Strategi konten marketing yang bagus

strategi konten marketing
Melakukan pemasaran melalui konten atau konten marketing yang baik akan berdampak positif pada pengembangan bisnis online anda. Faktanya adalah tidak setiap pemasar online melakukan konten marketing dengan tepat. Karena berbeda dalam strategi konten marketing maka terdapat perbedaan hasil dari setiap marketer.

Anda perlu mengetahui cara melakukan konten marketing yang baik dan benar. Melakukan konten marketing dengan tepat menjamin blog yang anda buat menjadi corong yang tepat untuk memasarkan produk anda.

Pemasaran dengan konten, jika dilakukan dengan baik, dapat membantu meningkatkan efektifitas dalam usaha menjaring konsumen baru dan memperpendek siklus penjualan. Singkatnya, pemasaran melalui konten online yang tepat adalah apa yang seharusnya dilakukan setiap pemasar.

Masalahnya adalah tidak banyak pebisnis online yang melakukannya, khususnya oleh pebisnis pemula, bahkan tidak juga mereka yang sudah lama berkecimpung dalam pemasaran online. Keberhasilan dalam pemasaran ini diawali dengan persiapan yang baik, bahkan sebelum anda membuat konten itu sendiri. Artikel ini mencoba mengupas tentang strategi pemasaran online melalui konten.

Artikel terkait dengan konten marketing:
Tips sukses pemasaran melalui konten
Mitos dalam pemasaran melalui konten online

Berikut ini strategi konten marketing yang bagus

Selaraskan dengan bisnis

Menselaraskan penyajian konten dengan bisnis adalah sebuah kebutuhan bisnis itu sendiri dan banyak marketer online tidak berhasil melakukan ini. Keselarasan ini menyatukan berbagai bagian dari bisnis Anda  dan membuat proses dalam strategi pembangunan konten.

Keselarasan konten dengan bisnis akan membuat anda menjadi fokus dalam pembuatan konten untuk pengunjung target bisnis anda dalam setiap fase siklus penjualan. Kesuksesan penerapan strategi pemasaran yang tepat akan menuntut semua yang terkait dengan usaha anda untuk terlibat dalam proses pembahasan, jika tidak semuanya akan gagal.

Ketahui apa kebutuhan konsumen yang menjadi target

Mengetahui apa yang diinginkan konsumen adalah hal yang penting agar konten yang anda sajikan membantu mereka menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Ini akan menjadi jembatan penghubung antara anda dan konsumen, sehingga akan tercipta peluang sukses memasarkan produk yang anda jual. Setiap pebisnis harus meluangkan waktu untuk melakukan hal ini dengan baik.

Tentukan konsumen yang anda targetkan

Anda harus memetakan segmen konsumen bisnis anda. Sehingga setiap posting yang anda terbitkan selalu relevan dengan konsumen yang anda tergetkan.

Bagaimana memetakan kosumen anda?.

  • Yang pertama dilakukan pebisnis adalah mengetahui asal mereka.
  • Dimana mereka tinggal.
  • Apa pekerjaan mereka.
  • Apa level pendidikan mereka.
  • Apa jenis kelamin mereka.

Anda tentu saja tidak bisa mendapatkan banyak informasi tentang pengunjung anda melalui tool yang anda gunakan, tool yang mungkin anda sematkan pada website anda. Setidaknya dengan mendapatkan informasi tentang konsumen minimal sekalipun akan sangat penting bagi bisnis anda. Anda bisa menganalisa pengunjung blog menggunakan google analytics untuk mengetahui beberapa informasi tentang pengunjung situs anda.

Banyak orang menganggap informasi tentang konsumen tidak penting, artinya mereka menggeneralkan pengunjung situs mereka. Mereka tidak kelompokkan pengunjung berdasarkan informasi demografi yang didapat. lebih parah lagi kalaupun mereka mendapatkan informasi tentang pengunjung situs, belum tentu mereka bisa memanfaatkan informasi tersebut.

Pebisnis yang memahami pentingnya informasi personal setiap konsumen yang menjadi target bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk menjaring informasi tersebut. Mereka menggunakan tool yang mereka beli atau menggunakan jasa survey untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan konsumen dan apa produk yang mereka butuhkan.

Informasi yang mereka dapatkan akan menjadi landasan dalam pengembangan konten yang tepat, dengan menggunakan metode yang tepat pula dalam usaha melakukan konten marketing atau pemasaran melalui distribusi konten online.

Strategi pembuatan konten

Pengembangan konten tanpa strategi yang tepat akan tidak membawa bisnis anda lebih maju. Anda tidak saja harus membuat konten untuk mengisi blog anda. Lebih penting lagi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung anda dengan harapan mereka akan menjadi konsumen. Untuk tujuan ini maka anda harus menerbitkan konten yang tepat untuk pengunjung yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.

Kalau anda menerbitkan konten artikel untuk sebuah kota maka akan lebih memberi kesan jika anda menyisipkan budaya dari masyarakat kota tersebut. Kalau anda menerbitkan konten untuk pembaca awam maka akan lebih baik membuat konten yang mudah mereka pahami.

Menerbitkan konten tidak hanya semata-mata membuat artikel atau video apapun asal relevan dengan target konsumen. Ada tahapan yang harus anda perhatikan, apalagi kalau itu berupa panduan. Biasanya dimulai dengan materi paling mendasar hingga berlanjut terus ke materi berikutnya.

Tidak perlu juga obral sehingga konten yang bernilai uang sekalipun anda terbitkan dan anda bagikan gratis. Anda perlu berikan batasan-batasan pada fitur sehingga pengunjung akan berpikir untuk membeli versi lain produk anda yang lebih baik lagi.

Tetapkan misi anda

Dalam konten marketing menetapkan misa akan membuat anda fokus dan lebih terarah dalam proses pembuatan konten dan penerapan strategi distribusi konten online anda.  Sebuah misi itu biasanya menyangkut hal-hal berikut ini:

  • Pengunjung atau konsumen yang menjadi target
  • Tujuan pendistribusian konten
  • Hasil dari pendistribusian konten

Jadi apapun yang anda lakukan terkait dengan pembuatan konten adalah untuk misi diatas. Anda akan fokus melakukan langkah-langkah yang tepat, selalu menerbitkan konten yang relevan dengan pengunjung yang menjadi target. Tujuan akhirnya mengarahkan pengunjung melakukan konversi dari sekedar pengunjung menjadi konsumen.

Tentukan topik utama dan topik turunannya

Ketika anda membangun situs bisnis yang pertama harus anda lakukan adalah menetapkan apa tema blog atau website anda. Anda harus memilih tema yang ruang lingkup pembahasannya cukup luas, agar anda punya banyak topik bahasan yang akan mengisi blog anda. Jangan buat topik bahasan melebar hingga keluar dari tema blog anda.

Apapun konten yang anda terbitkan baik berupa artikel posting, video tutorial atau infografik hendakla semua hal yang relevan dengan bisnis anda. Katakanlah misalnya bisnis anda adalah jasa konsultan internet marketing di sebuah kota, maka tema yang tepat untuk website atau blog bisnis anda adalah bisnis online untuk semua orang. tema ini adalah tema populer yang memiliki topik bahasan yang luas. Anda tidak akan kekurangan topik bahasan.

Dengan menulis seputar tema yang relevan dengan bisnis anda maka anda akan bisa memasarkan diri anda sendiri sebagai seorang konsultan yang berkompeten di kota tempat tinggal anda. Lebih-lebih lagi kalau anda bisa memperlihatkan beberapa contoh kesuksesan anda, sehinga pengunjung terkesan lalu akan tertanam anggapan dalam benak mereka bahwa anda seorang ahli.

Kesimpulan

Pemasaran melalui konten online memerlukan strategi yang tepat dan upaya terpadu. Anda perlu memahami pelanggan anda, siapa mereka, apa pekerjaan mereka, apa level pendidikan mereka lalu mereka berdomisili di mana.

Apapun konten yang anda terbitkan hendaklah berfokus pada memberikan informasi, panduan yang bisa membantu pengunjung situs atau konsumen bisnis anda. Ini berguna agar tercipta hubungan yang baik antara pengunjung atau konsumen anda dengan anda yang seorang ahli menurut mereka.

Penerbitan konten dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan pendapatan bisnis dan membangun merek anda dan bisnis anda adalah apa yang dimaksud dengan pemasaran melalui konten atau konten marketing.

Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang baik. Ada banyak lagi cara marketing online yang bisa anda lakukan. Anda bisa baca panduan lengkap tentang ini. Silahkan klik artikel Internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *