Sumber pengunjung blog yang bisa bikin blog anda ramai

Pembahasan tentang cara mendatangkan pengunjung ke blog atau website sudah banyak ditulis orang. Sebagai pemula yang perlu anda ketahui bahwa ada beberapa sumber pengunjung blog anda, tidak hanya fokus pada satu sumber saja. Karena blog baru tentu tidak akan bisa bersaing dengan blog yang sudah lama eksis dan mendapatkan pengunjung dari beragam sumber.

Teknik yang umum dilakukan orang boleh jadi benar-benar efektif mendatangkan pengunjung, tapi belum tentu untuk blog baru anda. Apalagi jika blog anda masuk dalam tema yang terkait dengan informasi yang banyak dicari pengunjung internet atau topik ketat persaingan.

Apa topik bahasan yang ketat persaingan.

  • Topik yang banyak ditulis orang
  • Topik yang dibahas blog-blog besar
  • Topik dengan keyword yang banyak diketik pengunjung di Google
  • Topik yang memiliki keyword bernilai uang

Kalau anda pemain baru dan mencoba bersaing untuk memperebutkan peringkat atas untuk keyword yang relevan dengan topik ketat persaingan, maka anda harus berkerja ektra keras.

Anda tidak harus mati-matian mengejar peringkat untuk keyword-keyword sangat populer untuk mendatangkan banyak pengunjung dari Google. Berikut ini beberapa sumber pengunjung blog dan apa yang perlu anda lakukan:

Beberapa sumber pengunjung blog

Ada beberapa saluran populer dari mana pengunjung berasal, beberapa diantaranya adalah:

  1. Mesin pencari atau search engine. Mesin pencari populer adalah Google, disusul oleh yahoo, bing dan mesin pencari lainnya. Untuk mendatangkan pengunjung dari search engine anda harus menampilkan posting blog anda di peringkat atas untuk keyword yang biasanya diketik pencari informasi. Agar posting anda berada di peringkat atas posting anda harus memenuhi syarat.
  2. Media sosial. Media sosial atau situs pertemanan diantaranya adalah facebook, google+, twitter, linkedin, instagram, dsb. Anda perlu punya akun di media-media sosial tersebut dan aktif bersosialisasi dengan teman-teman medsos anda. Tidak lupa dalam interaksi anda perlu sesekali menyisipkan link menuju situs anda.
  3. Pengunjung yang melihat iklan anda. Televisi, koran, majalah, stiker, brosur adalah contoh periklanan offline atau cara konvensional beriklan. Sementara memasang iklan PPC, iklan banner, review di website ternama adalah contoh periklanan online. Orang yang melihat iklan bisnis anda mungkin akan tertarik melihat situs anda dengan ketik langsung alamat situs di browser web yang mereka gunakan atau menggunakan google.

Cara memaksimalkan sumber pengunjung blog dari mesin pencari

Salah satu sumber pengunjung yang paling diandalkan setiap internet marketer adalah mesin pencari atau search engine. Mesin pencari paling populer adalah Google.

Untuk mendatangkan pengunjung dari google, sebuah blog harus tampil di peringkat atas untuk kata kunci pencarian yang yang sering diketik orang di kotak pencarian google. Ini tidak mudah karena blog anda masih berusia muda.

Agar tampil di peringkat atas Google blog atau artikel blog anda harus berkualitas menurut standar mesin pencari tersebut. Salah satu indikator sebuah artikel itu berkualitas adalah backlink. Terkait dengan backlink ini ada beberapa poin yang musti anda perhatikan.

Batasi keyword yang menjadi target anda

Anda sudah tahu beberapa sumber pengunjung blog.  Salah satu yang anda perlu optimalkan adalah sumber pengunjung yang paling berpotensi menjadi konsumen. Pengunjung tersebut hendaklah pengunjung yang berasal dari mesin pencari. Untuk itu mau tidak mau anda perlu mempelajari teknik SEO.

Teknik SEO itu adalah cara bagaimana agar blog anda lebih mungkin direkomendasikan mesin pencari kepada pencari informasi.

Faktanya adalah: blog baru Anda akan sangat sulit menang bersaing melawan pemain lama yang sangat memahami teknik SEO sekaligus mempraktekkan tekniknya.

Mengapa saya bilang “memahami teknik SEO sekaligus mempraktekkan tekniknya”?. Meskipun anda mengetahui beberapa cara optimasi blog anda, belum tentu anda bisa menerapkan cara optimasi tersebut.

Contoh: Anggaplah Anda mengetahui apa yang harus anda lakukan agar blog anda tampil di peringkat terbaik halaman google. Salah satunya anda harus mengisi blog anda secara rutin dengan posting yang relatif panjang dan dengan standar penulisan akademik. Selain itu juga anda harus memberikannya backlink.

Pertanyaannya adalah: apakah anda termasuk orang yang mampu menulis posting yang demikian dan mencari backlink. Tentu bukan masalah kalau anda bisa menemukan penulis-penulis terbaik, jasa backlink terpercaya dan sanggup membayar mereka.

Targetkan keyword pengembangan dari keyword utama

Menargetkan keyword super populer memang boleh-boleh saja dan bahkan harus supaya anda punya target besar untuk jangka panjang, namun memenangkan persaingan untuk berada di nomor 1 perkara lain lagi.

Ketimbang anda mati-matian membidik misalnya keyword “bisnis online” yang sangat ramai pencarinya, masih ada pilihan lain yaitu keyword pengembangannya yang jumlah pencarinya sedikit atau disebut “long tail keywords”.

Ada ratusan keyword pengembangan dari keyword bisnis online. Biasanya keyword yang tidak begitu populer relatif tidak begitu keras medannya. Tapi jangan kaget umumnya yang menduduki peringkat tinggi atau pernah menduduki peringkat tinggi untuk keyword utama, rangking halaman pertama pula untuk beberapa keyword pengembangannya.

Contoh: blog carabisnisonline.net saya pernah menjadi salah satu dari 3 blog dengan peringkat tertinggi untuk keywords “bisnis online” selama setidaknya 4  bulan dari Januari 2014 hingga April 2014.  Meskipun sekarang merosot drastis tapi masih bisa rangking halaman pertama untuk keyword pengembangannya seperti “cara bisnis online”, “cara memulai bisnis online”, “cara membuat bisnis online”.
sumber pegunjung blog
Masih ada banyak lagi kata kunci pengembangan yang tidak menarik minat para master internet marketer, dan anda bisa bidik keyword-keyword tersebut.

Untuk menemukan kata kunci pengembangan atau long tail keyword anda bisa baca artikel cara riset kata kunci.

Anda hanya perlu menulis artikel posting secara teratur dan memberikan backlink internal menuju posting-posting terkait. Tidak lupa pula mencari backlink dari luar situs anda. Usaha anda tidak akan sekeras kalau anda menargetkan keyword super populer tersebut.

Kalau sulit mendapatkan backlink dari situs lain gunakan teknik ini

Kalau anda sulit mendapatkan backlink dari situs besar pilih situs kecil saja. Saya batasi makna situs besar pada situs yang mendapatkan sedikitnya 5000 pengunjung harian dan berperingkat bagus untuk beberapa keyword utama, termasuk keyword yang juga anda inginkan.

Sulit mendapatkan backlink apalagi kalau anda berharap backlink tersebut berasal dari situs besar. Karena itu anda bisa data nama situs-situs website atau blog menengah kebawah.

Situs menengah kebawah itu misalnya situs dengan jumlah pengunjung 5000 kebawah. Situs seperti ini umumnya punya peringkat bagus untuk beberapa keyword cukup populer. Anda bisa pilih blog yang relatif aktif diisi secara berkala dengan posting yang isinya relevan dengan blog anda.

Anda bisa hubungi admin situs bersangkutan dan menanyakan apakah mereka bisa menerima tulisan dari anda dengan syarat anda diperbolehkan menautkan 1 atau 2 link dofollow menuju blog anda. Atau format lain dari penempatan link menuju blog anda di blog mereka, seandainya mereka tidak menerima tulisan tamu.

Gunakan tekslink yang panjang dan menjelaskan

Karena praktek link building atau membangun link tidak lagi bisa semau kita, maka anda harus berhati-hati menggunakan tekslink. Sebaiknya jangan menggunakan tekslink pendek yang berupa keyword.

Misalnya anda bermaksud memberikan backlink untuk artikel pengertian bisnis online, maka anda menggunakan prasa “bisnis online” sebagai teks link. Akan lebih aman kalau menggunakan kata kunci pengembangan dari “bisnis online”.

Artikel yang relevan tentang membangun link bisa anda baca pada artikel ini Cara mendapatkan backlink berkualitas.

Ada lagi strategi menulis posting (sebenarnya ini rahasia) yang banyak dilakukan orang dengan maksud mendapatkan backlink yaitu: anda menulis tentang orang lain atau tentang blog orang lain. Apa isi posting yang sebaiknya anda tulis ?, tentu saja seperangkat pujian dan sanjungan yang tidak mengada-ada dan ditulis dalam bentuk semanis mungkin.

Contoh: Anda menulis artikel dengan judul “10 blog terbaik tempat belajar bisnis online”  dan anda memuat link menuju kesepuluh blog tersebut meskipun link nofollow. Begitu admin blog-blog tersebut mengetahui anda mencantumkan nama blog mereka, maka akan menjadi sangat penting bagi mereka agar tulisan anda tampil di peringkat pertama.

Mereka akan memberikan dukungan pada tulisan anda, dukungan tersebut bisa berupa klik suka, share ke media sosial, atau seperti harapan anda mereka akan juga menulis lalu memberikan link menuju posting anda tersebut.

Kalau Blog anda sulit bersaing dengan blog besar

Blog anda berusia muda dan sulit bersaing melawan blog besar, itu hal yang wajar. Meskipun anda sudah mendapatkan ratusan backlink dari banyak situs, termasuk dari situs yang anda nilai masuk kategori idola.

Karena usia situs anda muda, maka jangan heran kalau sangat sulit menaklukkan situs berumur tua, apalagi kalau situs tersebut dioptimasi dengan maksimal.

Anda butuh waktu dan konsistensi menulis posting yang terjaga. Lambat laun dengan menerbitkan posting berkualitas secara terus menerus dan terjadual, maka nanti juga blog anda akan menjadi besar dan anda tinggal menunggu mereka jatuh, lalu anda bisa naik keatas.

Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa anda harus membuat mereka jatuh, meskipun kenyataannya anda tidak bisa naik peringkat kalau pemegang peringkat diatas anda tetap semula. Jadi jangan heran kalau praktek jatuh-menjatuhkan sering dilakukan orang terhadap saingan mereka. Bahkan dengan cara yang brutal sekalipun, istilah ini dikenal pula dengan sebutan praktek seo dengan tujuan negatif.

Untuk anda yang memiliki blog seumur jagung satu dua cara mendatangkan pengunjung ke blog baru anda adalah fokus pada menerbitkan konten berkualitas secara teratur yang relevan dengan tema situs anda. Apa itu konten berkualitas ?.

Terlebih dahulu kita pahami dulu apa itu konten dalam sebuah website atau blog ?. Konten dalam sebuah blog adalah: video, artikel, audio, gambar, dan apapun yang termuat dalam halaman blog anda yang terlihat oleh pengunjung. Cara menulis artikel berkualitas bisa anda baca artikel panduan cara menulis artikel yang baik.

Anda harus membuat atau menampilkan konten yang lebih baik dari pesaing anda, katakanlah misalnya pesaing anda adalah blog besar yang selama ini mendominasi peringkat atas untuk kata kunci pencarian yang terkait dengan tema blog anda.

Jadi blog dan konten dalam blog anda harus.

  • User friendly
  • Mobile friendly (gampang dan enak terlihat pada layar ponsel/tab)
  • Artikel ditulis lebih detil.
  • Isi artikel lebih menjelaskan
  • Artikel disertai contoh kasus
  • Artikel ditulis dengan format penulisan standar akademik
  • Artikel disisipi gambar yang bagus dan relevan
  • Tampilkan video resolusi HD dan audio jernih

Cara memaksimalkan sumber pengunjung blog yang berasal dari media sosial

Media sosial adalah sumber lain  dari pengunjung blog atau website anda. Beberapa media sosial terkenal seperti facebook, twitter, google+, linkedin dsb.

Bagaimana mendatangkan pengunjung dari media sosial:

  • Buat akun di media sosial terkenal
  • Tulis nama dan alamat blog anda di profile media sosial anda.
  • Buat halaman khusus di media sosial, seperti halaman facebook fans page, halaman khusus di google+ dan kaitkan halaman-halaman khusus tersebut dengan alamat blog anda.  Undang orang untuk menjadi member.
  • Setiap selesai menulis artikel bagikan tulisan anda ke semua media sosial tersebut, baik berupa update status maupun juga membagi ke halaman khusus seperti halaman fans page. Dengan harapan orang yang tertarik akan klik link yang anda buat sehingga mereka mengunjung blog anda.
  • Beberapa kali dalam 1 minggu lakukan update status dengan menyisipkan link menuju blog anda. Sehingga teman anda yang membacanya mungkin akan tertarik klik link tersebut.

Berusahalah untuk terlibat komunikasi dengan member halaman khusus di media sosial yang telah anda buat. Selain anda perlu membagi konten blog anda ke halaman akun medsos anda, bagikan juga ke halaman-halaman khusus tersebut.

Agar orang tidak bosan membaca status anda, jangan terlalu sering update status di medsos dengan menyisipkan link menuju blog anda.

Sumber pengunjung blog yang lain adalah periklanan

Anda tidak bisa menulis artikel secara rutin, tidak bisa membuat video yang bagus dsb, apalagi mencari backlink. Singkatnya anda bermaksud mendatangkan pengunjung dan tidak mau mengandalkan peringkat hasil pencarian google.

Untuk anda yang punya cukup uang tentu bukan masalah besar. Anda bisa gunakan cara-cara instan untuk mendatangkan orang untuk melihat situs anda.

Apa yang harus anda lakukan adalah memperkenalkan website anda kepada orang banyak melalui banyak saluran. Anda bisa pasang iklan di televisi, bisa pula beriklan di koran-koran ternama.

Pasang iklan di media sosial semisal facebook, iklan banner di website terkenal, iklan google AdWords. Bisa pula tempel stiker di semua motor tukang ojek dan mobil angkot di kota anda. Tempel pengumuman di semua tiang listrik yang anda lihat (minta izin dulu sama Pemkot)

Lalu berapa dana yang harus anda siapkan untuk periklanan diatas, tentu relatif. Pastinya kalau anda mau beriklan di semua media diatas anda harus punya anggaran tidak terbatas. Kalau anggaran anda terbatas, maka anda bisa pilih iklan Google AdWords, iklan banner di website ternama atau wesbite kelas menengah, iklan di koran lokal di kota anda.

Dengan beriklan di tempat-tempat diatas anda tidak harus direpotkan dengan urusan peringkat di halaman google. Anda tidak harus capek-capek membangun link situs anda

Kesimpulan

Ada banyak sumber pengunjung blog seperti media sosial, google dan yahoo, pembaca iklan offline anda, iklan online di situs orang lain dsb. Masing-masing sumber pengunjung punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Anda tidak harus berperang melawan situs-situs besar kalau situs anda berusia muda, dengan konsisten menerbitkan artikel berkualitas yang relevan dengan tema situs anda, kelak juga anda akan punya kesempatan menyalip peringkat mereka.

Miliki situs baik website atau blog yang mobile frendly dan ramah pengguna, kemudian pelajari teknik SEO dasar yang relatif tetap efektif hingga kini dan tidak terlalu berubah mengikuti perkembangan Algoritma Google.

Diantara cara mendatangkan pengunjung diatas tidak semuanya pernah saya lakukan. Saya berharap anda mempraktekkannya dan saya tunggu informasi dari anda apakah efektif atau tidak untuk blog/website anda.

Apa yang ditulis dalam artikel ini termasuk bagian internet marketing. Selengkapnya baca panduan ini silahkan klik belajar internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *