7 ciri backlink berkualitas rendah dan berdampak negatif

backlink berkualitas rendah

Usaha mendapatkan backlink menuju situs milik sendiri semula adalah kegiatan utama dalam SEO. Beragam praktek dalam membangun link dilakukan. Entah dengan menggunakan teknik yang katanya manjur dan memang terbukti pernah manjur, hingga memakai cara yang berisiko mendapatkan backlink berkualitas rendah.

Sekarang ini kita dituntut untuk berhati-hati dalam usaha kita mendapatkan backlink. Tidak lagi seperti dulu dimana memperoleh backlink relatif mudah dilakukan. Google sebagai mesin pencari utama telah cukup pintar untuk memastikan bahwa kita mendapatkan backlink dengan cara yang dibenarkan.

Apa ciri backlink berkualitas rendah

Artikel ini mencoba menginformasikan beberapa ciri atau pertanda bahwa situs anda mendapatkan backlink berkualitas rendah dan bisa berdampak buruk untuk SEO yang anda lakukan.

1. Backlink yang berasal dari situs yang bernilai authority rendah atau situs asal-asalan

Situs bernilai Authority tinggi adalah sebutan untuk situs dimana pengunjung bisa menemukan jawaban yang tepat untuk sebuah tema sfesifik. Misalnya kalau anda mau belajar tentang SEO maka anda sebaiknya membaca tulisan yang ada di 3 buah website ini: moz.com, searchengineland.com, quicksprout.com.

Saya menyebutkan 3 buah situs tersebut karena menganggab ketiga situs tersebut bernilai authority tinggi.

Jadi kalau situs anda bertema SEO dan mendapatkan backlink dari situs-situs tersebut maka bisa mendongkrak peringkat situs anda di halaman hasil pencarian google untuk kata kunci terkait dengan SEO.

Ada 3 cara mengukur apakah sebuah situs itu bernilai authority bagus untuk sebuah tema misalnya untuk tema bisnis online:

  • Berperingkat tinggi di halaman hasil pencarian google untuk kata kunci pencarian bisnis online dan kata kunci terkait dengan bisnis online.
  • Mempunyai nilai domain authority dan page authority besar menurut alat ukur mozrank. Tentang page authority dan domain outhority ini bisa anda baca tentang cara meningkatkan nilai page authority situs.
  • Lebih akurat lagi kalau punya sitelink untuk keyword pencarian terkait.

Kalau anda mendapatkan banyak backlink dari 1 situs bernilai authority rendah sekali maka peringkat situs anda dalam bahaya.

Bagaimana kalau anda mendapatkan 100 backlink dari 100 situs tidak relevan yang kualitasnya dipertanyakan. Baik karena peringkatnya sangat rendah (misalnya halaman 10 dst) atau isinya sedikit sekali, misalnya hanya 3 judul artikel?. Backlink yang anda dapatkan pastilah backlink berkualitas rendah dan tidak punya dampak positif sama sekali.

2. Backlink tersebut berasal dari halaman yang berisi konten tidak relevan

Konteks adalah kata kunci untuk tampil di peringkat atas google, tidak sekedar hanya sebuah teks link. Jika anda membuat link dari situs tentang otomotif sementara link tersebut mengarah ke situs anda yang bertofik tentang SEO, maka anda disebut telah mendapatkan backlink yang tidak relevan. Ini berbahaya, apalagi kalau dari situs yang tidak disukai google. Jadi anda harus mendapatkan backlink dari sumber yang relevan dengan situs anda.

Anda perlu menentukan apa tema situs anda, lalu apa tema situs yang anda inginkan backlink darinya. Setelah anda melihat relevansinya, silahkan anda hubungi admin situs bersangkutan untuk mencari tau kemungkinan anda misalnya menulis sebagai blogger tamu dengan menempatkan 1 atau 2 buah link menuju situs anda.

3. Backlink situs anda berjumlah banyak namun berasal dari sangat sedikit domain

Jangan andalkan 1, 2 buah website atau blog sebagai sumber backlink situs anda. Kalau situs anda mendapatkan banyak backlink sementara ia hanya berasal dari 1, 2 buah situs saja. boleh jadi anda dianggab mendapatkan backlink dari situs punya anda sendiri.

Prinsifnya semakin banyak sumber backlink semakin baik. 50 backlink dari 50 situs lebih baik dari 500 backlink dari 10 buah situs, dengan catatan kualitas situs-situs tersebut relatif sama.

Menurut banyak pelaku SEO bahwa backlink kedua dan seterusnya dan 1 buah situs yang sama akan kian diturunkan nilainya. Jadi hanya backlink pertama yang berdampak optimal.

Berusahalah mendapatkan backlink dari banyak domain, misalnya dari blog blogspot.com, blog wordpress.com, dan dari nama-nama domain beragam.

Namun demikian meskipun Anda mau memperbanyak Backlink sebaiknya jangan dapatkan hanya melalui komentar di blog orang. Selain nilai link dalam komentar sangat rendah, juga biasanya dofollow. Kecuali sekedar berkomentar untuk mempromosikan blog kepada pengunjung.

4. Backlink diperoleh dengan cara tukar menukar link secara berlebihan

Mungkin anda berpikir untuk tukar menukar link dengan situs teman anda yang bertema sama. Itu boleh-boleh saja anda lakukan. Tetapi manakalah jumlah link dari masing-masing situs sudah terlalu banyak maka bukannya situs anda akan naik peringkat malahan bisa terkena dampak buruk.

Tidak ada cara yang dipermudahkan dalam mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Jadi kalau pun hendak tukar menukar link batasi jumlahnya. Misalnya anda menulis hanya 2 buah artikel dan memuat link menuju situs teman anda. Kemudian teman anda juga hanya membuat 3 buah artikel yang di dalamnya ada link menuju situs anda.

Tidak bagus pula jika link menuju situs anda diletakkan di sidebar atau menubar situs teman anda, karena akan membuat link tersebut terlihat di semua halaman.

Meskipun bukan cara yang pasti efektif dan saya tidak menjamin praktek tukar menukar link masih baik dilakukan, setidaknya kalau anda mau tukar menukar link silahkan baca artikel bagaimana tukar menukar link yang baik.

5. Menggunakan teks link pendek yang juga adalah kata kunci pencarian yang ditargetkan

Kalau anda menargetkan kata kunci pencarian cara SEO misalnya, lalu anda membuat link menuju situs anda dalam sebuah situs orang lain menggunakan prasa “cara SEO” sebagai teks link. Apakah menurut anda itu akan berdampak lebih baik untuk situs anda yang ingin berperingkat bagus untuk keyword tersebut.

Kalau itu ditanyakan 4 tahun lalu, maka anda telah melakukannya dengan benar. Tetapi sekarang tidak lagi, malah banyak dampak buruknya. Akan lebih baik kalau anda menggunakan tekslink lain yang relevan dengan SEO.

Semakin banyak sebuah halaman di situs anda mendapatkan backlink dari banyak situs lain menggunakan tekslink yang terkait dengan SEO, maka peluang untuk mendapatkan peringkat bagus untuk keyword pencarian “SEO” akan semakin besar pula.

Tidak mengapa kalau anda menggunakan tekslink yang panjang yang juga kata kunci pencarian yang anda targetkan. Misalnya anda menargetkan kata kunci pencarian “cara membuat blog menghasilkan uang” lalu anda menggunakan tekslink “bagaimana cara membuat blog menghasilkan uang”.

Baca juga artikel tambahan lain tentang cara mendapatkan backlink yang aman dari kemungkinan melanggar TOS google

6. Berasal dari halaman dengan sangat sedikit konten

Sering saya melihat sebuah posting yang terdiri dari tidak lebih dari 500 kata memuat 40 link menuju situs lain. Kalau ada link menuju situs anda dalam posting seperti itu maka bersiaplah mendapatkan dampak negatif.

Anda mungkin melihat wikipedia memuat puluhan bahkan ratusan link dalam setiap halamannya. Tapi wikipedia tidak mengarahkan link tersebut menuju situs eksternal. Lagi pula wikipedia adalah layaknya sebuah kamus yang tidak bisa terhindar dari memuat link-link internal seperti itu. Situs Wikipedia juga ia adalah situs dengan nilai otoritas sangat tinggi. Jadi pastikan link menuju situs anda berasal dari sebuah halaman yang relevan dengan isi yang memadai.

7. Backlink didapat dengan sistem otomatis

Membangun link dengan teknik otomatisasi tidak lagi dibenarkan. Dahulu kala ada teknik mendapatkan backlink dengan mengikuti cara yang ditentukan atau menurut pola tertentu. Itu adalah teknik membangun link yang banyak digunakan orang. Kalau anda mengikuti teknik membangun link secara otomatis yang dilakukan oleh software pembangun link, maka tunggu saja situs anda akan terkena razia google.

Mendapatkan backlink itu bukan pekerjaan yang bisa dilakukan sebuah software atau sebuah sistem. Proses mendapatkan backlink yang baik itu menuntut anda harus melakukannya secara manual.

Kesimpulan

 

  1. Praktek membangun link itu tidak lagi semudah dulu.
  2. Teknik lama dalam membangun link kebanyakan tidak lagi efektif malahan bisa berdampak negatif untuk SEO situs anda.
  3. Dapatkan backlink dari beragam sumber dengan menggunakan tekslink beragam pula.
  4. Jangan gunakan teks link pendek kecuali brand situs anda.
  5. Perhatikanlah dari mana backlink situs anda terima. Pastikan berasal dari situs yang baik.
  6. Jangan dapatkan backlink dari sumber yang tidak relevan.
  7. Jangan dapatkan backlink dari situs tidak berkualitas. Lihat nilai Domain authority dan page authority situs tersebut. Lihat pula peringkatnya di hasil pencarian google untuk keyword pencarian terkait.
  8. Berhati-hatilah dengan backlink yang situs anda terima. Periksa secara rutin dari mana backlink situs anda berasal dan apa tekslink yang digunakan. Anda bisa lakukan itu menggunakan google search console.
  9. Kalau anda menemukan ada backlink yang situs anda terima memiliki ciri-ciri seperti diatas, sebaiknya minta admin situs tersebut menghapusnya, jika tidak bisa, gunakan opsi pengabaian link atau disavow link melalui tool google webmasters ( sekarang search console).

Tinggalkan Balasan