Cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca

cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca
Anda pasti ingin tau cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca banyak orang hingga selesai. Sementara anda merasa artikel yang anda tulis tidak menarik bagi pengunjung. Mereka mungkin membaca sekilas apa yang anda tulis, mungkin judul artikel anda, bagian pembukaan, atau sub judul dan barangkali hanya bagian kesimpulan. Setelah itu mereka menutup blog anda.

Perilaku pengunjung yang demikian tidak mencerminkan mereka tertarik atau menyukai tulisan anda. Bagaimana anda mengetahui bahwa konten yang anda tulis tidak menarik bagi pengunjung ?. Tentu saja kalau lama kunjungan mereka tidak selama yang seharusnya. Maksud saya untuk membaca satu judul artikel dengan panjang 1500 kata terlalu cepat kalau hanya butuh waktu 3 menit, sementara anda sendiri menghabiskan waktu 5 menit untuk membaca artikel yang sama.

Anda juga bisa menilai artikel anda tidak menarik kalau tidak terjadi konversi seperti yang anda harapkan. konversi itu bisa berupa klik tombol suka, komentar yang relevan dengan panjang mencukupi, atau lebih jauh lagi berlangganan blog anda.

Lalu mengapa konten blog anda tidak menarik ?. Padahal anda mampu menulis dengan baik, kecuali kalau anda tidak pandai menulis, itu lain lagi permasalahannya.

Berikut ini cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca pengunjung hingga selesai. Artikel ini memuat beberapa poin yang harus diperhatikan dalam penulisan konten artikel, dari pembuatan judul hingga bagian kesimpulan, agar artikel lebih memikat, atau setidaknya mengundang minat baca.

Artikel terkait: agar blog banyak pengunjung

1. Cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca itu dimulai dari judul dan 2 alinea teratas

Judul adalah apa yang pertama kali dibaca pengunjung. Artikel dengan Judul yang menarik tentu akan mengundang pengunjung untuk membaca apa yang ada dibawah judul. Bagaimana agar dengan membaca judul orang jadi tertarik untuk membaca artikel anda ?.

1.1. Tidak ada salahnya membuat Judul yang tidak biasa

Kalau judul artikel posting anda sama dengan punya orang lain, tentu judul anda tidak lagi spesial. Contoh: anda membuat judul misalnya: Mengapa merokok membahayakan kesehatan. Meskipun judul tersebut mungkin sesuai dengan prasa keyword yang banyak diketik pengjung, namun terlalu datar. Judul seperti itu sesuatu yang lumrah dan biasa. Anda  bisa ganti dengan judul yang kontroversial misalnya: Benarkah merokok membahayakan kesehatan ataukah ada juga manfaatnya.

1.2. Judul hendaklah menjanjikan suatu yang lebih atau bombastis

Kebanyakan orang lebih suka melihat, mendengar dan membaca sesuatu yang waah. Coba anda bandingkan 2 buah judul ini: 5 cara menulis posting yang mengundang banyak komentar. Judul satunya lagi: 19 cara mudah menulis posting yang terbukti mengundang ratusan komentar. Saya pikir judul kedua lebih bombastis dan saya pikir anda lebih tertarik membacanya.
Kata-kata yang mengundang minat baca yang sering dipakai orang dalam judul adalah:

  • rahasia
  • tidak mungkin
  • gratis
  • mudah
  • tidak terbayangkan
  • lucu, dan masih banyak lagi

 

1.3. Judul hendaklah mencerminkan tofik bahasan yang sfesifik dan jelas

Salah satu menu pada blog ini berjudul “membuat blog bisnis”. Judul seperti itu sebenarnya tidak menjelaskan sesuatu yang sfesifik dan menggambarkan tofik bahasan lebar sekali.  Akan lebih sfesifik kalau saya ganti dengan membuat blog bisnis jualan pakaian atau membuat blog bisnis jasa.

Saya tidak menggantinya karena kalimat yang panjang tidak memungkinkan untuk dimuat pada menubar, karena saya juga bermaksud memuat link-link lainnya. Sementara saya pikir halaman tentang membuat blog bisnis tersebut sangat penting sekali dan relevan dengan tema utama blog ini. Jadilah ia saya paksakan dimuat di menubar.

Selain judul, nomor dua yang tak kalah penting dan menentukan adalah kalimat-kalimat yang anda tulis pada alinea-alinea teratas. Mengapa alinea pertama sangat penting ?. Karena yang berikutnya dilihat pengunjung setelah judul adalah alinea paling atas.

Pastikan anda memuat permasalahan yang mendasari anda menulis artikel tersebut. Kemudian anda menuliskan alasan mengapa ia menjadi penting bagi pembaca. Selanjutnya apa kerugian yang pembaca anda alami jika tetap membiarkan permasalahan tersebut tidak dicarikan jalan keluarnya.
Tidak lupa pula anda janjikan pembaca akan menemukan jawaban yang anda uraikan pada bagian isi posting.

2. Menulis artikel yang menarik untuk dibaca itu harus memperhatikan Format tulisan dan menyisipkan media lain selain teks

Anda harus memastikan format tulisan anda memenuhi standar penulisan artikel yang baik. Bagaimana format standar tulisan yang baik itu:

  • Anda harus bagi kalimat dalam artikel anda dalam beberapa subjudul.
  • Diantara sub judul hendaklah ada point penting yang ditandai dengan tanda baca seperti penomoran dan tanda listing.
  • Buat panjang paragraf tidak lebih dari 7 baris. Pembaca tidak suka membaca kalimat dalam alinea yang panjang dan itu membosankan.
  • Tebalkan atau beri tanda kutip pada kalimat tertentu bila anda hendak memberikan penekanan karena ia penting.
  • Gunakan teks warna hitam diatas background putih dengan ukuran teks standar. Biasanya font ukuran 12 hingga 14.

Jangan hanya merangkai kata lalu mengabaikan media penyampai informasi lainnya seperti gambar, video, atau infografik. Kalau anda hanya mengisi artikel anda dengan teks, pengunjung akan menjadi bosan. Seringkali gambar yang menarik malah yang membuat pengunjung ingin membaca artikel anda.. Orang bilang sebuah gambar bisa menyampaikan seribu kata. namun hendaknya gambar harus relevan dengan artikel anda.

Menyisispkan video atau infografik adalah media lain yang tak kalah penting untuk dilakukan. Pengunjung boleh jadi malas membaca, dengan memutar video anda mereka bisa menangkap informasi yang anda sampaikan, meskipun mereka lakukan sembari berbaring. Anda sebaiknya upload terlebih dahulu video anda ke youtube, setelah itu semat link video tersebut di dalam posting. Flatform blog blogspot dan blog wordpress sudah menyediakan menu untuk menyisipkan video.

Menurut Neil patel yang menulis posting The 8 Underused Components of Compelling Content That Readers Love bahwa :

  • Otak memproses informasi berupa gambar lebih cepat 60.000 kali dari teks.
  • 90% informasi yang disampaikan ke otak adalah objek visual
  • 40% orang merespon objek visual lebih baik dari teks.

Agar tidak membosankan seringkali juga penulis menyisipkan kalimat tanya, dengan tujuan untuk memancing otak pembaca untuk antusias menemukan jawaban yang anda tulis.

Beberapa cara melibatkan pembaca dalam artikel kita menurut Neil patel adalah:

  • Memberikan quiz dengan imbalan menarik
  • Menyematkan link ke media sosial. Seperti menyisipkan tombol suka, tombol berbagi dll.

Pembaca blog anda dianggab sudah terlbat interaktif bila mereka klik tombol suka, tombol berbagi, memberikan komentar yang relevan, atau lebih jah jauh lagi mengirimkan email yang berhubungan dengan artikel yang anda tulis.

3. Pastikan setiap bagian dari artikel terangkai dengan baik

Bagaimana cara agar kita mudah menjalin saling keterkaitan dalam setiap paragraf dalam artikel?. Buat terlebih dahulu kerangka tulisan.

Setiap artikel itu dimulai dari judul kemudian sub judul. Sub judul dibagi lagi kedalam bagian-bagian kecil berupa poin-poing yang ditandai. Setelah anda membuat kerangka maka anda memiliki pedoman dan batasan apa yang harus dan tidak seharusnya anda tulis.  Sehingga anda hanya akan menulis yang relevan dengan sub judul atau poin-poin yang  ada dalam kerangka. Jadi anda tidak akan melenceng jauh dari tofik bahasan.

Website besar biasanya akan memperkerjakan editor yang bertugas memeriksa artikel sebelum diterbitkan. Termasuk memeriksa ejaan kata, susunan kalimat dan struktur artikel. Pokoknya sang editor akan memastikan semuanya oke sebelum artikel kemudian diterbitkan.

4. Agar artikel menarik untuk dibaca rangkai tulisan seperti layaknya sebuah cerita

Bagaimana anda menulis artikel, bagaimana anda merangkai kata sangat menentukan apakah anda telah menulis artikel yang menarik untuk dibaca atau biasa-biasa saja. Sebuah artikel blog itu tidak seperti koran yang semata ditulis berdasarkan fakta, sehingga seringkali nampak kaku.

Orang membaca koran semata-mata  untuk mendapatkan informasi. Sementara posting blog itu seperti anda bercakap-cakap dengan pembaca anda. Anda menulis tentang hal-hal yang penting bagi mereka. Kecuali tentu saja kalau blog anda adalah blog berita atau versi online dari media cetak.

Tetapi posting blog tidak semata-mata menyajikan fakta, ia juga perlu memuat buah pikiran anda sebagai penulis, sekaligus juga kalimat-kalimat yang mengundang keterlibatan pembaca.

5. Dukung artikel anda dengan data

Menulis tanpa didukung data yang akurat seperti anda mengada-ada. Kalau pembaca pikir anda bercerita bohong atau membual, maka tidak lagi nanti mereka akan kembali mengunjungi blog anda.
Kalau anda mengklaim sesuatu, entah prestasi anda dalam blogging atau pendapatan anda dari bisnis online, pengunjung tentu akan percaya kalau anda menyertakan bukti, meskipun tidak harus mendetil, setidaknya cukup sekedar menyakinkan mereka.

Karena itulah blogger senior selalu menyertakan sumber dari mana dan bagaimana mereka mendapatkan data, dengan tujuan untuk memperkuat cerita dalam posting mereka, sekaligus agar pengunjung bisa mencari referensi lain untuk tofik yang sama.

Memang mencari data pendukung itu adalah bagian terberat dari proses menghasilkan sebuah artikel berkualitas, namun dengan menyertakan data yang akurat, maka posting anda akan bernilai lebih.

6. Akhiri dengan kesimpulan

Kebanyakan pengunjung blog terlebih dulu melihat pada judul artikel anda, kemudian pada bagian pembukaan, selanjutnya pada sub judul yang ada dibawahnya, termasuk juga kalimat-kalimat yang diberi penekanan, terakhir pada bagian kesimpulan. Bila bagian-bagian yang mereka lihat tersebut menarik perhatian, lalu mereka menyimpulkan bahwa itu adalah artikel yang menarik untuk dibaca maka mereka akan melanjutkan membaca isi artikel anda secara keseluruhan.

Pada bagian kesimpulan ini anda harus memuat pokok permasalahan dan jawaban atau jalan keluar atas masalah yang dikemukan pada bagian pembukaan artikel. Semuanya ditulis dalam hanya beberapa buah kalimat saja.

Jangan lupa pada bagian kesimpulan hendaklah memancing pembaca untuk membaca penjelasan yang kita muat pada bagian tubuh artikel. Jadi buat pengunjung ingin membaca apa yang ditulis pada bagian penjelasan atau tubuh artikel. Kalaulah ada kelanjutan dari posting anda, maka pada bagian kesimpulan anda bisa menjanjikan untuk menerbitkan artikel lanjutan.

KESIMPULAN

Informasi yang anda sampaikan melalui artikel yang anda tulis, menjadi penentu apakah anda akan bisa mengubah pengunjung menjadi konsumen. Karena itu anda harus menulis artikel atau menyajikan konten yang memenuhi selera mereka.

Beberapa hal yang saya tulis diatas patut anda pertimbangkan untuk dilakukan, agar setidaknya anda bisa memastikan konten atau artikel anda nampak wah dan menarik perhatian pembaca.

Semua yang saya kemukakan diatas atas pengalaman sendiri dan mengutip buah pikiran pakar-pakar internet marketer. Salah satunya adalah Neil patel yang menulis di blog quicksprout.com. Salah satu blog yang menjadi rujukan para internet marketer dunia.

Baca lebih lanjut tentang penulisan artikel silahkan klik cara menulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *