Tips memilih nama domain yang bagus untuk website

tips memilih nama domain yang bagus
Memilih nama domain  adalah langkah pertama dalam membuat website dari awal hingga online. Banyak orang pada ahirnya menyadari telah salah memilih nama domain karena tidak memilih nama domain yang bagus yang selama ini digunakan untuk situs mereka tidak cocok atau kurang tepat untuk tujuan bisnis jangka panjang. Agar tidak melakukan kesalahan serupa, baca tips memilih nama domain website berikut ini.

Ada 2 jenis nama domain bila dilihat dari peruntukannya yaitu nama domain untuk membangun brand dan nama domain untuk menargetkan keyword pencarian tertentu. Kedua jenis nama doman ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lalu jenis yang mana sebaiknya anda pilih. Berikut ini tips memilih nama domain yang bagus. Mari kita bahas dan silahkan baca hingga selesai.

Tips memilih nama domain yang bagus untuk membangun brand

Untuk anda yang belum tahu apa itu nama domain. Nama domain adalah kata atau gabungan kata yang terletak diantara www dan com, net, info, co, id atau ekstensi lainnya. Contoh nama domain situs ini adalah www.carabisnisonline.net. Nama domain disebut pula alamat situs.

Apa itu brand ?. Brand adalah simbol, lambang, sebutan yang diasosiasikan dengan sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat yang dimaksud misalnya: kuat, tahan lama, sangat halus, berkualitas tinggi dsb.  Brand disebut pula merek atau merek dagang. Misalnya orang menyebutkan kata “levis”, maka orang akan membayangkan sebuah produk celana jeans yang berkualitas, terkenal, enak dipakai dan tahan lama.

Orang biasanya akan bangga bila memakai produk merek tertentu, atau menggunakan jasa dari perusahaan yang terkemuka. Itu menunjukkan perusahaan pembuat produk tersebut telah berhasil membuat masyarakat mengasosiasikan merek produk mereka sebagai sebuah produk bermutu, terjamin dan sebutan membanggakan lainnya. Maka perusahaan tersebut telah berhasil menjadikan merek produk mereka sebuah brand.

Dalam hal pembuatan situs dengan tujuan untuk membangun atau membuat sebuah brand yang anda kehendaki, maka memilih nama domain yang cocok untuk membangun brand menjadi sebuah keharusan.

Perlu anda ketahui hampir semua situs ternama memakai nama domain jenis ini. Contoh: google, yahoo, facebook, viva, moz (dahulu seomoz), youtube, OLX, lazada dan masih banyak lagi. Lalu bagaimaa cara memilih nama domain situs untuk tujuan membangun situs menjadi sebuah brand

1. Pilih Kata yang tidak punya makna yang sudah populer

Coba anda cari makna kata google, maka anda pasti tidak menemukan makna lain dari google selain merujuk pada perusahaan google sang raja mesin pencari.  Cari juga makna dari kata yahoo. Anda pasti sulit juga menemukan makna lain selain merujuk pada yahoo yang merupakan layanan email gratis.

Karena itu mulailah mencari kata yang tidak memiliki arti yang merujuk pada sesuatu yang sudah dikenal orang. Anda bisa mulai dengan mengetikkan kata pilihan anda di google. Misalnya anda berminat dengan kata ‘mall’. Ternyata kata tersebut tidak merujuk pada sebuah produk, namun ada pengertian yang jelas dan sudah familiar digunakan untuk menyebut pusat perbelanjaan yang menjual beragam produk bermerek.

Jadi kata “mall” tidak cocok untuk sebuah brand, anda bisa tambahkan dengan satu kata lain, misalnya kalau anda mau buat situs tempat jualan online atau market place dan kebetulan nama anda “Ayu ting ting”, maka “mallayu” bisa anda pilih.

Mengenai apakah kata “mallayu” itu bagus, menarik, memikat, keren ?. Itu tergantung selera.

2. Jangan pilih kata yang merujuk pada sesuatu yang memiliki hak cipta

Kata yang adalah nama perusahaan oang lain, atau merek produk orang lain biasanya sudah memiliki hak cipta. Karena itu sebelum menggunakan kata tersebut untuk nama domain situs anda, hendaklah pastikan kata pilihan anda tidak terkaik hak cipta orang lain. Lebih jelas mungkin bisa anda hubungi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

3. Kalau mau pilih menggabungkan kata, maka kata kedua dan kata ketiga hendaklah diawali hurup konsonan

Begini, misalnya saya mau jadikan kata “bisnis ol” yang merupakan singkatan dari “bisnis online” sebagai nama domain. Maka nama domain saya akan menjadi “bisnisol.com”. Kemungkinan orang awam akan melafalkan nama domain tersebut dengan pengucapan “bisni sol” atau “bisnisol”, padahal saya ingin orang melafazkannya dengan “bisnis OL”.

Mungkin anda bertanya mengapa tidak “bisnisonline” sekalian dari pada “bisnis OL”. Frasa “bisnis OL” lebih mungkin untuk brand ketimbang “bisnisonline” yang pasti tidak bisa.

Coba anda perhatikan situs “facebook” yang merupakan gabungan dari kata “face” dan “book”. Kata kedua yaitu “book” diawali dengan hurup konsonan “b”.

4. Pilih kata yang berkonotasi baik

Hindari kata berbau pornografi, perjudian atau kata-kata tidak pantas lainnya.  Termasuk kata yang bisa memancing konflik terkait Sara.

5. Hindari penggunaan tanda baca, tanda sambung, simbol, dan angka

Contoh penggunaan yang tidak bagus dalam nama domain misalnya: www.bisnis-ol.com, www.bisnis2.com, www.bisnis$.com.

Mengapa tidak disarankan?. Tidak hanya karena tidak SE friendly,  namun terkait juga dengan cara melafazkannya. Penggunaan nama domain yang demikian membuat orang bisa salah sebut, salah baca atau salah tulis.

Misalnya untuk www.bisnis2.com, orang boleh jadi mengingat nama domain anda dengan kata “bisnis dua dot com”, bukan “bisnis 2 dot com”, karena suara yang terdengar untuk pengucapan kata “bisnis2” dan “bisnisdua” sama. Hal itu akan menghambat proses pembentukan bangunan brand anda.

6. Gunakan ekstensi dot com

Orang masih lebih cenderung mengaitkan website dengan dot com. Kalau ada 3 situs yang masing-masing menggunakan nama domain ekstensi berbeda, maka yang berekstensi dot com lebih menarik perhatian mereka. Jangan heran kalau kata yang bagus biasanya sudah didaftarkan orang, setidaknya untuk ekstensi dot com.

Tips memilih nama domain untuk menargetkan kata kunci

Kata yang dipakai untuk nama domain jenis ini adalah kata yang berupa kata kunci atau keyword. Nama domain jenis ini dikenal pula dengan sebutan exact match domain (EMD). Selengkapnya klik kelebihan dan kekurangan nama domain kata kunci.

Misalnya anda mau menang bersaing memperebutkan peringkat atas di Google untuk keyword pencarian belajar bisnis online maka anda gunakan frasa “belajarbisnisonline” sebagai nama domain.

Kalau anda lihat di halaman hasil pencarian google, maka cukup bayak situs yang menduduki peringka atas yang punya nama domain sama dengan kata kunci pencarian yang diketik pengunjung.

Tetapi tidak berarti dengan memiliki nama domain sama dengan kata kunci pencarian, menjamin situs anda pasti tampil di peringkat atas untuk kata kunci pencarian tersebut. Karena kata yang anda gunakan pada nama domain hanya mencerminkan tentang apa situs anda. Ada banyak lagi faktor penentu apakah situs anda layak tampil di peringkat atas halaman mesin pencari untuk sebuah kata kunci pencarian.

Bagaimana memilih nama domain yang bagus untuk menargetkan kata kunci?.

a. Pilih 1 kata atau gabungan tidak lebih dari 3 kata

Sebenarnya lebih baik sedikit mungkin kata yang anda pakai, kalaupun harus banyak usahakan tidak lebih dari gabungan 3 kata. Misalnya anda ingin memenangkan persaingan merebut kata kunci pencarian “cara bisnis di internet”, maka pilih gabungan 3 kata “cara bisnis internet” sebagai nama domain.

Bahkan kalaupun anda ingin menembak kata kunci pencarian misalnya “cara bisnis di internet tanpa modal besar”, maka jangan anda malahan juga memilih nama domain “carabisnisdiinternettanpamodalbesar.com”. Selain nama domain anda jadi terlalu panjang yang bikin orang sulit mengingatnya, juga tidak enak dibaca.

Perlu diingat pula bahwa sekarang ini mesin pencari seperti Google sudah demikian pintarnya, sehingga tidak fair kalau semata-mata memprioritaskan nama domain keyword. Karena itu nama domain keyword atau keyword on domain hanya salah satu faktor dari ratusan faktor yang mempengaruhi penentuan ranking di Google.

2. Pilih ekstensi dot com (.com)

Orang awam lebih familiar dengan dot com kalau dikaitkan dengan situs Internet, ketimbang ekstensi lain. Begitupula dengan saya pada mulanya kenal internet. Ekstensi lain sepertinya masih kelas dua.
Jadi pilihan pertama tetap nama domain ekstensi dot com (.com), tetapi biasanya ekstensi dot com sudah ada yang mendaftarkannya. Kalau demikian, maka alternatif lain adalah dot net (.net) atau ekstensi lain.

3. Jangan gunakan tanda pemisah, angka atau atau simbol

Sama dengan pemilihan nama domain untuk branding, sebaiknya jangan gunakan tanda pemisah seperti “-“, tidak juga simbol misalnya: &, %, *, dan simbol lainnya. Tidak pula gunakan angka misalnya karena nama domain “carabisnisinternet.com” sudah dipakai orang lalu anda tambahkan angka maka nama domain anda menjadi “carabisnisinternet17.com

Jadi, pilih mana?, nama domain branding atau nama domain keyword?.

Tergantung tujuan anda membuat situs?. Seperti dikemukan bahwa kalau anda merasa penting memiliki brand sendiri, maka memilih nama domain branding menjadi harus. Sementara kalau anda mau buat situs semata-mata untuk pemasaran (blog niche) maka memilih nama domain keyword menjadi pilihan utama.

Tetapi, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Domain branding butuh waktu relatif lama untuk berperingkat bagus di mesin pencari. Sementara domain keyword menjadikan anda seperti benar-benar bergantung pada mesin pencari.

Begitu brand anda terbentuk, akan membuat anda benar-benar memiliki sesuatu. Anda atau situs anda akan diasosiasikan dengan sesuatu yang bernilai. Setelah Brand anda terbentuk, nilai jual anda, situs anda juga bisa selangit.

Faktanya juga, sebagian besar pebisnis online sukses adalah pemilik situs dengan domain branding. Jadi kalau anda juga termotivasi ingin seperti mereka, pilih nama domain branding apapun alasan anda.

Kesimpulan

Nama domain menentukan bagaimana performa website anda kedepan. Karena itu anda harus memilih nama domain yang bagus, yang tepat sesuai dengan tema website anda, terutama jika anda pilih domain untuk branding.

Nama domain branding adalah nama domain pilihan untuk anda yang ingin lebih tepat dan cepat menjadikan situs anda sebuah brand, atau mewakili sebuah brand produk. Begitu brand anda terbentuk situs anda menjadi sangat bernilai jual.

Pilih nama domain keyword kalau anda mau lebih cepat menang bersaing memperebutkan posisi atas untuk kata kunci pencarian tertentu. Tetapi tidak mutlak dengan mempunyai situs dengan nama domain keyword situs anda juga akan berperingkat baik di halaman pertama google. Karena kata yang digunakan sebagai nama domain hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat hasil pencarian.

Apapun alasan anda, memilih nama domain branding adalah pilihan terbaik.

Artikel panduan membuat blog blogspot yang juga layak anda baca untuk membuat blog yang bagus adalah artikel berjudul cara membuat blog gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *