Cara melindungi website dari SEO negatif

cara melindungi website dari seo negatif

 

Seperti kita ketahui ada beragam teknik SEO digunakan, baik teknik yang direkomendasikan maupun teknik SEO aliran sesat. Tapi sayangnya teknik-teknik tersebut tidak selalu ampuh karena itu munculla teknik SEO alternatif yaitu teknik kontra optimasi website orang lain, tentu saja dengan tujuan menaikkan peringkat sendiri. Teknik SEO itu dikenal dengan SEO negatif atau Negative SEO. Anda perlu mengetahui bagaimana cara  melindungi website dari SEO negatif.

SEO negatif ini berbahaya dan bisa menjatuhkan peringkat situs anda di halaman mesin pencari. Artikel ini menjelaskan selengkapnya tentang teknik ini dan bagaimana cara kita melindungi website atau blog dari SEO negatif.

Apa itu SEO negatif

SEO negatif itu adalah teknik SEO yang digunakan untuk menjatuhkan peringkat situs orang lain di halaman mesin pencari. Teknik ini muncul dengan alasan sulitnya tampil di peringkat atas halaman mesin pencari search engine dengan cara melakukan optimasi website sendiri.

Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk tampil di peringkat atas itu caranya adalah setidaknya anda melakukan praktek SEO on page yang benar. Kalau tidak bisa maka jatuhkan peringkat website atau blog orang lain dengan cara apapun, itu disebut negative SEO atau teknik SEO untuk menjatuhkan peringkat situs orang lain.

Beberapa bentuk SEO negatif adalah seperti berikut ini:

  • Hacking website orang.
  • Menaburkan link spam ke website yang menjadi target.
  • Copy paste artikel posting dan menerbitkan ulang di banyak tempat.
  • Membuat banyak link menuju situs target menggunakan teks link negatif seperti kata-kata jorok, parno, judi poker dan sejenisnya.
  • Meminta admin situs sumber backlink menghapus link berkualitas menuju website target.

 

Apakah SEO negatif benar bisa meruntuhkan peringkat situs anda

Saya meyakini benar bahwa seo negatif bisa menurunkan peringkat website atau blog anda. Google mngeluarkan tool disavow link sebagai cara mengatasi google penguin yang tujuannya untuk mempersilahkan webmaster menyaring link yang website mereka terima dan meminta google untuk mengabaikan link yang berasal dari situs tertentu.

Untuk apa kita meminta google mengabaikan link tertentu kalau tidak karena kita menyadari bahwa link-link tersebut memberi dampak buruk. link-link berdampak buruk yang dengan sengaja diarahkan menuju website anda adalah salah satu SEO negatif.

Membuat puluhan blog atau website itu tidak sulit, tidak sulit pula membuat ratusan link yang memberi dampak buruk.  Google memberikan kaedah-kaedah tertentu dalam membuat link agar link yang kita buat memberi dampak baik pada website kita. Artinya ada cara membuat link yang memberikan pengaruh buruk, dan ini sudah dipahami banyak blogger dan link builder.

Saya sendiri telah melihat puluhan judul posting yang saya terbitkan di blog carabisnisonline.net (sekarang semua konten blog carabisnisonline.net dipindahkan ke biajo bisnis) terjun peringkatnya dari halaman 1 dan 2 google dan menghilang entah kemana.

Apakah semua itu karena saya telah melakukan kesalahan patal dalam melakukan SEO. Saya yakin telah menggunakan teknik yang dibenarkan, dan sangat jarang saya melakukan link building. Tidak ada pula laporan google webmasters tentang kesalahan fatal pada blog tersebut.

Artinya saya mengambil kesimpulan peringkat jatuh karena faktor luar.  Saya tidak mengatakan peringkat blog tersebut jatuh karena orang telah dengan sengaja menggunakan SEO negatif.

Masalah besar yang saya alami adalah bahwa puluhan judul posting di blog itu telah dicopy paste dan diterbitkan di sangat banyak blog orang lain. Sebagian besar dari blog tersebut tidak memperlihatkan identitas pemiliknya, baik alamat email, nomor telepon atau identitas online lainnya.

Secara kebetulan pula peringkat artikel yang dicopy paste tersebut peringkatnya merosot drastis. Beberapa darinya malah berperingkat lebih rendah dari versi copas yang terbit di blog orang lain, tidakkah ini aneh dan lucu.

Saya berpikir seandainya saya membiarkan saja artikel posting blog tersebut diterbitkan pula di banyak blog orang lain, tidakkah nanti google menyimpulkan saya dengan sengaja menyebarkannya dengan maksud mendapatkan backlink atau malahan saya yang dianggab mencuri artikel.

Tetapi benar setidaknya menurut Neil Patel bahwa bila sebagian besar artikel di blog anda diduplikat orang dengan menerbitkannya di blog orang lain maka keseluruhan peringkat blog anda akan turun drastis. Ini mungkin cocok untuk kasus yang blog carabisnisonline.net alami.

Bagaimana cara melindungi website dari SEO negatif

#1. Daftarkan website atau blog anda di tool Search Console

Tool Search Console adalah salah satu dari tool SEO website gratis terbaik. Mendaftarkan situs ke akun Search Console adalah salah satu yang harus anda lakukan. Melalui tool tersebut anda bisa mengetahui apa-apa yang terjadi pada situs anda. Baik sesuatu yang buruk maupun hal-hal yang baik.
Melalui Search console anda bisa mengetahui:

  • Apakah ada posting blog anda tidak terindex
  • Apakah ada duplikat deskripsi, duplikat tag judul
  • Apakah google menemukan malware dalam situs anda

Semua laporan negatif yang tampil di akun Search Console akan berlanjut pada penurunan peringkat blog anda atau bahkan tersingkir dari halaman google sama sekali.

#2.  Cek profile backlink anda

Profile backlink yang dimaksud adalah :

  • Apa tekslink yang digunakan dalam backlink yang anda terima
  • Dari mana backlink berasal
  • Di mana link menuju blog anda ditempatkan
  • Bagaimana komposisi backlink anda

Para ahli SEO menyimpulkan bahwa blog anda hendaklah mendapatkan backlink dari situs berkualitas, berasal dari banyak situs dengan alamat IP yang berbeda, menggunakan tekslink yang beragam, tidak berasal dari situs judi, situs tidak senonoh, dan tidak berasal dari situs-situs berpredikat buruk lainnya.

Anda bisa gunakan backlinkwatch.com, ahref, atau open site explorer untuk mendapatkan informasi tentang backlink yang  situs anda miliki. Tool google webmasters juga bisa anda andalkan untuk tujuan ini.

#3. Lindungin backlink berkualitas yang blog anda terima

Pesaing anda mungkin mengetahui dari website mana backlink anda berasal, mereka bisa saja berpura-pura sebagai anda lalu menghubungi admin website tersebut untuk menghapus satu atau beberapa buah link berkualitas menuju situs anda. Kalau itu terjadi bisa dipastikan dampak buruk akan anda terima.

Karena itu sebaiknya dalam setiap korespondensi anda gunakan alamat email yang berasal dari doman website anda. Misalnya blog anda adalah www.blogsaya.com, maka gunakan alamat email email@blogsaya.com.

Web dari mana backlink berasal boleh jadi tidak teliti untuk memastikan apakah yang meminta penghapusan link tersebut benar-benar yang berhak. Kalau anda tidak bisa memiliki alamat email dari nama domain situs anda, lebih baik kalau anda menampilkan alamat email di blog atau website anda. Letakkan ia diposisi yang mudah terlihat.

#4. Pastikan blog anda selalu aman dari malware atau hacker

Pernah suatu kali saya mendapatkan pemberitahuan di halaman google dan di akun webmasters bahwa blog saya menyimpan malware atau memiliki link yang mengarah ke website berbahaya. Link tersebut tersemat pada banner affiliasi yang saya muat di sidebar. Ada pula satu buah URL posting yang tidak pernah saya buat ada dalam blog saya. Link affiliasi saya cabut dan posting  ilegal tersebut saya hapus.

Kejadian lebih seram lagi adalah apa yang terjadi pada situs jual beli properti propertipalembang.com. Situs iklan jual rumah tersebut menggunakan theme gratisan yang saya download bukan dari situs pembuatnya. Satu minggu setelah online situs tersebut kena hack, dan hanya menampilkan layar hitam dengan beberapa kalimat berwarna merah.

Untuk mengobatinya saya hapus theme tersebut dari hosting dan saya ulangi download, yang kali ini download langsung dari situs pembuat theme tersebut dan berhasil.

#5. Periksa apakah konten artikel anda diduplikat orang

Anda bisa gunakan copyscape.com untuk mengetahui apakah artikel posting anda juga terbit di tempat lain.  Satu atau 2 buah artikel anda diterbitkan di blog orang lain tidak akan menjatuhkan peringkat blog anda secara keseluruhan. Masalah besar adalah kalau sebagian besar artikel posting anda terbit juga di blog orang lain. Kalau itu terjadi besar kemungkinan blog anda secara keseluruhan akan turun peringkat.

Saya punya pengalaman buruk tentang duplikat konten seperti ini, dan tindakan pencurian artikel seperti praktek diatas benar-benar membuat frustasi. Saya tidak begitu risau kalau pelaku copy paste adalah mereka yang sangat menyukai tulisan saya, lalu karenanya mereka terbitkan pula di blog mereka. Bagaimana kalau yang melakukan itu sadar benar akibat dari perbuatan mereka terhadap blog saya, itu yang tidak saya inginkan.

Untuk mengatasi situasi ini anda harus sering-sering memonitor menggunakanak copyscape. Jika anda menemukan artikel anda diterbitkan orang lain, minta mereka untuk menghapusnya. Kalau tidak diindahkan silahkan lapor ke google sebagai sebuah pelanggaran hak cipta. Cara melaporkan pelanggaran hak cipta silahkan klik disini.

Kalau blog anda punya reputasi tinggi atau punya nilai Pagerank tinggi praktek copy paste  tidak akan besar pengaruhnya bagi peringkat blog anda. Jadi perkuat pula posting anda dengan memberikan backlink berkualitas.

#6. Monitor kecepatan loading website anda

Anda pasti mengetahui seberapa cepat biasanya proses loading situs anda. Bila suatu saat loadingnya benar-benar menjadi jauh lebih lambat bukan karena sinyal internet yang melemah, maka ada kemungkinan orang melakukan sesuatu yang buruk pada blog anda. Segera temukan penyebabnya dan hubungi admin tempat hosting situs anda.

#7. Jangan gunakan teknik SEO yang membahayakan

Anda yang sudah lama menjadi blogger pasti sudah tahu cara SEO yaitu SEO on page dan off page. Masing-masing teknik seo ini ada yang dilarang ada pula teknik SEO yang dianjurkan. Jangan gunakan cara ilegal, meskipun dalam waktu yang relatif cepat teknik anda akan membuahkan hasil.
Beberapa SEO yang dilarang itu adalah:

  • Membuat link menuju situs yang terkena hukuman google
  • Membeli link bila anda tidak dikasih tau dari mana dan di mana link menuju blog anda ditempatkan
  • Menerbitkan banyak posting di website tidak relevan atau tidak berkualitas yang di dalamnya anda membuat link
  • Membuat link menggunakan keyword dengan komposisi yang tidak seimbang
  • Tidak menggunakan attribut nofollow pada setiap link yang anda buat menuju situs eksternal.

Saran dari para ahli SEO agar buat sekitar 50% link menuju situs anda menggunakan nama situs anda. Misalnya nama alamat blog anda blogsolo.com, maka gunakan kata “blogsolo” sebagai 50% dari total link menuju situs anda. Selebihnya gunakan beragam kata kunci yang relevan.

Kesimpulan

Praktek SEO untuk tujuan negatif itu pasti sering digunakan orang dan kalau terkena dampaknya pasti merugikan anda. Karena itu berhati-hatilah agar tidak menjadi korban. Namun tidak semua yang anda anggab sebagai perbuatan SEO negatif seperti contoh diatas adalah benar orang lakukan untuk menjatuhkan peringkat situs anda. Boleh jadi mereka benar-benar tidak mengetahui dampak dari perbuatan mereka, khususnya kalau itu dilakukan oleh blogger pemula. Jadi tetap selalu berprasangka baik.

Kalau anda merasa menjadi korban lakukan langkah-langkah yang saya jelaskan diatas. Sekecil apapun negatif SEO  dilakukan orang pada situs anda jangan disepelehkan, segera lakukan pencegahan dan pengobatan.

Jangan lupa mendaftarkan situs anda di tool google webmasters karena ia adalah sumber informasi dari google yang berdampak langsung pada peringkat situs dan blog anda di halaman mesin pencari google.

Tinggalkan Balasan