Tips sukses pemasaran produk online melalui blog

Anda ingin sukses dalam pemasaran produk secara online. Kalau itu yang anda inginkan maka tidak cukup hanya punya blog atau website lalu anda duduk diam menunggu hasil. Ada beberapa tips sukses pemasaran produk online yang mutlak harus anda lakukan.

Mungkin hasil yang anda inginkan adalah berupa aliran uang masuk ke rekening bank anda, peningkatan popularitas anda sebagai seorang ahli dibidang tertentu, atau pula terbentuknya brand bisnis anda.

Beberapa tips sukses pemasaran produk online

Berikut ini yang harus anda lakukan agar anda benar-benar bisa berhasil dalam pemasaran produk anda secara online melalui blog atau website yang anda buat.

 1. Terus menerus kelola blog/website

Ini adalah pekerjaan yang sangat penting dilakukan. Beberapa orang dari pebisnis yang menghubungi saya mengaku sebagai pebisnis kecil offline yang benar-benar telah melalukan bisnis selama bertahun-tahun. Sebagian besar dari mereka ingin dibuatkan blog atau website untuk pemasaran online.

Kesalahan mereka adalah setelah dibuatkan blog yang diisi beberapa buah gambar dan posting, lalu setelah itu mereka anggab semuanya selesai. Mereka biarkan saja blog mereka tidak diperbarui isinya.

Padahal tanpa secara rutin diisi, mesin pencari akan menganggab blog tersebut tidak dikelolah dengan benar. Peringkatnya tidak akan membaik di hasil pencarian google, malahan lambat laun akan terus-menerus turun peringkat. Kalau itu yang terjadi, blog anda tidak akan mendapatkan pengunjung sama sekali.

Kecuali kalau anda rajin kasih backlink untuk blog anda, dan sebenarnya backlink hanyalah salah satu dari beberapa cara terbaik meningkatkan peringkat blog anda atau mempertahankan nya.

Termasuk bagian dari aktifitas mengelola blog adalah:

  1. Mengisi blog dengan konten baru secara rutin.
  2. Memonitor perkembangan peringkat blog. Tentu peringkat yang sebaiknya selalu anda perhatikan adalah peringkat blog anda untuk keyword yang mendatangkan pengunjung yang berpeluang menjadi konsumen anda.
  3. Memeriksa kesehatan blog. Anda harus mendaftarkan blog ke akun google webmaster. Mengapa google webmasters tool (GWT).  GWT akan memberikan informasi penting tentang banyak hal terkait performa blog anda.  Beberapa kali kesalahan terbesar yang telah saya lakukan adalah tidak memperhatikan kesehan blog di akun google webmaster tool.
  4. Belajar SEO. SEO itu rumit, benar. Tapi terkadang tidak serumit yang dibayangkan orang. Apa yang perlu anda ketahui tentang SEO adalah bahwa ada dasar-dasar SEO yang relatif selalu sama sejak dahulu.

Search engine atau mesin pencari seperti google itu bermaksud hanya mereferensikan informasi berkualitas yang paling relevan dengan apa yang diketik pencari informasi.

Jadi meskipun anda blogger kemarin sore kalau anda bisa memberikan informasi paling akurat, unik, informatif, ditulis dengan kaedah penulisan standar akademik.  maka tulisan anda berpeluang tampil di peringkat atas.

2. Ikuti perkembangan dunia pemasaran online

Anda telah punya blog atau website yang anda gunakan untuk memasarkan produk barang dan jasa. Anda telah pula kelolah blog tersebut dengan tekun dan benar. Anda harus selalu mengikuti perkembangan.

Mungkin ada teknik pemasaran online terbaru yang relevan dengan bisnis anda, dan tak ada salahnya anda coba terapkan.

Termasuk dalam mengikuti perkembangan adalah mengetahui apa yang pesaing anda lakukan dan apa yang tidak mereka lakukan. Apa produk terbaru dan terbaik di pasaran yang berhubungan dengan bisnis anda.

3. jalani proses dengan sabar

Tidak ada cara cepat menjadikan blog atau website anda menghasilkan penjualan. Anda tidak cukup buat website/blog dan mengisinya dengan beberapa buah gambar dan posting. Anda akan menghasilkan uang kalau blog anda mendapatkan pengunjung yang menjadi konsumen.

Tentang bagaimana agar pengunjung yang datang menjadi konsumen anda silahkan baca artikel cara mendatangkan calon konsumen yang membeli.

Untuk mendatangkan pengunjung yang menjadi konsumen bukan pekerjaan mudah, karena ada banyak pesaing dalam bisnis anda yang menginginkan hal yang sama. Anda harus tekun, banyak belajar dari pendahulu anda, dan bersabar.

Saya memulai ngeblog sejak tahun 2009 lalu, dan telah menulis lebih dari 400 judul artikel meskipun tidak semuanya ditulis dengan format penulisan yang benar dan banyak juga darinya hanya memiliki tidak sampai 300 kata.

Dari sejak awal ngeblog hingga saat ini telah banyak mengalami naik turunnya semangat bloggging, bahkan tidak jarang turun hingga titik terendah, untung saja tidak sampai berhenti.

Lalu mengapa saya tetap kuat bertahan. Tidak lain karena blogging yang saya lakukan memiliki tujuan yang jelas dan realistis. Tujuan itu yang membuat saya tetap bersemangat menjalani proses.

Hal lain lagi yang membuat saya tidak mau berhenti adalah saat ini saya telah memasuki fase menikmati hasil dari jerih paya saya selama beberapa tahun ini. Menikmati hasil yang saya maksud tidak melulu berbentuk uang, setidaknya saya telah berada di trek yang tepat.

Demikianlah tips sukses pemasaran produk online yang bisa menjadi masukan bagi Anda pemasar online.

Masih ada banyak cara pemasaran selain melalui blog. Informasi super lengkap tentang pemasaran di internet atau internet marketing bisa anda baca ini belajar marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *