Ciri-ciri artikel yang baik dan berkualitas

ciri-ciri artikel yang baik
Menulis artikel itu mudah bagi kebanyakan blogger, namun apakah artikel yang anda terbitkan di blog anda sudah memenuhi syarat untuk dikatakan artikel yang baik dan berkualitas?. Menjawab pertanyaan ini tidak mudah, jika anda tidak mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri artikel yang baik.

Untuk menentukan apakah artikel anda sudah bagus lebih tepat kalau anda meminta editor atau ahli pemasaran memberikan penilaian, lalu membandingkannya dengan yang terbit di blog orang lain.

Tetapi karena barangkali itu tidak selalu memungkinkan, sebaiknya sebelum artikel diterbitkan terlebih dulu anda memastikan artikel anda punya tanda-tanda seperti yang saya tulis dalam artikel ini.

Berikut ini ciri-ciri artikel yang baik dan berkualitas

Ada 6 tanda bahwa anda sudah menulis artikel yang baik dan sudah memenuhi syarat untuk dikatakan cukup berkualitas. Perlu anda pahami bahwa ini tidak menyangkut tentang peringkat. Karena tidak harus begitu artikel anda memenuhi semua kriteria kualitas seperti yang saya tulis dibawah ini, secara otomatis peringkat tulisan anda akan sangat bagus.

Untuk mendapatkan peringkat yang baik tidak cukup sekedar kualitas artikel. Walaupun salah satu indikator kualitas adalah peringkat Google. Untuk menghasilkan artikel berkualitas silahkan baca cara menulis artikel berkualitas.

1. Artikel anda ditulis untuk pembaca yang tepat

Seringkali kita terjebak dalam keasikan menulis, lalu yang kita tulis malah nampak untuk kita sendiri. padahal seyogyanya kita menulis untuk pembaca blog kita.

Karena isi blog kita untuk dibaca orang lain, maka apa yang kita tulis harus memenuhi keinginan pembaca. Kita tidak bisa menulis sekehendak hati, lalu menggunakan bahasa dan istilah tingkat tinggi dengan maksud menunjukkan kita sebagai seorang ahli.

Sebuah konten yang baik itu hendaklah memberikan dampak berikut ini:

  • Memberikan jalan keluar untuk sebuah masalah. Misalnya anda menulis artikel tentang langkah-langkah membuat blog blogger. Pembaca anda yang ingin membuat blog akan terbantukan.
  • Memberikan insfirasi orang untuk melakukan sebuah tindakan. Fokuslah untuk menyajikan konten untuk pembaca blog anda. Lalu tulis ajakan agar mereka melakukan seperti apa  yang anda tulis. Tentu pembaca yang percaya kepada anda sebagai seorang yang lebih berpengalaman akan dengan penuh percaya diri melakukannya.
  • Memberikan bimbingan atau panduan. Pembaca blog anda akan sangat tertarik membaca apa yang mereka sangat ingin ketahui. Anda perlu mengetahui apa dan siapa pembaca blog anda. Kalau mereka adalah pemula yang sangat ingin jualan di internet, tentu saja artikel tentang cara jualan online akan lebih menarik minat mereka.

Walaupun artikel anda bagus, meskipun yang Anda pilih tofik artikel yang menarik, sepenting apapun informasi yang hendak anda sampaikan hendaklah fokus pada pembaca blog anda. Artinya anda hendaklah menulis menggunakan kata, istilah, bahasa yang mudah mereka cerna.

2. Informasi yang anda sampaikan didukung data dari sumber terpercaya

Tidak lagi seperti dulu, orang-orang sudah kritis semua. Anda tidak bisa sekedar menulis apa yang anda ketahui, meskipun itu sebuah sebuah fakta, lalu berharap orang akan langsung percaya apa yang anda ceritakan.

Anda harus meyakinkan pembaca bahwa apa yang anda tulis adalah benar, didukung data yang valid atau  merujuk dari sumber terpercaya.  Sehingga informasi yang anda sampaikan lebih mudah mereka terima.

Saya sendiri menulis setiap artikel di blog ini terlebih dahulu mencari informasi tambahan dari sumber-sumber terpercaya. Dengan melakukan itu harapan saya agar informasi yang saya sampaikan bisa diperbandingkan dengan penulis lain yang lebih kredibel.

Beberapa sumber rujukan dari setiap tulisan saya adalah:

  • Blog quicksprout.com milik Neil patel. Neil patel adalah salah satu internet marketer kelas dunia.
  • Kalau anda suka belajar SEO anda pasti pernah membaca salah satu blog sumber informasi perkembangan teknik SEO Searchengineland.com punya Danny Sullivan.

Bagaimana dengan blog dalam negeri?. Apakah saya tidak menjadikan mereka rujukan. Ada sangat banyak blogger dalam negeri yang saya kagumi dan blog mereka sering saya baca.  Nanti saya akan menulis artikel tersendiri khusus tentang mereka.

Kembali tentang memberikan dukungan kepada artikel dengan data yang valid. Coba anda lihat gambar dibawah ini:

ciri-ciri artikel yang baik dan berkualitas

Gambar diatas adalah screenshot dari artikel saya tentang cara mendatangkan pengunjung untuk blog baru. Artikel ini saya tulis pada bulan Maret 2016 lalu. Pada artikel tersebut saya menulis cerita bahwa blog kecil ini pernah mendapatkan peringkat terbaik selama beberapa bulan untuk keyword “bisnis online”.

Seandainya saya tidak menampilkan screenshot dari trafik pengunjung blog ini yang direkam oleh histats.com Anda mungkin berpikir saya mengarang cerita.

Sumber-sumber yang biasanya dipercaya orang adalah seperti:

  • Studi kasus.
  • Artikel analisa data.
  • Website milik pemerintah.
  • Website perwakilan resmi dari sebuah brand produk.
  • Website atau blog tulisan orang terkenal yang sangat memahami sebuah bidang pengetahuan

 

3. Sudahkan anda menyisipkan gambar

Salah satu keterampilan yang perlu dikuasai blogger adalah membuat gambar yang relevan dengan tofik posting. Selain dari sekedar sebuah penjelasan tambahan, gambar juga ibarat sebuah hiasan bagi artikel anda. Orang umumnya lebih suka melihat gambar ketimbang membaca teks. Lagi pula orang bilang gambar bisa mewakili seribu kata. Bahkan malah lebih kalau gambar tersebut adalah sebuah infografik.

Tetapi hendaklah anda tidak sekedar memajang gambar. Pilih gambar yang terkait. Coba anda lihat gambar dibawah ini:

ciri-ciri artikel yang baik

Seperti halnya saya, Anda juga pasti suka melihat gambar diatas?. Seandainya Anda menulis artikel tentang cara mendatangkan pengunjung ke blog baru dibuat, gambar yang anda tampilkan adalah gambar Dian Sastro. Apakah menurut anda ada kaitannya.

Karena membuat gambar itu tidak mudah bagi sebagian besar orang. Anda bisa menggunakan tool atau software. Alat bantu untuk membuat konten termasuk gambar bisa Anda temukan di artikel cara mudah membuat konten blog.

Ada beberapa alasan menampilkan gambar:

  1. Ada jenis informasi yang lebih efektif disampaikan melalui gambar.
  2. Memberikan hiasan pada artikel anda.
  3. Tidak jarang orang mencari informasi melalui google image. Image yang anda muat dalam artikel akan terindex google.

Bagaimana dengan video ?. Biasanya setiap video yang ditampilkan relative berhubungan dengan artikel.

Artikel panduan akan lebih menarik lagi bila menampilkan video tutorial. Membuat video tutorial tidak begitu sulit. Ada banyak software pembuat video tutuorial yang dijual dengan harga beberapa ratus ribu rupiah saja. Semua video tutorial yang saya buat juga menggunakan salah satu dari software tersebut.

4. Artikel anda adalah pemenang untuk tofik ketat persaingan

Sekarang ini nyaris tidak mungkin tampil di peringkat atas jika artikel anda tidak dianggap layak dibaca. Google akan sangat selektif dalam hal menentukan peringkat hasil pencarian. Menampilkan artikel tidak berkualitas di peringkat atas untuk sebuah tofik yang banyak dibahas akan menjatuhkan kredibilitas google sebagai mesin pencari. Karena itu ciri artikel berkualitas menurut google tentu saja artikel tersebut berada di peringkat atas untuk keyword ketat persaingan.

Tetapi saya tidak mengatakan bahwa setiap artikel yang tidak tampil di peringkat atas pasti tidak berkualitas. Karena peringkat Google tidak hanya ditentukan oleh kualitas konten.

Karena itu jika anda hendak menulis artikel tentang tofik yang sudah banyak dibahas orang, anda harus membaca semua artikel yang tampil di halaman pertama. Cari tau kelebihan dan kelemahan masing-masing artikel tersebut, buat artikel yang lebih baik dan lebih lengkap. Namun ini bukan pekerjaan mudah, karena anda tidak boleh copy paste tulisan mereka.

Apalagi jika artikel anda adalah panduan yang menjadi pemenang untuk keyword yang selalu populer, maka ia akan menjadi artikel yang selalu dibaca pengunjung sepanjang masa.

5. Anda sudah membuat judul dan alinea pembuka yang menarik

Apa yang dilihat orang pertama kali adalah judul. Judul sangat menentukan apakah orang akan membaca artikel atau malah menutup blog anda.

Agar artikel terlihat menarik minta baca orang, tidak jarang penulis membuat judul dengan kalimat bombastis, bahkan terkadang berlebihan. Kata yang populer disisipkan dalam judul adalah: paling, murah, mudah, gratis.

Coba anda bandingkan 2 buah judul beriku ini:

  1. Ciri-ciri artikel berkualitas yang layak dibaca
  2. Ciri-ciri artikel berkualitas menurut 10 pakar internet marketing

Menurut anda judul nomor berapa paling mengundang minat baca ?. Saya pikir judul nomor 2 lebih menarik.

Jadi luangkan waktu lebih banyak untuk menentukan judul artikel anda. Buat beberapa arternatif judul dan lihat apakah judul anda sama dengan punya orang lain. Anda sebaiknya membuat judul yang berbeda, meskipun yang membedakannya hanya 2 atau 3 kata saja. Pastikan judul artikel yang anda buat relevan dengan isi.

Bagaimana dengan kalimat pembuka ?.  Setelah membaca judul oang akan melihat alinea teratas dari tulisan anda. Kalau mereka menangkap poin penting yang dijanjikan akan anda tulis pada bagian pembahasan, sedangkan hal itu adalah apa yang mereka ingin ketahui, maka mereka akan terus membaca tulisan anda.

Setiap penulis berpengalamana biasanya memberikan penjelasan pada bagian ini. Kalimat yang mereka tulis berupa latar belakang tulisan berupa sebuah permasalahan yang biasanya dialami oleh pembaca, lalu mereka menjanjikan sebuah solusi yang akan dibahas pada bagian selanjutnya dari artikel.

Perhatikan screenshot dibawah ini:

alinea-2Bpembuka-2Bartikel

Itu adalah kalimat pembuka dari salah satu artikel saya. Bagaimana menurut anda. Apakah setelah membaca kalimat pembuka tersebut anda tertarik untuk terus membaca. Semoga saya telah membuat kalimat pembuka yang cukup menarik.

6. Format tulisan anda sudah baik

Saya sendiri tidak mengetahui bagaimana itu format tulisan yang baik. Saya hanya mengetahui dengan melihat kebiasaan saya sebagai pembaca.

Mau format baik atau buruk yang terpenting adalah orang mau baca dan mudah menemukan poin dari apa yang mereka baca.

Pembaca tidak selalu membaca semua kalimat yang anda tulis, kebanyakan dari mereka hanya melihat poin-poin yang diberi tanda baca atau kalimat yang ditebalkan.

Format tulisan yang disukai pembaca itu biasanya:

  • Paragraf pendek.
  • Tidak memuat istilah yang bersifat teknis atau bahkan tidak memuat istilah sama sekali.
  • Menampilkan sub judul.
  • Menuliskan poin-poin penting diantara sub judul dengan memberikan tanda baca.
  • Menampilkan kesimpulan pada alinea akhir.

Setiap alinea hendaklah paling banyak terdiri dari 7 baris. Setiap baris usahakan tidak lebih dari 80 karakter termasuk spasi, atau maksimal 2/3 luas layar monitor komputer anda. Setiap kalimat hendaklah pendek, kalaupun harus panjang hendaklah dipisahkan dengan tanda koma (“,”). Susunan kalimat yang satu dengan lainnya hendaklah sambung menyambung membentuk sebuah cerita yang runut.

Bagi artikel anda dalam beberapa sub judul. Coba anda bayangkan seandainya artikel yang saya tulis ini tidak ada sub judul atau poin-poinnya.  Anda seperti melihat hamparan tanah luas yang tak ada pohonnya.

Selain melihat judul, alinea pembuka, poin-poin dalam artikel, terakhir adalah membaca kesimpulan.

Pada bagian kesimpulan ini kita bisa memuat poin-poin penting dalam artikel, atau solusi dan ajakan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu.

Bahkan tidak jarang kesimpulan yang menarik malah akan bikin orang ingin baca keseluruhan artikel.

Kesimpulan

Memastikan setiap artikel yang anda terbitkan selalu berkualitas itu harus anda lakukan, agar blog anda secara keseluruhan dinilai berkualitas. Hal Ini sangat penting, tidak hanya agar disukai pembaca, tetapi juga disukai mesin pencari. Dengan demikian peringkat artikel anda di halaman mesin pencari lebih berpeluang berada di posisi atas.

Sebelum artikel anda terbitkan, terlebih dulu cek apakah ia telah memenuhi sebagian besar syarat seperti yang ditulis dalam artikel ini.  Jika belum, luangkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya.

Lebih penting dari semua indikator kualitas diatas adalah hendaklah artikel yang anda tulis disukai pembaca, baik karena enak dibaca, mudah dipahami, termasuk juga bisa memberikan manfaat bagi pembaca.

Demikianlah, mungkin anda ada tambahan atau koreksi, silahkan kemukakan dalam komentar anda. Ada artikel lain tentang penulisan artikel yang layak anda baca silahkan klik cara menulis atikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *