Kiat sukses bisnis online dengan website sendiri

kiat sukses bisnis online

Ada banyak kiat sukses bisnis online yang ditulis banyak blogger, namun tetap saja kita butuh mentor yang langsung bisa kita mintai panduan. Belajar bisnis online tanpa panduan dari mentor berpengalaman seringkali membuat kita terjebak dalam perangkap kesalahan dalam pengelolaan website bisnis online kita sendiri, yang menunda kita mencapai tujuan yang diharapkan lebih cepat.

Kesalahan pengeloaan tersebut bukan semata karena ketidaktahuan kita, melainkan bisa dikarenakan kita tidak percaya diri, tidak merasa apa yang kita lakukan sempurna atau takut memulai yang bisa jadi alasannya tidak penting.

Kesalahan ini kerap dilakukan banyak pebisnis online, bahkan pada internet marketer kaliber dunia sekalipun tidak luput dari melakukan kesalahan tersebut.

Berikut ini beberapa kiat sukses bisnis online

Berikut ini apa yang harus anda lakukan  dan tidak lakukan dari semenjak awal anda memulai bisnis online.

1. Buat website sendiri dan belajar mengelolanya dengan benar

Kiat sukses bisnis online selalu dimulai dari memiliki website sendiri.  Bukan hanya sekedar website, namun website yang dibuat dengan benar sejak awal.

Blog blogspot dan blog wordpress.com memang pilihan menarik karena gratis, namun untuk jangka panjang dan agar bisa membangun bisnis online yang sukses, jauh lebih baik membuat website, walaupun anda harus keluar biaya bulanan.

Anda juga sebaiknya secepat mungkin membeli nama domain yang tepat untuk bisnis anda, meskipun anda belum akan segera buat website, karena nama domain sangat menentukan kesuksesan bisnis anda kelak.

Membeli nama domain juga adalah langkah awal membuat website setelah menentukan tema. Menentukan apa nama domain yang akan digunakan untuk alamat website anda adalah bagian paling penting dan utama dalam proses membuat website yang bagus.

Jangan sampai anda menyadari telah salah memilih nama domain setelah website anda online sekian lama. Lalu anda hendak mengganti nama domain. Artinya anda harus mengulangi proses membesarkan nama domain baru dan itu butuh waktu.

Anda sebaiknya buat website pakai software wordpress, karena lebih muda dan murah. Untuk membuat web sendiri silahkan klik cara membuat website.

Ada sangat banyak kelebihan website yang dibuat pakai software wordpress.org (self hosting) ketimbang blog gratis blogspot dan wordpress.com.

2. Sebelum membuat website tentukan dahulu tema website dengan ceruk pasar yang luas

Antara memilih tema dan menentukan nama domain saling terkait. Maksudnya dari sejak awal anda membuat website hal yang harus anda lakukan adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui seberapa besar pasar untuk produk yang mau anda jual, atau jasa yang mau anda tawarkan secara online.

Tentu saja meskipun anda sebaiknya pilih produk yang punya pangsa pasar besar, anda tetap harus pilih jual produk yang anda punya cukup pengetahuan tentangnya dan anda menyukainya. Tujuannya agar anda bisa lebih mudah dan menikmati proses pengelolaan website tersebut.

Kalau anda tidak punya produk yang mau anda jual sementara anda hendak membuat website untuk tujuan sekedar berbagi informasi, maka anda juga harus berpikir tentang seberapa besar minat orang terhadap tema yang mau anda lekatkan pada website atau blog yang mau anda buat tersebut.

Katakanlah anda hendak membuat website dengan tema tertentu, maka yang pertama harus anda lakukan adalah apa kata kunci atau keyword pencarian google yang banyak diketik orang atau kata kunci utama untuk tema tersebut.

Kemudian menggali informasi sebanyak mungkin tentang kata kunci yang relevan dengan seputar tema yang anda pilih. Bila pencariannya sedikit  maka menargetkan tema seperti itu tidak akan menjadikan website anda dikunjungi banyak orang. Tidak akan banyak pengunjung artinya website anda  tidak akan mendatangkan profit yang besar.

Bagaimana kalau anda memilih tema dengan pertimbangan semata-mata karena ramai pencarinya, sementara anda tidak punya pengetahuan yang cukup seputar tema tersebut. Kalau anda tidak keberatan keluar uang anda bisa membayar orang untuk mengelola website anda.

Sementara jika anda sudah punya produk yang selama ini anda jual secara offline dan anda hendak pasarkan produk tersebut secara online, tentu saja website yang hendak anda buat disesuaikan dengan produk anda tesebut. Tentang tips jualan online silahkan baca cara jualan online agar cepat laku.

3. Fokuslah pada pertumbuhan website anda

Pertumbuhan disini misalnya anda harus perhatikan berapa pengunjung website anda 1 tahun lalu bandingkan dengan tahun ini. Anda lebih baik memperhatikan pertumbuhan kunjungan ke website anda perbulan, lebih bagus lagi perminggu.

Turunnya jumlah pengunjung website anda menunjukkan ada yang kurang pada website anda, baik kurang menarik bagi pengunjung atau turun peringkat di halaman hasil pencarian google.  Kalau pengunjung turun drastis maka anda harus segera berbenah.

Tidak hanya sekedar jumlah trafik kunjungan, lebih dari itu adalah apakah terjadi peningkatan atau penurunan persentase konversi.

Kalau anda sudah melepas produk maka memperhatikan persentase konversi ini mutlak dilakukan. Dari naik turunnya tingkat konversi menunjukkan apakah anda harus mengubah strategi marketing, menata ulang desain tampilan website anda atau mengubah penempatan tombol aksi.

4. Tawarkan layanan gratis

Meskipun anda bermaksud mendapatkan uang dari produk yang anda jual tidak berarti anda harus mengenakan biaya kepada setiap pengunjung yang menggunakan produk anda.

Anda perlu menawarkan produk atau layanan gratis kepada pengunjung. Namun tentu saja anda juga harus menyiapkan layanan berbayar yang kelebihannya anda tonjolkan.

Mengapa harus memberikan layanan gratis?. Kebanyakan orang lebih suka yang serba gratis. Namun jangan lupa untuk memikat mereka agar menggunakan layanan berbayar, yang memiliki fitur yang lebih baik.

Kalau nantinya pengguna menganggab produk gratisan anda benar-benar tidak memuaskan, toh mereka masih akan maklum lagipula mereka tidak merasa dirugikan.

Kalau anda perhatikan ada banyak produsen software yang mempersilahkan calon konsumen untuk memakai produk software versi gratis mereka. Produk software gratis tersebut dibatasi fiturnya, mereka menjanjikan fitur yang lebih baik untuk versi berbayar, dengan harapan pengguna yang terlanjur suka produk gratisan ini akan tertarik untuk membeli.

Saya sendiri menawarkan layanan kursus bisnis online dan internet marketing gratis.  Saya juga memberi opsi layanan berbayar. Meskipun jumlah member berbayar sangat sedikit dibandingkan member gratis, tetap saja saya diuntungkan, setidaknya saya bisa memperkenalkan nama saya dengan cara lebih baik kepada para pemula.

5. Sisipkan kalimat marketing untuk produk yang  anda launching

Misalnya anda membuat video tutorial membuat blog gratis,  maka pastikan anda menyisipkan kalimat pemasaran pada video tersebut, tidak harus disetiap frame, cukuplah diawal dan diakhir video. Misalnya anda bisa buat link dengan teks link ingin memiliki website toko online tampilan keren kunjungi website saya. Atau setidaknya URL website anda.

Seperti juga yang dilakukan oleh pembuat widget yang selalu menampilkan link pada widget tersebut. Apabila diklik akan membawa pengunjung ke website mereka.

6. Tawarkan Produk anda meskipun menurut anda belum  sempurna

Percayakah anda untuk produk yang jelek sekalipun akan anda pembelinya.

Beberapa tahun lalu seorang teman saya membeli sebuah printer photo kelas ekonomi. Hasil cetak photo printer tersebut menurut saya saat itu benar-benar tidak memuaskan. Saya sendiri tidak akan percaya diri menggunakan sang printer untuk bisnis cetak photo digital.

Tapi sang teman membuka bisnis kecil-kecilan cetak photo digital bermodalkan printer kualitas ala kadarnya tersebut. Kenyataanya jasa cetak photo teman saya cukup banyak pembeli.

Pengalaman sang teman juga yang menjadi dasar pemikiran saya membuka jasa belajar bisnis online.

Alasannya bukan karena saya merasa sudah sangat mahir dan sukses bisnis online, melainkan karena ada sangat banyak orang yang tertarik ingin berbisnis online sementara mereka bahkan tidak bisa walau sekedar menulis satu alinea posting di blog.

7. Layani permintaan pengunjung walau tidak seberapa menguntungkan

Ada pepata mengatakan mengharap bangau yang terbang  tinggi punai di tangan dilepaskan. Mengharap konsumen besar sementara konsumen kecil tidak dilayani.

Jadi begini, kalau anda mendapatkan permintaan pengunjung untuk membuatkan mereka sebuah blog, maka tidak ada salahnya anda luangkan waktu, toh membuat blog tidak sampai menghabiskan waktu lebih dari 15 menit. Meskipun untuk itu mungkin mereka hanya akan membayar anda dengan pulsa sepuluh ribu rupiah, atau bahkan tidak sama sekali.

Kalau mereka menawar untuk layanan yang anda berikan, tidak ada salahnya anda kasih harga khusus, karena barangkali mereka benar-benar tidak punya uang.

Kelak orang-orang yang merasa terbantukan ini akan menyebarkan nama anda kepada banyak orang. Siapa tahu bisnis anda cepat bertambah besar karenanya.

8. Fokuslah pada upaya mempertahankan konsumen

Jika anda berhasil mendapatkan konsumen yang membeli produk anda tentu saja bagus sekali, tetapi lebih bagus lagi kalau mereka kembali membeli dari anda nantinya. Karena itu sebaiknya terus jalin hubungan dengan konsumen anda. Buat mereka tetap merasa diperhatikan. Bantu mereka agar lebih mudah dan maksimal mengambil manfaat dari produk yang mereka beli.

Lebih bagus lagi kalau anda mengetahui hal-hal yang sifatnya pribadi dari konsumen anda. Misalnya untuk hari kelahiran mereka anda bisa kasih harga khusus sebagai kado ulang tahun.

Jadi dalam hal ini anda sebaiknya simpan baik-baik identitas pribadi mereka seperti nomor ponsel, alamat email, atau tanggal lahir, dan data-data pribadi keluarga mereka bila memungkinkan.

Namun tentu saja harus menggunakan cara yang elegan untuk mendapatkan data-data pribadi mereka, jangan malah anda dianggab masuk lebih dalam ke hal-hal yang sifatnya rahasia.

Lebih penting lagi adalah menjaga kepercayaan konsumen. Baca Artikel tips agar WEBSITE dipercaya konsumen.

9. Jangan menunda membuat dan menulis blog

Anda membuat website untuk memasarkan produk atau jasa anda. Namun anda lupa tidak membuat blog untuk mendukung website tersebut, itu kesalahan fatal.

Sebelumnya saya luruskan dulu apa yang saya maksudkan dengan blog dalam pembahasan ini. Blog adalah bagian dari sebuah website.

Setiap website yang menjual jasa atau produk biasanya menampilkan gambar produk atau penjelasan tentang jasa yang mereka jual di halaman beranda. Jadi biasanya mereka hanya menampilkan produk dan layanan mereka di halaman beranda.

Agar website mereka nampak hidup website tersebut memilik blog. Biasanya URL nya seperti biajobisnis.com/blog atau  blog.biajobisnis.com. Blog itu artikel yang ditulis secara rutin dan ditampilkan dari yang memiliki tanggal tua dan yang dibuat dengan tanggal terbaru ditampilkan di bagian paling atas. Namun tidak harus format URL blog seperti itu.

Tentang mengapa anda harus buat blog yang mendukung sukses bisnis online silahkan baca manfaat blog untuk bisnis online.

Jadi dalam contoh saya membuat website platform wordpress.org dengan URL www.biajobisnis.com yang halaman berandanya berisikan kalimat penawaran untuk belajar bisnis online. Sebenarnya itu saja sudak cukup, dan saya bisa menargetkan 1 atau 2 kata kunci saja.

Namun kalau saya bermaksud mendatangkan banyak orang agar berkunjung maka tidak cukup hanya mengandalkan apa yang tertulis diberanda saja. Saya masih harus mengisi website tersebut dengan blog atau disebut pula posting secara rutin. Dengan menulis blog maka saya akan bisa mendatangkan pengunjung dari kata kunci yang beragam. Salah satu isi blog adalah artikel yang sedang anda baca ini.

Kalau anda membuat toko online blospot maka anda sebaiknya menulis posting artikel di blog toko online tersebut meskipun cukup sulit dilakukan tanpa merusak tampilan toko online anda, khususnya untuk tampilan versi mobile. Jadi anda perlu desain khusus yang mendukung.

Contoh toko online blogspot tokobelionline.blogspot.co.id yang hanya menampilkan gambar produk fashion seperti sepatu, baju namun tidak membuat  artikel posting sama sekali.

Jadi kalau anda membuat toko online sebaiknya buat website toko online misalnya yang berplatform wordpress.org.

Demikianlah kiat sukses menjalankan bisnis online untuk pemula. Memahami dan menjalankan apa-apa yang dianjurkan dalam artikel ini menjamin bisnis online yang anda jalankan lebih berpeluang sukses

Kesimpulan

Beberapa kiat sukses bisnis online yang saya tulis diatas mungkin  menurut anda sepele namun sangat mempengaruhi performa website anda dan menentukan apakan bisnis  online anda akan sukses atau jalan ditempat.

Apapun yang anda lakukan hari ini terhadap website  atau blog anda menentukan apa yang akan anda raih  kelak dikemudian hari.

Apakah anda sudah melakukan hal-hal diatas dalam  pengelolaan bisnis anda, atau ada sesuatu yang luput saya tuliskan, silahkan bagi pengalaman  anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *