Tips sukses pemasaran melalui konten blog

tips sukses pemasaran melalui posting blog
Pemasaran melalui konten online seperti posting blog yang sukses bisa menjaring pelanggan konten anda melalui email, memperoleh banyak komentar, atau mendapatkan klik tombol berbagi ke media sosial. Namun anda butuh tips sukses pemasaran melalui konten blog ini, agar tidak salah dalam penulisan dan pendistribusian konten. Salah strategi malah berakibat usaha anda akan sia-sia atau tidak berdampak signifikan untuk kesuksesan pemasaran barang atau jasa anda.

Ada banyak elemen dalam pemasaran melalui konten yang ditulis dalam artikel ini, banyak darinya mungkin malah tidak anda lakukan.

Berikut ini tips sukses pemasaran melalui artikel posting blog

Beberapa bagian penting dalam sebuah artikel yang harus anda pertimbangkan agar posting yang anda terbitkan efektif dan berdampak positif. Sekaligus mendukung sukses pemasaran produk melalui konten blog. Ada 32 poin yang terbagi dalam 5 bagian.

Judul artikel posting

Judul adalah sebuah kalimat pendek yang menggambarkan secara singkat isi dari keseluruhan posting dibawahnya. Bisa pula disebut Headline.

Berikut ini hendaklah anda lakukan dalam menentukan judul posting yang tepat.

  1. Pilih kata atau kalimat yang biasanya diketik pengunjung internet di google. Kalau tidak tentu saja posting anda tidak akan mendatangkan banyak pengunjung.
  2. Pilih kalimat yang membangkitkan minat pembaca. Terkadang perlu menambahkan kata yang bombastis sekedar memancing klik pengunjung.
  3. Buat judul posting cukup pendek. Judul yang kepanjangan akan terpotong di hasil penelusuran google. Buat judul tidak lebih dari 60 karakter.
  4. Judul yang jelas. Buat Judul yang hanya dengan membacanya orang sudah bisa menebak isi artikel anda.
  5. Gunakan kalimat dalam Judul yang memancing rasa ingin tahu pengunjung.
  6. Masukkan keyword atau prasa keyword yang populer ramai pencarinya.

Pendahuluan atau alinea pembuka artikel

Setiap posting hendaklah berisi sebuah alinea pembuka. Apa yang harus ada pada alinea pembuka adalah:

  1. Paragraf pembuka hendaklah memunculkan sebuah rasa penasaran untuk menemukan sebuah jawaban. Biasakan dalam sebuah paragraf pembuka anda munculkan sebuah pertanyaan dan menjanjikan jawaban pada bagian tubuh artikel.
  2. Batasi jumlah paragraf.
  3. Beri gambaran singkat tentang apa artikel yang anda tulis dan siapa target pembaca artikel anda.
  4. Sisipkan gambar atau video. Kebanyakan blog populer selalu menyisipkan gambar atau video di pembukaan posting bahkan tepat setelah judul.

Bagian tubuh artikel posting

  1. Gunakan sub judul, Sub judul memberi kemudahan untuk pengunjung menangkap bagian-bagian penting dalam artikel anda.
  2. Batasi jumlah baris dalam setiap paragraf tidak lebih dari 7 baris. Pengunjung malas membaca Paragraf yang panjang.
  3. Tulis artikel menggunakan kalimat layaknya anda sedang mengajak pengunjung bercakap-cakap dengan anda.
  4. Beri penekanan pada kalimat pertanyaan yang anda buat misalnya dengan garis miring, cetak tebal.
  5. Tulis artikel seperti anda menceritakan sesuatu, agar tidak membosankan.
  6. Gunakan media dalam konten artikel anda baik video, audio, gambar. Ini berguna untuk mengesankan konten anda kaya isi.
  7. Menulislah yang mengesankan anda menguasai materi, namun jangan berlebihan mendemonstrasikan kemampuan anda.
  8. Posting hendaklah relevan dengan kondisi terkini, dan sebaiknya bahas tema yang populer atau sedang tren agar anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung. Cari tau apa yang sedang tren melalui google trend atau lakukan riset kata kunci.
  9. Buat format tulisan anda dengan benar. Anda bisa menggunakan tanda baca, penomoran dsb. Gunanya agar keseluruhan artikel anda enak dilihat dan mudah ditelusuri pembaca.
  10. Buat link ke website orang lain yang sejenis. Beritahu admin website bersangkutan dan minta mereka bagi artikel anda ke media sosial. Dengan cara ini anda dan website tujuan link anda sama-sama diuntungkan.
  11. Ada baiknya anda cantumkan kutipan dari ahli dibidang yang relevan untuk meningkatkan kredibelitas konten anda. Sama seperti poin diatas anda bisa meminta sang ahli untuk share konten anda ke profile media sosialnya.

Sharing posting ke media sosial seperti facebook adalah cara efektif dalam pemasaran. Baca lebih lanjut pemasaran online melalui facebook.

Bagian kesimpulan dari posting

  1. Akhiri posting anda dengan sebuah pertanyaan atau ajakan mengeluarkan pendapat melalui komentar kepada pengunjung.
  2. Buat kesimpulan yang singkat tidak lebih dalam 3 paragraf saja.
  3. Buat kesimpulan dari artikel anda antara 100 hingga 200 kata saja.
  4. Buat kesimpulan anda yang memancing pengunjung membaca seluruh bagian artikel anda.

Mempromosikan posting blog

Sebelum menerbitkan artikel anda berikut ini yang hendaknya anda pertimbangkan:

  1. Terbitkan konten pada hari dan waktu yang tepat. Temukan hari dan jam tertentu saat  lebih banyak orang berkunjung ke blog anda.
  2. Lebih baik terbitkan konten terbaik anda di website populer milik orang lain. Mengapa ?, artikel ini jawabannya mitos dalam pemasaran melalui konten online.
  3. Temukan cara agar anda bisa menjaring alamat email setiap menerbitkan konten baru. Karena itu kebanyakan internet marketer menawarkan ebook gratis, yang link downloadnya dikirimkan ke alamat email pengunjung yang berminat.
  4. Pastikan anda menyisipkan tombol berbagi pada tiap posting anda, bisa anda letakkan tepat setelah judul atau dibawah paragraf terakhir posting anda.
  5. Terbitkan atau submit artikel anda di banyak media social bookmark, forum yang relevan, tujuannya agar mendapatkan lebih banyak sumber pengunjung dan mungkin backlink.
  6. Buat konten yang berbeda dengan yang ada di posting anda meskipun konten yang anda submit hanya satu alinea saja, tujuannya agar konten anda tetap terjaga keunikannya.
  7. Kirimi pemberitahuan kepada orang/admin website  yang nama atau brand mereka anda sebutkan dalam posting anda. Kirim pemberitahuan sebelum dan sesudah posting anda terbitkan.  Bila memungkinkan minta mereka memberikan sedikit masukan atau pendapat dan membagi posting anda ke profile media sosial mereka.

Demikianlah dengan mengikuti anjuran yang ditulis di artikel ini semoga posting anda berdampak positif untuk kesuksesan usaha pemasaran online anda.

Untuk anda yang ingin lebih dalam mengetahui tentang pemasaran online atau internet marketing anda bisa klik belajar internet marketing gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *