Cara agar usaha kecil dapat berkembang

cara agar usaha kecil dapat berkembang

usaha jualan kembang

Anda perlu mengetahui bagaimana cara agar usaha kecil dapat berkembang. Sehingga usaha kecil anda tersebut tidak sekedar tetap bertahan, bahkan mendatangkan keuntungan yang kian membesar dari waktu ke waktu.

Namun sebelum memulai usaha kecil agar anda bersiap dari sejak awal ada baiknya anda ketahui apakah yang perlu diperhatikan dalam merintis usaha baru

Cara agar usaha kecil dapat berkembang

Ada banyak sekali bisnis yang bisa anda lakukan yang masuk kategori usaha kecil. Ada banyak darinya termasuk usaha modal kecil yang menguntungkan bahkan dengan modal ratusan ribu rupiah saja.

Namun apapun usaha kecil yang hendak anda lakukan beberapa cara berikut ini harus anda lakukan agar usaha kecil anda dapat berkembang.

1. Rencanakan strategi dari awal

Setiap memulai usaha  anda seharusnya sudah punya perencanaan. Anda pasti memiliki keyakinan untuk meraih untung dari usaha tersebut dan anda pasti pula merencanakan apa yang hendak anda lakukan dalam menjalankan usaha anda.

Perencanaan strategi itu misalnya:

  • Strategi menentukan produk utama usaha anda
  • Strategi pemasaran
  • Strategi menjangkau konsumen yang menjadi target
  • Strategi menetapkan harga jual

Tetapi tidak hanya sekedar itu ada masih banyak yang harus anda lakukan agar usaha kecil anda dapat berkembang.

2. Batasi pengeluaran untuk operasional usaha

Anda memulai usaha kecil karena modal anda sedikit. Artinya setiap pengeluaran harus anda hitung peruntukannya. Tidak bisa semau anda.

Dari sejak mula anda sebaiknya sudah menghitung berapa pengeluaran setiap bulan. Apa biaya rutin yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Anda harus menghemat pengeluaran. Maksudnya hanya keluarkan uang untuk yang benar-benar dibutuhkan.

Mungkin anda berpikir untuk menggaji karyawan, namun selagi bisa anda kerjakan sendiri, membayar orang tentu menambah pengeluaran. Begitupun juga anda harus batasi dengan penggunaan air, listrik dan lain-lain.

Anda harus berpikir bahwa uang perusahaan anda harus dialokasikan untuk beberapa kegunaan:

  • Untuk gaji anda dan karyawan
  • Untuk tagihan air, listrik dan telepon
  • Untuk membeli barang modal
  • Untuk dana cadangan
  • Untuk pengeluaran tidak terduga.

Jika usaha anda baru dimulai, anda sebaiknya jangan terlalu berharap akan meraih untung dalam beberapa bulan.  Pendapatan dalam beberapa bulan awal yang cukup untuk biaya operasional itu sudah bagus.

Jadi dengan demikian Anda sebaiknya siapkan dana untuk operasional bisnis kecil anda untuk 1 tahun pertama. Ini dengan asumsi anda tidak meraih keuntungan yang bagus dalam tahun pertama tersebut.

3. Lakukan promosi menggunakan beragam saluran pemasaran

Tidak bisa lagi memasarkan produk anda secara biasa, karena anda tidak mungkin bisnis tanpa pesaing, setidaknya untuk tahun-tahun mendatang pesaing pasti bermunculan.

Anda harus memperkenalkan produk anda kepada sebanyak mungkin orang. Orang yang menjadi tujuan pemasaran produk anda tentu saja sesuai dengan target konsumen yang anda bidik.

Secara garis besar ada 2 saluran pemasaran dilihat dari medianya yaitu: pemasaran konvensional dan pemasaran online.

Pemasaran konvensional

Pemasaran jenis ini adalah yang umum dilakukan pebisnis sejak dulu dan tetap efektif dilakukan hingga sekarang.

Beberapa cara pemasaran konvensional adalah:

  • Beriklan di media cetak
  • pasang iklan di media elektronik
  • Tempel stiker di badan mobil dan sepeda motor
  • Pasang spanduk di persimpangan jalan
  • Gunakan baju dengan merek produk anda
  • dll

Saluran pemasarn konvensional ini butuh biaya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Banyak usaha kecil yang tidak menggunakan beberapa media pemasaran diatas.

Pemasaran online atau internet marketing

Ini saluran pemasaran yang relatif butuh biaya sedikit namun cukup efektif menjangkau konsumen yang jauh.

Agar usaha kecil dapat berkembang lebih besar, anda harus menginformasikan produk anda kepada orang banyak, tanpa dibatasi jarak dan waktu. Pemasaran online adalah cara yang sangat populer digunakan orang.

Mungkin produk anda tidak untuk dijual kepada orang yang berada jauh misalnya diluar kota, tetapi memasarkan produk secara online tetap bagus anda lakukan. Orang sekarang sudah akrab dengan gadget dan mereka mencari semua informasi menggunakan ponsel, termasuk informasi produk yang dijual di dalam kota mereka sendiri.

4. Lihat apa yang ditawarkan pesaing anda

Setiap bisnis kecil maupun bisnis besar tidak luput dari persaingan. Beberapa hal yang anda perlu ketahui tentang pesaing anda:

  • Bagaimana mereka memasarkan produk mereka.
  • Berapa harga jual produk mereka
  • Apa kelebihan dan kekurangan produk pesaing
  • Bagaimanan mereka melayani konsumen

Setelah anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing, maka lakukan yang lebih baik. Meskipun untuk menghadapi pesaing anda harus mengurangi keuntungan. Hal ini penting anda lakukan khususnya jika anda adalah pendatang baru.

5. Ikuti terus perkembangan

Dunia kian hari kian berkembang, begitu juga dunia bisnis. Meskipun usaha anda skala kecil atau kecil sekali, tetap saja anda harus memperhatikan apa yang terjadi di sekitar bisnis anda.

Ingat apa yang dialami nokia dan samsung dalam persaingan bisnis selular. Siapa sangka android bisa menguasai pasar sistem operasi ponsel pintar. Bagaimana pula Samsung memutuskan menggunakan android disetiap smartphone produksi mereka.

Apa yang dilakukan samsung tidak lepas dari kejelian mereka melihat perkembangan dan membaca peluang. Bukan hal yang kebetulan. Bukan pula kebetulan bahwa kini hasilnya Samsung berjaya sementara Nokia tenggelam.

Demikianlah cara agar usaha kecil bisa berkembang menjadi besar. Artikel ini bersumber dari beragam sumber dan pengalaman penulis sendiri.

Kesimpulan

  1. Ada beberapa yang perlu anda lakukan agar usaha kecil bisa berkembang diantaranya adalah: Rencanakan strategi dari awal, batasi pengeluaran untuk operasional usaha, lakukan pemasaran melalui beragam saluran, lihat apa yang ditawarkan pesaing, ikuti perkembangan.
  2. Orang melakukan usaha skala kecil umumnya karena memiliki keterbatasan modal, karena itu anda haru cermat dalam pengeluaran.
  3. Perlu diingat setiap usaha tidak musti meraih keuntungan sejak beberapa bulan awal. Boleh jadi anda akan meraih untung setelah bisnis anda berjalan 1 tahun atau lebih. Bersiaplah untuk menghadapi kemungkinan itu.

image Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *