Ciri backlink berkualitas tinggi untuk menaikkan peringkat web

Terus terang jumlah backlink yang diterima website ini dan blog saya yang lain tidak banyak dan itupun rasanya bukan backlink berkualitas tinggi. Jadi wajar kalau peringkat blog saya turun.

Saya tipe blogger malas cari backlink, meskipun saya akui backlink berkualitas salah satu faktor yang paling penting yang mempengaruhi peringkat situs di hasil pencarian google.

Tetapi secara teori seperti halnya teman-teman blogger lain yang sudah cukup lama ngeblog, saya mengetahui bagaimana sebaiknya membangun backlink dan bagaimana komposisi yang tepat agar backlink yang kita dapatkan benar-benar memberi dampak baik untuk peringkat situs.

Mengenai apakah blog mereka berperingkat atas untuk banyak kata kunci atau malah turun peringkat seperti yang blog ini alami tergantung seberapa keras dan seberapa mau mereka menerapkan ilmu yang mereka miliki.

Lagi pula kalau peringkat tidak kunjung membaik atau bahkan memburuk bukan berarti semata-mata masalah backlink, melainkan ada banyak faktor lain yang menentukan peringkat di hasil pencarian google seperti misalnya akibat praktek SEO negatif.

Berdasarkan pengalaman sendiri dan pengalaman blogger lain termasuk blogger ternama, saya mencoba memberikan informasi tentang ciri backlink berkualitas, bagaimana sebaiknya membangun backlink dari awal dan bagaimana komposisi backlink yang tepat.

Ciri backlink berkualitas tinggi dan Berapa banyak backlink yang harus anda dapatkan

Apakah semakin banyak backlink semakin baik untuk mendongkrak peringkat situs anda ?. Benar, kalau backlink yang anda dapatkan berkualitas dan komposisinya tepat. Kalau tidak demikian maka anda harus pahami bahwa yang paling penting dari link adalah bukan jumlah yang banyak melainkan kualitas atau dari mana backlink anda peroleh.

Berikut ini apa kriteria backlink berkualitas itu dan apa komposisi terbaiknya:

#1. Backlink yang diperoleh secara alami

Backlink yang didapat dengan cara alami itu biasanya orang menyebutnya sebagai earn link bukan make link. Maksudnya anda hendaklah memberikan kesan seolah-olah backlink tersebut anda peroleh secara alami. Prakteknya biasanya berupa link yang terpasang di blog orang lain dan ditulis bukan oleh anda. Jadi seolah-olah orang memberikan link menuju artikel posting atau halaman beranda blog anda sebagai rujukan untuk mendapakan informasi lain yang penting.

Misalnya anda menulis artikel berupa panduan link building yang terbukti efektif, maka orang yang membaca tulisan anda mungkin tertarik juga menulis artikel yang relevan lalu karena tidak ingin melakukan copy paste maka mereka membuat link dalam artikel mereka yang menuju tulisan anda. Tapi ingat bukan copy paste, karena link yang berasal dari artikel anda yang dicopy paste adalah link yang  berdampak buruk.

#2. Tidak menggunakan tekslink yang sama dengan keyword yang anda targetkan

Kalaupun harus menggunakan tekslink yang berupa keyword target, hendaknya harus pula diimbangi dengan banyak tekslink lain yang bukan keyword. Misalnya anda menargetkan kata kunci cara membangun link, maka yang dimaksud dengan keyword tekslink adalah kalau anda gunakan tekslink cara membangun link untuk link menuju artikel anda.

Sebaiknya anda tambahkan kata lain misalnya menjadi praktek cara membangun link yang efektif, atau misalnya tekslink klik disini. Lalu apakah tidak boleh menggunakan tekslink yang berupa keyword target?. Tidak demikian, anda tetap boleh menggunakan keyword rich anchor text , namun pastikan artikel tersebut juga mendapatkan banyak backlink dari link yang menggunakan tekslink lain yang beragam.

#3. Berasal dari situs otoritas atau situs yang bernilai baik dilihat dari peringkat search engine dan memiliki reputasi baik

Kalau anda mendapatkan 1 saja backlink dari situs otoritas yang relevan dengan blog anda, maka anda bisa mengalahakn situs lain yang mendapatkan 10 backlink dari situs biasa. Situs otoritas itu biasanya situs yang membahas tema sfesifik dan berperingkat baik di halaman hasil pencarian google untuk keyword yang relevan.

Misalnya sebuah situs yang hanya membahas tentang bisnis online dan satu atau beberapa halaman situs tersebut peringkat nomor 1 di google, maka posting anda yang relevan membahas bisnis online dan mendapatkan backlink dari halaman situs tersebut akan berperingkat baik di hasil pencarian google untuk keyword seputar bisnis online.

#4. Berasal dari konten yang relevan

Meskipun blog anda mendapatkan backlink dari situs PR 8 yang membahas tentang tips kesehatan, tidak bisa dikatakan itu backlink berkualitas tinggi dan tidak akan besar pengaruhnya kalau blog anda membahas tentang teknik SEO. Blog anda bisa dikalahkan oleh situs yang mendapakan backlink dari situs PR 2 yang membahas artikel tentang SEO.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah blog atau halaman posting sebuah blog itu relevan dengan situs anda adalah dengan menggunakan google. Anda ketik saja keyword yang anda targetkan, maka hasil teratas yang ditampilkan google adalah situs yang paling relevan.

#5. Diperoleh dalam rentang waktu yang tidak singkat

Mendapatkan 100 backlink dalam kurun waktu 1 minggu akan memunculkan tanda tanya besar kalau situs baru berumur 1 bulan. Kecuali kalau isi situs anda benar-benar unik tidak ada duanya. Itupun mengharuskan backlink yang anda dapatkan nampak alami. Namun itu sangat sulit.

Berikut ini saran dari Neil patel, praktisi link building dan internet marketing kelas dunia tentang jumlah dan kurun waktu kita membangun backlink:

  • Bulan ke-1 dapatkan 5 hingga 10 backlink menuju halaman beranda
  • Bulan ke-2 dapatkan 10 sampai 15 backlink menuju campuran halaman beranda dan halaman posting
  • Bulan ke-3 bangun 20 sampai 30 link masuk menuju kombinasi homepage dan halaman posting
  • Bulan ke-4 bangun link sebanyak 30 hingga 40 link masuk menuju halaman posting
  • Bulan ke-5 dapatkan 40 atau lebih backlink menuju halaman posting
  • Bulan ke-6 dan seterusnya bangun sebanyak mungkin backlink berkualitas menuju halaman posting.

Jadi menurut beliau mulailah dengan memberikan backlink menuju halaman beranda selanjutnya fokus pada memberikan backlink untuk halaman posting. Jadi tidak perlu anda beli backlink hingga 1000 buah dalam waktu 1 bulan, karena itu akan mengesankan anda mendapatkan backlink tidak secara alami.

Kemudian setelah situs anda mendapatkan sekitar 100 backlink dengan komposisi seimbang seperti diatas, anda bisa membangun backlink sebanyak mungkin yang anda bisa, asalkan dibangun dengan teknik dan cara yang dibenarkan algoritma Google Penguin.

Apa dampaknya kalau backlink diperoleh dalam kurun waktu terlalu singkat

Anda tidak perlu khawatir terkena hukuman dari google penguin kalau backlink yang anda dapatkan secara alami, dari situs berkualitas, tidak menggunakan tekslink berupa kata atau prasa kata yang sama dengan keyword target dan berasal dari konten yang relevan, meskipun anda mendapatkan 1000 backlink dalam kurun waktu 1 bulan. Tetapai apakah mungkin ?.

Dalam kurun waktu beberapa bulan awal situs anda mungkin tidak akan berperingkat baik atau backlink yang anda peroleh tidak terlihat berdampak bagus. Biasanya pada bulan ke empat baru akan terlihat kenaikan peringkat pada banyak keyword yang anda targetkan.

Kalau tidak juga naik peringkat atau jumlah pengunjung tetap sepi, maka boleh jadi backlink yang anda dapatkan bukan backlink berkualitas atau artikel posting di blog anda tidak bermutu atau tidak ditulis sesuai standar minimal untuk dikatakan artikel berkualitas.

Kalau menurut anda bukan 2 hal tersebut menjadi sebab, maka anda perlu memperbanyak konten artikel di blog anda dan tautkan link diantara artikel di blog anda satu sama lain. Kalau tidak juga terjadi peningkatan jumlah pengunjung atau peringkat tidak membaik, anda tidak harus sangat kecewa, tetaplah mengisi situs anda dengan konten berkuliatas secara terjadwal dan konsisten membahas tofik yang relevan. Usahakan terus menerus menambah backlink dengan benar.

Mendapatkan ranking yang bagus untuk keyword ketat persaingan bagi blog anda yang berusia muda bukan perkara gampang. Pesaing anda pastilah situs yang sudah lama eksis dan biasanya punya reputasi baik di mata google. Anda harus kerja keras dan cerdas atau tunggu situs pesaing melakukan kesalahan lalu peringkat mereka jatuh.

Kesimpulan

Mengikuti saran diatas menjamin situs anda berperingkat baik dan hasilnya pengunjung blog anda meningkat dari hari kehari. namun tentu bukan pekerjaan mudah. Saya sendiri tidak pandai menerapkan metode diatas dan kenyataanya blog saya sendiri tidak memiliki banyak backlink. Fokus saya pada pengembangan kemampuan menghasilkan konten berkualitas setidaknya menurut standar yang saya ketahui.

Anda tidak hanya perlu menerapkan metode membangun link diatas, lebih-lagi menghasilkan konten yang bernilai manfaat bagi pengunjung blog anda tidak kalah penting. Situs anda boleh jadi berada diperingkat atas, tapi manakalah pengunjung yang terlanjur datang tidak menemukan apa yang mereka cari, maka blog anda akan ditinggalkan. Bila google menangkap perilaku banyak pengunjung yang demikian terhadap situs anda, maka lambat laun peringkat situs anda juga akan merosot.

Materi dalam artikel posting ini berdasarkan pengalaman dan masukan setelah membaca artikel yang ditulis banyak blogger ternama yang tidak semua saya sebutkan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *