Dasar SEO untuk pemula: Apa yang harus diperhatikan

dasa SEO untuk pemula
Telah banyak blogger yang menulis artikel tentang dasar SEO untuk pemula agar situs ranking tinggi di google. Teknik yang digunakan relatif sama, namun ada sisi teknik SEO dasar yang harus diperhatikan dan mungkin terabaikan, sehingga websiste atau blog anda tidak juga kunjung membaik posisinya di peringkat hasil pencarian google, meskipun anda telah melakukan SEO off page habis-habisan.

Berikut ini pengetahuan dasar SEO untuk pemula tentang apa yang perlu anda perhatikan dan lakukan agar situs anda lebih berpeluang cepat terindex, search engine friendly atau setidaknya lebih disukai robot google. Apa yang saya tulis dalam artikel ini adalah cara SEO on page paling mendasar namun bersifat teknis yang harus dilakukan pada situs anda.

1. Perhatikan kecepatan loading situs

Lebih cepat loading lebih baik. Kecepatan loading dihitung dalam detik. Anda bisa hitung kecepatan loading halaman situs anda hingga browser web yang anda gunakan berhenti proses. Umumnya situs anda dianggap cukup cepat loading kalau untuk menampilkan seluruh bagian halaman yang anda buka hanya butuh waktu maksimal 7 detik.

Halaman beranda biajo bisnis ini rata-rata butuh waktu 10 detik hingga proses loading selesai. Waktu 10 detik itu sudah kelamaan. Sebagai perbandingan ada banyak web yang hanya butuh waktu kurang dari 5 detik.

waktu yang saya sebut diatas berdasarkan perhitungan manual. Maksud saya ada cara yang lebih akurat untuk menilai apakah loading situs anda termasuk cepat atau masih lelet, namun demikian kecepatan loading dipengaruhi sinyal koneksi internet anda.

Ketimbang anda hitung secara manual akan lebih baik anda ukur cepat atau lambat loading blog anda dengan melihat score kecepatannya menurut analisa tool pengukur score kecepatan loading situs. Anda bisa gunakan Google PageSpeed insights. Pilihan lain adalah GTmetrix.

Umumnya situs lambat loading dikarenakan beberapa hal berikut ini:

  • file gambar memiliki ukuran lebih besar padahal bisa menggunakan ukuran kecil
  • Terlalu banyak meloading sumber eksternal
  • Ada kode yang tidak perlu pada HTML blog
  • Hosting website anda tidak prima

Melalui GTmetrix anda bisa melihat score kecepatan loading situs anda, ukuran file halaman situs yang anda cek, berapa detik proses loading situs anda. Selain itu diberikan juga rekomendasi perbaikan, baik agar score loading meningkat, ukuran file mengecil atau lama proses loading berkurang.

Ada beberapa poin penilaian yang diberikan tool tersebut. Namun dari beberapa score yang ditampilkan GTmetrix, yang paling penting untuk diperhatikan adalah kecepatan loading, ukuran file keseluruhan dan jumlah request atau permintaan dari browser kepada server untuk menampilkan halaman situs anda di browser.

Sebaiknya anda ikuti rekomendasi perbaikan yang diberikan tool gtmetrix. Beberapa yang lebih dulu bisa anda perbaiki untuk meningkatkan kecepatan loading adalah yang terkait dengan gambar.

Anda gunakan image dengan ukuran seperlunya saja. Kalau anda sisipkan gambar ukuran besar pada posting anda, sementara halaman situs anda tidak mungkin menampilkan gambar sebesar itu, maka lebih baik gambar diperkecil maksimal selebar ukuran lebar posting.

Selain itu akan lebih baik gunakan gambar dengan ekstensi jpeg atau gif. Jangan gunakan gambar ekstensi BMP. Gambar dengan warna pekat juga biasanya berukuran lebih besar dari gambar dominan warna terang.

2. Situs anda harus mudah loading dan tampil baik di layar ponsel

Untuk tampil baik di layar ponsel, website anda harus resvonsive. Tips dasar SEO untuk pemula selalu mengatakan bahwa sekarang ini penggunaan theme atau template yang responsive sebuah keharusan.

Seperi diketahui pada bulan April 2015 lalu google merilis algoritma yang populer disebut  “mobilegeddon”. Ini dimaksudkan untuk memberikan posisi yang lebih baik di hasil pencarian google bagi pengguna perangkat mobile untuk situs yang mobile friendly.

Meskipun dampak keluarnya algoritma mobile friendly tidak seseram yang dibayangkan semula, namun jelas terjadi penurunan peringkat untuk situs yang tidak mobile friendly.

Selain itu juga pada hasil pencarian google versi gadget mobile akan terlihat tulisan “mobile friendly” disamping deskripsi hasil pencarian. Prasa “mobile friendly” dimaksudkan sebagai pemberitahuan kepada pengguna perangkat mobile, bahwa URL situs yang tampil di halaman SERP Google yang tidak dicantumkan tulisan “mobile friendly” adalah situs yang tidak tampil baik di layar ponsel, karena itu pengunjung internet disarankan untuk tidak membukanya pake ponsel atau tab. Jadi anda perlu membuat situs anda tampil baik di layar perangkat mobile.

Untuk mengetahui apakah situs website atau blog anda sudah mobile friendly atau tidak,  Anda bisa langsung buka situs anda pakai ponsel dan tab. Jika untuk melihat semua bagian dari halaman yang tampil, anda harus menggeser layar kekiri atau kanan, maka situs anda tidak mobile friendly.

Bagaimana agar situs anda mobile friendly ?. Gunakan template atau theme responsive.  Ada banyak template blogspot dan theme wordpress responsive yang bisa anda download gratis. Meskipun begitu saya lebih menyarankan anda beli template atau theme premium.

Harap berhati-hati walaupun Anda ingin pilih desain blog atau web terbaik jangan sering ganti theme atau template karena gonta ganti template mempengaruhi peringkat blog di Google.

Meskipun situs anda sudah responsive, anda perlu perhatian bahwa tidak semua plugin atau widget yang bisa anda buka dengan baik dilayar komputer bisa pula dibuka pada layar ponsel. Jadi anda harus pastikan semua widget atau plugin yang anda pasang juga tampil bagus di layar ponsel.

Beberapa  widget yang tidak disarankan adalah:

  • file flash video
  • video diputar otomatis
  • Pop up window

 

3. Pastikan arsitektur situs terancang dengan baik

Situs yang tampil simpel, tidak terlalu ramai, menggunakan navigasi yang jelas dan mudah ditemukan akan lebih disukai google dan karenanya lebih cepat terindex.

Cara agar desain situs anda disukai untuk ditelusuri robot google:

3.1. Buat file sitemap atau peta situs

Ada 2 macam tipe sitemap, yaitu: HTML dan XML sitemap. Sitemap HTML  ditujukan untuk manusia, maksudnya isi sitemap tersebut mudah dibaca pengunjung, robot pencari mesin pencari juga bisa menelusurinya dengan mudah.

Sedangkan sitemap XML tidak ditujukan untuk bisa dibaca pengunjung, melainkan semata-mata untuk konsumsi mesin pencari. Untuk blog blogspot biasanya sudah ada sitemap XML standar.

Selanjutnya anda submit sitemap ke google search console. Pada menu google search console anda klik “crawl” > sitemap”, kemudian klik “add/test sitemap:”

3.2. Bagi konten situs dalam beberapa kategori

Anda harus bagi posting blog blogspot anda dalam beberapa kategori, namun jangan terlalu banyak. Batasan jumlah kategori atau label tidak ditentukan, namun akan lebih baik kalau jumlahnya sebatas semua teks link menuju kategori/label dalam blog anda bisa dimuat di menubar blog.

Setiap kategori atau label memuat link menuju tiap posting berlabel sama. Pada blogspot dan wordpress secara otomatis apabila kita klik link kategori atau link label maka akan terbuka halaman yang memuat judul dan sedikit kalimat setiap judul posting. Gambar berikut ini menjelaskan struktur blog yang baik.

dasar SEO untuk pemula

Posting blog www.biajobisnis.com dibagi kedalam 10 buah label, dan itu jumlah yang terlalu banyak. Maksimal 10 buah label posting saya kira jumlah yang ideal. Jadi anda beri label untuk setiap posting. Usahakan jumlah posting tiap-tiap label relatif sama, namun tidak harus. Buat link internal menuju masing-masing posting pada label yang sama.

Pemberian label dan masing-masing posting dalam tiap label terhubung oleh Link dengan benar dimaksudkan untuk membentuk struktur situs yang baik.

3.3. Atasi error pada penelusuran robot google atau crawl errors

Anda harus mencegah setiap hal yang menyebabkan robot google menemui kesulitan saat menelusuri situs anda.

Pada Search Console, anda klik perayapan > kesalahan perayapan. Anda lihat pada pilihan tab: kesalahan server, tidak ditemukan, dan tab lainnya. Umumnya kesalahan ada pada tab “tidak ditemukan“.

Maksudnya pada saat robot google menelusuri link menuju URL tertentu pada situs anda, robot google tidak menuju kemana-mana. Sang robot tidak menemukan halaman yang dimaksud link tujuan. Itu artinya link dalam situs anda rusak. Link rusak bisa menurunkan peringkat blog anda, maka anda harus memperbaikinya.

dasar SEO untuk pemula

Anda perhatikan gambar diatas !. Tulisan “Not found ?” menunjukkan google tidak menemukan 13 buah URL . Diantarannya dari 13 buah URL tersebut nampak pada gambar dibawah ini:

URL-2Byang-2Btidak-2Bditemukan

Kalau saya klik salah satu URL yang tidak ditemukan tersebut maka akan ditampilkan URL mana yang membuat link menuju URL tidak ditemukan tersebut:

link-2Byang-2Bmenuju-2Burl-2Btidak-2Bditemukan

Tidak ditemukan halaman tujuan link tersebut dikarenakan:

  • Halaman tujuan link tersebut sudah anda hapus
  • Situs lain membuat URL  yang salah pada link menuju situs anda.

Anda bisa menemukan dengan mudah halaman yang tidak ditemukan dan dari mana link menuju halaman tersebut berasal pada tool search console tersebut. Cukup anda klik URL yang tidak ditemukan tersebut dan Klik “ditaut dari” atau “linked from”. Silahkan lihat gambar diatas!.

Untuk mengatasinya maka anda bisa buat pengalihan 301 atau redirect permanen. Cara membuat pengalihan khusus untuk URL yang salah tersebut pada blog blogspot adalah: Anda masuk ke akun blogger anda Klik Tab setelan > preferensi penelusuran> pengalihan khusus ?. Akan terbuka form isian “dari” dan “kepada“. Pada form “dari:” anda isi URL blog anda yang salah ditulis tersebut, dan form “kepada” anda isi dengan URL yang benar.

dasar SEO untuk pemula

Cara membuat pengalihan 301 pada WEBSITE wordpress bisa Anda gunakan plugin pengalihan. Plugin seperti itu cukup banyak tersedia di internet dan bisa anda download gratis.

4. Buang atau kurangi konten duplikat dan konten tidak berkualitas

Duplikat sering terjadi pada deskripsi (meta description) dan tag judul. Untuk mengetahui apakah terjadi duplikat deskripsi atau duplikat tag judul, anda masuk ke akun google webmasters (sekarang search console) klik “tampilan penelusuran” kemudian “penyempurnaan HTML”.  Duplikasi deskripsi terjadi apabila lebih dari 1 URL di blog anda memiliki deskripsi yang sama dan semuanya terindex google.

Ini penting sekali dan merupakan dasar SEO untuk pemula dalam upaya mengoptimalkan website mereka.

Google akan menganggap telah terjadi duplikasi tag judul adalah bila lebih dari 1 URL blog anda mempunyai judul yang sama dan semuanya terindex google.

Misalnya URl beranda blog anda http://www.websayasendiri.com sementara itu ada URl halaman di blog anda http://www.websayasendiri.com/p/2013/03/bisnis-rumahan.html. Keduanya mempunyai deskripsi yang sama persis. Maka itu menunjukkan terjadi duplikat deskripsi. Maka untuk kasus ini anda harus memperhatikan meta description blog anda, artinya deskripsi halaman beranda harus berbeda dengan deskripsi halaman lain.

Biasanya duplikat deskripsi dan duplikat tag judul terjadi karena masalah parameter URL. Contoh, blog blogspot bisniskecilonline.blogspot.com memilki sebuah halaman posting dengan URL http://bisniskecilonline.blogspot.com/2013/10/paket-belajar-bisnis-online-untuk-pemula.html dan juga halaman posting dengan URL http://bisniskecilonline.blogspot.com/2013/10/paket-belajar-bisnis-online-untuk-pemula.html?m=1, dua buah URL tersebut memiliki deskripsi yang sama dan otomatis judul juga sama, dan keduanya terindex google. Untuk mengatasinya maka anda harus mencegah agar google hanya mengindex salah satu URL saja.

Agar google hanya mengindex salah satu URL saja pada blog blogspot anda harus menambahkan kode rel canonical. Caranya dengan menyisipkan kode <b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/> setelah kode <head> pada HTML blogspot.

kode rel canonical untuk seo on page blog

Dalam banyak kejadian duplikat deskripsi sering terjadi antara deskripsi halaman beranda dan halaman posting, atau halaman beranda dengan halaman Page (halaman statis). Contoh: beranda Blog bligspot carabisnisonline.net punya judul dan deskripsi seperti terlihat pada gambar berikut ini

judul dan deskripsi blog

Halaman statis yang berjudul “membuat blog bisnis” hanya punya judul dan tidak ada deskripsi.

judul halaman di blog yang seo

Akan lebih baik setiap anda membuat posting atau halaman statis baru jangan lupa memberikan deskripsi dengan menggunakan kalimat deskriptif yang berbeda dengan yang pernah anda gunakan pada posting dan halaman statis lain.

Tool lain untuk mengetahui duplikat konten dalam situs anda selain google webmasters tool adalah siteliner. Siteliner akan memberikan data lebih detil tentang kalimat-kalimat tertentu yang ditemukan di sebuah halaman di blog anda, sementara kalimat-kalimat tersebut ditemukan pula di halaman lain. Kalimat yang sama itu menyebabkan google menganggab terjadi duplikat konten.  Anda harus menghapus atau kalau tidak mengurangi jumlahnya.

Kesimpulan

Apa yang saya tulis diatas hanya sebagian terkecil saja dari sisi teknis SEO on page yang merupakan dasar SEO untuk pemula yang sangat penting untuk anda perhatikan, jika anda ingin memastikan blog atau wbsite anda disukai google. Kalau anda pikir menganalisa kesehatan situs dari sisi teknis on page dan memperbaiki setiap error seperti yang dijelaskan diatas cukup rumit dan menghabiskan banyak waktu, maka masuk akal kalau jasa SEO yang terbaik itu sering meminta biaya yang cukup besar.

Tidak usah memaksakan diri untuk menguasai banyak hal tentang SEO. Pelajari dan praktekkan saja perlahan-lahan sembari anda terus aktif mengelola situs anda.

Tetapi benar sekali kalau anda harus secara rutin misalnya 1 bulan 1 kali menganalisa kesehatan situs secara lengkap menggunakan tool gratis, semisal google webmasters tool (search console), GTmetrix, Siteliner dan masih banyak lagi. Ada banyak sekali yang harus diperhatikan terkait kesehatan situs anda dari laporan tool-tool tersebut.

Kalau anda ada masukan atau koreksi terkait artikel tentang sisi teknis seo on page diatas, silahkan ungkapkan dalam komentar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *