Cara mendatangkan pengunjung ke blog tanpa SEO

cara mendatangkan pengunjung ke blog
Beberapa cara mendatangkan pengunjung ke blog selain melakukan SEO ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang jatuh bangun dalam kegiatan ngeblog beberapa tahun.

Saya sendiri mulai membuat blog akhir tahun 2009, berarti hingga 2015 ini sudah hampir 6 tahun belajar dan praktek menulis di blog. Meskipun telah beberapa tahun mengelolah blog tidak berarti semakin mudah bagi saya untuk mendatangkan banyak traffic ke blog ini.

Memang membuat blog itu mudah begitu juga membuat website namun yang sulit adalah secara terus menerus berhasil meningkatkan jumlah pengunjung blog, sementara anda tidak selalu berhasil dalam SEO untuk menjadikan blog anda peringkat atas di google atau search engine lain.

Ada beberapa hal yang saya pelajari selama ini dan bisa menjadi cara mendatangkan pengunjung ke blog dan mengundang mereka agar tetap berkunjung selain dengan SEO, sehingga trafik kunjungan ke blog anda tetap ramai.

Berikut ini cara mendatangkan pengunjung ke blog tanpa SEO

Manfaatkan media sosial

Meskipun menurut anda artikel yang anda tulis sudah memenuhi syarat untuk dikatakan artikel berkualitas bila ia tidak berhasil mendapatkan pengunjung yang membacanya apalah artinya. Untuk mendatangkan pengunjung tentu anda harus berusaha agar artikel anda memilki peringkat yang bagus di halaman mesin pencari untuk keyword yang anda targetkan. Namun tentu saja tidak mudah tampil di peringkat atas di halaman mesin pencari, karenanya mengandalkan trafik pengunjung melalui search engine tidak akan berhasil.

Kalau begitu bagaimana cara relatif mudah mengundang orang berkunjung ke blog anda sementara anda tidak bisa mengandalkan search engine. Jangan lupakan media sosial, semisal facebook atau google+. Anda segera share artikel posting baru anda di media sosial begitu anda terbitkan. Kalau teman-teman media sosial anda banyak maka besar kemungkinan beberapa orang dari teman anda akan membaca artikel anda, lalu membaginya atau setidaknya klik tombol suka.

Saya sendiri punya akun facebook, google+, linkedin dan twitter. Namun kesalahan terbesar saya selama ini adalah tidak bersungguh-sungguh memanfaatkan media-media sosial tersebut. Baru akhir-akhir ini saya lebih aktif share postingan terbaru saya setidaknya ke facebook dan google+. Hasilnya posting yang saya bagi biasanya mendapatkan klik suka. Memang tidak banyak namun 3 klik suka facebook sudah cukup lumayan untuk akun saya yang punya teman tidak sampai 500 orang.

Media sosial adalah salah satu darimana pengunjung berasal. Sumber pengunjung lainnya bisa anda baca dalam artikel ini beberapa sumber pengunjung blog.

Berusahalah mengumpulkan sebanyak mungkin alamat email

Saya sendiri bisa mengumpulkan alamat email dari penggunjung yang kontak ke alamat email saya, baik pengunjung yang mengajukan pertanyaan serius atau menawarkan peluang bisnis, termasuk juga email basa-basi. Setiap email yang masuk  pasti saya balas.

Cara lain saya mendapatkan alamat email adalah dengan menyediakan form isian untuk pengunjung yang ingin belajar bisnis online gratis. Seperti saya utarakan pada postingan saya yang terbit pada bulan 10 tahun 2013 lalu, bahwa saya akan menyelenggarakan pelatihan belajar bisnis online. Saya menyediakan website tempat belajar bisnis khusus yang berisi materi belajar bisnis online untuk pemula. Untuk membaca materi di website tersebut pengunjung harus mendaftar dengan menyertakan alamat email.

Cara lain lagi mendapatkan alamat email adalah melalui kotak komentar intensedebate yang saya gunakan  di blog carabisnisonline.net.

Saya pikir tidak berlebihan kalau anda sesekali mengirimkan undangan kepada mereka melalui email untuk membaca artikel anda yang menarik dan informatif, dan cara mendatangkan pengunjung ke blog seperti itu belum saya lakukan.

Kalau punya ebook yang menarik anda persilahkan orang download gratis dengan cara mereka harus isi form dengan menyertakan alamat email. Nantinya link download bisa anda kirimkan ke alamat email mereka.

Saya sendiri bisa saja mengumpulkan lebih dari 500 alamat email, namun beberapa alamat email terhapus atau tidak bisa lagi saya lacak keberadaannya. Sehingga total alamat email yang saya kumpulkan hanya sekitar 300 buah.

Alamat email yang saya kumpulkan saya jamin tidak akan disebarkan kepada pihak lain. Saya juga tidak akan membanjiri akun email orang lain dengan beragam informasi yang belum tertentu berguna. Bahkan hingga saat ini hanya beberapa alamat email saja yang pernah saya kirim informasi itupun berupa jawaban atas pertanyaan mereka.

Terbitkan artikel sebanyak mungkin secara rutin

Kesalahan terbesar saya yang menjadi salah satu penyebab jumlah pengunjung blog ini merosot drastis. Selama 8 bulan terakhir ini saya hanya menerbitkan 12 judul artikel. Jumlah yang sangat sedikit mengingat saya biasanya menerbitkan 1 artikel setiap minggu.

Pengunjung yang mulai betah berkunjung secara rutin untuk membaca artikel terbaru saya tiba-tiba merasa buang-buang waktu, karena apa yang mereka temukan setiap berkunjung lagi-lagi artikel lama yang mungkin sudah mereka baca berkali-kali. Kondisi seperti ini bisa menjadi alasan mereka tidak lagi mampir ke blog ini.

Saya berpikir merosotnya peringkat blog juga dikarenakan saya tidak konsisten menerbitkan artikel secara rutin, sehingga ritme kunjungan robot google berubah dan google mengambil kesimpulan bahwa blog carabisnisonline.net tidak lagi dikelolah dengan sungguh-sungguh, karena itu blog infomasi bisnis online tersebut tidak layak lagi tampil di muka.

Jadi selagi peringkat blog anda baik, dan anda secara rutin menerbitkan posting baru yang berkualitas, maka besar kemungkinan anda akan bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog anda. Kian banyak blog anda memiliki artikel kian banyak pula pengunjung yang datang dari beragam kata kunci.

Facebook masih menjadi sumber terbanyak dari mana pengunjung media sosial berasal

Kebanyakan artikel yang saya share ke facebook mendapatkan beberapa klik suka. Mereka yang klik tombol suka pastilah berkunjung membaca artikel saya, meskipun mungkin hanya sekilas. Klik tombol suka facebook adalah klik terbanyak yang artikel di blog ini terima.

Sekarang ini akun media sosial yang paling banyak member adalah facebook, dan tidak seperti google+ pengguna facebook kebanyakan bukan blogger, itu artinya semakin banyak pengunjung yang datang dari facebook maka anda mendapatkan banyak pengunjung murni yang bukan  pencari backlink.

Kalau anda menargetkan pengunjung awam maka membagi posting ke facebook adalah cara mendatangkan pengunjung ke blog tanpa seo. Tentu saja sebaiknya anda sebanyak mungkin menambah teman di facebook. Cara terbaik adalah membuat halaman facebook khusus sebagai wadah komunitas pembaca blog anda.

Bagus juga anda menulis artikel dengan topik yang lagi tren

Beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis artikel di blog bisniskecilonline.blogspot.com (dahulu informasibisnis.net) tentang Briptu Norman. Saat itu berita  tentang seorang anggota brimob yang terkenal berkat video joged india yang diunggah ke youtube sedang heboh. Saya berhasil mendapatkan puluhan pengunjung setiap hari dari artikel tesebut.

Beberapa bulan kemudian ketika berita tentang Briptu Norman meredup, maka jumlah pengunjung yang membaca artikel tersebut merosot drastis.

Saya bermaksud mengatakan untuk mendatangkan banyak pengunjung anda bisa menulis topik yang sedang hangat dibicarakan, namun ini bukan cara tepat kalau anda bermaksud agar artikel anda dibaca pengunjung sepanjang masa. Lebih cocok kalau blog anda adalah blog berita.

Cara lain anda bisa saja menulis artikel tentang sesuatu yang relevan dengan informasi yang biasanya selalu dicari orang menjelang hari besar tertentu, misalnya menjelang hari raya, perayaan tahunan atau tahun baru.

Gunakan teks yang berukuran cukup besar dan latar putih

Kalau teks yang anda gunakan terlalu kecil maka kasihan orang yang punya mata mulai rabun, sementara kalau teksnya kebesaran tentu akan menghabiskan ruang kosong di blog anda. Jadi gunakan teks hitam yang ukurannya cukup mudah dibaca dan gunakan latar putih.

Tidak hanya sekedar dua hal diatas anda perlu pula memperhatikan desain tampilan blog anda. Halaman blog yang terlalu ramai dengan link atau gambar malahan akan mengalihkan konsentrasi pengunjung.  Lalu anda akan sulit mengubah pengunjung menjadi konsumen. kalau itu yang terjadi meskipun blog anda sangat ramai pengunjung tidak berarti jumlah mereka yang membeli produk atau memakai jasa anda banyak pula.

Blog yang terlalu ramai pernak-pernik malahan akan lambat loading. Kalau ini terjadi maka anda tidak akan berhasil mempertahankan mereka agar tetap setia mengunjungi blog/website anda.

Baca juga artikel: agar blog lebih informatif dan disukai pengunjung

Kesimpulan

Jauh lebih lama memiliki blog tidak berarti saya sudah pandai ngeblog. Sama seperti awal ngeblog saya masih tetap selalu menemukan hal baru yang harus saya pelajari.

Beberapa strategi mendatangkan pengunjung yang saya tulis diatas terbukti efektif dan sebaiknya anda gunakan dalam proses mengelola dan mengoptimasi blog anda agar pengunjung blog anda  kian ramai dari ke hari.

Tidak selamanya anda hanya bergantung pada peringkat blog anda di mesin pencari. Anda perlu juga mencari alternatif lain mendatangkan pengunjung. salah satunya adalah melalui media sosial. Sehingga kalaupun peringkat blog anda menghilang dari halaman pertama, anda masih tetap bisa mendapatkan pengunjung.

Jika Anda ingin mendatangkan pengunjung ke blog atau web bisnis secara instan  Anda bisa pakai jasa pemasaran ONLINE.

Apa strategi lain yang sudah anda gunakan dan terbukti berhasil menjadi alternatif sumber pengunjung blog anda ?.

Ada artikel panduan yang lebih lengkap tentang internet marketing yang harus anda baca. Silahkan klik panduan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *