Membangun Struktur website yang kuat

membangun struktur website
Membangun Struktur website yang baik adalah pekerjaan paling penting dalam proses pengelolaan website yang benar. Struktur WEBSITE yang dijelaskan dalam posting ini juga berlaku untuk blog. Jadi begitu Anda bikin website sendiri atau sekedar membuat blog blogspot harap perhatikan bagaimana struktur website atau struktur blog anda dibentuk.

Sama seperti struktur sebuah bangunan gedung, struktur website yang kuat akan menentukan seberapa kokoh bangunan website anda secara keseluruhan. Semakin kokoh bangunan website anda semakin baik pula pengunjung dan mesin pencari memberikan nilai pada website anda secara keseluruhan. Karena alasan itu maka struktur WEBSITE adalah apa yang harus diperhatikan dalam SEO.

Pengertian struktur website

Setiap WEBSITE terdiri dari sejumlah halaman. Halaman-halaman tersebut seperti: halaman beranda, halaman produk yang Anda jual, halaman kontak, halaman tentang website dan halaman posting.

Susunan atau hierarki halaman-halaman tersebut yang terbentuk oleh tautan atau link yang Anda buat itulah struktur WEBSITE.

Mengapa struktur website yang baik itu penting

Struktur website membentuk bangunan website anda.
Struktur website yang baik membantu google menentukan apa halaman paling penting dalam situs anda. Sekaligus juga membantu pengunjung menemukan semua isi situs anda lebih mudah.

Kita pasti berharap WEBSITE atau blog yang kita buat tampil di google atau mesin pencari informasi lain. Tidak hanya sekedar tampil, melainkan tampil di halaman pertama dan di urutan awal pula. Hanya struktur WEBSITE yang baik yang mendukung tercapainya tujuan tersebut.

Berikut ini alasan mengapa struktur WEBSITE yang baik sangat penting.

1. Struktur WEBSITE membantu mesin pencari informasi menelusuri isi WEBSITE

Mesin pencari informasi seperti Google menelusuri setiap situs untuk mengumpulkan semua informasi yang diterbitkan semua situs internet tersebut. Informasi lalu disimpan dalam media penyimpanan mereka. Informasi tersebut bisa berupa tulisan yang tampil di halaman beranda, halaman produk, halaman posting atau artikel.

Untuk apa Google mengumpulkan informasi-informasi tersebut?. Sebagai bahan untuk menjawab pertanyaan setiap pencari informasi yang bertanya kepada Google.

Namun tidak Setiap informasi yang diterbitkan situs bisa dikumpulkan mesin pencari informasi. Setiap pemilik situs bisa melarang mesin pencari informasi mengambil informasi yang mereka publikasikan.

Bisa saja tanpa disengaja Anda malah melarang atau mempersulit Google menelusuri halaman-halaman dalam WEBSITE atau blog Anda. Struktur WEBSITE yang baik menjamin semua isi atau semua halaman dalam WEBSITE Anda bisa ditelusuri Google dengan lebih mudah.

2. Struktur website yang baik akan menonjolkan halaman paling penting dalam situs Anda

Setiap halaman dalam situs memiliki bobot masing-masing. Bobot sebuah halaman dinilai berdasarkan kelengkapan media yang disisipkan dalam tulisan, kedalaman bahasan dan seberapa besar manfaat bagi pembaca.

Halaman yang dipentingkan biasanya memiliki bobot lebih dari halaman lain dalam situs anda. Selain dari bobot tulisan, halaman penting itu adalah halaman yang paling banyak mendapat dukungan dari halaman lain dalam situs yang sama. Dukungan itu berupa link atau tautan.

Bagaimana anda membuat struktur website anda akan menentukan apakah anda telah menonjolkan halaman-halaman penting dalam situs anda dengan benar.

3. Untuk menghindari persaingan antar halaman dalam situs Anda

Jika Anda mengizinkan mesin pencari informasi mengumpulkan informasi yang anda publikasikan, Anda tentu berharap informasi dari Anda akan digunakan mesin pencari untuk menjawab pertanyaan pencari informasi.

Masalahnya adalah seperti contoh berikut: Misalnya pertanyaan pencari informasi kepada Google adalah: “bagaimana cara membuat struktur WEBSITE yang baik”. Kemudian Google menemukan beberapa artikel yang terbit di situs Anda bicara tentang struktur website.

Google menilai semua artikel tersebut memiliki bobot tulisan relatif sama. Artinya baik disengaja atau tanpa sengaja semua artikel tersebut anda buat untuk menjawab sebuah pertanyaan yang sama.

Google akan memilih artikel terbaik, maka terjadi persaingan antar artikel anda sendiri. Akan menjadi buruk jika Google menganggab artikel-artikel tersebut seperti duplikat satu dengan yang lain. Google tidak menyukai artikel duplikat. Maka untuk pertanyaan pencari informasi diatas Google tidak akan merekomendasikan artikel anda sebagai jawaban.

Jika struktur situs Anda baik maka kejadian seperti diatas akan terhindari. Semua artikel yang bicara tentang struktur website tersebut akan merekomendasikan hanya 1 artikel sebagai artikel utama untuk menjawab pertanyaan pengunjung.

Artinya setiap keyword pencarian hanya boleh dijawab oleh 1 artikel.

Artikel terkait: cara menghilangkan duplkat deskripsi blog.

Bagaimana membangun struktur website yang baik

Sekarang kita akan bicara cara membangun struktur website yang baik. Semua dimulai dari sejak anda mulai membuat website. Berikut ini yang harus anda lakukan.

Tentukan halaman utama dalam situs anda

Yang pertama anda lakukan adalah menentukan apa halaman utama dalan situs anda. Halaman utama itu biasanya adalah:

  • Halaman pemasaran produk
  • Halaman posting panduan
  • Bisa juga halaman kategori

Anda bisa membuat lebih dari 1 halaman utama. Buatlah paling sedikit 1 halaman utama dan paling banyak sama jumlahnya dengan jumlah kategori dalam posting anda.

Namun karena membuat halaman utama ini butuh kerja ekstra dan halaman tersebut harus jauh lebih lengkap, lebih detil dan lebih baik dari halaman-halaman lain, maka 5 halaman saja sudah menguras kemampuan menulis kita.

Apa ciri yang harus anda pada halaman utama:

Yang harus ada pada halaman utama ini adalah:

  • Keyword yang paling anda targetkan dan taburan kata yang relevan dengan keyword utama.
  • Format tulisan yang baik sangat penting untuk halaman seperti ini.
  • Kedalaman bahasan. Karena ia halaman super maka isi juga harus super: super detilnya, super bagusnya dan super manfaatnya.

Buat tautan menuju halaman utama dalam halaman beranda

Mengapa harus membuat tautan menuju halaman utama dalam halaman beranda?. Ibarat sebuah struktur organisasi maka posisi paling atas dari situs anda adalah halaman beranda. Di bawah halaman beranda adalah halaman-halaman utama.

Halaman yang mendapatkan tautan langsung dari halaman beranda pasti dianggab sebagai halaman penting.

Untuk banyak tujuan apapun, Anda pasti berharap pengunjung membaca halaman utama di situs anda. Menempatkan link di halaman beranda menuju halaman-halaman utama dalam situs anda memperbesar peluang halaman utama anda dibaca pengunjung.

Halaman utama merefleksikan kemampuan anda menulis, keluasan pengetahuan anda tentang sebuah tofik dan pada akhirnya anda boleh berharap anda nantinya bisa menjadi tempat orang bertanya dan lalu mendapatkan konsumen atau rekan berbisnis.

Beri tautan menuju halaman utama pada menu utama situs anda

Halaman utama adalah halaman yang paling anda harapkan dibaca pengunjung. Salah satu cara memperbesar peluang agar halaman tersebut dibaca banyak pengunjung adalah dengan membuat link berupa menu menuju halaman tersebut.

Mengapa menu?. Menu akan selalu tampil di halaman apapun yang dibuka pengunjung.

Tetapi harus anda perhatikan jika anda membuat tautan berupa menu menuju halaman utama, akan lebih baik untuk tidak membuat link lain di halaman beranda menuju halaman utama yang sama. Tujuannya untuk menghindari kesan anda berlebih-lebihan membuat link. Berlebihan membuat link malahan akan berdampak buruk bagi peringkat halaman utama tersebut.

Karena area pada menu tidak memungkinkan memuat banyak teks maka anda harus buat link menuju halaman paling penting saja. Anda bisa buat link dalam halaman tersebut menuju halaman-halaman utama. Maka dengan demikian hanya dengan 2 klik saja halaman utama apapun akan bisa dibuka.

Sebagai contoh: Saat sedang berada di halaman manapun di website biajo bisnis ini, pengunjuung bisa menemukan halaman-halaman utama hanya dengan 2 kali  klik.

Buat link dari semua halaman yang relevan menuju halaman utama

Halaman yang relevan yang saya maksudkan adalah halaman-halaman lain yang bertofik terkait dengan halaman utama.

Halaman utama dimaksudkan untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci pencarian yang paling populer, sedangkan halaman-halaman lain yang relevan dengan halaman utama tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci pencarian yang relatif kurang populer.

Untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa sebuah halaman itu penting maka buat sebuah link menuju halaman tersebut dalam setiap halaman lain yang relevan.

Tips membuat internal link untuk struktur situs yang baik

Jangan buat link menuju halaman berikut ini:

  • Halaman kontak saya.
  • Halaman tentang saya.
  • Halaman pendaftaran.

Mengapa tidak boleh membuat link menuju halaman-halaman tersebut?. Halaman-halaman tersebut tidak dimaksudkan agar terindex mesin pencari. Maka membuat link dalam halaman lain menuju halaman-halaman diatas tidak berguna.

Untuk alasan tertentu dan Anda memang harus membuat link, pastikan format link menuju halaman-halaman tersebut adalah nofollow.

Link menuju halaman-halaman tersebut sebaiknya buat di menu bar atau bagian footer web/blog anda.

Baca juga: cara membuat link internal yang baik.

Jangan gunakan tekslink yang juga digunakan menuju halaman lain

Prinsipnya adalah setiap keyword pencarian hanya untuk 1 halaman. Maka jika Anda membuat link menuju lebih dari 1 halaman menggunakan tekslink yang sama, Anda bikin mesin pencari bingung yang mana mau dikasih peringkat.

Jangan buat internal link terlalu banyak

Berapa jumlah maksimal link internal dalam sebuah halaman?. Bisa 10, 50 atau 100. Tergantung jumlah kata dalam halaman tersebut.

1 buah link internal dalam setiap 2 paragraf masih termasuk normal, asalkan menuju halaman yang relevan. Namun jika paragraf tersebut hanya 3 baris atau 1 buah link internal dalam setiap baris pastilah sangat berlebihan.

Demikianlah cara membangun struktur website yang baik dan mengapa struktur website yang baik itu sangat penting.

Artikel lain yang sebaiknya anda baca teknik seo on page

 

One thought on “Membangun Struktur website yang kuat

Tinggalkan Balasan