5 tool mempermudah membuat konten website dan promosi blog

 membuat konten website

Mungkin anda mengalami kendala dalam membuat konten website dan konten blog berkualitas hingga melakukan promosi dengan cara yang lebih cepat dengan hasil baik. Anda butuh alat bantu atau tool terbaik yang bisa mempermudah pekerjaan anda, sehingga anda bisa lebih efisien dalam penggunaan waktu.

Tool yang saya tulis dalam artikel ini bisa anda gunakan gratis dan sebagian lainnya berbayar relatif murah.

Sebagai marketer tentu anda harus selalu menerbitkan konten yang bermutu dan layak dikonsumsi pengunjung situs anda.

Menghabiskan banyak waktu untuk suatu pekerjaan akan membuat anda terpaksa mengabaikan pekerjaan lain dalam pengelolaan situs atau bisnis anda. Alangkah baiknya jika anda bisa efisien dalam menggunakan waktu.

Ada beberapa cara agar kita bisa lebih cepat dalam proses pembuatan konten, dan itu adalah dengan menggunakan alat bantu atau software.

Artikel ini mengumpulkan beberapa website yang punya layanan pembuatan dan promosi konten dengan mudah dan cepat.

Dengan bantuan tool dari website-website ini proses menghasilkan artikel, membuat gambar termasuk infografik,  dan melakukan promosi konten ke media sosial menjadi lebih mudah dan cepat.

Berikut ini beberapa tool untuk membuat konten website lebih mudah

Tool pembantu menemukan ide penulisan artikel

Artikel itu tercipta berawal dari proses memunculkan ide menulis. Memunculkan ide yang tepat itu tidak mudah. Ide ini amat menentukan apakah konten kita bisa mendukung pencapaian tujuan bisnis atau malah menjadi penghambat sama sekali.

Feedly: Cara paling populer untuk memunculkan ide pembuatan konten adalah dengan melihat blog orang lain. Anda bisa pilih beberapa buah blog idola anda.

tool mempermudah membuat konten website

membuat konten website

Semua posting dari semua blog pilihan anda akan terlihat di layar feedly

Anda bisa saja baca blog-blog tersebut satu persatu secara rutin setiap hari atau setiap minggu. Masalahknya adalah mungkin saja dalam beberapa kali anda malah lupa mengunjungi salah satu dari blog yang anda pilih. Anda perlu menggunakan tool.

Tool paling baik menurut saya adalah Feedly. Dengan feedly anda bisa mengumpulkan beberapa blog dalam satu kelompok, berikut konten-konten terbaru dari masing-masing blog.

Anda bisa menambahkan beberapa buah blog ke dalam daftar feedly tanpa anda harus berkunjung ke blog yang bersangkutan. Begitu ditambahkan feedly akan segera memunculkan beberapa judul artikel terbaru blog tersebut. Anda juga bisa membaca artikel hanya dari layar feedly. Hanya saja khusus untuk blog yang menggunakan protokol https, anda tidak bisa membaca konten dari layar feedly. Anda harus membuka blog yang bersangkutan.

Untuk membuat gambar dan infografik lebih mudah dan cepat

Semakin baik konten blog semakin mudah dipromosikan dan ujungnya blog akan mendapatkan banyak pengunjung dan mungkin konsumen. Kendalanya adalah ada jenis konten yang mungkin selalu sulit anda buat. Kalaupun bisa anda butuh waktu relatif lama. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan tool untuk membuat jenis konten tertentu dalam waktu lebih singkat.

2 buah tool yang bisa membantu anda lebih mudah dalam membuat konten website adalah:

Easel.ly: Artikel yang ditulis dengan baik akan sangat menarik jika disisipi gambar yang relevan dan unik, sekaligus menjelaskan. Sementara membuat gambar itu sulit sekali bagi banyak orang termasuk saya, hasilnyapun kadangkala mengecewakan.

Easel.ly adalah website penyedia layanan yang bagus untuk membuat gambar khususnya infografik.

alat membuat konten website lebih mudah

Anda bisa daftar gratis dan membuat infografik memakai tool ini mudah sekali. Meskipun tentu saja tidak bisa diperbandingkan dengan karya desainer profesional. Setidaknya untuk membuat infografik sederhana ia bisa diandalkan.

Tersedia beberapa template dasar yang bisa anda pakai gratis dan bisa anda ubah sesuai selera. Anda bisa ubah bentuk dan ukuran, mengganti warna background, mengganti teks, menyisipkan gambar dan sebagainya.

Pada tahap awal mungkin anda akan perlu banyak mencoba untuk membiasakan diri membuat konten website menggunakan tool ini. Namun lambat laun anda akan bisa menghasilkan infografik yang menarik.

Canva: ini pilihan lainnya untuk membantu anda membuat konten website berupa image tanpa perlu sekolah desainer. Kalau Easel.ly bisa anda andalkan untuk bikin infografik, maka canva untuk membuat gambar sederhana dengan tampilan menarik.

untuk buat gambar lebih mudah

Canva juga menyediakan template gratis dengan beragam layout yang juga bisa anda ubah tampilannya. Untuk menggunakan tool ini anda bisa daftar gratis.

Tool terbaik untuk membantu meningkatkan efisiensi waktu promosi konten

Sebagus apapun konten blog, tak akan banyak menghasilkan keuntungan jika tak banyak yang lihat dan baca. Karena itu anda perlu melakukan promosi untuk mendatangkan banyak pengunjung. Meskipun promosi itu penting sekali, masih banyak orang yang merasa cukup hanya membuat konten website atau konten blog dengan bagus dan malas menyampaikannya ke banyak orang.

Anda bisa saja mempromosikan konten blog anda secara manual. Manakalah anda melakukannya dengan cara yang sama berkali-kali, menggunakan tool akan sangat meringankan beban kerja anda.

Contentmarketer.io: ini adalah tool yang bisa membantu mempromosikan konten blog anda.
Anda cukup paste URL konten anda ke dalam tool tersebut. Ia akan scan konten anda, lalu menemukan orang yang terkemuka dan relevan sesuai dengan keyword dalam konten anda atau orang yang anda sebut dalam artikel anda, selanjutnya mengirimkan notifikasi kepada orang tersebut via twitter.

Tool ini sangat membantu. Anda tidak harus sibuk mencari alamat email atau URL media sosial mereka, karena semua itu bisa dilakukan oleh tool ini. Sayangnya tool contentmarketer.io tidak gratis. Anda harus bayar dengan besaran minimal $9 per bulan. Solusinya jika anda tak mau keluar uang anda bisa pakai buffer.

Buffer: Tool ini akan mempermudah anda mempromosikan konten anda ke media sosial seperti twitter, facebook, google+, linkedin dan sosmed lainnya hanya dengan beberapa klik, tanpa harus login ke semua akun sosmed anda.

tool untuk membuat konten website dan mempromosikannya

Anda bisa atur jadwal untuk membagikan konten anda ke  media sosial secara otomatis. Anda hanya perlu listing posting anda lalu ia akan masuk daftar  tunggu. Bila saatnya tiba sesuai jadwal, posting tersebut akan dibagi secara otomatis.

Tool ini juga akan mendata posting mana yang paling populer dan paling tidak populer pada blog anda. Nantinya berdasarkan data tersebut anda akan bisa melakukan strategi dalam mengisi blog dengan konten yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan share konten anda.

Menariknya lagi anda bisa tampilkan icon buffer sebagai sebuah extension di browser internet anda.  Ia akan mempercepat proses membagi konten online manapun yang anda buka di layar komputer anda. Saya sendiri mengaktifkan extension buffer di Google Chrome.

Kesimpulan

Saya hanya menulis 5 tool saja. Padahal ada lebih banyak lagi tool yang bisa membantu anda mempermudah proses dari pembuatan hingga proses promosi konten ke media sosial.

Jika anda merasa waktu yang anda habiskan untuk menghasilkan konten relatif lama. Membagi konten itu pekerjaan yang kadangkala terlewatkan atau melelahkan, tool-tool diatas sangat bagus untuk digunakan.

Diantara tool diatas ada yang anda harus bayar untuk memakainya. Ada pula yang gratis dengan batasan-batasan tertentu. Untuk anda yang punya anggaran cukup tidak ada salahnya menggunakan versi berbayar.

Mungkin anda pernah pakai tool lain yang lebih bagus, silahkan bagi dalam komentar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *