4 Juni 2017

Cara membuat website sendiri dengan wordpress secara online

Anda yang ingin mengetahui cara membuat website dengan software wordpress sebaiknya membaca artikel panduan super lengkap ini sampai tamat. Karena ia panduan super maka artikel ini lumayan panjang. Ada lebih dari 3500 kata yang terangkai membentuk artikel panduan membuat website ini.

Tidak seperti blog wordpress.com yang gratis, membuat website menggunakan software wordpress ini memerlukan biaya.

Namun karena memiliki website jauh lebih baik, kebanyakan pebisnis yang sudah lama berbisnis umumnya memiliki website wordpress atau blog hosting berbayar ini.

Artikel terkait tentang mengapa memiliki website lebih bagus dari blog untuk bisnis silahkan baca lebih baik blogspot atau wordpress.

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkah membuat website dengan wordpress ini terlebih dahulu saya akan kembali jelaskan apa itu software wordpress.

WordPress adalah sebuah CMS atau “content management system” yang sangat populer digunakan oleh banyak pemilik website, dikarenakan mudah digunakan dan bisa didownload gratis.

Menggunakan CMS populer ini tidak sulit dan pengelolaan website anda bisa dilakukan dengan mudah melalui menu dasbor yang user friendly atau ramah pengguna.

CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN SOFTWARE WORDPRESS

Membuat website dengan wordpress itu relatif mudah dan tidak butuh biaya besar, namun cukup merepotkan jika anda belum pernah membuatnya.

Lebih baik anda pakai jasa pembuatan website untuk membuat website yang profesional atau website untuk bisnis, karena membuat website yang bagus benar-benar tidak mudah untuk pemula.

Namun bila anda ingin sekedar membuat website sederhana atau website pribadi anda bisa ikuti langkah-langkah cara membuat website berikut ini:

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE #1.  DAFTARKAN NAMA DOMAIN

Langka pertama dan sangat penting dalam panduan cara membuat website adalah mendaftarkan nama domain.

Nama domain adalah alamat website anda di internet yang berupa kata atau beberapa kata yang diapit oleh www… com/net/info, dan lain-lain.  Misalnya nama domain website saya ini www.biajobisnis.com.

Sebuah nama domain memberikan branding ekstra untuk web kita dan membuat lebih mudah bagi orang untuk mengingat URL kita.

Nama domain memerlukan biaya, biasanya antara Rp.80.000,- dan Rp.350.000,- setahun. Jadi setiap tahun anda harus memperpanjang hak pakai nama domain anda.

TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN

Nama domain adalah alamat atau URL beranda situs anda. contoh:

Situs biajo bisnis yang sedang anda buka ini alamatnya atau nama domainnya adalah:biajobisnis.com. Situs facebook nama domainnya adalah: facebook.com

Ada 2 pilihan nama domain yaitu:

  • Domain untuk membangun brand.
  • Nama domain untuk menargetkan kata kunci tertentu.

Nama domain untuk membangun Brand adalah pilihan pertama kalau anda hendak membuat website untuk membangun bisnis dalam jangka panjang.

1.TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN UNTUK MEMBANGUN BRAND

Pilih kata atau gabungan 2 kata yang tidak merujuk pengertian tertentu yang sudah dikenal orang.

Bagaimana mengetahui apakah kata pilihan anda sudah dikenal luas atau sudah terpublikasikan?. Anda bisa gunakan Google.

Contoh: Misalnya Anda pilih kata “mangga”.

Anda ketik di google kata “mangga”, maka google akan menampilkan gambar buah mangga, jadi kata “mangga” sudah merujuk arti tertentu yg sangat kuat.

Jadi kata “mangga” tidak cocok untuk domain anda kalau anda bermaksud membangun brand.

Anda bisa tambahkan beberapa hurup hingga menjadi misalnya “manggaya.com”.

Nama domain website ini adalah biajobisnis.com. Saya pakai nama domain tersebut karena tidak pernah ada yang menuliskannya di media online. Halaman hasil pencarian Google sendiri tidak pernah menampilkan kata “biajo” yang dimuat di web berbahasa Indonesia.

Sementara di desa tempat lahir saya kata “biajo” diartikan sebagai “belajar”. Jadi cocok sekali. Karena kata “biajo” sudah ada yang punya, maka saya tambahkan kata “bisnis”.

Contoh lain lagi: Misalnya anda pilih kata “bisnis kecil”. Apakah kata “bisnis kecil” cocok untuk membangun brand.

Kata “bisnis kecil” merujuk pada pengertian bisnis yang dimulai dengan modal kecil dan tidak memerlukan banyak pekerja untuk melakukannya.

Pengertian bisnis kecil yang demikian sudah melekat dalam benak setiap orang. Jadi kata bisnis kecil tidak cocok untuk membangun brand.

Anda bisa tambahkan atau ganti salah satu kata dengan kata lain, misalnya menjadi “lorongbisnis.com”

Kalau hendak menggabungkan dua kata: Pilih kata kedua yg diawali hurup konsonan.

Contoh gabungan 2 kata yaitu “bisnis” dan kependekan dari online yaitu “OL”, maka nama domainnya menjadi “bisnisol.com”.

Kata “bisnis” diawali hurup konsonan “b” dan kata “OL” diawali huruf vokal “O”.

Karena kebiasaan orang lebih suka mengawali suku kata dengan hurup konsonan  maka nama domain”www.bisnisol.com” boleh jadi akan diucapkan orang dengan “www bisnisol dot com” atau “www bisni sol dot com”, padahal anda ingin orang melafalkannya “www bisnis OL dot com”.

Anda mungkin bertanya kenapa tidak “bisnisonline” sekalian dijadikan nama domain. Kata “bisnisonline” berasal dari kata “bisnis” dan “online”, kata tersebut sudah merujuk pada arti yg jelas, maka tidak bisa menjadi nama domain branding

Kata yang cocok untuk dipakai sebagai nama domain untuk branding :
  • Kata atau gabungan 2 kata yang tidak mempunyai arti sama sekali, atau kalaupun mempunyai arti, namun tidak dikenal luas.
  • Bukan nama tempat.
  • Bukan nama orang lain.
  • Bukan nama produk orang lain.
  • Bukan nama perusahaan orang.
  • Kata yang tidak berkonotasi negatif.
  • Kata yang tidak memiliki hak cipta.
  • Kata yang tidak pernah ditulis/dipublikasikan di internet.

 

2. TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN KEYWORD

Nama domain ini digunakan untuk memenangkan persaingan merebut peringkat atas di mesin pencari, atau disebut pula keyword on domain.

Tidak berarti karena nama domain situs anda adalah sebuah keyword, maka situs anda pasti berperingkat bagus untuk kata kunci pencarian tersebut.

Kata yg ada dalam nama domain hanya salah satu dari ratusan faktor yg mempengaruhi rangking di Google.

Anda harus pilih nama domain sesuai dengan apa kata kunci yang anda inginkan.

Misalnya anda ingin situs anda berperingkat baik untuk kata kunci “bisnis kecil”, maka anda pilih kata “bisnis kecil” sebagai nama domain.

Jadi nantinya website anda akan memiliki URL : www.bisniskecil.com, www.bisniskecil.net atau www.bisniskecil.info dll.

Kalau kata “bisnis kecil” sudah dipakai orang maka anda bisa tambahkan dengan kata lain misalnya menjadi “ragam bisnis kecil“, “bisnismodalkecil“, dan variasi lainnya. Tapi sebaiknya jangan lebih dari gabungan 3 kata.

Pada prinsifnya semakin pendek nama domain semakin baik.

PENTING

Menentukan nama domain harus disesuaikan dengan website  apa yang hendak anda buat.

Contoh: bukalapak.com pasti tidak cocok untuk website tentang olahraga. Dengan membaca prasa “Bukalapak” orang akan asosiasikan dengan lapak tempat jualan. Karena itu bukalapak.com adalah pasar tempat jualan online.

Gunakan dot com(.com) atau dot co dot id(.co.id) karena semua website branding pakai dot com. Contoh: bukalapak.com, lazada.co.id, zalora.co.id, olx.co.id, google.com, facebook.com, blibli.com dll. Kebanyakan orang lebih suka mengasosiasikan sebuah alamat web dengan dot com.

Anda bisa beli dan daftar nama domain di penyedia jasa hosting. Anda sebaiknya pilih penyedia jasa hosting dan layanan pendaftaran nama domain yang bisa dipercaya dan user friendly. Untuk beli dan daftar nama domain silahkan klik disini.

CARA DAFTAR NAMA DOMAIN

Kunjungi idwebhost.com. Ketik nama domain pilihan anda pada kotak isian yang disediakan seperti terlihat pada gambar berikut ini:

cara membuat website dengan wordpress

Pada gambar diatas saya ingin mendaftarkan nama domain bisnispemula.com. Tapi bisa anda lihat nama domain bisnispemula dengan ekstensi .com dan .net sudah ada yang mendaftarkannya (Domain Exist). Satu-satunya yang belum didaftarkan adalah nama domain bisnispemula.id yang belum dimiliki orang (available). Jadi saya daftarkan saja nama domain dengan ekstensi .id (dotid) tersebut.

Selanjutnya karena anda mau buat website maka anda harus klik tombol hitam bertuliskan “beli domain & hosting.

Akan tampil formulir isian seperti berikut ini:

cara membuat website dengan wordpress self hosting
cara mudah membuat website hosting berbayar

 

Baris nama domain berisi nama domain pilihan anda yaitu bisnispemula.id.
Pada baris lama kontrak domain anda pilih 1 tahun.
Pada Baris paket hosting tersedia beberapa pilihan paket. Pilih saja yang menengah yaitu paket idPreMedium 350 MB (12.500/bln). Paket ini dipilih karena harganya cukup murah Rp.12.500,-/bulan dengan kuota penyimpanan file 350 MB.

Baris lama kontrak anda pilih yang 1 tahun saja.
Baris estimasi biaya adalah biaya yang harus anda bayar untuk pembelian nama domain dan paket hosting selama 1 tahun.

3 baris isian (tanda centang) berikutnya dibiarkan saja (tidak perlu diberi tanda centang )

Baris nama lengkap, alamat, kabupaten dan  seterusnya harus anda isi sesuai KTP.

Jangan lupa centang tulisan “ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian di idwebhost yang ditunjuk diatas”.

Selanjutnya klik “CHECKOUT“.

Pihak idwebhost akan mengirimkan email pemberitahuan tentang jumlah yang harus anda bayar dan rekening tujuan pembayaran serta penjelasan lainnya ke alamat email yang anda tulis di form isian diatas.

Setelah anda membayar dan melakukan konfirmasi pembayaran anda akan mendapatkan email pemberitahuan tentang aktifasi akun domain dan hosting di idwebhost.com berserta cara login ke akun domain dan hosting anda.

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE #2.  PILIH JASA HOSTING

Hosting adalah tempat kita meletakkan webiste dan semua halaman yang ada di website. Setelah kita merancang web kita di komputer pribadi maka agar dilihat banyak orang di internet maka kita perlu membuat website yang sudah dirancang online. Untuk itu anda membutuhkan jasa hosting.

Pada langkah beli nama domain anda telah dipandu untuk beli nama domain sekaligus pilih jasa hosting. Jadi memilih jasa hosting telah anda lakukan bersamaan dengan beli nama domain. Jadi langsung saja lompat ke langkah nomor 3.

Ada 2  Web hosting yang dapat kita pilih:Hosting gratis dan Hosting web berbayar. Anda boleh memilih jasa hosting gratis yang banyak bertebaran di internet, namun karena ia gratis maka sudah tentu tidak akan lebih baik dari hosting berbayar.

Jadi saya menyarankan anda pilih jasa hosting berbayar. Ada banyak kekurangan hosting gratis seperti batasan space atau ruang untuk menaruh file dan semua isi website kita, batasan bandwidth, dsb.

Namun jika website anda hanya untuk keperluan pribadi anda boleh pilih hosting gratis, atau anda cukup buat blog blogspot, dan anda tidak butuh jasa hosting.

Ada bayak web hosting yang tersedia di Indonesia dengan biaya hosting perbulan mulai dari RP.15.000,-.

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE #3.  INSTALL SOFTWARE WORDPRESS

Untuk install software wordpress anda hanya perlu login ke cpanel hosting anda di idwebhost.com dan instal software wordpress. Username dan password login ke cpanel bisa anda lihat di email yang dikirimkan idwebhost.com.

Berikut ini cara instal software wordpress di hosting anda.

Login ke cpanel. Ketik nama domain anda/cpanel, contoh: websitepemula.id/cpanel. lihat gambar berikut ini:

membuat situs web dengan wordpress

Isi username dan password seperti yang diinformasikan dalam email yang anda terima. Klik login.

Dilayar komputer anda akan tampil seperti berikut ini (saya ambil gambar tampilan hanya pada bagian paling bawah)

cara buat website dengan flatform wordpress

Pada gambar diatas anda bisa lihat icon WordPress. Klik ikon wordpress tersebut. Akan terlihat di layar komputer anda tampilan seperti berikut ini.

cara membuat website dengan wordpress

Selanjutnya anda klik install, akan muncul tampilan berikut ini.

cara membuat website

cara membuat website wordpress
cara membuat website sederhana
Keterangan cara isi form diatas:

Pada baris choose protocol anda pilih http://www.
pada baris choose domain pilih nama domain anda misal seperti contoh yaitu propertipalembang.com
Pada baris In Direktory anda kosongkan.
Pada baris Database Name isi misalnya: wp678 (terserah anda).
pada baris site name isi dengan judul website anda, misalnya:  Panduan mengelolah website untuk pemula.
Pada site description isi dengan penjelasan tentang website anda, misalnya: website tentang panduan membuat situs untuk bisnis dan pemasaran online untuk pemula.
Baris Admin Username dan Admin Password isi sesuai keinginan anda.
Pada baris select language: pilih “indonesian
Pada bagian select plugin: biarkan saja.
Advance option: biarkan saja
Pada pilihan select theme: anda klik salah satu theme yang anda sukai
Pada isian email installation detail to: tulis alamat email anda (informasi login dan password akan terkirim ke email ini)

Terakhir klik Install yang ada diatas kotak isian email installation detail to.

Sampai di sini prosses membuat website wordpress sudah selesai. Anda sudah selesai membuat website dengan nama domain tersebut.

Anda bisa buka di browser web anda dengan ketik: www.namadomainandatersebut.com. Kalu belum tampil tunggu beberaha hari atau hubungi tempat anda sewa hosting website anda.

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE #4. LAKUKAN BEBERAPA SETELAN AWAL

Beberapa setelan yang harus Anda lakukan adalah:

  • Membuat judul website yang  tepat
  • Membuat deskripsi penelusuran website.
  • Memilih theme yang cocok.

Berikut ini panduan setelan yang dimaksud

MEMBUAT JUDUL WEBSITE YANG TEPAT

Judul website adalah sebutan untuk website tersebut. judul website disebut pula “title”

Contoh: Judul website www.biajobisnis.com adalah: “Biajo Bisnis: Belajar Bisnis Online & Internet Marketing untuk pemula”.

ket: gambar diatas adalah menjelaskan penulisan judul pada website wordpress

Berikut ini tips membuat judul website

1. Pilih kalimat yang relevan dengan tentang apa website anda

Kalau website anda tentang informasi bisnis kecil, maka judul website anda misalnya: “Tips dan informasi tentang bisnis kecil”

2. Gunakan kalimat yang memuat kata atau gabungan kata yang populer

Untuk mengetahui apa kata atau prasa yang paling populer dan relevan dengan tema website anda, lakukan riset kata kunci . Cara melakukan riset kata kunci klik disini

3. Gunakan kalimat yang tidak sama dengan yang digunakan orang untuk judul

Anda buka sebanyak mungkin situs yang bertema sama dengan anda. Lihat judul yang mereka gunakan.

Gunakan google untuk mengetahui situs-situs atau blog yang tampil di 3 halaman teratas untuk kata kunci yang juga anda inginkan.

Misalnya setelah anda melakukan riset kata kunci, anda mendapatkan 3 kata kunci yang paling populer yang relevan dengan tema situs anda.

Misalnya kata:”bisnis kecil”, “usaha modal kecil”, dan “peluang usaha”, maka anda ketik di google masing-masing kata tersebut. 3 halaman teratas yang tampil di google adalah pesaing berat anda. Buat judul website anda yang tidak sama dengan mereka.

4. Gunakan kata yang baku dan tidak bersifat teknik

Misalnya ketimbang menggunakan kata “kece” masih lebih baik kata “cantik” dan “tampan”, tetapi tidak harus kalau kata “kece” juga populer.

Kata “Melakukan observasi” lebih bersifat teknis ketimbang “Mengamati”. Jadi pilih kata “Mengamati”

Prinsipnya pilih kata yang pengertiannya paling mudah dipahami orang.

Anda boleh saja memakai hanya kata yang digunakan sebagai nama domain sebagai judul.

Misalnya nama domain website anda www.bisnisgua.com, maka judul website anda menjadi “Bisnisgua” atau “Bisnis Gua”

Berikut ini video tutorial cara membuat judul website wordpress dan deskripsi penelusuran website

MEMBUAT DESKRIPSI PENELUSURAN WEBSITE

Apa itu deskripsi penelusuran?. Deskripsi penelusuran adalah kalimat atau beberapa buah kalimat yang menjelaskan isi website atau isi posting secara  singkat.

Memberikan deskripsi penelusuran pada website atau posting dimaksudkan untuk mempermudah google menentukan tentang apa website dan posting kita.

Form isian untuk membuat deskripsi penelusuran halaman beranda ada di menu Pengaturan –> umum seperti terlihat dibawah ini.

cara bikin website

Tampilan deskripsi penelusuran halaman beranda terlihat di google seperti dibawah ini.

tampilan-biajobisnis-di-google

Apa kata-kata yang cocok untuk deskripsi penelusuran?

Tips untuk deskripsi halaman beranda:

  1. Sisipkan kata kunci pencarian yang paling anda targetkan yang relevan dengan tema website.
  2. Buat deskripsi penelusuran yang berbeda dengan website manapun.
  3. Buat kalimat yang menarik dan menggambarkan isi website anda secara umum, sehingga dengan membaca deskripsi tersebut orang jadi ingin klik.

Karena deskripsi penelusuran adalah apa yang biasanya akan ditampilkan di halaman hasil pencarian mesin pencari, meskipun tidak selalu, maka sebaiknya buat deskripsi penelusuran semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membaca tulisan anda atau melihat produk yang anda jual.

Biasanya situs yang tampil di hasil pencarian mesin pencari dan memiliki deskripsi yang menarik lebih berpeluang diklik pengunjung internet.

MEMILIH THEME YANG COCOK

Apa itu theme?. Theme pada website itu seperti template pada blog blogspot. Theme itu adalah serangkaian file yang berisi baris-baris kode bahasa program komputer yang membentuk tampilan sebuah website serta fitur fungsinya.

Dalam praktek membuat website Anda harus memilih theme yang telah disediakan. Mungkin theme yang disediakan tersebut tidak menarik, anda mungkin akan menggunakan theme lain yang lebih baik. Maka berikut ini tips dalam memilih theme website.

Bagaimana sebaiknya memilih theme website wordpress

1. Pilih theme yang cepat loading

Silahkan anda pilih beberapa buah theme yang gratis, lalu gunakan sebagai theme website anda. Bandingkan seberapa cepat masing-masing theme tersebut. Anda harus pilih yang cepat loading.

Biasanya theme yang tampil indah lebih lambat loading daripada template/theme sederhana.

Anda bisa juga gunakan website analisa kecepatan situs seperti GTmetrix atau google speed tester .

Anda bisa melihat hasil analisa kedua situs tersebut berupa seberapa besar poin kecepatan website anda.

Kalau poin kecepatan website anda rendah, maka ada kemungkinan besar penyebabnya adalah anda mengunakan theme yang tidak cepat loading. Ganti theme website anda dengan theme yang lebih cepat loading.

2. Pilih theme yang responsive

Menggunakan Theme responsive menjamin website anda bisa dibuka di komputer, tab, dan ponsel sama baiknya,

Tanda bahwa anda menggunakan theme responsive adalah apabila anda tidak harus menggeser layar ponsel kekiri atau kekanan untuk melihat tampilan situs anda.

Theme website biajobisnis.com ini adalah contoh theme yang responsive.

3. Pilih theme yang tampil menarik/indah

Pengunjung pasti lebih suka melihat tampilan situs yang indah. Namun anda tidak boleh semata-mata mementingkan keindahan kalau harus membuat situs anda lambat loading atau mengalami kendala ketika dibuka melakui ponsel cerdas.

4. Hindari penggunaan slide atau animasi pada theme

Gambar slide atau animasi apalagi video yang terputar otomatis biasanya penyebab terbesar situs anda lambat atau susah loading. Apalagi kalau anda buka pakai ponsel cerdas.

Pengunjung internet yang menggunakan smartphone untuk membuka situs lebih banyak dari mereka yang menggunakan komputer atau laptop. Sedangkan tidak semua smartphone memiliki kemampuang menampilkan slide atau animasi dengan baik.

Dibawah ini adalah video tutorial cara memasang atau mengganti theme untuk website wordpress

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE #5.  ISI WEBSITE ANDA

Yang lebih dominan sebagai isi website adalah teks dan gambar. Teks dan gambar tersebut dimuat kedalam bentuk yang disebut posting atau artikel.

Kalau anda sudah terbiasa membuat blog gratis wordpress.com akan lebih mudah lagi mengisi website. Karena cara menulis dan memasukkan gambar tidak berbeda jauh.

Menulis posting disebut juga menulis artikel atau menulis posting artikel.

Pertama tama anda login ke dashboard wordpress.

Ketik di address bar firefox atau chrome anda:  http://www.namadomainanda/wp-admin/

Akan tampil form login seperti berikut ini:

form login wordpress

Anda isi nama pengguna dengan username yang anda isikan pada saat install wordpress ke hosting website anda, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

info deitl intal wordpress

klik gambar untuk melihat lebih jelas

Nama pengguna/admin username adalah:…..

Password/Admin password adalah:…..

Kemudian klik masuk log

akan terbuka dashboard wordpress seperti berikut ini:

cara membuat website dengan mudah

buat posting 1

Klik tulisan Pos>Tambah Baru

 

 

Akan terbuka tampilan layar seperti dibawah ini:

layar buat posting

klik gambar untuk melihat lebih jelas

pada kotak isian bertuliskan “masukkan judul disini” anda isi dengan judul posting anda. Misalnya judul posting artikel anda adalah: “bagaimana cara membuat blog blogspot“.

Bagaimana sebaiknya membuat judul posting

tempat judul posting wordpress

Artikel yang sedang anda baca ini adalah sebuah posting yang berjudul “Cara membuat website dengan wordpress secara online”.

Tips memilih kata untuk judul posting:

  1. Sisipkan kalimat yang berupa kata kunci yang paling anda targetkan sesuai tofik yang anda tulis dalam artikel tersebut. Lakukan riset kata kunci.
  2. Jangan sama dengan judul website atau judul blog anda.
  3. Jangan sama dengan judul posting orang lain.
  4. jangan sama dengan judul posting anda yang lain.
  5. Usahakan judul posting tidak lebih dari 8 kata.

Selanjutnya kotak besar background warna putih adalah tempat anda menulis isi artikel anda.

Setelah selesai menulis artikel anda, beri kategori pada tulisan anda tersebut. Misalnya kategori artikel yang anda tulis adalah: blogspot, maka anda klik +Tambah kategori Baru. Lalu tulis “blogspot” pada kotak isian dibawahnya, kemudian tekan tombolTambah Kategori Baru” (lihat gambar dibawah ini!)

gambar memberi kategori posting

 

Langkah selanjutnya buat deskripsi penelusuran untuk posting tersebut.

Untuk membuat deskripsi penelusuran posting sebaiknya anda gunakan Plugin Yoast SEO. Mengapa harus menggunakan plugin Yoast SEO.

WordPress hanya menyediakan form isian deskripsi penelusuran untuk halaman beranda website, tidak ada form isian untuk membuat deskripsi penelusuran posting artikel.

Plugin Yoast SEO ini gratis. Setelah terinstall di website anda, maka secara otomatis ia akan segera bisa digunakan dengan mudah. Form isian deskripsi penelusuran akan tampil di bagian bawah layar editor posting.

cara membuat website sendiri

Deskripsi penelusuran posting yang tampil di halaman google seperti nampak pada gambar dibawah ini.

Gambar diatas adalah salah satu posting di biajobisnis.com, dibawah judul posting adalah deskripsi penelusuran posting tersebut.

Deskripsi penelusuran tersebut dibuat menggunakan form dari Plugin Yoast SEO seperti terlihat di bawah ini.

Tips memilih kata untuk deskripsi posting

  1. Sisipkan kata kunci pencarian yang paling anda targetkan yang relevan dengan tofik posting anda.
  2. Jangan membuat deskripsi yang sama dengan deskripsi beranda atau deskripsi posting lain.
  3. Semua kata dalam deskripsi termasuk kata kunci pencarian yang anda sisipkan hendaklah terangkai dalam kalimat yang baik.
  4. Buat deskripsi semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membaca posting anda.

Jika sudah selesai menulis artikel, memberikan kategori dan membuat deskripsi penelusuran, maka anda bisa lihat preview artikel anda. Untuk melihat bagaimana tampilan posting anda silahkan klik tombol “Pratampil”. (lihat gambar dibawah ini!)

tombol pratampil dan terbitkan

Selanjutnya kalau dirasa semuanya sudah benar maka anda bisa terbitkan dengan menekan tombol “Terbitkan” (lihat gambar diatas !)

Proses membuat posting artikel selesai anda lakukan. Bagaimana cara memasukkan gambar atau video pada posting anda ?. Akan kita bahas pada materi selanjutnya.

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE #6.  PROMOSIKAN WEBSITE AGAR DIKUNJUNGI ORANG

Cara terpopuler untuk mempromosikan website adalah melalui pengoptimalan website kita agar ramah mesin pencari atau SEO.

Setelah anda tahu cara membuat website sederhana dengan mengikuti panduan ini. Anda harus mempelajari bagaimana menulis artikel di situs anda agar sesuai standar penulisan yang google friendly.

Terus menerus memperbarui dan menambah konten web kita akan memperbaiki peringkatnya di mesin pencari.

Hal ini mungkin sangat sulit, tetapi itu adalah cara termurah dan dapat menghasilkan hasil yang baik jika kita tekun melakukannya.

Anda bisa menggunakan plugin SEO untuk menjadikan website anda lebih ramah mesin pencari sehingga bisa memiliki peringkat yang bagus.

Cara lain untuk mempromosikan situs meliputi: info dari mulut ke mulut, email, dan iklan.

Kita harus menyertakan URL kita pada semua korespondensi profesional. Kita dapat meletakkan URL kita di signature email kita beserta alamat email kita.

Atau kalau anda punya akun facebook anda bisa menuliskan alamat website anda di update status facebook anda.

LANGKAH CARA MEMBUAT WEBSITE  #7.  RAWAT WEBSITE AGAR SELALU ONLINE DAN SEHAT

Anda tidak sebatas perlu mengetahui cara membuat website. Anda juga perlu tahu bagaimana merawat website anda. Merawat website adalah bagian yang sangat penting untuk menjamin website anda selalu online dengan benar dan tampil selalu baik di internet.

Pemeliharaan ini meliputi analisa kesehatan webiste anda, melihat apakah ada error yang terjadi pada website anda.

Bila anda menemukan error atau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada website anda maka segera lakukan perbaikan.

Merawat website anda tidak akan terlalu sulit karena ada banyak tersedia plugin untuk perawatan website anda, banyak dari plugin tersebut gratis.

Anda juga bisa bergabung dalam forum online yang relevan,. Anda bisa mencari jawaban untuk banyak pertanyaan yang berhubungan dengan  cara membuat website yang baik dalam forum tersebut.

Jadi mungkin pemeliharaan website ini akan membosankan namun ini bagian yang sangat penting untuk menjamin website anda bisa membawa anda pada pencapaian tujuan anda memiliki website.

Untuk mempermudah anda merawat dan mengelola website anda sebaiknya memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola website lebih mudah.

Demikianlah cara membuat website wordpress. Jika anda ingin bikin blog gratis anda sebaiknya terlebih dulu baca artikel panduan cara membuat blog.