Cara menulis artikel yang baik dan menarik

cara menulis artikel yang baik
Mengetahui cara menulis artikel yang baik dan menarik itu sangat penting bagi blogger, karena aktifitas seorang blogger itu tidak lepas dari kegiatan tulis menulis. Artikel yang baik dan menarik itu akan memberikan nilai tambah pada blog anda. Pengunjung akan betah berlama-lama membaca tulisan anda, lalu kemudian akan rindu untuk kembali berkunjung di hari-hari berikutnya. Masalahnya adalah menulis artikel yang baik itu bukan pekerjaan mudah, apalagi untuk blogger pemula.

Dalam artikel ini saya mencoba merangkum beberapa teknik atau metode bagaimana agar anda bisa menghasilkan tulisan yang baik dan disukai pembaca. Meskipun poin-poin yang saya muat dalam posting ini bukan sebuah strategi yang mutlak. Setidaknya mengikuti cara menulis artikel yang saya jelaskan disini menjamin tulisan anda lebih berpeluang berhasil menarik minat baca pengunjung. Pada akhirnya anda akan mendapatkan pengunjung setia, yang secara rutin akan mampir ke blog anda.

Berikut cara menulis artikel yang baik dan menarik

1. Pilih topik yang pembaca blog anda inginkan

Anda harus pilih target pembaca untuk blog anda, lalu berusaha menulis yang paling mungkin mereka sukai. Pemilihan topik tentu saja harus disesuaikan dengan tema blog anda. Kalau blog anda tentang bisnis online tentu tidak relevan dengan tofik tentang tips kesehatan. Anda boleh saja menulis tentang apapun apabila blog anda tidak membahas tema yang sfesifik,  atau blog anda tentang segala hal.

Namun tetap saja anda harus mengetahui siapa dan apa mayoritas pembaca blog anda. Anda perlu mengetahui apa jenis kelaminnya, domisili dimana, apa keyword yang paling banyak membawa pengunjung ke blog anda. Halaman-halaman apa saja yang mereka buka begitu masuk ke blog anda. Anda bisa menggunakan google analytics untuk mengetahui apa dan siapa pembaca blog anda.

 2. Buat judul yang menarik

Judul artikel adalah apa yang pertama kali dilihat pengunjung. Judul yang menarik akan menimbulkan rasa penasaran pengunjung untuk membaca isi artikel anda. Judul hendaknya mencerminkan isi dari artikel anda.

Selain harus membuat judul menarik hendaklah anda jangan lupa menyisipkan kata kunci yang paling anda targetkan. Kata kunci yang paling anda targetkan adalah kata kunci yang populer. Anda perlu melakukan riset kata kunci google mencari kata kunci terbanyak di google. Anda bisa tambahkan kata-kata yang membangkitkan emosi. Umumnya orang lebih terdorong untuk membaca sesuatu  dengan judul yang  memuat kata terbaik, tercepat, termurah, gampang, gratis, terburuk, memuat angka dan kata-kata yang masuk akal lainnya.

Artikel terkait:
Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca.

Setelah membaca judul pengunjung akan membaca alinea pertama. Alinea pertama adalah pembuka, sesuatu yang dibuka dengan kalimat yang menarik akan membuat pengunjung penasaran dengan cerita selanjutnya.3. Tulis kalimat yang mengundang dalam paragraf awal.

Ibarat sebuah even pertandingan, pertandingan yang akan diikuti oleh pemain-pemain kelas dunia tentu akan lebih menarik untuk ditonton. Kalau anda tidak memperkenalkan mereka diawal promosi maka orang tidak tahu seberapa besar daya tarik pertandingan yang akan diadakan. Karena itu pada awal mempromosikan sebuah even pertandingan yang harus anda informasikan adalah peserta pertandingan yang adalah para juara. Maka orang akan tertarik untuk menonton.

Sama halnya dengan cara menulis artikel, pada alinea atau paragraf pertama anda muat kalimat pembuka dengan memunculkan sebuah masalah. Kemudian janjikan pengunjung akan menemukan solusi atas masalah yang ditemukan pada alinea-alinea berikutnya.

4. Cara menulis artikel yang baik itu seperti kita bercerita

Cara menulis artikel yang baik itu salah satunya adalah dengan menulis layaknya bercerita. Karena setiap orang umumnya suka mendengar atau membaca cerita, anda sendiri pasti suka, apalagi kalau cerita itu menyangkut hal-hal yang anda sukai. Anda pasti akan betah membaca hingga selesai. Bahkan kalaupun cerita itu mungkin nampak berlebihan anda masih akan tetap menikmatinya.

Itulah sebabnya kebanyakan internet marketer sangat suka menceritakan keberhasilan yang mereka capai dari bulan ke bulan bahkan perkembangan bisnis mereka setiap minggu. Kalau mereka berhasil mendapatkan pencapaian tertentu mereka pasti akan menuliskan dalam posting di blog mereka, apalagi kalau pencapaian itu besar sekali.

Tujuan mereka menuliskan itu adalah untuk mengesankan mereka adalah pemain penting yang sukses dalam bidang yang mereka geluti, sehingga image terbaik, tersukses, seorang ahli akan dikaitkan dengan mereka dalam benak pengunjung.

Bagaimana kalau anda merasa tidak pernah memperoleh pencapaian yang membanggakan dalam hidup anda atau dalam hal yang berhubungan dengan anda sebagai seorang blogger ?. Jangan khawatir kehilangan bahan cerita. Anda bahkan bisa bercerita tentang hal yang anda lakukan atau tidak lakukan dan menurut anda itu adalah sebuah kesalahan.

Anda bisa pula bercerita tentang hal-hal terkait kesuksesan, kegagalan atau bisnis yang dilakukan blogger terkenal atau orang yang anda kagumi. Tapi harap anda menulis artikel yang baik tentang mereka.

Anda bahkan akan mendapatkan keuntungan ganda bila mereka menilai anda menulis artikel yang baik dan menarik tentang mereka. Karena itu sebelum anda terbitkan artikel tersebut akan sangat baik bila meminta mereka koreksi tulisan anda. Minta pula mereka sekedar membagi tulisan tersebut ke media sosial, anda akan mendapatkan backlink berkualitas kalau mereka membuat link menuju artikel posting anda.

Apapun yang hendak anda ceritakan dalam posting hendaklah jangan melenceng dari tema utama blog anda.

5. Tata kalimat dan paragraf anda dengan format yang baik

Menata kalimat dan paragraf dengan susunan kata dan format yang baik itu tujuannya agar tulisan anda nampak enak dilihat dan mudah dibaca. Bagaimana mungkin orang akan tertarik membaca kalau susunan kata amburadul atau alinea sangat panjang, misalnya anda menulis artikel sepanjang 1000 kata dan hanya membaginya dalam 4 alinea, bayangkan betapa banyak jumlah kalimat dalam satu allinea.

Banyak internet marketer menyarankan agar memuat tidak lebih dari enam baris untuk setiap alinea. Dalam setiap kalimat jangan lebih dari 15 kata atau pisahkan dengan koma kalau terpaksa memuat kalimat yang lebih panjang. Jangan lupa periksa ejaan kata dan tanda baca. Gunakan pula tanda baca atau berikan tanda untuk poin-poin penting dalam artikel.

Kalau anda menulis untuk pengunjung awam maka jangan gunakan kata yang bersifat teknis, karena pengunjung awam tidak semuanya mengerti bahasa teknis.

6. Bagi posting anda dalam beberapa sub judul

Kebanyakan pengunjung hanya membaca sekilas artikel anda, mereka akan melihat bagian atau kalimat yang menonjol dalam posting anda. kalimat menonjol itu biasanya subjudul, poin-poin yang ditandai, dan kesimpulan. Sub judul membagi artikel anda dalam bagian-bagian kecil yang menjelaskan poin yang lebih sfesifik.

Tanpa sub judul artikel panjang anda sulit diambil intisarinya. Pengunjung yang malas baca tidak akan mendapatkan manfaat dari apa yang anda tulis, karena kebanyakan pengunjung hanya melihat sekilas halaman blog anda sebelum mereka memutuskan akan terus membaca atau pindah kelain hati. Bila mereka tertarik barulah mereka akan baca seluruh yang anda tulis.

Sama dengan judul, sub judul hendaklah pula menarik dan harus relevan dengan judul. Sub judul yang menarik akan membangkitkan minat baca pengunjung. Buat juga sub judul yang memuat kata kunci yang yang relevan dengan kata kunci utama. Beri penekanan dengan cetak tebal atau sematkan tag h2, h3, h4 dan seterusnnya.

7. Buat pengunjung selalu penasaran untuk mengetahui kelanjutan dari artikel anda

Anda mungkin sering penasaran dengan cerita sinetron yang anda tonton, atau serial komik yang anda rutin baca, entah setiap minggu atau setiap bulan. Mengapa anda bisa penasaran dan setia menunggu kisah selanjutnya dan bersemangat menonton atau membaca setiap efisode baru.

Andapun bisa menerapkan metode yang dilakukan penayang sintetron untuk blog anda. Anda tulis artikel tentang sebuah topik yang anda tahu topik yang anda pilih akan terkait dengan topik lanjutannya. Tentu saja tanpa membaca tofik lanjutan pengunjung akan merasa tidak lengkap.

Contoh: Misalnya saya menulis artikel berjudul beberapa jenis website terkait dengan kegunaannya. Kemudian dalam posting tersebut saya menuliskan beberapa contoh website yang dimaksud. Misalnya website toko online, website bisnis properti, website perusahaan, website membership. Selanjutnya diakhir cerita saya menjanjikan akan menulis lebih lengkap cara membuat website dengan domain sendiri untuk setiap jenis website tersebut.

Anda yang terlanjur suka membaca cerita tersebut dan ingin tahu lebih banyak besar kemungkinan akan penasaran menunggu posting saya berkutnya.

Kesimpulan

Kalau anda ingin pengunjung tertarik membaca artikel anda, lalu menyukai apa yang anda tulis dan kembali berkunjung, maka anda harus mengetahui cara menulis artikel yang baik dan menarik. Poin-poin yang saya tulis diatas harus anda pertimbangkan untuk digunakan sebagai strategi menulis posting di blog anda.

Apa yang saya tulis diatas bersumber dari pengalaman saya sendiri dan menurut pemikiran banyak blogger sukses yang mereka tuangkan dalam posting mereka.

Kalau anda punya tambahan dan koreksi berdasarkan pengalaman anda sendiri silahkan tulis di komentar anda.

2 thoughts on “Cara menulis artikel yang baik dan menarik

  • Makasih gan sangat bermanfaat sekali bagi saya, mohon koreksinya untuk situs kami yang baru saja di buat obatflekparuparu.utamakansehat.com

    • Terimakasih sudah berkunjung dan saya sudah membuka blog anda. Saya kesulitan menampilkan isi keseluruhan halaman beranda blog anda. Sepertinya anda menggunakan banyak gambar dengan ukuran yang terlalu besar. Sebaiknya perkecil ukuran gambar sekecil mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *