Cara membuat URL posting blog yang baik seo friendly

cara membuat url
Mengetahui cara membuat URL posting blog yang baik dan SEO friendly itu sama pentingnya dengan pengetahuan cara membuat blog itu sendiri. Salah satu yang terpenting bahwa penggunaan struktur URL dan pemuatan kata dalam URL sangat mempengaruhi peringkat sebuah posting di halaman Google.

Apakah anggapan bahwa struktur dan kata dalam URL benar-benar mempengaruhi peringkat ?. Artikel ini akan membahas bagaimana sebaiknya anda mengunakan format URL yang digunakan pada blog dan artikel posting di blog.

Isi artikel ini terinsfirasi dari tulisan banyak blogger ternama, baik dari blogger dalam dan luar negeri. Karena itu saya berkeyakinan penggunaan struktur URL, baik kata yang digunakan maupun format URL itu sendiri mempengaruhi peringkat meskipun tidak signifikan, setidaknya untuk kasus-kasus tertentu.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang URL mungkin ada pembaca blog ini belum paham apa yang dimaksud dengan URL. URL adalah singkatan dari universal resource locator atau disebut pula alamat sebuah halaman web di internet. Contoh URl blog yang membahas tentang bisnis online yang sedang anda baca ini adalah http://www.biajobisnis.com.

Ada beberapa pokok pikiran dalam URL yang mempengaruhi peringkat dan berikut ini beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

Berikut ini cara membuat URL posting blog yang baik

Jangan gunakan karakter khusus dalam URL

Karakter khusus yang saya maksudkan seperti simbol: &,%,@. Karakter seperti ini tidak perlu dimasukkan dalam URL posting. Karakter-karakter tersebut tidak memiliki arti sama sekali. Google tidak akan memberi nilai tambah pada karakter tersebut jika ia termuat dalam URL. Malah posting blog dengan URL yang memiliki karakter tersebut akan mempersulit penelusuran mesin pencari.

Bahkan tidak saja karakter seperti diatas termasuk juga kata sambung atau apalah namanya untuk menyebut kata seperti: dan, atau, di, dengan, ke.  Penggunaan kata sambung seperti ini hanya memperpanjang URL dan tidak memberi nilai tambah pada URL bila dikaitkan dengan SEO. Jadi sebisa mungkin hindari menggunakan kata-kata atau karakter seperti yang saya sebutkan diatas.

Anda bisa saja menggunakan karakter khusus atau simbol dalam judul posting anda, misalnya anda boleh memuat kata “$ 100” dalam judul, masukkan hurup “100” dalam URL dan tidak perlu memuat simbol “$”. Anda bisa lihat contoh penggunaan URL pada salah satu artikel di maxmanroe.com,

Batasi Panjang URL

Apakah URL yang panjang atau pendek yang lebih baik dalam SEO?. Blogger.com menyediakan opsi pembuatan URL menurut apa yang kita mau. Jadi kita bisa memasukkan sebanyak mungkin kata dalam URL. Begitu juga pemberian URL pada wordpress.

Menggunakan URL yang panjang sebenarnya tidak memberi pengaruh pada peringkat posting artikel anda. Dalam banyak contoh saya melihat ada banyak posting blog dengan URL pendek yang tampil di peringkat atas, sebaliknya juga dengan URL panjang.

Neil patel menulis dalam sebuah artikel di quicksprout.com bahwa 10 peringkat teratas untuk 1000 keyword yang ia analisa didominasi oleh artikel dengan rata-rata panjang URL sekitar 37  karakter.
Blog teman-teman yang berada di posisi atas untuk keyword populer juga tidak didominasi oleh blog dengan URL yang panjang, tidak pula URL yang pendek. Jadi mau panjang atau pendek adalah terserah anda. Tetapi pertimbangkan untuk tidak memuat lebih dari 50 karakter dalam URL.

Masukkan keyword dalam URL

Dahulu kala penggunaan keyword dalam URL diyakini sebagai salah satu cara SEO yang benar, karena itu setiap URL artikel selalu dipenuhi oleh keyword yang menjadi target. Teknik itu masih tetap ampuh asalkan tidak berlebihan. Banyak juga blog memiliki peringkat yang baik untuk keyword yang bahkan tidak semuanya ada dalam URL.

Tetapi memang akan lebih baik memuat keyword dalam URL, tetapi memuat semua keyword yang ditargetkan dalam URL tidak akan serta merta memberi pengaruh positif pada peringkat. Dalam banyak kasus bisa saja anda dianggab melakukan spam melalui URL.

Anda boleh saja memuat semua keyword dalam URL namun tidak selalu memuat judul yang juga sama dengan URL akan berpengaruh positif. Lebih tidak bagus lagi kalau anda menggunakan nama domain yang berupa keyword, lalu URL anda sama dengan nama domain, begitu juga dengan judul artikel. Misalnya anda gunakan nama domain: caramembuatblog.com, kemudian artikel anda berjudul “cara membuat blog” selanjutnya URL posting tersebut menjadi http://www.caramembuatblog.com/cara-membuat-blog/.

Anda boleh saja memiliki blog dengan nama domain yang anda targetkan atau disebut nama domain EMD (exact match domain), misalnya halaman beranda blog caramembuatblog.co tetap bisa tampil di peringkat 5 untuk keyword cara membuat blog.

Gunakan sedikit mungkin Subfolder dalam URL

Banyak yang bilang sebaiknya tidak menggunakan subfolder pada URL, tetapi apakah menggunakan subfolder dalam URL tidak baik dalam SEO. Subfolder yang saya maksudkan misalnya pada URL “http://www.biajobisnis.com/2011/03/cara-membuat-blog-blogspot-lengkap-dengan-video-tutorial/”.

Dalam URL tersebut angka tahun dan bulan setelah tanda “/” adalah subfolder. Jadi URL artikel tersebut memiliki 2 buah sub folder. Faktanya, halaman pertama untuk beberapa keyword populer diisi oleh blog dengan URL yang menggunakan subfolder juga oleh blog dengan URL tanpa subfolder.

Contoh: untuk keyword “cara membuat blog” ada 6 blog dengan posting menggunakan subfolder pada URL, ada 2 blog tanpa subfolder berada pada halaman 1 google dan ada 2 blog yang mengunakan EMD mendapatkan peringkat untuk halaman beranda.

Kalau anda menggunakan blog blogspot tentu saja anda tidak bisa menghindari penggunakan subfolder. Lain halnya pada blog wordpress anda bisa pilih format URL dengan atau tanpa subfolder. Jadi itu menunjukkan penggunaan subfolder pada URL sama baiknya dengan tanpa subfolder. Tetapi kalau anda harus menggunakan subfolder pada URL posting blog wordpress sebaiknya gunakan sedikit mungkin subfolder.

Kesimpulan

Menggunakan URL yang memuat semua kata kunci tidak menjamin posting blog anda akan menang bersaing termasuk andaipun anda menggunakan domain EMD. Hindari membuat judul posting blog anda sama persis dengan nama domain dan tidak perlu pula selalu menulis artikel dengan judul dan URL yang sama persis.

Sebaiknya tidak memuat URL yang lebih dari 50 karakter, akan lebih baik dalam kisaran 35 hingga 40 karakter tidak termasuk tanda “-“.

Hindari penggunaan simbol dalam URL, termasuk sebisa mungkin tidak menggunakan kata sambung bila tidak benar-benar diperlukan.

Kalau anda punya koreksi dan tambahan silahkan bagi di komentar anda.

4 thoughts on “Cara membuat URL posting blog yang baik seo friendly

Tinggalkan Balasan