Kenapa blog saya tidak muncul di google halaman pertama

kenapa blog saya tidak muncul di google

Alkisah selama beberapa bulan lalu peringkat blog carabisnisonline.net selalu baik sekali untuk beberapa keyword populer yang relevan. Masalahnya adalah kenapa blog saya tidak muncul di google halaman pertama sejak bulan oktober 2014 hingga sekarang ini. Saya pernah berpikir tidak melakukan kesalahan patal yang menurut saya menjadi penyebab.

Tapi asumsi itu sepertinya salah, karena tidak mungkin judul blog menghilang dari google halaman pertama tanpa melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut bisa terjadi dalam optimasi atau kesalahan karena tidak melakukan hal yang penting dalam optimasi.

Dalam artikel posting ini saya menuliskan apa yang mungkin menjadi penyebab kenapa blog saya tidak muncul di google halaman pertama demikian lama.

Berikut ini beberapa kesalahan yang telah dan tidak saya lakukan yang berdampak pada kejatuhan peringkat blog carabisnisonline.net.

Penyebab kenapa blog saya tidak muncul di google halaman pertama

Penyebab #1. Tidak terus-menerus menambah backlink

Banyak yang bilang membangun link itu tidak penting, setidaknya tidak lebih penting dari menerbitkan artikel berkualitas super. Tetapi disini saya katakan membangun link itu sangat penting, tidak hanya sekedar untuk tujuan agar peringkat naik dengan tambahan jumlah backlink blog. Banyak yang bisa anda peroleh dengan sebab mendapatkan backlink.

Anda bakal mendapatkan keuntungan berikut ini dengan menambah backlink:

  • Meningkatkan dan mempertahankan peringkat artikel posting atau blog anda secara keseluruhan.
  • Mendapatkan tambahan pengunjung yang klik langsung link menuju blog anda.
  • Memperkenalkan blog anda kepada banyak orang.

Namun tentu saja anda harus membangun link dengan cara yang aman dan dibenarkan. Cara yang aman tersebut adalah cara yang disukai algoritma google penguin.

Saya juga telah tidak memperpanjang nama domain informasibisnis.net yang didalamnya terdapat link menuju blog carabisnisonline.net. Jadi saya kehilagan backlink dari domain tersebut.

Penyebab #2. Tidak melindungi blog dari copy paste

Praktek copy paste sangat merugikan tidak hanya merugikan penulis konten tapi juga pelaku sendiri. Mengapa demikian?. Kalau artikel anda dicopy paste dan terbit di banyak blog lain tanpa diubah sama sekali, termasuk link yang anda buat maka anda dianggab membangun link dengan cara tidak benar atau nyepam.

Kalau artikel tersebut tidak bernilai otoritas tinggi boleh jadi peringkat artikel versi copas akan berada di atas artikel original yang terbit di blog anda. Lebih berbahaya lagi kalau artikel copas lebih dahulu terindex google. Apapun sebabnya google tidak menyukai artikel yang sama terbit di lebih dari 1 buah blog yang terindex di google.

Fasilitas pelaporan hak cipta melalui Google DMCA

Anda mungkin berpikir akan melaporkan pencurian artikel menggunakan tool google DMCA. Untuk anda ketahui tidak selalu apa yang anda laporkan sebagai pelanggaran hak cipta melalui google DMCA akan ditanggapi google sesuai harapan. Coba anda lihat screen shot berikut ini

dmca melindungi blog dari copy paste

 

Screenshot diatas adalah email yang saya terima dari team google. Maksud email tersebut adalah: bahwa team google ingin memastikan apakah benar saya pemilik dari artikel yang saya laporkan sebagai pelanggaran hak cipta.

Terus terang saya sempat kesal setelah membaca email pemberitahuan dari google di atas, karena itu saya balas dengan menulis email balasan seperti yang bisa anda lihat di screenshot berikut ini:

screenshot komplain saya ke google

Email selanjutnya yang saya terima yang menginformasikan penghapusan artikel copas di blog pelaku
Screenshot keputusan google tentang DMCA yang saya ajukan

Alhamdulillah komplain saya ditanggapi pihak google dan artikel versi copas tersebut dihapus dari blog pelaku. Terus terang saya tidak ingin melakukan ini seandainya saja saya bisa menghubungi mereka. Tapi sayangnya mereka tidak mencantumkan alamat email apalagi nomor ponsel yang bisa dihubungi untuk meminta mereka dengan sukarela menghapusnya.

Sebenarnya saya telah melakukan 23 buah laporan pelanggaran hak cipta via google DMCA, saya belum melihat apakah artikel copas di blog terlapor telah dihapus atau tidak.

Saya berharap jangan jiplak artikel punya orang

Saya menyarankan jangan pernah melakukan copy paste dan lindungi blog anda agar tidak menjadi korban praktek copy paste. Sebagaimana saya tulis pada postingan yang lalu bahwa praktek copy paste ini bisa dilakukan sebagai sebuah SEO negatif. SEO negatif itu tujuannya untuk menjatuhkan peringkat blog orang lain. Tentang cara melindungi blog dari dampak SEO negatif anda bisa baca cara melindungi blog dari seo negatif.

Saya tidak katakan bahwa setiap pelaku copy paste adalah mereka yang bertujuan menjatuhkan peringkat blog. Karena ada juga pelaku copy paste yang sebenarnya pengagum blog kita. Karena kekaguman mereka maka mereka dengan suka cita menerbitkan ulang artikel hasil karya kita di blog mereka.

Untuk melindungi dari copy paste saya memasang script sederhana untuk mencegah klik kanan pada halaman blog carabisnisonline.net. Meskipun ini merupakan cara minimal melindungi blog tapi setidaknya saya maksudkan agar pembaca mengetahui bahwa saya tidak suka apa yang saya tulis dicopy paste.

Penyebab #3. Tidak rutin menulis posting baru

Saya konsisten menulis artikel yang relevan dengan tema utama blog hingga akhir 2013.  Mulai awal 2014 peringkat blog carabisnisonline.net merangkak naik untuk beberapa keyword populer.

Blog tersebut mendapatkan  pengunjung sekitar 700 hingga 1000 pengunjung perhari. Tapi sejak awal April itu juga prekwensi menerbitkan artikel baru benar-benar menurun. Maka bulan Oktober 2014 hingga sekarang awal bulan April 2015 peringkat kata kunci yang semula bagus perlahan-lahan merosot. Ada beberapa buah darinya bahkan menghilang dan tak terlihat di halaman 3 sekalipun.

Sebenarnya tidak serta merta begitu anda mengendorkan prekwensi menerbitkan artikel baru maka blog anda akan segera turun peringkat. Tidak secara rutin menulis adalah hanya salah satu penyebab. Untuk mengetahui selengkapnya tentang penyebab peringkat blog turun klik bagaimana mengetahui penyebab peringat blog turun.

Kalau anda tidak rutin menerbitkan artikel baru maka prekwensi jelajah robot Google ke blog anda akan berubah. Secara logika kalau robot google tidak menemukan artikel baru dalam beberapa kali jelajah, maka blog anda dianggab tidak terawat atau mati suri. Lalu untuk apa blog tersebut dihargai dengan ranking hasil pencarian yang baik.

Anda bisa tetap membuat peringkat blog anda bertahan kalau poin nomor 2 dan nomor 3 diatas anda lakukan dengan benar dan terus menerus. Tapi tetap saja blog anda tidak dianggab begitu bernilai bagi pengunjung. Lambat laun mereka akan malas berkunjung, setelah mendapatkan kenyataan bahwa lagi-lagi blog anda hanya menampilkan posting lama.

Penting Anda baca cara SEO.

Kesimpulan

Kalau anda ingin peringkat blog anda meningkat dan stabil pada posisinya sebaiknya anda hindari melakukan 3 kesalahan diatas. Atau setidaknya perkuat 2 poin dari 3 poin kalau anda tidak bisa melakukan ketiga-tiganya.

Sulit mengembalikan peringkat blog anda pasa posisi terbaiknya mengingat pesaing semakin banyak dan mungkin pesaing melakukan yang lebih baik dari yang anda lakukan.

Mendapatkan backlink secara terus-menerus, melindungi blog dari praktek copy paste dan menerbitkan konten yang relevan secara rutin adalah 3 hal yang harus anda lakukan dengan benar dan konsisten.

Sebenarnya ada banyak lagi kesalahan yang telah dan tidak saya lakukan dalam proses mengelola blog carabisnisonline.net. Menurut saya kesalahan-kesalahan tersebut sebagai penyebab blog carabisnisonline.net jalan ditempat. Karena keburu waktu harus menerbitkan artikel baru hari ini maka saya cukupkan 3 poin saja.

Apa kesalahan yang telah anda lakukan dalam optimasi blog anda ?, mari bagikan dalam komentar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *