Tips memilih theme wordpress yang bagus untuk bisnis

Tips memilih theme wordpress
Memilih theme wordpress yang bagus untuk bisnis adalah yang pertama anda lakukan sebelum website bisnis anda online. Theme adalah apa yang menentukan tampilan website wordpress anda. Anda perlu terlebih dulu baca tips memilih theme wordpress agar tidak salah pilih theme untuk website anda.

Salah memilih theme akan berakibat website anda tidak tampil menarik dan lebih jauh lagi tidak user friendly. Karena itu anda perlu pilih theme terbaik yang cocok untuk situs bisnis anda.

Dalam artikel ini saya menuliskan tips memilih theme wordpress. Artikel ini menjelaskan apa yang harus ada pada sebuah theme untuk bisnis anda dan user friendly. Saya menulisnya secara garis besar saja. Saya berharap semoga bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih theme paling bagus untuk situs bisnis online anda.

Apa itu theme dalam sebuah website?. Theme disebut pula desain tampilan. Sementara dalam bahasan kita ini theme wordpress adalah file-file yang menjadi bagian pembentuk sebuah website. Pada blog blogspot theme disebut dengan template. Kalau anda membuat website sendiri maka menentukan theme yang tepat ini harus anda lakukan.

Tips memilih theme wordpress yang baik untuk bisnis online

1 . Pilih Theme yang menjadikan situs cepat loading

Sudah menjadi sebuah persyaratan mutlak bahwa sebuah theme website yang baik itu tidak mengakibatkan situs anda lambat loading dari situs pesaing. Biasanya theme ini tidak menggunakan gambar untuk tampilan background dan widget-widget tidak penting.

Umumnya theme-theme terbaru saat ini baik yang gratis maupun yang berbayar sudah cukup ringan. Theme yang ringan menjamin proses loading website anda cukup cepat.

Tetapi kalau anda teliti maka masih ditemukan perbedaan kecepatan loading yang mencolok pada setiap theme. Kalau anda pilih theme gratis Anda harus mencoba satu persatu theme pilihan anda tersebut. Anda bisa gunakan tool goole yang gratis yaitu tool PageSpeedInsight.

Melalui tool tersebut anda bisa melihat nilai kecepatan loading situs anda. Ada pula beberapa poin rekomendasi yang disarankan untuk perbaikan kinerja situs anda.

Perlu diingat kecepatan loading sebuah situs juga dipengaruhi performa hosting web yang anda sewa. Pilih jasa hosting dengan performa terbaik sehingga menjamin proses loading situs anda tidak terhambat.

2. Pilih theme yang SEO friendly

Menentukan apakah sebuah theme itu SEO friendly atau tidak bukan perkara gampang. Banyak yang klaim theme karya mereka sangat SEO friendly. Pada kenyataannya biasa saja, seperti kebanyakan theme website lain.

Anda harus fahami dulu bahwa SEO friendly itu setidaknya terkait dengan: proses loading yang cepat, semua bagian website anda bisa dijelajahi robot mesin pencari tanpa kendala, responsive. Untuk menguji apakah theme yang anda gunakan sudah cukup SEO friendly anda juga bisa gunakan PageSpeedInsight.

3. Pilih theme User friendly

User friendly atau ramah pengguna adalah faktor yang sangat penting dan menentukan apakah peringkat situs anda akan stabil di peringkat hasil pencariannya atau malah kian merosot jatuh menuju dasar search engine.

Ciri blog atau website itu user friendly adalah apabila pengunjung betah berlama-lama menelusuri situs anda. Pengunjung yang berada lebih lama di situs anda mengisyaratkan bahwa mereka mudah menemukan informasi yang mereka cari. Mereka tertarik membaca lebih jauh tentang tofik lain yang relevan.

Pengunjung mendatangi situs anda karena situs anda berada di peringkat atas di hasil pencarian google untuk prasa kata kunci yang mereka ketik. Selanjutnya setelah mereka membaca sekilas apa yang anda tulis, lalu mereka segera klik tombol back di browser web yang mereka gunakan.

Perilaku pengunjung tersebut ditangkap oleh google sebagai tanda bahwa pengunjung tersebut tidak menemukan apa yang mereka cari di blog anda. Jika tidak mereka tidak bisa menemukan informasi yang mereka cari, walaupun sebenarnya blog anda memilikinya.

Hal ini biasanya disebabkan situs anda tidak punya fitur form pencarian atau tidak  tersedia menu.

Bila selanjutnya pengunjung klik judul lain di hasil pencarian untuk prasa keyword yang sama. Jika ia berlama-lama membaca situs tersebut dan klik judul lain yang ada dalam situs tersebut maka perilaku itu ditangkap google sebagai tanda bahwa situs pesaing lebih relevan. Maka peringkat situs pesaing akan berada diatas situs anda.

Pada awalnya beberapa tahun lalu situs akan tampil diperingkat atas bila memiliki backlink berkualitas meskipun tidak bisa memberikan kemudahan bagi pengunjung menemukan informasi yang relevan.

Tetapi kalau backlink itu saja yang dipentingkan google untuk menentukan peringkat maka bagaimana untuk situs yang benar-benar memberikan informasi yang tepat tetapi tidak memiliki backlink berkualitas ?, apakah peringkat mereka akan ada dibawah ?. Kalau itu yang terjadi maka google akan dianggab merekomendasikan  situs yang tidak tepat untuk dibaca pengunjung. Itu pasti tidak diinginkan google.

Jadi anda harus memastikan letak tombol menu atau link penting dalam halaman website anda mudah ditemukan dan menggunakan pewarnaan yang tepat.

Pada prinsipnya anda harus memastikan apapun informasi yang pengunjung cari yang relevan dengan tema situs anda mudah mereka temukan, baik dengan menyediakan form pencarian atau menampilkan link-link penting ditempat yang mudah terlihat.

Sisi user friendly ini menjadi faktor yang sangat dipentingkan untuk situs bisnis misalnya situs ecommerce, situs properti dan sejenisnya. tampilan user friendly ini menghendaki anda menggunakan theme khusus untuk jenis-jenis website tertentu. Misalnya untuk website toko online tentu tidak sama desainnya dengan tampilan website jualan properti atau website pribadi.

4. PIlih theme yang Responsive

Responsive adalah sebutan untuk situs web yang bisa tampil penuh di semua ukuran layar. Sama baiknya antara tampilan versi desktop dan perangkat mobile. Dengan tampilan responsive pengunjung tidak perlu repot menggeser layar ke kiri maupun ke kanan.

Google sendiri di halaman hasil pencarian telah memberikan label “mobile friendly” untuk situs yang bisa tampil responsive menyesuaikan ukuran layar gadget yang pengunjung gunakan. Dengan kata lain google tidak merekomendasikan kepada pengunjung untuk membuka situs yang tidak diberi label “mobile friendly”.

Biasanya setiap Anda beli hosting Anda akan bisa memilih theme yang direkomendasikan penyedia jasa hosting website. Beberapa theme wordpress yang layak Anda pakai seperti  tema wordpress gratis dan terbaik dari hostinger. Theme-theme tersebut bagus sekali, baik dari segi tampilan yang menarik, kecepatan loading dan tentu saja responsive.

Kesimpulan

Memilih theme untuk website flatform wordpress ataupun website flatform lainnya disesuaikan dengan apa jenis website yang anda buat. Utuk website biasa atau website pribadi tentu tidak sama dengan desain tampilan website ecommerce.

Ada 4 faktor utama yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan theme apa yang hendak anda pakai untuk website anda Yaitu theme tersebut hendaklah: cepat loading, SEO friendly, user friendly, responsive.

Kalau anda tidak mau repot dan tidak keberatan keluar uang lebih baik anda beli theme premium yang umumnya sudah pasti memenuhi beberapa kriteria diatas. Harga bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga beberapa juta. Tidak ada salahnya anda mencontoh desain website terkenal yang sejenis.

Namun jika anda berpikir akan lebih suka membuat blog gratis karena tidak mau keluar uang membuat website maka anda bisa ikuti panduan super komplit cara membuat blog gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *