Cara membuat artikel seo friendly disukai pengunjung

Ada cara membuat artikel SEO friendly yang harus diperhatikan dan dilakukan sebelum menerbitkan artikel. Tujuannya agar Pengunjung blog anda lebih banyak berasal dari search engine populer seperti google ?. Karena manakalah pengunjung kebanyakan bersumber dari media sosial atau pengunjung yang mengetik langsung URL blog anda di browser yang mereka gunakan, maka itu menunjukkan anda telah melakukan SEO dengan tidak benar, atau mungkin tidak perduli dengan SEO sama sekali.

Silahkan lihat gambar berikut ini, gambar tersebut menunjukkan 86,24% pengunjung blog carabisnisonline.net bulan januari 2015 berasal dari google.

cara membuat artikel seo friendly
Cara membuat artikel seo friendly

Tidak bisa hanya mengandalkan tool SEO untuk optimasi website anda, ada teknik-teknik SEO yang harus anda lakukan secara manual setiap anda akan menerbitkan artikel baru. Berikut ini yang harus anda lakukan untuk memastikan Anda telah membuat artikel SEO friendly sebelum ia diterbitkan.

Untuk Kata kunci keyword

Tidak seperti dulu katakanlah 6 tahun  lalu, membanjiri posting anda dengan keyword yang anda targetkan bukan memberi peluang blog anda berperingkat lebih baik malah akan merusak optimasi artikel anda. Anda memang harus menyisipkan keyword yang anda targetkan namun dengan komposisi yang tepat.

Berikut ini yang perlu dan tidak perlu anda lakukan:

  1. Anda harus melakukan riset kata kunci di google, anda perlu mengetahui apa keyword yang paling populer yang berhubungan dengan topik yang anda bahas dalam artikel anda. Cara riset kata kunci di google bisa anda tonton video ini.
  2. Anda harus menyisipkan kata kunci dalam judul posting anda. Sisipkan kata atau prasa kata yang anda ingin mendapatkan peringkat pada judul artikel. Pastikan anda memasukkan prasa yang biasanya diketik orang di google.  Sisipkan pula kata yang membuat orang ingin baca tulisan anda.
  3. Tambahkan sub judul dalam artikel anda dan sisipkan keyword yang anda targetkan. Keyword yang ada dalam sub judul juga memberikan bobot relevansi artikel anda dengan keyword tersebut.
  4. Jangan sisipkan keyword yang sama secara berlebihan.  Walaupun anda menargetkan sebuah prasa keyword, tidak berarti semakin banyak prasa tersebut anda sisipkan maka peringkat blog anda untuk keyword tersebut akan baik. Sisipkan keyword yang beragam dan relevan dengan prasa keyword utama target anda. Muat keyword-keyword tersebut dalam rangkaian kalimat yang tepat sebagai bagian dari alinea-alinea pembentuk cerita secara keseluruhan.
  5. Hendaklah anda memuat kata kunci target utama anda dan keyword-keyword yang relevan di bagian paling atas dari artikel posting anda.

 

Untuk Link internal

Link internal berguna untuk mengaitkan artikel anda dengan artikel lain yang bertopik relevan. Selain itu artikel yang mendapatkan link dari artikel posting lain dalam blog yang sama akan mendapatkan poin positip untuk peningkatan peringkat di mesin pencari.

Berikut ini yang harus anda lakukan terkait dengan membuat link internal dalam posting.

  1. Buat link menuju artikel lama anda yang relevan untuk mendongkrak peringkat artikel lama tersebut. Perhatikan tekslink yang Anda gunakan. Jangan gunakan tekslink yang sama menuju artikel yang berbeda.
  2. Baik juga membuat link di artikel lama anda menuju artikel baru karena artikel lama biasanya lebih bernilai. Namun jangan terlalu sering melakukan ini. Buat hanya jika memang sangat penting.
  3. Jangan semata-mata menggunakan keyword untuk teks link yang anda buat. Sisipkan kata lain yang bukan keyword dalam teks link yang anda gunakan.

 

Apa yang perlu dipertimbangkan dalam membuat link ekternal

Membuat link eksternal atau membuat link menuju situs orang lain juga bisa memberi efek yang positip. Berikut ini yang perlu anda pertimbangkan dalam membuat linki eksternal.

  1. Anda bisa membuat link menuju blog orang lain yang relevan. Link yang anda buat akan memberikan informasi kepada google bahwa blog tersebut relevan dengan punya anda, sekaligus ini akan menentukan apa keyword yang cocok dengan artikel posting anda.
  2. Kalau anda membuat link menuju blog orang lain sebaiknya beritahu orang tersebut. Besar kemungkinan ia akan membagi posting tersebut ke media sosial atau setidaknya klik tombol suka. Dalam banyak kasus anda juga berpeluang mendapatkan backlink.
  3. Jangan buat link eksternal dalam artikel yang anda buat untuk lomba menulis. Karena ekternal link dalam posting yang anda ikutkan dalam lomba menulis artikel merugikan untuk optimasi on page blog anda.

 

Mengenai isi blog anda

Kalimat yang anda tulis dalam artikel anda menentukan keyword apa yang posting anda akan mendapatkan ranking di mesin pencari. Jadi sebaiknya anda perhatikan komposisi kalimat dalam artikel anda. Berikut ini yang perlu anda perhatikan.

  1. Sebaiknya jangan mengutip kalimat dari blog orang lain dalam jumlah banyak. kalau itu anda lakukan pastikan anda membuat link menuju blog tersebut. Kalau persentase posting anda yang mengutip kalimat dari blog orang lain terlalu besar maka anda blog anda berpeluang terkena hukuman google panda.
  2. Tulislah posting yang ditujukan untuk manusia bukan semata-mata agar berperingkat bagus di mesin pencari. Anda sebaiknya menulis untuk memberikan motivasi, solusi tuntas atas sebuah permasalahan atau panduan pemecahan masalah, sehingga ia akan memberi manfaat nyata kepada pengunjung. Fokuslah menulis artikel berkualitas tidak perlu banyak menerbitkan artikel baru kalau anda mengabaikan faktor kualitas.
  3. Tulis artikel dengan jumlah kata yang cukup banyak namun jangan terlalu banyak, setidaknya usahakan lebih banyak dari pesaing anda. Biasanya berkisar paling sedikit 1000 kata untuk setiap posting. Artikel yang memiliki banyak kata akan berpeluang mendapatkan pengunjung dari beragam kata kunci.
  4. Sisispkan gambar dan video agar posting anda nampak kaya dan ini memberi sinyal kepada search engine bahwa postig anda berkualitas.

 

Agar artikel SEO friendly gunakan format URL yang tepat

Penggunaan format URL yang tepat sangat menentukan dan URL tidak bisa digonta-ganti semau anda. Posting Blog blogspot akan memiliki URL sesuai dengan judul posting. Berapa kalipun anda mengganti judul, URL tidak akan berubah.

Posting blog wordpress bisa anda ganti URL nya namun ini akan menciptakan duplikat konten. Jadi berhati-hatilah dalam mengganti URL.

Kalau Anda mau ganti URL pada posting blog maka lakukan pengalihan dari URL lama menuju URL baru.

  1. Buat URL yang pendek dan memuat prasa keyword target anda.

 

Gambar dalam posting

Sebaiknya sisipkan gambar yang relevan dalam setiap posting blog anda. Selain agar nampak menarik untuk dibaca juga gambar seringkali bisa menjelaskan banyak hal.

Gambar tidak melulu harus berupa gambar orang, gambar barang, atau gambar yang dibuat dengan nilai seni tinggi, anda bisa buat file gambar berupa teks kalimat yang menjelaskan sesuatu yang berupa isi singkat posting anda.

Berikut ini yang harus anda lakukan dalam hal penyisipan gambar dalam posting.

  1. Pastikan nama file gambar tersebut memuat keyword yang anda targetkan. Penelusuran google image biasanya akan menampilkan gambar dengan nama file identik dengan kalimat yang diketik pencari informasi di peringkat lebih baik.
  2. Jangan lupa buat teks alt yang relevan dengan tofik artikel anda untuk setiap gambar yang anda sisipkan. Memberikan teks alt akan memberi peluang gambar anda berperingkat baik di hasil pencarian image.
  3. Sisipkan gambar yang berdimensi cukup besar. Gambar yang berdimensi besar cenderung berperingkat lebih baik dari yang kecil.
  4. Meskipun anda bermaksud menyisipkan gambar besar namun pastikan ukuran file sekecil mungkin.  Menampilkan gambar yang berukuran kecil juga menggunakan teks alt yang sesuai adalah cara membuat artikel SEO friendly. Karena gambar yang berukuran kecil menjadikanloading blog anda tidak tersendat-sendat.
  5. Gambar juga harus unik. Artinya anda sebaiknya menyisipkan gambar produk anda sendiri, bukan menggunakan gambar buatan orang lain.  Seperti halnya teks dalam posting, gambar unik juga lebih mungkin berperingkat bagus di search engine.

 

Waktu yang dibutuhkan untuk loading

Kecepatan berpengaruh terhadap rangking blog anda. Semakin cepat semakin baik. Berikut ini yang perlu anda pertimbangkan agar blog tidak lambat loading.

  1. Gunakan gambar, video dan file audio dengan mempertimbangkan bahwa media-media tersebut tidak menjadikan blog lambat loading. Bandingkan dengan waktu loading blog pesaing anda. Jangan buat video atau audio yang Anda sisipkan dalam posting terputar otomatis.
  2. Sebaiknya jangan banyak memuat file dari sumber lain secara langsung dalam proses loading blog anda. File seperti widget atau gadget dari sumber situs lain lebih baik gunakan yang sangat penting saja.

Kesimpulan

Jangan terbitkan artikel anda sebelum mempertimbangkan menerapkan langkah-langkah optimasi diatas. Anda tidak bisa hanya mengandalkan plugin atau tool SEO untuk optimasi artikel posting anda.

Langkah-langkah optimasi diatas sangat efektif dan karenanya setiap blogger harus lakukan sebagai cara seo  mendasar dalam setiap kali akan menerbitkan posting artikel baru.

Demikianlah kalau anda ada tambahan informasi dan koreksi silahkan tulis di komentar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *