Cara bisnis online bagi pemula dari awal

belajar bisnis online

Ini adalah artikel panduan cara bisnis online yang lengkap. Anda yang ingin memulai bisnis online akan menemukan informasi langkah demi langkah membuat bisnis online dari awal hingga mahir. Panduan ini ditulis untuk memandu pemula lebih mudah belajar bisnis online dan selanjutnya bisa praktek.

Bagaimana memulai bisnis online

Memulai bisnis online itu mudah sekali. Bagian tersulit dari langkah-langkah memulai bisnis ini adalah memotivasi diri Anda untuk segera memulai. Jadi anda tidak usah harus repot, tidak usah pula harus banyak pikir, tidak perlu banyak pertimbangan.

Apa langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai cari uang dari internet dengan bisnis ONLINE ini.

Langkah-langkah memulai bisnis online itu adalah:

  1. Pahami apa itu bisnis online.
  2. Pilih bisnis online yang tepat.
  3. Buat blog atau website untuk bisnis online.

Berikut ini daftar isi yang berisi poin-poin penjelasan langkah-langkah memulai bisnis online.

Pahami apa itu bisnis online

Anda barangkali tertarik memulai bisnis online karena cerita manis tentang orang-orang yang cepat mendapatkan banyak uang setelah terjun di bisnis online.

Memang tidak salah bahwa ada orang yang cepat mendapatkan uang setelah terjun di bisnis internet. Tapi perlu anda pahami bahwa semua kesuksesan termasuk kesuksesan mendapatkan uang dengan bisnis online menuntut anda harus menjalani proses.

Tanpa mengetahui cara bisnis online yang benar dari awal dan menjalani proses langkah demi langkah mustahil anda sukses.

Tetapi anda beruntung karena langkah-langkah bisnis online itu bisa anda pelajari di website ini. Artikel panduan ini menjelaskan kepada anda mulai dari proses paling awal hingga tahap akhir sehingga anda langsung bisa praktek.

Dengan mengikuti panduan yang ada pada artikel ini, anda bisa memulai bisnis online dengan mudah dan menjalankannya dengan cara yang benar.

Pengertian bisnis online

Kita mulai dari pengertian bisnis ONLINE. Apa itu bisnis ONLINE?. Bisnis online adalah setiap usaha menjual produk, baik produk barang maupun produk jasa melalui media internet.

Produk barang atau produk jasa tersebut dipajang di website atau blog, baik blog/website milik sendiri maupun blog/website milik orang lain.

Bisnis ONLINE bisa juga dijalankan menggunakan aplikasi yang berjalan di jaringan internet. Misalnya Anda bisa jualan melalui aplikasi marketplace.

Jadi kalau anda menjual barang atau menjual jasa dengan menggunakan website, blog atau aplikasi ONLINE maka anda bisa dikatakan melakukan bisnis online.

Secara umum bisnis online bisa diartikan sebagai kegiatan mencari uang memanfaatkan keberadaan blog atau website.

Bisnis di internet ini menuntut anda harus melakukan transaksi secara online pula. Maksudnya anda tidak harus bertemu muka dengan konsumen anda.

Apa perbedaan bisnis online dengan bisnis offline

Perbedaan antara kedua jenis bisnis ini terletak pada tempat dan cara menjalankannya.

Bisnis offline atau bisnis konvensional butuh tempat memajang jualan anda. Tempat itu disebut warung, toko, ruko, supermarket atau mall.

Bisnis online tidak membutuhkan tempat-tempat seperti diatas. Bisnis online membutuhkan website, blog atau aplikasi sebagai tempat memajang gambar produk yang dijual.

Cara jualan pada bisnis offline: Anda pajang produk atau gambar produk jualan anda di tempat anda berjualan yang mungkin berlokasi jauh dari rumah dan anda duduk menunggu orang mendatangi toko anda.

Cara jualan pada bisnis online: Anda pajang gambar produk jualan anda di website, blog atau aplikasi kapan dan di manapun saat itu anda berada, bahkan bisa sambil bersandar di atas tempat tidur anda. Anda juga tidak harus berpakaian rapi dan tidak perlu mandi untuk melayani pembeli.

Hanya itu beda antara bisnis online dan bisnis offline.

Praktek bisnis online yang terbaik menurut saya adalah menggunakan blog/website milik sendiri.

Kenapa harus blog/website milik sendiri ?. Tidak lain adalah bahwa melakukan bisnis online menggunakan blog/website  milik sendiri adalah cara bisnis online dengan tujuan agar sukses jangka panjang.

Apa kelebihan dan kekurangan bisnis secara online

Kelebihan bisnis online:

  • Modal kecil sekali karena tidak perlu beli atau sewa tempat. Bisa dikerjakan di rumah.
  • Bisa melayani konsumen 24 jam sehari.
  • Proses jual beli bisa otomatis tanpa tindakan manual penjual.
  • Bisa melakukan proses jual beli kapan saja dan di manapun anda dan pembeli berada.

Kekurangan bisnis secara online:

  • Pembeli tidak bisa menyentuh produk yang mau dibeli, sehingga terkadang timbul keraguan terhadap ukuran dan kualitas produk.
  • Pembeli yang tidak berhati-hati rentan tertipu.

Itu saja kelebihan dan kekurangan bisnis online yang tampak jelas.

Pilih bisnis online yang tepat

Anda telah paham benar definisi bisnis online, ada dorongan kuat pula yang menggerakkan anda untuk segera memulai bisnis online. 2 hal tersebut adalah modal dasar anda.

Sekarang anda perlu tentukan adalah bisnis online apa yang Anda mau lakukan.

Karena cara bisnis online yang benar itu mengharuskan anda menjual sesuatu, maka apa yang anda mau jual secara online.

Apakah anda hendak jualan barang, baik buatan (perusahaan) anda sendiri atau barang produksi orang/perusahaan lain. Untuk anda ketahui ada banyak barang yang bisa anda jual secara online, jenisnya nyaris tidak terbatas.

Anda juga bisa menawarkan jasa anda secara online dan bisa anda kerjakan secara online pula. Jenis jasa yang bisa anda tawarkan dan lakukan secara online juga banyak sekali. Bisa juga anda menawarkan jasa orang lain, dalam hal ini anda sebagai perantara.

Anda bisa pula jual informasi seperti ebook, jual video tutorial.

Namun demikian meskipun anda tidak punya atau tidak tau apa yang mau anda jual, anda tetap bisa bisnis online sebagai publisher atau penayang iklan.

Macam-macam bisnis online

cara bisnis online

Apa saja bisnis online itu?. Ada banyak macam atau jenis bisnis online. Saking banyaknya saya kesulitan menuliskannya di artikel ini satu persatu. Namun pada prinsipnya sama dengan bisnis offline, ia terbagi 2 macam atau 2 jenis yaitu: Jual produk barang dan jual produk jasa.

Penjabaran dari 2 macam bisnis dalam jaringan ini sangat luas dan beragam. Kalau kita kumpulkan semua jenis jualan barang secara online maka artikel ini akan menjadi sangat panjang.

Berikut ini apa saja bisnis online yang banyak dilakukan orang:

1. Bisnis penayang iklan

  • Penayang iklan PPC
  • Penayang iklan banner

2. Bisnis affiliasi atau perantara.
3. Bisnis jualan produk barang.
3.1. Produk barang fisik

  • Jualan produk buatan sendiri
  • Jualan sebagai reseller
  • Jualan sistim dropshipping.

Contoh produk fisik: sepatu, baju, elektronik dsb.

3.2. Produk barang digital

  • Jual ebook
  • Jual software yg didownload
  • Jual lagu yg didownload
  • Jual video yg didownload

4. Bisnis jualan jasa.

Contoh: jasa pembuatan website, jasa penulisan artikel, jasa desain gambar rumah dsb.

Ada banyak sekali macam bisnis online yang dilakukan orang saat ini. Saya hanya menuliskan beberapa saja yang populer.

Apapun yang anda pilih untuk dijual hendaklah produk atau layanan yg mudah laku, atau produk/layanan yang dibutuhkan banyak orang. Kalau anda hendak bisnis online sebagai penayang iklan maka hendaklah anda menyajikan informasi yg banyak dicari pengunjung internet.

Untuk mengetahui apa produk atau informasi yg banyak dicari orang di internet anda harus melakukan riset kata kunci.

Tips memilih bisnis online yang tepat

Seperti telah dijelaskan di muka, salah satu langkah atau cara bisnis online yang benar adalah dengan menentukan apa bisnis yang hendak anda pilih.

Ini sangat penting karena memilih bisnis online yang tepat akan lebih menjamin anda sukses berbisnis ini nantinya.

Apa yang perlu anda pertimbangkan

  • Pilih bisnis online yang anda sukai
  • Pilih bisnis online dalam bidang yang anda kuasai
  • Pilih produk bisnis online yang banyak dibutuhkan orang

Penjelasannya berikut ini:

Pilih bisnis yang anda sukai

Mengelolah blog atau website agar menghasilkan uang butuh proses yang boleh jadi akan memakan waktu beberapa tahun. Kalau anda menyukai bisnis yang anda pilih, tentu anda akan menikmati proses mengelola usaha dalam kurun waktu cukup lama.

Pilih bisnis dalam bidang yang anda kuasai

Lebih dari pada itu anda sebaiknya pilih bisnis dalam bidang yang anda kuasai. Anda perlu punya cukup pengetahuan tentang produk yang anda jual. Setidaknya anda punya sumber infomasi tentang produk yang anda pilih untuk dijual.

Tentu saja akan tidak professional kalau anda pilih produk yang tidak anda ketahui detil-detilnya.

Memilih produk yang anda tidak punya sumber informasi akan menjadikan anda kesulitan menjelaskan kepada calon konsumen tentang detil produk yang anda jual.

Pilih produk atau layanan yang banyak dibutuhkan orang

Menjual Produk/layanan yang banyak dibutuhkan orang relatif lebih mudah laku, ketimbang produk yang sedikit orang butuh.

Apa itu produk yang banyak dibutuhkan atau banyak dibeli orang?. Cara yang umum dilakukan untuk mengetahui produk yang banyak dibutuhkan orang adalah dengan menghitung seberapa banyak orang cari informasi seputar produk tersebut melalui mesin pencari. Dalam hal ini mesin pencari paling populer adalah google.

Aktifitas untuk menemukan informasi tersebut dikenal dengan sebutan riset kata kunci.

Jika mau bisnis online sebagai penayang iklan

Kalau anda mau bisnis online sebagai penayang iklan, anda sebaiknya pilih sesuatu atau informasi yang paling dicari orang di internet.

Sebagai penayang iklan anda akan lebih banyak menulis artikel di blog blogspot atau blog di website anda. Artikel yang anda tulis hendaklah berupa informasi yang selalu dan banyak dicari orang. Menyajikan Informasi yang banyak dicari orang, gunanya agar blog anda banyak dikunjungi orang.

Karena semakin banyak pengunjung semakin besar penghasilan anda sebagai penayang iklan. Untuk itu lakukan riset kata kunci.

Untuk blog yang akan digunakan untuk bisnis online sebagai penayang iklan, sebaiknya jangan mengandalkan berita sebagai isi blog anda, karene berita akan segera dilupakan setelah beberapa hari kemudian.

Apapun yang anda tulis, jangan copy paste tulisan orang lain untuk mengisi blog anda. Mengisi blog dengan tulisan hasil karya orang lain tanpa izin akan merugikan anda sendiri.

 

Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online

Beberapa yang anda butuhkan selain produk yang mau dijual adalah:

  • Website atau blog tempat memasarkan produk
  • Beberapa rekening Bank
  • Sifat jujur
  • Sikap menomor satukan konsumen
  • Pengetahuan cara memasarkan bisnis online

Berikut ini penjelasan dari apa yang anda butuhkan untuk memulai bisnis online.

1. Anda butuh website atau blog

Anda bisa saja jualan melalui facebook, jualan di instagram, jualan pakai WA atau whatsapp, jualan di market place semisal di bukalapak.com, tokopedia, olx, shopee dll.

Menumpang jualan di website orang nampak seperti bisnis online tanpa modal. Tetapi, jika anda selamanya numpang jualan di market place punya orang lain, bisnis online anda tidak akan berkembang besar. Karena itu jika anda mau mengembangkan bisnis online sebaiknya punya website atau blog sendiri.

Artikel terkait:
Manfaat blog untuk bisnis online dan usaha offline

2. Anda butuh beberapa rekening bank

Anda perlu punya rekening tabungan di bank-bank populer di Indonesia ini. Semuanya atas nama 1 orang yang sama atau nama perusahaan anda.

Misal: bank Mandiri, bank BCA, bank BNI, bank BRI, bank syariah, dll.

3. Anda membutuhkan sifat jujur

Sekali anda tidak jujur, lalu ketidak jujuran anda terpublikasikan, maka orang tak akan lagi percaya berbisnis dengan anda. Konsumen akan menjauhi anda. Tidak jujur kepada konsumen berakibat bisnis online anda tidak akan sukses.

4. Sikap menomor satukan konsumen

Adakalanya anda perlu mengalah kepada konsumen, meskipun konsekwensinya anda harus merugi. Tapi itu adalah praktek bisnis online yang baik sekali.

Contoh: konsumen melapor kepada anda bahwa sepatu yg baru ia beli 3 bulan lalu sudah terkelupas. Anda sebagai penjual ada baiknya memberikan kompensasi kepada konsumen yg kecewa tersebut.

Misalnya mengembalikan beberapa persen dari harga, memberi diskon khusus untuk pembelian berikutnya, atau bahkan menukarnya dengan yang baru.

5. Anda butuh pengetahuan cara memasarkan bisnis online

Bagian ini adalah kebutuhan berikutnya setelah Anda memulai bisnis online. Sembari bisnis Anda berjalan Anda juga cari informasi bagaimana cara memasarkan bisnis Anda.

Bisnis online anda hanya akan sukses jika ada yang beli. Supaya ada yg beli, produk yg anda jual di website atau blog anda harus diketahui orang.

Supaya produk anda diketahui orang, website/blog dimana produk anda dipajang harus dilihat orang.

Upaya apa yg anda lakukan Supaya produk dilihat dan dibeli orang itu dikenal dengan sebutan “pemasaran”. Karena produk anda dipajang di media online, maka anda harus melakukan pemasaran online atau internet marketing. Melakukan pemasaran online adalah cara promosi bisnis online yang efektif. Bagus sekali jika anda memadukan internet marketing dengan pemasaran offline.

Anda bisa melakukan internet marketing sendiri atau membayar orang lain.

Buat blog atau website

Apa itu blog ?. Blog adalah bagian dari suatu website yg berisi artikel atau gambar yg ditampilkan di halaman web secara berurutan perjudul. Mulai dari judul yang bertanggal terbaru hingga terlama.

Kemudian yang dimaksud dengan website bila dilihat dari kegunaanya sama saja dengan blog. Namun kedudukan website lebih tinggi dari blog. Website bisa memiliki banyak blog, sementara blog tidak bisa memiliki website.

Blog menggunakan subdomain. Subdomain adalah bagian dari domain. Contoh: “http://carabisnisonline.blogspot.com” adalah sebuah blog dengan subdomain “carabisnisonline” yang merupakan sub domain dari “blogspot.com”.  Blog seperti ini disebut pula blog blogger.com

Hidup matinya sebuah blog diatas bergantung pada website yang menaunginya yaitu website blogspot.com.

Tapi “http://www.biajobisnis.com” yang sedang anda buka ini adalah sebuah website dengan domain “biajobisnis.com”.  Karena ia berdiri sendiri, maka tidak bergantung pada website manapun.

Namun demikian khusus blog blogspot bisa pula menggunakan nama domain sendiri. Contoh: http://carabisnisonline.blogspot.com bisa saja diganti menjadi carabisnisonline.net misalnya. Meskipun ia sebenarnya adalah sebuah blog dari blogspot.com dan tetap bergantung pada blogspot.com.

Bisnis ONLINE pakai Blog atau WEBSITE milik sendiri lebih baik

Membuat blog itu murah bahkan gratis, mengelolanyapun mudah. Untuk anda yang mau berbisnis online, memiliki blog atau website itu adalah cara bisnis online yang benar.

Blog atau website menjadi tempat dimana anda memajang gambar produk yg anda jual dan artikel pemasaran jasa anda. Orang bisa lebih mudah menemukan anda beserta jasa dan produk barang yang anda jual.

Anda memang bisa berbisnis online melalui blog/website punya orang lain, bisa pula melalui facebook, BBM. Namun memiliki blog/website sendiri jauh lebih strategis ketimbang facebook atau BBM. Karena blog/website bisa anda personalisasikan sesuai maunya anda.

Website atau blog yang anda buat hendaknya cocok dengan bisnis online yang akan anda lakukan.

Artikel terkait dengan membuat blog dan website:
Cara membuat blog blogspot
Cara membuat website 
Manfaat membuat blog sendiri
Kiat sukses bisnis online dengan website sendiri

Demikianlah artikel panduan cara bisnis online ini ditulis dengan tujuan membatu pemula memulai bisnis online dengan langkah-langkah yang benar.

Baca dan pahami Panduan selanjutnya Membuat website