Artikel yang sering dibaca dan dicari orang sepanjang masa

artikel yang sering dibaca pengunjungApa itu artikel yang sering dibaca dan selalu dicari pengunjung sepanjang masa ?. Konten ini biasanya berupa artikel panduan yang selalu ada pembacanya dan tidak pernah basi, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan evergreen content.

Konten jenis ini yang harus ada dalam situs anda. Jika konten seperti ini ada dalam situs anda dan berperingkat bagus di mesin pencari, maka dijamin situs anda akan selalu kedatangan pengunjung dan bisa pula menjadi rujukan.

Masalahnya adalah tidak mudah membuat artikel yang sering dibaca orang apalagi untuk pemula. Ini wajar karena ia merupakan artikel unggulan.

Artikel tersebut biasanya ditulis dengan memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, baik dari segi format penulisan, tofik bahasan, isi atau penjelasan, kemudian pelengkap lainnya, semisal gambar yang deskriptif, video dengan tampilan yang berkualitas dan enak ditonton.

Artikel yang saya tulis ini mencoba menjelaskan apa itu artikel unggul yang tetap relevan, sering dibaca pengunjung sepanjang waktu, sering dicari orang dan apa ciri-ciri yang melekat pada artikel super ini.

Apa artikel yang sering dibaca orang dan selalu dicari sepanjang masa

Ada beberapa faktor yang menjadikan konten jenis ini tetap relevan, selalu dicari sepanjang tahun dan tidak ketinggalan zaman.

1. Artikel tersebut berkualitas

Kualitas adalah apa yang harus lebih dipentingkan dari kuantitas. Kualitas menyangkut bagaimana konten dibuat, apa manfaat yang bisa didapat pembaca. Singkatnya artikel tersebut hendaklah memiliki nilai daya tarik dan bermanfaat bagi pengunjung situs anda lebih dari rata-rata.

Artikel terkait:
Cara menulis artikel berkualitas.

2. Memberi jawaban atas sebuah pertanyaan pengunjung

Apa arti sebuah artikel kalau tidak bisa memberi jawaban atas pertanyaan pengunjung. Umumnya kata kunci pencarian yang diketik pengunjung adalah berupa sebuah kalimat pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan untuk artikel ini relatif sama sepanjang waktu. Maka artikel anda harus memberikan jawaban yang tepat, lebih baik lagi kalau mendetil.

Keberhasilan pengunjung mendapatkan jawaban setelah membaca artikel di situs anda menjadi tanda artikel anda bagus dimata pengunjung, dan ini akan bagus pula peringkatnya di halaman hasil pencarian mesin pencari.

3. Punya judul dan deskripsi penelusuran yang menarik

Judul yang menark adalah sarat utama untuk menarik minat pengunjung internet untuk membaca tulisan anda. Sementara itu anda tidak selalu bisa memastikan deskripsi penelusuran yang tampil di halaman google selalu seperti yang anda harapkan.

Tapi setidaknya anda harus membuat deskripsi penelusuran artikel anda semenarik mungkin sebelum artikel yang anda tulis diterbitkan. Begitu pula dengan alinea pertama dalam artikel.

Menarik di sini biasanya berupa kalimat yang mengundang rasa ingin tahu pengunjung. Klik disini unuk mengetahui Cara membuat deskripsi penelusuran yang baik.

4. Mudah diambil intisarinya

Konten yang baik itu mudah dibaca, mudah diambil intisarinya. Ada format penulisan yang biasanya digunakan untuk artikel seperti itu. Anda harus memberi perhatian lebih pada bagaimana anda menyajikan konten di situs anda  dan dimana ia diletakkan.

Pembaca umumnya tidak suka melihat konten datar-datar saja.  Artikel yang hanya berupa teks itu membosankan. Pembaca suka melihat gambar, suka pula menonton video. Jadi artikel itu akan menarik bila ada gambarnya atau video yang relevan.

Tapi tidak hanya itu, tidak banyak pengunjung yang membaca sampai habis apa yang anda tulis. Seringkali mereka hanya melihat poin-poin dari artikel anda. Sama seperti halnya artikel apapun, Artikel tipe ini hendaklah pula memuat poin-poing  seperti subjudul dan poin-poin diantara subjudul. Agar mudah terlihat maka subjudul dan poin-poinnya diberi nomor atau tanda baca.

5. Durasi kunjungan pada artikel tersebut lama

Pengunjung tidak akan lama melihat sebuah situs Kalau apa yang mereka lihat tidak menarik, membosankan dan mereka tidak menemukan sesuatu yang berguna. Semakin lama pengunjung melihat sebuah artikel yang ada dalam situs anda, kemudian mereka juga menelusuri link yang anda buat dalam artikel tersebut.

Semakin baik sinyal yang ditangkap google akan menjadi poin positif yang menambah nilai pada artikel anda sebagai artikel yang bermanfaat. Artikel anda menjadi layak tampil di peringkat atas untuk keyword pencarian yang digunakan pengunjung tersebut.

 6. Ditulis dengan mempertimbangkan SEO

Artikel yang bermanfaat dan sering dibaca sepanjang masa itu ditulis dengan menerapkan teknik SEO dasar yang tepat. Ia akan difokuskan pada menargetkan sebuah keyword dan keyword turunannya.

Untuk tujuan agar artikel yang ditulis berperingkat bagus di mesin pencari untuk keyword pencarian tertentu, maka artikel tersebut tentu akan dibuat dengan format penulisan yang SEO friendly. Didukung pula dengan membuat tautan dari artikel lain menggunakan teks link yang relevan.  Karena itu kita harus mengetahui dasar SEO.

 7. Bukan artikel yang keburu dibuat tanpa melihat perkembangan

Kesalahan seperti ini sering terjadi pada artikel tentang SEO. Contoh: Kita mungkin mengambil kesimpulan berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun, bahwa faktor utama yang paling mempengaruhi peringkat hasil pencarian google semata-mata pada backlink. Semakin banyak jumlah backlink yang dipunyai semakin baik peringkat artikel di hasil pencarian google. Sementara kita menomor duakan faktor lain.

Lalu kita membuat artikel tentang SEO berdasarian asumsi tersebut. Tetapi pada perkembangan selanjutnya beberapa hari kemudian ternyata google memperbaiki algoritma peringkatnya. Bahwa Google menilai kualitas artikel dari sisi On page yang paling dipentingkan. Maka artikel yang kita tulis menjadi tidak lagi relevan untuk dibaca.

Contoh konten yang tidak populer tapi tetap selalu dicari dalam kurun waktu lama

Saya tidak mengatakan bahwa artikel dalam contoh berikut ini berkualtas sekali. Meskipun Kenyataannya memang ia bertahan cukup lama di peringkat halaman pertama Google dan selalu mendapatkan pengunjung dari Google setiap hari.

artikel yang sering dibaca

Meskipun kata kunci pencarian yang digunakan pengunjung yang membawa mereka membaca artikel tersebut bukan kata kunci yang ramai pencariannya,  namun ia adalah kata kunci pencarian yang selalu diketik pengunjung dari sejak ia mulai diterbitkan hingga hari ini.

Artikel tersebut berisi saran mendasar tentang pembuatan blog untuk bisnis online dan selalu relevan dari sejak ia diterbitkan tahun 2012 lalu hingga sampai bulan januari 2016 ini. Maka ia bisa menjadi contoh kecil apa itu artikel yang tetap relevan dalam kurun waktu lama.

Artikel yang saya jadikan contoh bukan berasal dari situs besar. Jumlah pengunjung blog cara bisnis online tersebut tidak sampai 500 dalam sehari. Dalam skala lebih besar lagi tentu artikel penomenal tersebut hendaklah ramai pembaca hariannya, banyak mendapatkan share ke media sosial, komentar pengunjung ratusan bahkan ribuan jumlahnya.

Bagaimanapun perkembangan bisnis online dan pembuatan website, artikel jenis ini adalah artikel yang sering dibaca dan tetap laku selamanya. Karena itu setiap blogger pasti berusaha memenangkan persaingan merebut peringkat atas untuk kata kunci pencarian untuk informasi yang laku sepanjang masa.

Kita memang bisa saja hari ini menerbitkan artikel yang berupa informasi yang selalu berubah seiring waktu. Menulis informasi panduan dasar SEO misalnya, namun harus selalu update mengikuti perkembangan. Jangan sampai informasi yang kita berikan menjadi basi.

Kesimpulan

Artikel yang sering dibaca dan laku sepanjang masa, relevan selamanya dan selalu mendapatkan pengunjung setiap hari dalam bahasa Inggris disebut evergreen content. Kalau situs anda memiliki banyak artikel seperti ini dijamin situs anda tidak akan sepi dan bisa menjadi situs panduan yang menjadi rujukan bagi pemula.

Tidak mudah membuat konten seperti ini, apalagi berharap selalu berada di peringkat atas SERP mesin pencari, karena itu ia disebut pula artikel unggulan yang bisa diandalkan terus-menerus menjaring pengunjung  yang berpotensi menjadi konsumen.

Artikel yang sering dibaca umumnya artikel panduan. Artikel paduan itu seperti artikel dengan kata kunci pencarian : cara membuat blog, cara membuat website, cara mendapatkan uang dari internet, cara bisnis online, cara pemasaran online dan kata kunci panduan lainnya. Setiap blogger akan selalu berlomba-lomba merebut peringkat atas untuk keyword-keyword ini.

Artikel penting untuk memandu pemula agar bisa menulis yang baik silahkan klik cara menulis artikel yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *