Tips agar blog ramah pengguna dan lebih informatif

Pemasaran yang anda lakukan melalui blog  yang anda buat tidak semata sekedar mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Lebih dari itu adalah bagaimana agar blog ramah pengguna dan lebih informatif. Sehingga pengunjung yang datang suka dan nyaman dengan apa yang mereka lihat di blog/website anda. Mereka mendapatkan kemudahan menemukan informasi yang mereka inginkan.

Karena itu anda harus menjadikan blog anda ramah pengguna dan kontennya informatif.

Kebiasaan Pengunjung begitu masuk ke blog kita adalah melihat sepintas hanya dalam 5 detik saja apa yang tampil di layar komputer mereka. Setelah itu fokus melihat pada bagian tertentu dalam sebuah blog.

Kemudian hanya beberapa detik saja melihat bagian tertentu dalam sebuah blog sebelum kemudian beralih melihat bagian lain.

Termasuk bagian Headline di blog anda yang juga hanya sekilas saja diperhatikan  pengunjung sebelum mereka mengabaikannya atau meneruskan membaca apa yang tertulis  di bawahnya.

Kebanyakan pengunjung gagal menemukan informasi yang mereka cari dalam kurun waktu diatas. Karena itu kita perlu mendesain tampilan blog bisnis online kita agar user friendly. Desain yang user friendly akan memberi kemudahan bagi pengunjung menemukan apa yang mereka cari dengan cara yang nyaman.

Cara agar blog ramah pengguna atau agar user friendly

1. Jangan muat informasi yang tidak berhubungan

Terlalu banyak informasi yang tidak relevan dalam sebuah halaman malahan akan mengakibatkan pengunjung malas membaca artikel anda. Kemudian tidak jadi mempertimbangkan membeli jasa/produk yang anda tawarkan.

Muat saja hanya kata-kata yang perlu dan relevan. Apalagi tidak sampai 50% dari semua teks yang dibaca pengunjung, kecuali kalau mereka benar-benar membutuhkan informasi yang anda tulis.

2. Letakkan informasi penting di posisi yang tepat mudah terlihat

Sebagian besar waktu yang digunakan pengunjung adalah untuk melihat bagian atas di blog anda. Bagian atas yang dimaksud adalah bagian yang untuk melihatnya pengunjung tidak perlu menggerakkan kursor ke bawah. Bagian lain yang dilihat pengunjung dalam waktu yang lebih lama adalah bagian sebelah kiri.

Hanya dengan membuat desain landing page yang baik yang akan menjadikan info, tombol, link penting mudah terlihat oleh pengunjung. Info tentang landing page silahkan klik Cara membuat landing page menarik.

3. Percepat Loading blog anda

Kurang dari 10 detik untuk menampilkan seluruh bagian sebuah halaman adalah waktu yang ideal, lebih dari itu sudah kelamaan.

Kebanyakan pengunjung akan menutup video yang loadingnya macet dan menjadi amat lambat. Karena itu hanya muat gambar yang  perlu saja dan tiadakan video kalau tidak benar-benar  perlu.

Artikel lain yang membahas cara agar blog tidak lambat loading silahkan klik agar blog cepat loading.

4. Buat ukuran search box lebih lebar

Umumnya panjang kotak pencarian hanya memuat tidak lebih dari 20 karakter. Masalahnya sering pengunjung mengetik lebih dari jumlah itu. Apa yang diketik pengunjung di kotak pencarian menjadi tidak terlihat, dan itu tidak bagus.  27 karakter adalah ukuran yang ideal. Kurang dari itu akan tidak bisa mengakomodir sebagian besar kalimat pencarian yang biasanya diketik pengunjung.

5. Perhatikan Lay out halaman

Ukuran panjang halaman yang ideal adalah sekitar 1000 hingga 1600 pixel dan lebar tidak lebih dari 700 pixel. Gunakan layout yang sama untuk semua halaman. Buat navigasi menu tampil dalam bentuk dan format yang sama untuk semua halaman dan diletakkan ditempat yang sama.

6. Ukuran dan pewarnaan teks

Gunakan ukuran hurup yang berbeda sedikit mungkin. Lebih baik gunakan pembeda lain untuk teks yang diberi penekanan ketimbang penggunaan warna yang berbeda. Gunakan sedikit mungkin variasi warna yang berbeda untuk mewarnai teks di blog anda.

Lebar baris usahakan dalam kisaran 45 sampai 75 karakter saja. Ini agar enak dilihat dan tidak melelahkan mata pengunjung karena harus terlalu sering menggerakkan bola mata kekiri atau kanan.

7. link dalam situs

  • Gunakan warna biru untuk link dalam teks karena warna tersebut sudah umum digunakan.
  • Jadikan warna teks link berubah setelah diklik. misalnya berubah menjadi lebih redup.
  • Gunakan teks link yang cukup deskriptip sehingg pengunjung mudah menerkah ke artikel tentang apa link tersebut menuju.

8. Buat tampilan blog responsive

Tampilan responsive itu adalah blog anda mudan diakses dan mudah dibaca, ditelusuri isinya menggunakan bermacam perangkat gadget. Misalnya bisa diakses dan dibaca di layar ponsel, tab, dan gadget berbagai ukuran layar.

Agar blog anda responsive atau tampil bagus di layar ponsel anda bisa baca artikel ini, silahkan klik cara agar blog tampil bagus di layar ponsel.

Demikianlah bagaimana anda harus menata atau mendesain  blog /website  anda agar blog ramah pengguna atau user  friendly dan disukai pengunjung, sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog anda dan akan kembali berkunjung lalu nantinya bisa menjadi pengguna  produk anda.

Menerapkan petunjuk-petunjuk di atas menjamin blog atau website anda tidak akan menjemukan, membosankan dan pada akhirnya pemasaran online yang anda lakukan  melalui blog menjadi efektif.

Selengkapnya tentang dasar-dasar pemasaran online atau internet marketing silahkan baca artikel belajar internet marketing.

Tinggalkan Balasan