Tips agar blog banyak pengunjung keren abis

tips agar blog banyak pengunjung
Ada beberapa tips agar blog banyak pengunjung. Tips-tips ini harus anda perhatikan dan lakukan sejak memutuskan mulai membuat blog dan dalam proses pengelolaannya, baik blog untuk mewakili perusahaan anda maupun blog untuk bisnis milik pribadi. Sementara kalau blog yang hendak anda bikin semata untuk tujuan curhat, beberapa poin dalam artikel ini boleh anda abaikan.

Mengapa poin-poin dalam artikel ini menjadi penting?. Blog bisnis yang anda buat ditujukan untuk memberi efek positif terhadap bisnis perusahaan anda atau bisnis pribadi anda. Untuk tujuan diatas anda tidak bisa hanya sekedar membuat blog. Anda tidak boleh mengabaikan hal-hal lain yang juga menjadi bagian dari pengelolaan dan pengoptimalan manfaat blog tersebut. semuanya dilakukan agar tujuan blogging tercapai bukan sekedar menghabiskan waktu luang anda.

Tips agar blog banyak pengunjung

Berikut ini 24 tips yang harus anda lakukan ketika akan membuat blog dan proses cara mengelola blog, baik untuk bisnis perusahaan anda maupun bisnis pribadi.

  1. Gunakan judul yang tepat dan deskripsi yang jelas menggambarkan tentang apa blog anda. Dengan hanya membaca judul blog orang sudah bisa menebak secara umum cerita apa yang ada dalam blog anda. Sementara deskripsi lebih detil menjelaskan tentang tema utama blog tersebut. Deskripsi ini yang nantinya akan menjadi batas sehingga artikel posting yang nanti anda tulis tidak keluar dari batas tersebut.
  2. Publikasikan blog anda walaupun anda baru menulis satu judul posting. Setelah anda membuat judul yang tepat dan deskripsi yang baik maka begitu anda selesai membuat satu judul posting segera publikasikan.
  3. Perlu anda ingat bahwa anda harus konsisten menulis blog anda. Kalau anda memutuskan akan menerbitkan artikel setiap minggu 1 kali maka terbitkan setiap minggu satu artikel. Anda bisa juga menerbitkan posting setiap minggu 2 judul posting.  Konsistensi itu sangat penting. Pengunjung yang  terlanjur suka dengan tulisan anda akan rutin berkunjung. Manakalah mereka tidak menemukan tulisan baru dalam kurun waktu yang biasanya, tentu mereka akan kecewa. Kekecewaan itu akan merusak nilai blog anda dimata mereka.
  4. Pilih platform blog gratis atau berbayar. Ada 2 platform blog populer yaitu blogspot dan wordpress. Kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertanyaannya lebih baik mana blogspot atau wordpress. Kalau anda semata-mata ingin memiliki blog namun tidak ingin keluar uang bulanan maka blogspot adalah pilihan terbaik. Sedangkan pilihan terbaik kalau anda ingin serius membangun bisnis anda untuk jangka panjang maka pilih blog berbayar wordpress.org.
  5. Kalau blog yang mau dibuat adalah perwakilan dari produk atau bisnis perusahaan. Kalau demikian maka tentukan bagian tertentu dari perusahaan yang bertanggung jawab mengelola blog, biasanya lebih tepat kalau bagian marketing.
  6. Penulis blog bisa pemilik perusahaan atau karyawan perusahaan. Sematkan status mereka sebagai pengarang untuk setiap posting yang diterbitkan. Karena mungkin penulis blog bukan mereka yang sangat pandai menulis maka sebaiknya perusahaan harus punya editor yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap isi blog sebelum artikel posting diterbitkan. Tugas editor seperti memeriksa ejaan kata, penggunaan kalimat yang tepat dan hal-hal terkait struktur kata dan kalimat dalam blog yang membentuk satu kesatuan tulisan yang memiliki topik yang jelas.
  7. Anda atau perusahaan anda tentu saja harus membayar editor. Memperkerjakan editor yang tepat tentu saja bagus untuk blog perusahaan anda, agar apa yang ditulis bisa memberi dampak yang bagus bagi bisnis perusahaan.
  8. Jauh lebih baik blog ditulis oleh orang dalam peruahaan anda. Karena mereka yang lebih tahu tentang bisnis anda ketimbang  orang luar. Atau anda dalam hal blog anda adalah blog bisnis pribadi. Anda bisa saja membayar orang untuk menulis kalau anda benar-benar tidak bisa atau tidak punya waktu. Ada banyak jasa penulisan konten blog dengan harga per artikel tidak lebih dari Rp.50.000,-
  9. Artikel yang diterbitkan sebaiknya mempunyai panjang yang mencukupi. Setidaknya tulis artikel dengan panjang minimal 1000 kata, sisipkan juga gambar atau video yang relevan. Tidak sekedar panjang artikel harus berkualitas baik. Anda harus mengetahui apa ciri artikel yang baik itu, agar Anda selalu menerbitkan artikel yang selalu disukai pembaca.
  10. Setelah artikel dipublikasikan segera bagi ke media sosial. Membagi artikel ke media sosial seperti facebook adalah cara mempromosikan blog di facebook. Untuk blog perwakilan bisnis perusahaan, maka minta karyawan untuk membaginya ke akun media sosial mereka masing-masing.
  11. Hal yang juga sangat penting adalah membuat halaman penjelasan tentang blog atau admin blog. Biasanya disebut halaman about atau tentang saya.  Kebanyakan pembaca blog ingin mengetahui blog apa atau tentang apa yang mereka baca. Pengunjung juga bisanya ingin tahu siapa admin blog yang mereka kunjungi. Anda sebaiknya menulis tentang anda sebagai pengelola blog atau tentang bisnis perusahaan anda, kemudian apa tujuan keberadaan blog terkait dengan anda dan bisnis anda.
  12. Kalau blog anda adalah sebagai corong bisnis yang anda atau perusahaan anda kerjakan. Sebaiknya jangan melulu setiap posting berisi penawaran produk atau jasa, meskipun ia berupa kalimat yang disisipkan dibagian akhir blog, kecuali memang apa yang anda tawarkan relevan dengan artikel posting dengan tujuan memberi konsumen jalan keluar melalui produk yang anda punyai.  Biasanya penawaran produk dan jasa sudah bisa dilihat pengunjung di halaman beranda blog/website. Bisa pula di muat dalam halaman terpisah yang judulnya dimuat di bagian menu.
  13. Jenis konten yang anda tulis hendaklah berupa artikel yang berupa solusi. Tulis artikel yang memberi bantuan mempermudah pengunjung menyelesakan permasalahan mereka. Sehingga pengunjung yang telah menjadi konsumen anda akan merasa diperhatikan, sekaligus juga anda berpeluang mendapatkan konsumen baru.
  14. Buatlah link keluar menuju website atau blog yang relevan dengan topik yang anda tulis. Tentu saja dengan maksud memberikan referensi kepada pengunjung untuk mendapatkan tambahan informasi dari situs otoritas. Selain itu juga membuat link keluar menuju blog relevan apalagi yang berperingkat bagus di google akan membantu google menentukan tentang apa posting blog anda. Sehingga untuk keyword tertentu blog anda akan juga ranking bagus dihalaman google.
  15. Hindari menulis apapun tentang pesaing dan blog pesaing anda. Lebih banyak dampak buruknya bagi bisnis anda.
  16. Luangkan waktu untuk menjawab setiap komentar pengunjung. Bahkan untuk komentar bernada negatif sekalipun. gunakan kalimat yang taktis untuk merespon setiap komentar, meskipun demikian jangan perlihatkan seolah-olah anda serba tahu semua hal.
  17. Buat judul blog anda pendek saja terdiri dari tidak lebih dari 7 kata atau maksimal 60 karakter. Gunakan kata kunci yang anda targetkan, sisipkan kata sipat dan angka supaya lebih menarik untuk diklik. Artikel terkait dengan pembuatan judul silahkan baca cara membuat judul artikel yang baik.
  18. Setiap menulis posting gunakan kaidah penulisan yang benar. Mulailah dengan bagian pembuka yang berisi permasalahan dan janji memberikan jalan keluar, kemudian bagian tengah yang berisi pembahasan atau solusi pemecahan masalah, gunakan subjudul agar bahasan anda nampak mendalam. Tutup posting anda dengan kesimpulan yang berupa poin-poin penting. Hendaklah kesimpulan berisi kalimat yang dengan membacanya orang sudah bisa mendapatkan poin-poin penting dan mengundang orang untuk membaca dari awal. Tentang cara menulis artikel yang baik silahkan baca cara membuat artikel.
  19. Terbitkan posting blog anda di hari selain minggu. Karena umumnya hari minggu sedikit orang membaca blog. Atau terbitkan pada hari dimana pengunjung blog anda lebih ramai dari hari lain.
  20. Jangan pernah terbitkan ulang artikel lama anda. Menerbitkan ulang artikel lama akan berakibatkan terjadi duplikat konten. Kalau anda mengetahui artikel di blog anda diterbitkan ulang di blog orang lain, minta admin blog bersangkutan untuk menhapusnya, atau kalau tidak diindahkan laporkan saja melalui mekanisme google DMCA.
  21. Anda bisa jadikan blog untuk mendapatkan uang. Setelah pengunjung blog anda cukup ramai maka anda bisa menjadikan blog anda sumber penghasilan dengan menerbitkan iklan PPC, atau menawarkan orang untuk memasang iklan banner.  Anda bisa pula memasang banner untuk memasarkan bisnis perusahaan anda.
  22. Jangan lupa menjaring email dari pengunjung. Cara mendapatkan email pengunjung adalah dengan menawarkan mereka untuk download gratis ebook anda, berlangganan artikel blog anda melalui email atau mempersilahkan mereka menjadi member gratis untuk bisa membaca panduan yang anda buat di sebuah website membership.
  23. Kalau anda menggunakan platform wordpress.org. Buat blog anda dalam nama domain yang sama dengan website bisnis anda. Anda bisa buat direktori seperti contoh website tempat belajar bisnis online gratis yang saya kelolah yaitu www.biajobisnis.com mempunyai direktori yang berisi materi kursus dengan URL biajobisnis.com/paidmember. Umumnya blog dalam sebuah website perusahaan akan memiliki URL seperti ini “websiteanda.com/blog”.
  24. Setiap posting hendaklah anda sisipkan paling tidak 1 buah gambar. Gunakan gambar karya anda sendiri yang relevan dan belum pernah diterbitkan dimanapun.

Kesimpulan

Membuat blog itu sangat penting bagi sebuah bisnis yang ingin lebih dikenal secara luas. Blog menjadi sumber dari mana calon konsumen mengetahui tentang bisnis anda. Melalui blog anda bisa mendatangkan pengunjung melalui beragam kata kunci pencarian. Pengunjung yang datang akan mengetahui bisnis anda dan diatara mereka mungkin akan menjadi konsumen.

Kalau anda membuat website, website apapun maka membuat blog dengan nama domain yang sama adalah sebuah keharusan. Blog yang anda buat dan dikelolah dengan benar akan ikut mengangkat peringkat website anda lebih keatas.

Mungkin anda ada pertanyaan, tambahan atau koreksi terhadap artikel diatas silahkan tulis dalam komentar anda.

One thought on “Tips agar blog banyak pengunjung keren abis

Tinggalkan Balasan