Cara memilih nama domain yang baik untuk bisnis

cara memilih nama domain yang baik
Cara memilih nama domain yang baik dan benar sebenarnya tergantung selera. Tetapi untuk tujuan bisnis selerah anda mungkin tidak tepat. Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan nama domain untuk website anda. Salah pilih akan berakibat tidak maksimal mendukung bisnis anda untuk jangka panjang.

Ada 2 jenis nama domain menurut peruntukannya. Nama domain untuk branding dan nama domain untuk menargetkan kata kunci atau domain EMD (exact match domain). EMD adalah nama domain yang mengandung keyword. Lalu jenis mana sebaiknya anda pilih ?.

Kalau anda mau menargetkan kata kunci tertentu maka memakai nama domain EMD akan menjadi pilihan pertama. Sedangkan kalau anda mau membangun brand maka akan lebih baik pilih nama domain branding. Mengapa demikian ?.

Artikel ini akan menjelaskan cara memilih nama domain yang baik beserta apa alasannya.

Pemilihan nama domain yang bagus itu tidak hanya untuk WEBSITE namun juga custom domain untuk blog blogspot. Apalagi pemakaian custom domain kian marak dilakukan.

Cara memilih nama domain yang baik untuk jenis EMD

Nama domain EMD atau disebut pula keyword on domain adalah nama domain yang merupakan kata kunci. Contoh penggunaan nama domain EMD adalah “caramembuatwebsite.com” adalah nama domain yang merupakan kata kunci “cara membuat website”. Prasa “cara membuat website” adalah sebuah keyword pencarian.

Tujuan orang memilih nama domain seperti itu adalah untuk memenangkan persaingan merebut posisi terbaik untuk prasa keyword pencarian “cara membuat website”.

Sejak beberapa tahun lalu hingga akhir 2014 ini nama domain seperti ini adalah salah satu pilihan favorit setiap internet marketer. Mereka percaya menggunakan keyword dalam nama domain adalah salah satu cara merebut peringkat terbaik untuk sebuah kata kunci yang paling ditargetkan.

Bahkan ada yang memuat kombinasi 4 kata yang merupakan kata kunci dalam nama domain.

Apakah teknik tersebut berhasil ?. Teknik itu tetap menuai hasil setidaknya hingga akhir tahun 2014. Tahun 2015 sepertinya keyword on domain tidak lagi memberi dampak pada peringkat secara signifikan.

Meskipun ia bukan lagi menjadi andalan, saya tidak menyarankan anda meninggalkan keyword on domain sama sekali. Setidaknya ia masih tetap efektif untuk memberi peringkat halaman beranda situs anda. Anda bisa jadikan nama domain untuk website atau blog anda, namun bukan untuk blog atau website utama anda. Mengapa begitu ?, alasannya sederhana saja: saya belum menemukan website besar yang pakai nama domain EMD.

Anda bisa saja membuat blog blogspot dan memakai nama domain kata kunci sebagai custom domain blogspot anda. Tentang panduan lengkap membuat blog di blogspot silahkan baca cara membuat blog di blogspot.

Perlu berhati-hati dalam menggunakan nama domain keyword. Dalam beberapa kasus menggunakan nama domain yang mengandung keyword akan berpotensi menjebak anda dalam perangkap over optimasi.

Anda harus bermain aman dalam menggunakan SEO untuk website atau blog dengan nama domain seperti ini.

Beberapa saran dalam menggunakan nama domain EMD (exact match domain):

  • Gunakan tidak lebih dari gabungan 3 kata.
  • Jangan buat artikel posting dengan judul sama dengan nama domain.
  • Jangan gunakan angka atau simbol dalam nama domain.

Cara memilih nama domain yang baik untuk membangun brand

Nama domain branding adalah nama domain yang merupakan kata atau prasa kata yang bukan keyword pencarian. Contoh: google, facebook, bukalapak, kaskus dsb.

Semua nama domain tersebut tidak mempunyai arti yang merujuk sesuatu yang sudah populer, atau bukan kata atau prasa kata yang digunakan untuk mencari informasi online.

Nama domain branding ini sangat bagus anda pilih kalau mau membesarkan website anda, dan kebetulan semua website besar menggunakan nama domain branding.

Saran saya sebelum anda membuat website utama anda pilih 1 kata atau gabungan 2 kata yang anda sukai. Setelah anda menemukan 1 kata atau gabungan 2 kata yang anda sukai, ketikkan kata tersebut di google dan  lihat apakah kata yang anda ketikkan sudah mempunyai arti yang merujuk kepada sebutan atau nama sesuatu.

Kalau sudah mempunyai makna sesuatu yang populer atau telah ada yang mempopulerkannya dan tampil di google maka tinggalkan.

Contoh: misalnya anda mau memilih kata “pepaya” dan hasil pencarian google untuk kata pepaya merujuk nama buah. Ini menunjukkan kata pepaya bukan pilihan yang tepat untuk nama domain.

Kalau anda mau menjadikan kata “pepaya” sebagai nama domain website anda, maka akan sangat sulit mengasosiasikan kata tersebut dengan website anda. Brand anda lambat dikenal atau tidak terbentuk sama sekali.

Sebagai perbandingan kalau anda ketik kata “apple” maka ia merujuk pada nama brand terkenal yang memproduksi perangkat mobile. Padahal apple juga memiliki arti nama buah. Tapi dalam hasil pencarian google kata apple lebih merujuk pada sebuah brand.

Lalu mengapa apple lebih bisa merujuk pada sebuah brand ketimbang buah. Alasannya tidak lain karena kata apple lebih banyak digunakan untuk menyebut sebuah brand produk ketimbang nama buah. Atau mungkin perusahaan apple sudah lebih dulu ada sebelum search engine google lahir.

Contoh lain lagi kalau anda ketik kata “kates”, anda tidak akan menemukan kata kates di hasil pencarian google yang merujuk sebuah arti dalam bahasa Indonesia.

Meskipun kates adalah sebutan untuk buah pepaya, tapi google belum memberikan penjelasan apapun tentang kata kates. Jadi kata “kates” masih jauh lebih baik anda gunakan sebagai nama domain daripada kata “mangga” atau “pepaya”.

Artikel terkait:
Tips memilih nama domain untuk toko online

Apakah nama domain branding lebih baik dari nama domain EMD

Benar, nama domain branding lebih baik dari nama domain mengandung keyword. Kesalahan terbesar kebanyakan pebisnis adalah lebih fokus pada meraih peringkat tinggi dengan cara cepat. Mereka lebih suka pakai domain EMD untuk merebut peringkat atas di Google dari pada membangun brand bisnis melalui website.

Itu juga kesalahan terbesar saya. Padahal faktanya banyak website dengan domain branding yang menang persaingan melawan website yang menggunakan domain EMD.

Untuk anda ketahui ada banyak kekurangan nama domain EMD bila dibandingkan nama domain brand, khususnya untuk website bisnis. Untuk mengetahui seberapa bagus memilih nama domain EMD silahkan baca artikel apa kelebihan dan kekurangan nama domain kata kunci EMD.

Nama domain carabisnisonline.net sejak beberapa bulan setelah saya daftarkan pada 12 Maret 2011, hingga pertengahan Maret 2015 ini memang selalu menjadi salah satu dari 5 situs yang mayoritas tidak pakai EMD yang menduduki peringkat atas untuk prasa keyword pada nama domain. Tetapi prasa keyword pada nama domain bukan sebuah brand dan tidak akan bisa dijadikan sebuah brand. Anda tidak akan bisa mengatakan “cara membuat website” adalah brand milik Abdul Majid misalnya. walaupun misalnya blog tersebut tampil di peringkat 1 selama puluhan tahun.

Kalau saja misalnya saya gunakan kata “kates” untuk nama domain blog saya, maka boleh jadi google akan mengasosiasikan kata “kates” dengan sebuah blog tempat belajar mengelola WEBSITE bisnis untuk pemula.

Pertimbangan itu pula yang menjadi alasan saya memindahkan semua posting di carabisnisonline.net ke biajobisnis.com ini.

Kesimpulan

Kalau anda memutuskan akan membuat website sendiri pertimbangkanlah untuk membangun brand sejak awal. Mmembangun brand diawali dengan memilih nama domain yang tepat. Nama domain yang tepat untuk membangun brand online adalah kata yang belum merujuk pada arti sesuatu yang sudah populer secara online.

Jangan pula pilih nama tempat misalnya nama desa atau nama kota anda, tidak juga nama orang. Anda boleh gunakan nama anda hanya untuk membangun personal brand.

Apa itu personal brand ?, personal brand adalah suatu nilai atau status profesional yang anda bangun sehingga orang mengasosiasikan sesuatu tersebut dengan anda.

Gunakan nama domain yang mengandung keyword hanya untuk website atau blog pendukung saja, atau situs yang semata-mata digunakan untuk menargetkan 1 keyword saja dan turunannya.

Website anda tidak akan menjadi terkenal tanpa sebuah brand, jadikan brand anda sebagai nama domain.

One thought on “Cara memilih nama domain yang baik untuk bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *