Cara SEO on page yang benar agar peringkat blog bagus

cara seo on page yang benar
Mengetahui cara SEO on page yang benar dan bisa mempraktekkannya dengan baik menjamin peringkat blog anda bagus di halaman hasil pencarian search engine.  Namun banyak yang katanya sebagai cara seo on page yang benar ternyata malah merusak optimasi blog semata. Akibatnya peringkat blog tidak bagus dan malahan jauh dari halaman pertama bahkan untuk target kata kunci yang memiliki tingkat persaingan rendah sekalipun.

Berikut ini cara seo on page yang benar

Artikel ini menjelaskan cara SEO on page yang benar yang bisa menjamin optimasi yang anda lakukan paripurna dan blog anda lebih search engine friendly.

1. Gunakan URL yang  SEO friendly

Umumnya setiap flatform website atau blog memiliki struktur URL yang berbeda. Blog blogspot akan memiliki struktur URL yang memuat tahun dan bulan setelah URL homepage saat posting anda diterbitkkan dan anda tidak bisa mengubahnya.

Sementara struktur URL wordpress memungkinkan anda tidak memuat bulan dan tahun terbit setelah URL homepage,  bahkan anda bisa menggunakan struktur URL yang beragam.

Struktur yang mana lebih baik dari kedua flatform tersebut. Tentu saja sama baiknya. Namun tentu saja khusus flatform wordpress sebaiknya anda langsung memuat keyword yang anda targetkan setelah URL domain blog anda.

Contoh URL yang baik untuk flatform wordpress adalah:
http://www.bisnisonline.com/cara-seo-on-page-yang-benar/.
Untuk flatform blogspot:
http://www.bisnisonline.com/2013/05/cara-seo-on-page-yang-benar.html.

Contoh yang buruk untuk flatform wordpress: 
http://www.bisnisonline.com/artikel-13246/ (tidak memuat kata kunci)
http://www.bisnisonline.com/seo-onpage-yang-sebaiknya-anda-lakukan-agar-blog-anda-berperingkat-bagus-di-hasil-pencarian-google-13246/ (URL terlalu panjang)
Untuk flatform blogspot:
http://www.bisnisonline.com/2013/05/cara-melakukan-teknik-yang-benar-dalam-seo-on-page-untuk-website-bisnis-online-yang-sebaiknya-anda-lakukan.html (URL terlalu panjang dan keyword tidak diletakkan di awal).

2. Buat judul blog /posting yang tepat

  • Gunakan judul yang tidak sama dengan artikel lain di blog anda.
  • Buat judul tidak lebih dari 60 karakter.
  • Halaman hasil pencarian google akan menampilkan sebatas 50 hingg 60 karakter dari titel atau maksimal mencapai 512 pixel,  hurup cetak tebal akan dihitung lebih banyak pikselnya ketimbang hurup biasa.
  • Muat keyword yang ditargetkan dalam judul dan muat di awal judul.
  • Sematkan titel posting  dengan atribut

3. Sisipkan media visual

Sisipkan Audio, video atau gambar yang relevan agar menarik minat pembaca. Itu juga akan menjadikan posting anda kaya konten. Google akan memberi poin yang lebih baik untuk posting yang kaya  ragam konten.

Jangan jadikan video dan audio tersebut terbuka otomatis agar loading blog anda tidak tersendat.

Setiap gambar yang anda sisipkan hendaklah memiliki tag alt yang berupa kata kunci utama yang anda inginkan.

4. Buat link menuju website otoritas yang relevan

Membuat link keluar menuju situs berkualitas yang berotoritas tinggi dan berperingkat bagus di SERP Google menunjukkan isi blog anda sangat relevan dengan topik yang anda targetkan. Jangan bikin link menuju website penyelenggara kontes menulis artikel. Karena seringkali menjadi link yang sangat merugikan seo on page blog anda.

Artikel terkait dengan membuat link di blog silahkan klik cara membuat link di blog.

5. Sisipkan keyword dalam 100 kata pertama dalam paragraf-paragraf awal

Menurut Moz.com 100 hingga 150 kata di bagian awal artikel anda memiliki bobot nilai lebih baik dari pada kata yang terletak setelahnya.

6. Sisipkan keyword yang terkait

Algoritma google sekarang ini menentukan relevansi topik yang dibahas dengan isi artikel berdasarkan kata-kata synonim atau memiliki keterkaitan makna yang termuat dalam suatu artikel. Sementara kalau anda memuat kata-kata yang sama dalam jumlah yang banyak malahan akan dinilai over optimasi kata kunci.

Karena itu kalau anda menargetkan suatu kata kunci maka terlebih dulu kumpulkan sebanyak mungkin kata-kata lain yang memiliki pengertian yang berhubungan atau sama.

7. Sisipkan gambar dengan nama file dan atribut ALT Tags yang sama atau relevan dengan judul posting

Kalau anda lihat di hasil pencarian google image kebanyakan peringkat teratas diduduki oleh image yang memiliki nama file sama atau terkait dengan prasa pencarian yang diketik pengunjung, Sementara penambahan ALT tag yang relevan atau sama dengan judul akan juga memperkuat nilai relevansi dengan tofik artikel posting.

Tapi tentu saja anda lebih baik menggunakan gambar karya anda sendiri, jangan sekedar edit gambar milik orang lain.

8. Tingkatkan kecepatan loading halaman blog anda

Salah satu faktor yang sangat penting dan mempengaruhi peringkat adalah kecepatan loading halaman situs anda.

Kecepatan loading sangat mempengaruhi kepuasan pengunjung. kalau blog anda lambat loading besar kemungkinan pengunjung akan meninggalkan blog anda lalu beralih membuka blog milik orang lain.

Kalau seperti itu yang terjadi maka informasi yang anda sajikan tidak sampai kepada pengunjung, blog anda akan dinilai tidak user friendly dan lambat laun peringkatnya akan merosot.

Untuk cek kecepatan loading blog anda bisa tes secara manual dengan menghitung berapa detik dari sejak anda menekan tombol Enter hingga browser web anda berhenti memuat halaman blog anda, dan bandingkan dengan milik orang lain.

Cara terbaik mengecek kecepatan loading blog gunakan tool ini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

Artikel terkait dengan cara agar blog tidak lambat loading silahkan klik cara memasang gambar agar blog tidak lambat loading.

9. Tambahkan tombol suka atau tombol berbagi di media sosial

Tidak disangkal lagi membagi halaman posting blog di media sosial populer akan meningkatkan jumlah pengunjung suatu blog, selain itu juga cara termudah memperkenalkan blog anda kepada teman-teman media sosial anda, lalu kemudian beberapa orang dari mereka mungkin akan klik link menuju blog anda.

Artikel yang sebaiknya anda baca untuk meningkatkan pengunjung blog klik cara meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan backlink.

Anda bisa sisipkan tombol media sosial di awal artikel atau di bawah kalimat terakhir posting anda. Tombol media sosial terbaik yang sebaiknya anda tambahkan adalah tombol Facebook, Google+, Linkedin, dan twitter.

10. Perbanyak jumlah kata dalam posting anda

Jumlah kata yang banyak menunjukkan anda membahas suatu tofik secara mendalam. Tentu saja jangan terlalu sering memuat kata atau prasa yang sama agar tidak dinilai over optimasi kata kunci. Anda sebaiknya memuat banyak kata lain yang memiliki hubungan relevansi.

Banyak yang berpendapat kita sebaiknya memuat sedikitnya 600 kata untuk setiap posting, atau setidaknya memuat kata yang lebih banyak dari pesaing anda.

11. Gunakan template blog atau theme website yang responsive

Pengunjung tidak hanya membuka halaman sebuah website menggunakan komputer, malahan pengakses internet menggunakan perangkat mobil semisal smartphone, tablet dengan beragam ukuran display layar telah mengimbangi bahkan melebihi pengguna komputer.

Karena itu anda harus pastikan blog anda bisa tampil sama baiknya pada setiap layar perangkat akses media online.

Hanya template atau theme yang responsive saja yang sebaiknya anda gunakan untuk blog atau website.

Demikianlah cara SEO yang benar agar peringkat blog dan website anda bagus. Mengikuti anjuran dalam artkel ini menjamin posting original milik anda berperingkat lebih baik di halaman hasil pencarian Search engine. Kalaupun tidak lebih baik dari milik orang lain maka faktor seo off page yang harus anda perkuat.

Baca selengkapnya cara SEO

Tinggalkan Balasan