Cara peringkat tinggi dengan sedikit backlink

Cara peringkat tinggi dengan sedikit backlink di halaman hasil pencarian google adalah apa yang paling ingin diketahui setiap blogger. Apalagi ranking tinggi untuk keyword populer ketat persaingan.

Anda barangkali mati-matian melakukan optimasi menggunakan teknik SEO  paling direkomendasikan untuk optimasi website atau blog anda agar tampil di puncak peringkat halaman google. Anda habis-habisan mencari tempat untuk menaruh link yang akan diarahkan menuju situs anda.

Beberapa minggu atau bulan kemudian malahan peringkat blog tidak tampil di google halaman pertama atau malah lebih buruk dari semula. Sementara anda mengetahui ada pesaing anda yang sepertinya tidak melakukan optimasi sama sekali, bahkan situs mereka tanpa memiliki banyak backlink malah rangking lebih bagus dari anda.

Artikel ini menjelakan beberapa cara peringkat tinggi dengan sedikit backlink.

Cara peringkat tinggi dengan sedikit backlink

1. Tingkatkan rasio klik atau CTR

Salah satu faktor dari banyak faktor yang menentukan penentuan peringkat google adalah persentase klik judul blog anda yang tampil di google. Maksudnya adalah google melihat berapa persentase klik terhadap judul blog atau judul posting anda yang tampil di peringkat google untuk sebuah kata kunci.

Jadi misalnya untuk sebuah kata kunci katakanlah peringkat blog anda berada di peringkat 5. Jumlah pencarian untuk kata kunci tersebut adalah 1000 dalan satu hari. Artinya judul blog anda tampil 1000 kali di halaman google. Jumlah pencari yang klik judul blog anda hanya 100 pencari. Artinya CTR blog anda untuk keyword tersebut hanya 10%.

Tidak hanya itu, google juga melihat berapa nilai bounce rate blog anda untuk keyword tersebut. Nilai bounce rate itu adalah persentase pengunjung blog anda yang kembali ke hasil pencarian atau menekan tombol back setelah beberapa saat berada di blog anda, lalu mereka klik judul situs orang lain.

Perilaku pengunjung tersebut menunjukkan bahwa mereka tidak menemukan apa yang mereka cari di situs anda. Artinya pengunjung menilai situs anda tidak relevan dengan keyword yang mereka ketik.

Semakin besar persentase CTR dan semakin rendah persentase bounce rate menunjukkan situs anda menarik untuk diklik dan relevan dengan informasi yang dicari pengunjung. Karena itu peringkat situs anda akan tetap baik dan mungkin secara perlahan-lahan akan naik.

Bagaimana caranya agar nilai CTR tinggi

Tentu yang paling menentukan adalah daya tarik judul dan deskripsi blog atau posting anda. Anda bisa lihat dua buah gambar dibawah ini.

cara peringkat tinggi dengan sedikit backlink

Cara meraih peringkat tinggi dengan sedikit backlink

Gambar pertama adalah contoh judul dan deskripsi di hasil pencarian google. Judul dan deskripsi yang terlihat saya pikir tidak menarik untuk diklik oleh pencari informasi tentang bagaimana melakukan bisnis di internet.

Sementara gambar kedua adalah contoh yang baik dan mengundang klik.

Anda harus buat judul yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan dan menulis diskripsi yang relevan dan menarik. Deskripsi yang tampil di halaman google biasanya diambil dari kalimat pada alinea awal posting anda atau deskripsi penelusuran yang anda tulis (meta description).

Bagaimana agar persentase bounce rate mengecil

Anda harus sediakan informasi yang relevan. Setelah pengunjung klik judul blog anda yang tampil di hasil pencarian google, anda harus memastikan mereka segera menemukan informasi yang mereka inginkan.

Kalau judul yang mereka klik adalah sebuah artikel yang membahas tentang sesuatu yang relevan dengan keyword pencarian, tentu rasa ingin tahu mereka bisa terpuaskan.

Sementara kalau mereka masuk ke halaman beranda boleh jadi tidak serta merta mereka melihat artikel atau sesuatu yang relevan, dan ini banyak terjadi. karena itu setidaknya sediakan link menuju artikel yang relevan diposisi yang mudah terlihat.

Itu juga sebabnya saya menyediakan alinea-alinea khusus pada halaman beranda berupa widget, juga menyisipkan menu yang menuju artikel penting. Karena itu bisa dipastikan begitu mereka masuk ke blog www.carabisnisonline.net (carabisnisonline.net sekarang digantikan biajobisnis.com) ini melalui query utama website ini, maka mereka akan benar-benar menemukan penjelasan yang cukup relevan dengan query tersebut.

2. Tunggu umur situs anda tua

Umur situs yang tua meskipun punya sedikit backlink juga apa yang mungkin menjadikan blog ada punya peringkat tinggi dengan sedikit backlink. Semakin tua semakin menjadi atau kelapa tua banyak santannya.

Itu adalah ungkapan yang cocok untuk mengatakan bahwa situs yang berumur tua dianggab lebih berbobot karena telah lama ada dan online.

Tetapi tidak semata-mata berumur tua. Sebuah situs itu hendaknya secara terus-menerus dalam rentang waktu yang relatif sama menerbitkan artikel baru, serta konsisten menulis tetang bahasan yang bertema sama atau relevan.

Contoh: nama domain yang saya pakai untuk URL blog carabisnisonline.net tersebut berumur 4 tahun sejak saya daftarkan, dan secara terus menerus saya kelola meskipun saya akui tidak begitu kontinyu menelurkan posting baru dan itu salah satu penyebab peringkat blog tidak stabil.

Perlu anda ketahui carabisnisonline.net tidak punya PageRank sama sekali atau PR 0. Tetapi karena usia blog tersebut cukup tua maka ada beberapa keyword ketat persaingan yang tampil di peringkat yang baik, itu bukan karena banyak mendapatkan backlink.

3. Dapatkan backlink berkualitas

Seperti judul posting ini bahwa tidak butuh banyak backlink untuk tampil di peringkat atas asalkan 2 poin diawal telah blog anda punyai, yaitu: nilai CTR dan bouce rate yang baik, kemudian umur situs cukup tua.

Kalau situs anda mendapatkan backlink dari situs dengan domain ekstensi dot go dot id (.go.id) atau dot ac dot id (.ac.id) maka itu adalah jaminan situs anda akan berperingkat baik untuk keyword yang relevan. Mengapa demikian ?. Situs dengan kedua ekstensi diatas begitu bernilai.

Untuk mendapakan domain dengan ektensi diatas tidak mudah, hanya situs milik lembaga pemerinta dan perguruan tinggi yang bisa. Kedua jenis situs tersebut tidak akan main-main dengan reputasi. Jadi tidak mudah mendapatkan backlink dari kedua situs jenis tersebut.

Membuat link menuju situs anda sama halnya mempertaruhkan reputasi mereka.

Anda bisa mendapatkan backlink dari blog yang dimiliki domain tersebut. Misalnya situs perguruan tinggi memberikan akun kepada mahasiswanya untuk ngeblog, maka anda bisa meminta mahasiswa tersebut sisipkan link menuju situs anda, tapi ingat harus di blog yang relevan dengan situs anda.

Biasanya mahasiswa Fakultas Ekonomi atau komputer diberikan tugas mata kuliah berupa menulis artikel misalnya tentang ecommerce untuk diterbitkan di blog perguruan tinggi mereka.

Banyak dari mereka kesulitan mencari materi tentang ecommerce. Anda bisa membantu mereka dengan memberikan masukan terkait materi tersebut. Imbalannya anda meminta mereka menulis link blog anda sebagai referensi.

Tetapi bukan berupa copy paste sebagian besar artikel anda, karena copy paste tetap merugikan anda. Jangan juga melakukan cara bikin backlink seperti dijelaskan dalam artikel yang ini.

4. Atur komposisi dan distribusi link internal yang baik

Tidak mengapa blog anda tidak memiliki banyak backlink dari situs eksternal atau tidak sempurna on page SEO. Anda tetap bisa meningkatkan peringkat keseluruhan posting blog anda dengan cara menautkan link menuju artikel posting lain. Anda buat link dalam artikel posting menuju posting lain yang relevan.

Anda harus berusaha untuk membuat semua artikel anda memiliki link dari halaman posting lain. Kemudian juga memberikan link ke halaman lain yang relevan dengan menggunakan tekslink yang beragam.

Dengan demikian anda membagi link kepada semua posting. Begitu salah satu posting atau halaman beranda anda mendapatkan backlink eksternal, maka posting lain akan kebagian dampak baik juga.

5. Buat konten yang berkualitas

Apa itu konten yang berkualitas ?. Konten yang berkualitas adalah konten yang memenuhi standar kualitas search engine dan bisa memberikan jawaban atau solusi bagi permasalahan yang dialami pengunjung. Bagaimana standar konten yang berkualitas menurut google ? anda bisa klik konten yang berkualitas google friendly.

Tetapi kalau bicara masalah kualitas konten maka anda harus memahami algoritma Google Panda. Algoritma panda adalah rumus atau perhitungan apa yang google gunakan untuk memilah konten yang berkualitas dan konten tidak layak dikasih nilai baik.

Salah satu persyaratan untuk lolos dari saringan panda adalah blog anda harus memiliki artikel unik dan membahasa topik cukup dalam dan tidak ditemukan duplikat pada blog anda, baik duplikat tag judul, duplikat konten dan duplikat deskripsi penelusuran.

Artikel lain yang juga relevan baca ini cara membuat SEO di blog yang baik.

6. Pastikan tidak ada link buruk mengarah ke situs anda

Jika backlink yang situs anda miliki masuk kriteria backlink buruk yang dimaksud, sementara situs anda mempunyai sedikit backlink baik, maka peringkat situs anda dalam bahaya.

Link buruk itu biasanya berupa link dari situs ladang link. Link dari halaman yang mempunyai link eksternal berlebihan, link yang menggunakan tekslink tidak relevan, tekslink menggunakan kata-kata yang berkonotasi negatif, pornografi, atau kata yang dikenal identik dengan situs perjudian.

Baca lebih lanjut dasar-dasar SEO.

Kesimpulan

Jangan heran kalau peringkat blog yang nampak tidak teroptimasi dengan baik punya peringkat diatas blog anda. Sedangkan blog anda yang habis-habisan anda optimasi dengan ratusan backlink malah turun.

Dengan usia situs dan nama domain yang tua maka blog anda sudah memiliki nilai plus yang menjamin anda tidak perlu lagi kerja ekstra keras seperti situs baru lakukan.

Anda hanya perlu kontinyu menerbitkan artikel baru dan konsisten membahas topik yang relevan denga tema utama situs anda. Tetapi faktor kualias konten jangan anda abaikan.

Mengikuti apa yang direkomendasikan pada beberapa poin diatas menjamin blog atau situs anda akan berperingkat lebih baik dari minggu ke minggu.

2 thoughts on “Cara peringkat tinggi dengan sedikit backlink

  • Terimakasih sekali bang,tipsnya sungguh luar biasa, singkat padat dan sarat dengan manfaat. Saya pemain baru SEO, dan guru saya juga banyak termasuk sekarang ini sedang menuntut ilmu di blog biajobisnis. Memang benar, umur blog menjadi salah satu faktor yang cukup penting, jadi sekarang juga saya tidak terlalu terburu – buru mendapat ranking terbaik, namun selalu harus posting dengan kualitas terbaik. Itu intinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *