Manfaat blog untuk bisnis online dan usaha offline secara umum

manfaat blog untuk bisnis
Apa manfaat blog untuk bisnis online. apakah tidak cukup hanya dengan sebuah website. Mengapa pula bisnis online harus punya blog?.

Benar, melakukan bisnis online tidak cukup hanya dengan memajang gambar jualan beserta keterangannya atau mengisi halaman beranda website dengan kalimat penawaran produk bisnis anda.

Anda masih butuh blog, ada banyak kegunaan blog, karena itu semua website ternama pasti punya blog yang mendukungnya.

Sebelum artikel ini membahas lebih dalam topik diatas terlebih dahulu saya jelaskan dulu apa itu blog?, karena mungkin ada diantara pembaca bingung membedakan antara website dan blog.

Menurut wikipedia yang saya terjemahkan menggunakan google translate: Website adalah “Sebuah situs web, juga ditulis sebagai situs web, atau hanya situs, adalah satu set halaman web yang terkait biasanya disajikan dari domain web tunggal”.

Sementara blog adalah: “Halaman web yang diperbarui secara rutin, biasanya dijalankan oleh seorang individu atau kelompok kecil , yang ditulis dalam gaya informal atau percakapan”. Kumpulan artikel termasuk artikel yang sedang anda baca ini adalah juga disebut blog biajobisnis.com.

Blog gratis blogspot adalah pilihan terbaik untuk anda yang ingin punya blog tapi tidak ingin keluar uang.

Berikut ini manfaat blog untuk bisnis online

Membuat blog itu adalah cara bisnis online tanpa modal. Selain agar sukses berbisnis di internet, allasan mengapa blog sangat penting dalam bisnis online adalah berikut ini. Sebagian besar berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Blog adalah salah satu cara terbaik untuk mendatangkan konsumen baru

Menurut Quicksprout.com sebagian besar website besar yang punya blog mendapatkan konsumen baru dari setiap artikel baru yang mereka terbitkan di blog mereka.

Karena itu semua website ternama yang menjual produk pasti secara rutin menulis artikel yang relevan di blog mereka, yang mereka gunakan untuk mengikat pengunjung, agar selalu berkunjung dengan harapan kelak mereka akhirnya menjadi pembeli.

Semakin anda rutin menulis blog, itu menunjukkan bisnis anda terus berjalan dan dikelolah dengan benar, maka pengunjung menganggab bisnis anda mapan dan konsumen baru berpeluang bertambah.

Masalahnya adalah tidak banyak orang yang bisa menulis artikel blog dengan baik. Mau bayar penulis kadang terasa berat. Maka menulis artikel sering dianggab kendala dalam bisnis ONLINE bagi pemula. Karena alasan tersebut banyak yang bahkan enggan memulai bisnis di internet ini.

Blog carabisnisonline.net (sekarang biajobisnis.com) berkurang drastis pengunjungnya. Salah satu sebab adalah karena beberapa bulan terakhir ini saya tidak konsisten menerbitkan artikel baru secara rutin. Biasanya saya menulis setiap minggu, tapi belakangan saya bahkan hanya menerbitkkan 12 judul artikel dalam 8 bulan terakhir.

Blog mempengaruhi pengunjung untuk membeli, lebih bagus dari periklanan

Quick sprout menulis dalam artikelnya bahwa:

  • 60% konsumen US membeli berdasarkan apa yang mereka ketahui dari posting blog.
  • 77% pengunjung internet membaca blog.
  • 81% konsumen Amerika serikat mempercayai saran dan informasi yang ditulis di blog.
  • 82% konsumen suka membaca informasi yang relevan dengan sebuah brand.
  • 70% konsumen mempelajari sebuah perusahaan atau bisnis dari sebuah blog bukan melalui iklan.

Meskipun quicksprout mengambil sampel warga Amerika Serikat, tidak akan jauh berbeda jika dilakukan riset di kalangan konsumen Indonesia.

Cara terbaik mendapatkan pengunjung tertarget adalah melalui blog

Khusus untuk anda yang tidak punya uang untuk melakukan pemasaran bisnis anda melalui iklan online, maka melalui blog anda bisa lebih mudah dan murah memasarkan bisnis online anda. Anda sebaiknya mengelolah blog yang relevan.

Anda bisa mendapatkan pengunjung dari konten blog anda yang dibagi ke media sosial. karenanya setiap posting blog hendaklah memiliki tombol berbagi ke media sosial semisal facebook, google+, twitter dan linkedin.

Selain dari media sosial, kalau blog anda berperingkat baik di halaman hasil pencarian, maka anda bisa pula mendapatkan pengunjung dari mesin pencari populer seperti google melalui keyword yang beragam.

Asiknya pula konten blog juga bisa dibaca melalui beragam perangkat seperti komputer desktop, laptop, tablet, ponsel, dan perangkat mobile lainnya.

Artikel terkait : bisnis online facebook.

Internet marketer lebih memilih menggunakan blog untuk media pemasaran ketimbang metode lain

Sebagian besar internet marketer lebih memilih menggunakan blog untuk media pemasaran produk dan bisnis perusahaan mereka. Selain cara ini murah, juga bisa lebih banyak menjelaskan segala hal tentang bisnis anda, ketimbang kalau sekedar melalui iklan.

Apalagi orang cenderung lebih suka mencari sebanyak mungkin informasi tentang sebuah produk, sebelum memutuskan akan membeli atau tidak.

Bagaimana memaksimalkan manfaat blog untuk bisnis anda

Ngeblog tidak selalu memberikan hasil yang baik bagi bisnis online anda, berikut ini yang perlu anda perhatikan dalam aktifitas menulis blog:

  1. Berikan manfaat langsung kepada pembaca blog anda untuk setiap posting blog yang anda terbitkan. Bisa berupa informasi penting, atau panduan.
  2. Terbitkan konten yang original, menarik dan lebih dari yang pernah ada.
  3. Bentuk komunitas pembaca blog anda melalui media sosial dan penjaringan email.
  4. Bangun saluran distribusi konten secara konsisten.

Kalau anda belum punya pengikut yang secara setia membaca blog anda, maka anda bisa secara rutin menulis di forum online yang relevan atau grup di media sosial dsb.

Beberapa saran dan kesimpulan:

Menulis posting setiap hari akan mendatangkan lebih banyak pegunjung, ketimbang kalau anda menerbitkan posting satu kali seminggu atau kurang dari itu.

Namun demikian, meskipun hanya menerbitkan 1 buah artikel setiap minggu, tetap bagus asalkan anda lakukan itu terus menerus.

Pengunjung biasanya membaca pada hari senin pagi atau anda harus mencari tahu hari apa dan jam berapa biasanya pengunjung blog anda lebih ramai, maka pada hari dan sebelum jam tersebut hendaknya posting baru anda diterbitkan. Pengunjung blog saya sendiri lebih banyak datang pada hari kamis.

Manfaat membuat blog adalah bahwa posting anda tidak akan menghilang dari search engine. Posting anda akan meningkat peringkatnya seiring dengan waktu, asalkan anda tetap konsisten menerbitkan tulisan baru yang berkualitas.

Setelah blog anda ramai pengunjung, maka peluang bisnis online anda berkembang menjadi lebih besar.

2 thoughts on “Manfaat blog untuk bisnis online dan usaha offline secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *