Cara membuat judul blog menarik mudah ditemukan

membuat judul blog menarik
Membuat judul blog menarik dan seo friendly sangat penting, selain berpengaruh terhadap peringkat situs juga memperbesar kemungkinan pengunjung tertarik klik judul blog anda yang tampil di halaman google. Karena itu yang pertama anda lakukan setelah menentukan tema dan memilih nama domain adalah memilih kata yang tepat untuk judul website atau blog anda.

Terkait dengan pemilihan judul yang tepat ini maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Tidak hanya sekedar mempertimbangkan agar artikel SEO friendly namun juga dari hal-hal lain seperti branding dan apakah menarik untuk diklik. Untuk apa memiliki judul yang seo friendly namun tidak menarik untuk diklik atau tidak memuat brand situs anda. Tidak pula baik punya judul menarik namun tidak SEO friendly.

Karena merasa tidak cocok dan mengikuti perkembangan saya telah beberapa kali mengganti judul blog carabisnisonline.net termasuk beberapa jam sebelum artikel ini diterbitkan.

Pada artikel ini saya memberikan masukan sekedar berbagi pengalaman tentang bagaimana sebaiknya anda membuat judul blog menarik dan lebih mudah ditemukan dan apa kata-kata yang tepat yang seharusnya anda gunakan untuk membentuk judul situs anda.

Judul yang saya maksudkan dalam artikel ini adalah judul website atau judul beranda blog, bukan judul posting atau judul artikel. Meskipun begitu baik juga untuk diterapkan pada judul posting blog anda.

Baca juga cara optimasi SEO

Tips membuat judul blog menarik dan seo friendly

#1. Buat judul blog tidak sama dengan nama domain

Saya bepikir membuat judul blog yang sama dengan nama domain bila ia domain EMD adalah bentuk lain dari over optimasi kata kunci. Bahasa kejamnya adalah teknik spam. Tentu anda tidak ingin blog anda dianggab spammer.

Sedikit sekali peraih peringkat atas untuk keyword populer diduduki situs EMD atau situs dengan nama domain yang sama dengan kata kunci yang ditargetkan, apabila judul situs tersebut juga sama dengan nama domainnya.

Contoh untuk keyword cara menulis posting maka blog caramenulisposting.com sebaiknya tidak memuat hanya kata-kata cara menulis posting sebagai judul. Kalaupun harus menyisipkan tiga kata tersebut maka akan lebih baik digabung dengan kata-kata lainnya.

Saya melihat untuk mendapatkan peringkat atas untuk kata-kata kunci populer tidak lagi bisa semata-mata mengandalkan nama domain EMD. Malahan kalau salah memilih kata dalam judul boleh jadi nama domain EMD akan menjadi bumerang. lalu akibatnya tidak bagus untuk peringkat situs.

Sedangkan untuk WEBSITE atau blog dengan nama domain branding, menggunakan hanya kata atau frasa kata yang sama dengan nama domain bagus sekali untuk lebih membangun brand situs Anda.

#2. Buat judul blog yang pendek saja

Judul yang pendek itu tujuannya agar lebih mudah diingat dan setiap kata bisa tampil semua di halaman google. Google membatasi jumlah karakter yang tampil di halaman google. Jadi kalau judul blog anda kepanjangan tentu tidak semua kata pada judul ditampilkan google. Pesan yang hendak anda sampaikan melalui judul tidak lengkap sampai ke pengunjung. Ini akan sangat merugikan kalau kata yang tidak tampil adalah kata yang sangat penting.

Tetapi tidak sekedar pendek, hendaklah pula memuat kata yang merupakan kata kunci target anda di dalam judul. Meskipun anda bermaksud memuat kata kunci, jangan anda pikir dengan memasukkan kata kunci maka akan lebih mudah mendapatkan peringkat bagus untuk keyword tersebut.

Judul yang pendek dimaksudkan untuk menjelaskan dengan singkat tentang apa blog atau website anda. Jadi ketimbang untuk tujuan SEO, lebih tepat dari itu adalah bahwa judul menginformasikan kepada pengunjung apa informasi yang ada dalam blog anda.

Buat judul blog sekitar 40 sampai 57 karakter saja termasuk spasi atau tidak lebih lebar dari 512 pixel. Anda bisa menggunakan situs ini untuk mengetahui berapa ukuran lebar judul situs anda.

Google menghendaki lebar judul tidak melebihi batas pixel tertentu. Maka meskipun jumlah karakter dalam judul anda sudah pendek, boleh jadi terpotong karena lebar judul blog anda melewati batas.

Jadi kalau judul situs anda terpotong dikarenakan anda menggunakan hurup besar atau cetak tebal, maka gunakan saja hurup kecil dan tidak perlu cetak tebal.

Dengan judul yang pendek mungkin tidak menjelaskan lebih lengkap tentang apa blog Anda. Maka Anda perlu membuat deskripsi penelusuran blog yang menarik sebagai pelengkap.

#3. Buat judul blog yang  relevan dengan tema dan berbeda dari blog lain

Tentu saja dengan melihat judul diharapkan pengunjung bisa menebak Isi sesuai dengan judul. Itu yang disebut relevansi antara judul dan tema blog website. Karena itu membuat judul yang sesuai dengan tema adalah hal terpenting yang harus anda lakukan. Setelah itu anda mencari tofik yang relevan dengan tema untuk ditulis mengisi blog anda.

Anda sebaiknya buat judul berbeda dengan judul blog atau website yang pernah ada. Meskipun tidak harus benar-benar berbeda, setidaknya anda harus sisipkan 1 atau 2 kata atau susunan kata yang dibedakan.

#4. Jangan buat judul blog memuat pengulangan kata yang sama

Pengulangan kata dalam judul bisa dianggab anda melakukan spam. Tidak seperti beberapa tahun lalu, melakukan pengulangan kata dalam judul malah akan membuat peringkat blog anda tidak akan tampil di atas.

Pengulangan kata itu seperti misalnya anda membuat judul blog menjadi “cara seo|cara melakukan seo|cara seo website”. Dengan judul seperti itu anda melakukan 3 kali pengulangan kata “cara”, 2 kali pengulangan kata “cara seo” dan 3 kali untuk kata “seo”.

Dengan membuat judul seperti diatas saya jamin peringkat situs anda tidak bakal naik keatas.

#5. Tambahkan brand atau nama domain blog/website anda dalam judul

Website besar moz.com membuat judul: Moz: SEO Software, Tools and Resources for Better Marketing.

Menurut Moz.com format judul yang baik itu seperti ini “keyword utama – keyword kedua|brand website anda”. Misalnya keyword utama anda adalah ” cara seo”, keyword kedua “peringkat tinggi di google” dan brand blog anda “gerobak bisnis”, maka judul website/blog anda adalah “cara seo – peringkat tinggi di google|grobak bisnis“.

Bisa juga brand website/blog anda diganti dengan url (nama domain). Misalnya menjadi: gerobakbisnis.com|cara seo & peringkat tinggi di google.

Tujuan memuat nama domain pada judul agar orang bisa segera mengenali website kita di halaman hasil pencarian google.

Untuk membuka sebuah website orang awam seringkali mengetikkan nama domain situs di google. Mereka mengenali sebuah website dengan melihat judul yang tampil di halaman hasil pencarian dan klik judul yang memuat nama domain tersebut.

Mereka tidak memahami bahwa untuk mengenali sebuah website bisa pula dengan melihat URL.

Saya pernah memperkenalkan biajobisnis.com kepada seorang teman. Suatu hari ia bermaksud membuka website biajo bisnis. Ia mengetikkan nama domain tersebut di google, namun dengan melihat hasil pencarian google ia tidak bisa menemukan website tersebut.

Lalu esoknya ia mencoba membuka langsung biajo bisnis di hadapan saya menggunakan smartphone dengan cara seperti yang pernah ia lakukan. Ia memperlihatkan kepada saya hasil pencarian google dan ia bilang tidak menemukan biajobisnis.com di hasil pencarian tersebut.

Setelah saya ubah judul biajo bisnis dengan memasukkan nama domain biajobisnis.com pada judul, dengan mudah ia bisa menemukan dan membuka website ini.

Baca juga cara membuat URL posting blog yang baik

Kesimpulan

Membuat judul yang tepat sangat penting dan mempengaruhi peringkat situs anda. Selain berpengaruh terhadap peringkat juga membentuk image yang baik bagi brand bisnis anda.

Anda memang sebaiknya memuat keyword yang paling anda targetkan dalam judul termasuk juga keyword lainnnya namun jangan pernah mengulangi kata yang sama lebih dari 2 kali. format yang dianjurkan adalah “keyword utama – keyword nomor 2|brand situs anda”.

Kalau anda menggunakan nama domain EMD maka buat judul tidak sama dengan nama domain atau tambahkan kata-kata lain.

Batasi judul tidak lebih dari lebar 512 pixel atau dalam kisaran antara 40 hingga 57 karakter termasuk spasi. Kalau tidak judul anda akan terpotong di halaman hasil pencarian google. Kalau anda hendak memberi cetak tebal atau memakai hurup besar pada judul usahakan tidak lebih lebar dari 512 pixel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *