Kelebihan theme wordpress premium dibanding theme gratis

Ada banyak kelebihan theme wordpress premium ketimbang theme gratis, meskipun theme gratis tidak bikin anda harus keluar biaya untuk memakai theme tersebut. Ini juga berlaku dalam memilih template blog blogspot.

Gratis artinya gratis download dan bisa dipakai semau kita. Karena itu tidak heran theme gratis selalu diburu pemula yang ingin punya website wordpress.

Tetapi sebenarnya tepat seperti orang katakan bahwa yang bayar selalu jauh lebih baik dari yang gratis apapun pertimbangan anda. Apapun jenis website yang mau anda buat, terlebih lagi situs untuk bisnis online.

Lain halnya kalau anda hanya mau buat website pribadi yang biasanya tidak memuat fitur-fitur profesional layaknya situs bisnis seperti website ecommerce.

Artikel ini menjelaskan kelebihan theme wordpress premium dibandingkan theme wordpress gratis dan alasan mengapa anda harus membeli theme wordpress premium ketimbang memakai theme gratis jika anda mau membuat website untuk bisnis.

Oh ya jika Anda mau buat WEBSITE sendiri silahkan baca cara membuat situs web.

Kelebihan theme wordpress premium

1. Theme premium memiliki fitur lebih lengkap

Anda boleh cari theme wordpress gratis dari situs manapun, pasti anda tidak akan menemukan theme yang memiliki fitur lengkap seperti yang biasanya ada pada website bisnis populer idola anda. Misalnya fitur login/register dengan tampilan bagus, fitur ecommerce seperti shopping cart yang memiliki fitur shipping untuk jasa kurir dalam negeri, dan banyak fitur lainnya.

Saya sendiri mencoba mengelola website pemasaran properti untuk memasarkan rumah dan tanah di kota palembang dan sekitarnya. Saya telah browsing kemana-mana mencari theme wordpress gratis yang memiliki fitur yang saya inginkan, tetapi tidak pernah saya temukan. Memang ada sedikit theme yang memiliki fitur layaknya website properti populer, namun tidak akan pernah selengkap yang kita inginkan.

Kalau anda punya sedikit kemampuan coding mungkin anda boleh pertimbangkan untuk melakukan modifikasi dengan menambahkan fitur yang anda sukai agar website anda nampak seperti website besar yang anda jadikan perbandingan. Tetapi anda akan menghabiskan waktu cukup lama yang sebenarnya bisa anda manfaatkan untuk kegiatan lain, seperti memikirkan produk yang mau anda pasarkan, memikirkan link building dsb.

2. Desain theme premium lebih menarik dan user friendly

Kalau anda sudah terbiasa melihat dan membandingkan penampilan website yang memakai theme gratis dan berbayar pasti anda akan melihat perbedaan nyata antara keduanya. Umunya tampilan theme berbayar lebih menarik, baik dari sisi penempatan widget dan menu, maupun dilihat dari kemudahan pengunjung dalam penelusuran konten website tersebut.

Faktor user friendly atau kemudahan penggunaan website untuk penelusuran informasi yang disediakan sebuah website adalah faktor yang sangat dipentingkan dalam sebuah website bisnis.

Anda pasti tidak ingin orang segera menutup situs anda begitu mereka masuk dalam beberapa menit, karena alasan sulit menemukan informasi yang mereka cari.

Theme berbayar selalu fokus pada sisi desain user friendly, dengan pertimbangan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk lebih mudah menemukan apa yang biasanya pengunjung cari, baik mereka menggunakan desktop atau mobile device. Karena itu desain website premium biasanya menggunakan theme responsive dengan tujuan agar pengunjung mudah membuka website pakai ponsel

3. Dalam banyak contoh theme premium atau download berbayar lebih seo friendly

Faktor lain yang umumnya menjadi daya tarik yang penjual desain theme website berbayar selalu tonjolkan adalah faktor SEO friendly.

Sebuah theme website dikatakan SEO friendly biasanya karena theme tersebut dibuat agar lebih mudah ditelusuri robot mesin pencari. Kesalahan fatal yang dimiliki sebuah website adalah bila desainnya mempersulit robot search engine melakukan penelusuran.

Jadi menggunakan theme berbayar memastikan website anda disamping terlihat amat menarik juga search engine friendly.

Sisi lain dari theme yang SEO friendly adalah struktur atau penggunaan kode pada file-file pembentuk keseluruhan theme yang simple, tidak banyak mengambil kode dari sumber ekternal, dan theme tersebut mendukung kecepatan loading yang baik.

Sebagus apapun desain tampilan sebuah website kalau loading lambat, maka tidak bisa dikatakan SEO friendly.

4. Membeli theme premium menjadikan theme tersebut benar-benar menjadi milik anda

Setiap theme gratis download biasanya memuat link dibagian bawah atau footer. Link tersebut biasanya menuju website pembuat theme atau link sponsor. Anda tidak boleh menghapus link-link tersebut, biasanya hal ini dijelaskan oleh pembuat theme sebagai persyaratan peggunaan theme buatan mereka.

Anda tidak bisa mengatakan theme yang anda gunakan benar-benar punya anda sementara anda terikat ketentuan seperti itu. Bandingkan dengan theme yang anda milki dengan membeli, anda diberi kebebasan untuk menampilkan atau tidak menampilkan link menuju situs atau blog manapun.

Setelah anda beli maka theme tersebut benar-benar menjadi milik anda. Meskipun seringkali ada ketentuan bahwa anda tidak boleh menggunakan theme tersebut untuk situs lain.

Ada beberapa theme wordpress premium terbaik yang bisa anda pakai. Anda bisa coba dulu versi gratis setelah itu bisa anda upgrade menggunakan theme versi bayar. Info tentang theme tersebut bisa anda temukan dalam artikel theme wordpress terbaik gratis.

Kelebihan dan kekurangan theme gratis

  • Kelebihan theme gratis. Saya pikir satu-satunya kelebihan theme atau dalam blog blogspot disebut template gratis adalah anda tidak harus membayar sedikitpun untuk menggunakan theme tersebut, alias gratis abis. Umumnya theme berbayar berharga mulai ratusan ribu rupiah hingga beberapa juta rupiah. Jadi anda bisa menghemat pengeluaran dalam membuat website. Karena anda bisa gunakan theme atau template gratis.
  • Kekurangan theme gratis. Kekurangan theme download gratis adalah kebalikan dari kelebihan theme download berbayar. Seperti tidak memiliki fitur yang penting, tidak tampil menarik, tidak user friendly, dan banyak tidak lainnya.

Lalu dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing, theme atau template yang mana mau anda pilih ?. Pilih theme wordpress gratis atau anda sebaiknya membeli theme untuk digunakan pada situs baru anda?.

Saya sarankan lebih baik keluar uang untuk beli theme wordpress premium ketimbang menggunakan theme gratis, sementara anda terpaksa harus membatasi performa situs anda, dan menghalangi orang memberi nilai baik pada tampilan situs anda.

Daya tarik penampilan sebuah website adalah juga apa yang bisa meyakinkan orang untuk bertransaksi dengan anda.

Khusus untuk anda yang akan menggunakan website anda untuk bisnis online ada baiknya anda mempertimbangkan bebearapa hal sebelum beli theme. Apa yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih theme bisa anda baca dalam artikel tips memilih theme wordpress untuk bisnis.

Kesimpulan

Sebenarnya mau pilih gunakan theme wordpress premium atau theme gratis terserah anda, toh situs anda masih tetap akan online.

Namun anda harus pahami bahwa kedua jenis theme tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada sangat banyak kelebihan theme wordpress premium dibandingkan yang gratis. Anda harus kalkulasi berapa untung ruginya untuk bisnis anda dalam jangka panjang.

Kalau anda serius menjadikan website anda alat bisnis maka memiliki situs dengan fitur-fitur penting atau setidaknya penampilan menarik adalah sebuah keharusan. Theme premium memiliki semua yang anda inginkan dalam sebuah situs profesional.

Apapun alasannya membeli theme profesional yang mungkin berharga cukup mahal bagi kantong anda jauh lebih baik ketimbang menggunakan theme gratis. Anda jangan berpikir mau memilik situs dengan gratis kalau harus meniadakan faktor penting yang mendukung tercapainya tujuan bisnis online anda.

Akan tetapi jika anda benar-benar mau yang serba gratis blog blogspot adalah pilihan terbaik. Jika anda mau bikin blog blogspot yang bagus sebaiknya baca dulu panduan dalam artikel cara buat blog.

Tinggalkan Balasan