog yang digunakan untuk berbisnis online yang malah kebanjiran informasi, meskipun kalimat yang ditampilkan semuanya cukup relevan tapi akan membuat pengunjung berputar-putar bingung menentukan langkah lanjutan.

Halaman beranda blog carabisnisonline.net juga dipenuhi puluhan kalimat, entah apakah ia berupa informasi yang berguna. Saya sendiri bermaksud menjadikan halaman beranda blog tersebut adalah sebuah landing page.

Namun demikian selain ditujukan untuk membuat pengunjung melakukan konversi saya juga bermaksud menargetkan beragam kata kunci yang relevan. Jadi untuk menargetkan beragam kata kunci tersebut saya terpaksa menjadikan beranda blog tersebut dipenuhi kata-kata.  Apalagi pada awal pembuatan blog tersebut saya tidak memiliki produk atau jasa apapun untuk dijual.

Bolehlah dikatakan kalau halaman beranda blog tersebut bukan sebuah landing page yang dibuat dengan benar.

2. Buat hanya satu tombol aksi

Tombol aksi atau tombol “call to action” adalah tombol yang kalau diklik pengunjung akan memasuki proses menjadi konsumen atau melakukan konversi, tidak hanya sekedar menjadi pembaca tulisan anda. Karena itu tombol aksi biasanya bertuliskan “beli”, “daftar” dan dalam contoh pada halaman beranda google.com/webmaster bertuliskan “sign in to webmaster tools“.

Tidak ada tombol aksi sama saja anda tidak mengarahkan pengunjung melakukan konversi. Sementara punya lebih dari 1 tombol akan menjadikan pengunjung bingung untuk klik tombol yang mana.

Jadi cara membuat landing page menarik itu menghendaki anda hanya buat satu saja tombol call to action, agar pengunjung tidak bingung menentukan pilihan untuk diklik. Buat ia menonjol dari yang lain, sehingga menarik perhatian dan tempatkan diposisi yang mudah terlihat.

3. Jangan muat terlalu banyak teks

Terlalu banyak teks dalam sebuah halaman landing akan membingungkan dan membuat pengunjung menghabiskan banyak waktu untuk menemukan inti sari dari apa yang anda tulis.

Mereka juga akan sulit memahami apa yang anda tawarkan, dan lebih buruk lagi mereka mungkin akan segera menutup website anda.

Kalaupun anda harus memuat teks lebih banyak jangan lupa gunakan penomoran pada poin-poin penting atau beri cetak tebal. Namun tetap saya terlalu banyak teks pada halaman landing tidak dianjurkan.

4. Buat Headline yang menarik

Headline dalam sebuah landing page itu biasanya terletak diawal berupa satu atau dua kalimat bercetak lebih tebal dari kalimat lain.

Headline hendaklah spesifik dan cukup panjang agar bisa memuat pesan yang cukup jelas. Ia juga hendaklah menggambarkan isi secara keseluruhan.

5. Perhatikan kecepatan loading landing page

Lambat loading adalah momok bagi pengguna internet, khususnya bagi mereka yang hanya punya akses internet kecepatan rendah.

Lambat loading tidak hanya tidak disukai pengunjung bahkan juga tidak bisa tampil bagus di SERP google.

Gunakan gambar yang tajam hanya yang ukuran kecil. Tiadakan gambar kalau tidak benar-benar perlu.

Anda bisa gunakan http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ untuk mengetahui apakah halaman landing di website atau blog anda sudah cukup cepat loadingnya, anda juga bisa menemukan saran perbaikan yang ditampilkan tool tersebut.

6. Faktor kredibilitas website anda

Ini masalah yang dihadapi oleh sebagian besar internet marketer. Website anda belum punya brand ternama. Anda juga belum cukup terkenal di bidang bisnis anda.

Dengan tidak keterkenalan itu anda hendak menawarkan produk, boleh jadi orang tidak akan mudah percaya.

Solusinya:

  • Tampilkan testimoni yang jujur dari orang yang pernah menggunakan produk anda. Jangan lupa cantumkan nomor telepon atau alamat mereka agar mengesankan anda mempersilahkan calon konsumen anda mengecek kebenaran testimoni tersebut.
  • Pasang simbol yang menunjukkan website anda patut dipercaya.

Demikianlah cara membuat landing page menarik, bagus dan dengan mengikuti tips diatas landing page website anda akan lebih berpeluang menjadi pintu masuk konsumen produk anda.

Lebih lanjut info lengkap tentang marketing di internet silahkan baca belajar internet marketing gratis.

Tinggalkan Balasan