Tips memilih theme wordpress yang tepat

Sebelum masuk ke materi “tips memilih theme” ini, anda telah membaca materi terdahulu yaitu “cara membuat website wordpress“. Anda juga seharusnya sudah membuat sebuah website.

Dalam praktek membuat website pada materi yang lalu anda boleh memilih theme apapun yang telah disediakan.

Mungkin theme yang disediakan tersebut tidak menarik, anda bisa ganti dengan theme lain yang lebih baik. Maka berikut ini tips dalam memilih theme website.

Apa itu theme?. Theme pada website itu seperti template pada blog blogspot. Theme itu adalah serangkaian file yang berisi baris-baris kode bahasa program komputer yang membentuk tampilan sebuah website serta fitur fungsinya.

theme wordpress

Bagaimana sebaiknya memilih theme website wordpress

1. Pilih theme disesuaikan dengan jenis WEBSITE yang Anda mau buat.

Jika Anda sekedar mau buat web pribadi yang berisi artikel tulisan anda, maka tidak susah menemukan theme gratis yang bisa Anda download setiap saat.

Namun Manakalah Anda mau buat misalnya WEBSITE toko ONLINE atau website marketplace, maka menentukan theme gratis yang tepat menjadi sulit.

Akan lebih baik pakai theme premium meskipun harganya tidak murah. Contoh theme wordpress premium untuk WEBSITE marketplace properti seperti: Propertipalembang.com.

2. Pilih theme yang cepat loading

Silahkan anda pilih beberapa buah theme yang gratis, lalu gunakan sebagai theme website anda. Bandingkan seberapa cepat masing-masing theme tersebut. Anda harus pilih yang cepat loading.

Biasanya theme yang tampil indah lebih lambat loading dari pada theme sederhana.

Anda bisa juga gunakan website analisa kecepatan situs seperti GTmetrix atau google speed tester .

Anda bisa melihat hasil analisa kedua situs tersebut berupa seberapa besar poin kecepatan website anda.

Kalau poin kecepatan website anda rendah, maka ada kemungkinan besar penyebabnya adalah anda mengunakan theme yang tidak cepat loading. Ganti theme website anda dengan theme yang lebih cepat loading.

3. Pilih theme yang responsive

Menggunakan Theme responsive menjamin website anda bisa dibuka di komputer, tab, dan ponsel sama baiknya,

Tanda bahwa anda menggunakan theme responsive adalah apabila anda tidak harus menggeser layar ponsel kekiri atau kekanan dan tidak juga harus memperbesar tampilan layar (zoom) untuk melihat tampilan situs anda lebih jelas.

Theme website biajobisnis.com ini adalah contoh theme yang responsive.

4.  Pilih theme yang tampil menarik/indah

Pengunjung pasti lebih suka melihat tampilan situs yang indah. Namun anda tidak boleh semata-mata mementingkan keindahan kalau harus membuat situs anda lambat loading atau mengalami kendala ketika dibuka melakui ponsel cerdas.

5. Hindari penggunaan slide atau animasi pada theme

Gambar slide atau animasi apalagi video yang terputar otomatis biasanya penyebab terbesar situs anda lambat atau susah loading. Apalagi kalau anda buka pakai ponsel cerdas.

Pengunjung internet yang menggunakan smartphone untuk membuka situs lebih banyak dari mereka yang menggunakan komputer atau laptop. Sedangkan tidak semua smartphone memiliki kemampuan menampilkan slide atau animasi dengan baik.

Dibawah ini adalah video tutorial cara memasang atau mengganti theme untuk website wordpress

Tinggalkan Balasan