Apa pengaruh ganti template blog terhadap peringkat

apa pengaruh ganti template blog
Anda yang sudah beberapa kali mengunjungi blog carabisnisonline.net (blog carabisnisonline.net dihapus dan semua kontennya ada di biajobisnis.com) ini mungkin akan sedikit kaget karena kali ini anda melihat tampilan blog carabisnisonline.net berubah. Sehubungan dengan ganti tampilan tersebut maka dalam artikel ini akan dibahas tentang apa pengaruh ganti template blog blogspot.

Sebenarnya sejak 1 tahun belakangan ini saya mempertimbangkan untuk mengubah tampilan blog carabisnisonline.net, baru akhir Juli 2015 ini terealisasi. Sekarang sejak akhir 2016 blog carabisnisonline.net sudah tidak online. Semua posting blog tersebut saya pindahkan ke www.biajobisnis.com yang sedang anda kunjungi ini.

Ada banyak pemikiran yang mendasari keputusan saat akan mengubah tampilan, khususnya mengikuti perkembangan pola laku pengguna internet. Sekarang ini era penggunaan smartphone, kebetulan template yang saya gunakan selama ini meskipun tetap nyaman dibuka pakai ponsel, namun tidak full responsive. Tidak semua apa yang terlihat pada versi desktop juga terlihat pada versi mobile nya.

Padahal cara optimasi seo on page yang benar menuntut kita pakai template yang responsive.

Apa sebab saya ganti template

Seperti saya kemukakan diawal bahwa template yang saya gunakan selama ini tidak full responsive. Ada banyak widget atau gadget yang tidak tampil pada versi mobile. Jadi kalau blog ini anda buka pakai smartphone maka anda tidak akan melihat tombol G+1, widget google+ followers, termasuk yang lebih penting lagi adalah anda tidak bisa klik iklan banner yang terpasang di blog ini, tidak juga iklan Google Adsense.

Selain dari pada itu tampilan versi mobile standar blogger benar-benar tidak ada apa-apanya. Pemilihan warna pada desain terbatas, tampilan menu tidak menarik, sementara untuk mengubah templatenya saya tidak punya pengalaman mengubah template blog versi mobile. Jadi dengan menggunakan template standar blogger saya harus menerima tampilan yang apa adanya tersebut.

Dahulu kala saat OS ponsel masih mengandalkan java dan Symbian, ada banyak pengakses internet yang mengalami kesulitan membuka blog atau website yang dipasang widget, banner dan aksesori lainnya.  Tetapi di era smartphone murah sekarang ini, dengan OS Android dan Windows mobile, maka membuka web pakai ponsel atau Laptop sama mudahnya, hanya berbeda pada ukuran layar.

Nah template lama blog ini cocok untuk era symbian dan java, tidak untuk masa sekarang. Jadi tidak ada pilihan lain selain menggunakan template masa kini. Ada banyak template yang responsive, baik template gratisan, lebih-lebih lagi template berbayar.

Mengapa saya memilih template ini

Ada banyak template blogspot yang bisa kita download gratis. Saya bukannya lebih condong kepada salah satu desainer template, melainkan semata-mata melihat kecocokan dengan keinginan saya, kebetulan pula template dari http://www.templateism.com/ yang lebih dulu saya lihat.

Template yang saya gunakan adalah template gratis download, tentu tidak sama baiknya dengan template versi berbayar yang dijual seharga US$30. Tampilan dari template masih banyak kurangnya namun setidaknya sudah memenuhi standar yang saya inginkan.

Namun saya lebih menyarankan anda gunakan template yang lebih baik,  meskipun untuk itu anda harus beli. Ciri-ciri template yang paling bagus itu adalah:

  • Template yang cepat loading
  • Responsive
  • User friendly
  • Enak dilihat

Menggunakan template responsive menjamin blog anda bisa dibuka di layar smartphone atau tab sama baiknya seperti layar komputer desktop. Maksudnya semua apa yang terlihat di layar komputer juga terlihat semua dilayar smartphone. Jadi dalam hal ini template standar blogger yang selama ini saya gunakan tidak memenuhi syarat untuk disebut responsive.

Sedangkan template user friendly adalah template yang memberikan kemudahan bagi pengunjung menelusuri seluruh isi blog. Tampilan menu pada template tersebut biasanya mudah terlihat, begitu juga dengan tombol-tombol dan link-link yang ada. Termasuk juga pewarnaan desain tampilan yang pas.

Apa pengaruh ganti template blog terhadap peringkat

Peringkat blog ini untuk beberapa keyword utama seperti bisnis online dan cara bisnis online sudah jatuh sejak beberapa bulan lalu. Terakhir saya cek sebelum ganti template peringkat keyword tersebut masing-masing ada pada posisi halaman 5 dan peringkat 7. Jadi kalaupun peringkat kata-kata kunci penting harus lebih turun lagi saya sudah siap menerima. Namun saya meyakini peringkat blog ini akan membaik seiring dengan penggunaan template yang jauh lebih baik sekarang ini.

Menggunakan template baru ini bikin saya bisa lebih optimis akan terjadi peningkatan klik pada link-link penting, khsusnya klik pada iklan banner dan Adsense. Bayangkan selama beberapa tahun tidak pernah ada klik pada iklan di blog ini dari pengguna smartphone, jadi saya kehilangan peluang mendatangkan konsumen baru dan tambahan pendapatan dari Adsense.

Untuk lebih memastikan pengaruh ganti template terhadap peringkat google baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek saya harus menunggu perkembangan dalam beberapa minggu mendatang. Jadi terus saja ikuti perkembangan blog ini.

Kesimpulan

  1. Rencanakan template yang akan digunakan dari sejak awal anda buat blog
  2. Pilih template yang terlihat bagus, indah dan full responsive
  3. Jangan sering mengubah template, mungkin saja anda malah menggunakan template yang membuat performa blog anda menurun, kemudian peringkat blog anda malah tidak pernah kembali pada posisi yang lebih baik.
  4. Kalau anda harus beli untuk mendapatkan template yang benar-benar bagus, itu lebih baik dari pada template gratis namun penampilan blog anda berantakan.

Tinggalkan Balasan