Penyebab pengunjung blog turun drastis dan cara mengatasinya

Mungkin peringkat blog anda pada awalnya baik sekali, namun belakangan ini merosot. Dampaknya adalah jumlah pengunjung blog turun drastis. Kalau demikian yang terjadi anda perlu tahu beberapa penyebab pengunjung blog turun drastis dan cara mendatangkan kembali pengunjung ke blog anda meskipun peringkat turun.

Mendatangkan banyak pengunjung ke blog adalah apa yang harus anda lakukan untuk menopang kesuksesan anda mengelolah blog untuk tujuan bisnis. Tanpa mendapatkan banyak pengunjung, blog anda tidak akan efektif mendatangkan profit.

Masalahnya adalah mengundang banyak pengunjung membaca blog anda bukan perkara mudah. Apalagi saat blog anda turun peringkat. Anda perlu kerja keras dan cerdas. Anda tidak bisa hanya mengandalkan cara biasa. Anda perlu mengetahui beberapa sumber dari mana banyak pengunjung blog biasanya berasal selain dari search engine.

Artikel ini menjelaskan beberapa penyebab pengunjung blog turun drastis dan bagaimana cara agar blog kembali banyak pengujung.

Blog carabisnisomline.net terkena musibah kekurangan pengunjung, sementara ia pernah mendapatkan sekitar 1000 pengunjung per hari dalam beberapa bulan yang lalu.

Saya mengetahui beberapa sebab performa blog saya tersebut merosot, karena itu saya akan berikan tips agar blog anda tidak menjadi seperti punya saya, malahan akan mendapatkan lebih banyak pengunjung dari hari kehari.

Penyebab pengunjung blog turun drastis

#1. Turun peringkat di halaman google untuk keyword ramai pencarian

Pengunjung terbanyak yang membaca blog carabisnisonline.net adalah mereka yang berasal dari google. Mereka umumnya klik judul blog tersebut yang tampil di halaman hasil pencarian google untuk 3 keyword utama. Termasuk juga kata kunci lain yang relevan.

Meskipun popularitas keyword-keyword tersebut masuk kategori menengah, namun menyumbang 80% pengunjung blog carabisnisonline.net.

Kalau anda baru terjun di dunia internet marketing, berlomba memperebutkan peringkat atas untuk prasa keyword ketat persaingan akan menguras keringat dan kantong anda. Untuk itu ketahui dulu cara SEO yang benar.

Menurut penelitian hanya peringkat 3 teratas saja yang sukses mendapatkan banyak pengunjung, sementara peringkat dibawahnya hanya menikmati sisa.

Blog carabisnisonline.net pernah beberapa bulan menikmati peringkat 3 teratas untuk prasa kata kunci  yang sangat ramai pencarinya. Rata-rata pengunjung yang datang lebih dari 300 orang hanya untuk 1 kata kunci.

Kemudian blog carabisnisonline.net turun peringkat untuk 2 kata kunci utama termasuk juga kata-kata kunci lain. Dampaknya adalah kehilangan ratusan pengunjung per hari.

Sejak akhir 2015 semua isi blog carabisnisonline.net sudah dipindahkan ke biajobisnis.com. Setelah berada di rumah baru, maka Untuk peringkat kata kunci utama biajo bisnis berada di entah di halaman mana.

Pindah tempat atau migrasi konten ke domain baru memang pasti berdampak penurunan peringkat. Namun migrasi adalah pilihan logis untuk sebuah tujuan branding.

#2. Tidak konsisten menulis posting baru secara rutin

Saya berulang kali menulis dalam banyak artikel di blog bahwa konsisten menerbitkan artikel baru secara rutin sama pentingnya dengan peringkat atas halaman google. Mengapa begitu penting rutinitas tersebut ?.

Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari mesin pencari, banyak juga mereka yang berkunjung adalah mereka yang menyukai tulisan  anda. Pengunjung seperti ini biasanya akan datang secara rutin, entah seminggu sekali, atau setiap hari.

Mereka hanya berharap menemukan artikel baru untuk mereka baca dan menambah wawasan mereka seputar tofik yang relevan dengan tema apa yang mereka kaitkan dengan blog kita.

Jadi kalau mereka tidak menemukan tulisan baru dalam beberapa kali kunjungan, besar kemungkinan mereka akan menganggap blog kita tidak lagi bisa diandalkan sebagai sumber informasi.

Lebih dari pada itu google sendiri menilai baik untuk sebuah blog yang rutin menerbitkan posting baru yang relevan dengan tema blog.

Saya sendiri dan banyak blogger lain meyakini rutinitas menerbitkan posting baru adalah salah satu dari beberapa faktor terpenting yang menentukan apakah sebuah blog itu akan dihargai dengan peringkat yang baik atau tidak. Tetapi tentu saja anda tidak bisa mengabaikan faktor SEO on page termasuk juga posting anda harus memenuhi kriteria sebagai tulisan yang berkualitas.

#3. Hanya mengandalkan trafik dari search engine dan melupakan sumber lain

Mengandalkan google sebagai satu-satunya sumber dari mana pengunjung berasal sama saja dengan memiliki blog dan anda bayar orang untuk mengelolahnya, sementara anda sendiri tidak tahu apa-apa.

Manakalah anda tidak lagi bisa membayar sang pekerja maka blog anda mati suri. Begitu juga kalau anda mengandalkan peringkat di google maka begitu peringkat anda merosot blog anda akan sepi pengunjung.

Sumber pengunjung blog tersebut terbanyak berasal dari google dan saya tidak maksimal mengundang pengunjung dari sumber lain.

Beruntung meskipun peringkat merosot drastis saya masih terhibur oleh sebab masih ada pengunjung yang datang melalui ketik langsung URL blog di browser internet dan mereka yang datang dari kata kunci “not provided”.

Pengunjung yang datang dari kata kunci “not provided” biasanya pengunjung yang klik judul blog/posting blog kita sementara mereka dalam keadaan sedang login akun google. Hasil pencarian pada saat anda sedang login dan saat tidak login biasanya berbeda. Saat anda login Google akan merekomendasikan blog yang sering anda kunjungi di peringkat atas.

Bagaimana mendatangkan kembali banyak pengunjung ke situs anda

Cara #1. Berusahalah untuk ranking tinggi untuk keyword populer ramai pencarian

Ada banyak faktor yang menentukan apakah blog anda akan rangking tinggi di google atau malah terjun bebas ke dasar hasil pencarian. Apapun fator-faktor tersebut orang menyebutnya cara SEO.

Ada 2 cara SEO yaitu cara seo on page dan cara SEO off page. Penjelasannya dari 2 cara SEO ini panjang dan lebar sekali. Untuk mengetahui secara singkat tentang cara SEO ini silahkan klik dasar-dasar cara SEO blog.

Ada banyak blog yang menginformasikan bagaimana melakukan SEO yang benar dan efektif. Beberapa situs luar negeri yang membahas SEO adalah: searchengineland.com, searchenginewatch.com, moz.com dan quicksprout.com.

Salah satu blog dalam negeri tempat belajar SEO adalah trikmudahseo.blogspot.com dan masih banyak lagi situs dalam negeri yang menulis tentang SEO termasuk biajo bisnis ini.

Cara #2. Rutin menulis posting secara teratur

Contoh terbaik dalam rutinitas menulis posting baru adalah situs maxmanroe.com. Saya mengamati dan mempelajari situs milik marikxon manurung ini dari sejak 1,5 tahun lalu, pada saat website tersebut tidak jauh berbeda dengan blog carabisnisonline.net dan situs tersebut belum seperti saat ini yang mendominasi banyak keyword populer.

Apa yang bisa dipelajari dari situs tersebut bahwa meskipun artikel dalam blog tersebut tidak membahas tofik secara mendetil. Rata-rata panjang posting dalam kisaran dibawah jumlah kata yang direkomendasikan yaitu minimal 1000, namun ia selalu menerbitkan artikel yang relevan dengan tema bisnis pada umumnya secara teratur. Hasilnya selain peringkat secara perlahan-lahan merangkak naik pengunjung berdatangan seperti gelombang.

Saya meyakini meskipun mendapatkan backlink itu baik sekali, anda tidak perlu habis-habisan membangun link menuju blog anda. Dengan secara teratur dan konsisten menulis tofik yang relevan blog anda akan dihargai google dengan peringkat yang baik.

Cara #3. Datangkan pengunjung dari banyak sumber

Sumber pengunjung selain berasal dari mesin pencari populer seperti google, juga dari media sosial seperti facebook, google+, linkdedin, twitter dan sebagainya. Bisa pula berasal dari iklan Google AdWords dan iklan banner yang anda pasang di blog populer yang relevan.

Sumber lain adalah iklan di koran, majalah, atau kalau anda punya anggaran tidak terbatas anda bisa pasang iklan di televisi. Biaya pasang iklan bergambar ukuran 5 cm kali 10 cm di koran seperti di kota Palembang rata-rata berkisar Rp.1 juta hingga Rp.2.000.000,- per bulan.

Website populer yang biasanya memiliki anggaran pemasaran yang besar umumnya mengandalkan iklan untuk mempopulerkan situs mereka. Tidak begitu mengandalkan peringkat google.

Tetapi setelah pengunjung berdatangan dan brand mereka terbentuk maka dengan sendirinya google akan mengangkat peringkat situs-situs tersebut di peringkat atas.

Cara #4. Sabar dan berdoa

Sabar dan berdoa adalah kata kunci paling populer untuk meraih kesuksesan setelah anda bekerja keras dan cerdas. kalau blog atau situs anda belum meraih popularitas atau masih berperingkat tidak membanggakan jangan berputus asa.

Barangkali popularitas akan datang seiring dengan hal lain yang bakal juga anda raih. Pastinya dengan tekun dan terus menerus berada dijalur yang benar dalam mengelolah blog maka anda akan kian matang sebagai seorang blogger.

Kesimpulan

Tidak konsisten menerbitkan posting baru yang relevan dan mengandalkan satu sumber pengunjung adalah kesalahan yang sepatutnya tidak anda lakukan. Melakukan 2 kesalahan tersebut menjamin blog anda tidak kunjung akan populer.

Anda perlu belajar SEO dari sumber yang benar dan mempraktekkannya untuk memastikan peringkat blog anda selalu baik. Anda juga musti mendatangkan pengunjung dari banyak sumber, tidak melulu mengandalkan mesin pencari. Dengan demikian meskipun peringkat blog turun, situs anda masih mendapatkan pengunjung.

Dengan mengikuti panduan diatas anda berpeluang meraih hasil terbaik dalam usaha mempopulerkan dan mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda.

2 thoughts on “Penyebab pengunjung blog turun drastis dan cara mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *