Dasar-dasar SEO: cara SEO on page dan SEO off page

Anda blogger atau webmaster, maka anda perlu belajar SEO untuk mengetahui dasar-dasar SEO. Apa itu SEO dan bagaimana cara SEO yang benar untuk pemula ?.

SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” atau usaha membuat blog atau website tampil di peringkat terbaik di halaman hasil pencarian search engine, untuk keyword yang diinginkan.

Berdasarkan cara melakukannya SEO terbagi 2 bidang : cara SEO on Page dan cara SEO off page. Kedua Cara SEO tersebut memegang peranan sama-sama penting. Memahami kedua cara SEO tersebut sangat penting bagi setiap pebisnis online atau internet marketer.

Artikel ini adalah penjelasan singkat tentang dasar-dasar SEO untuk pemula

Penjelasan ringkas tentang dasar-dasar SEO dan 2 cara SEO mendasar

1. SEO on page.

Apa itu SEO on page ?. SEO on page adalah semua usaha yang dilakukan pada artikel kita di blog atau pada semua bagian di blog kita secara keseluruhan, agar artikel di blog atau blog secara keseluruhan lebih relevan dengan keyword atau prasa keyword yang diketik pengunjung di kotak Google pencarian.

Bagaimana Cara SEO on page

Cara SEO on page adalah:

  • Pilih template yang SEO friendly.
  • Gunakan nama domain yang menarik.
  • Pilih tema atau topik utama blog/website yang tepat.
  • Tentukan judul blog/website dan deskripsi blog yang benar dan relevan dengan tema utama blog/website.
  • Tulis artikel yang membahas seputar tema utama blog/website.
  • Tulis artikel secara teratur dan unik.
  • Tulis artikel yang relevan dengan keyword yang ditargetkan.
  • Gunakan ejaan kata yang benar dan susunan kalimat yang baik.
  • Sering-sering update artikel agar selalu relevan dengan perkembangan terbaru.
  • Fokus pada menargetkan prasa kata kunci keyword yang sedikit. Jangan terlalu banyak menargetkan prasa keyword pada setiap artikel.
  • Buat link internal menuju halaman lain yang relevan. Mengenai cara membuat link internal yang baik dan benar di blog sendiri silahkan klik cara membuat link internal di blog yang baik.
  • Jangan buat link keluar menuju situs yang tidak relevan atau berkualitas rendah.

Baca selengkapnya: SEO on page

2. SEO off Page

Apa itu SEO off page ?. SEO off page adalah usaha yang kita lakukan dari luar situs atau blog kita Atau dengan kata lain SEO off page itu adalah bagaimana kita memberikan dukungan kepada blog kita dari situs/blog lain. Dukungan tersebut berupa memberikan backlink.

Jadi SEO off page itu singkatnya adalah usaha memberikan backlink kepada konten artikel di situs kita. Backlink yang kita berikan hendaklah berkualitas agar memberikan dampak positif meningkatkan peringkat artikel di halaman hasil pencarian google. Untuk mengetahui cara mendapatkan backlink berkualitas silahkan baca artikel saya yang lain di blog ini tentang cara memberikan backlink berkualitas kepada blog.

Cara SEO off Page meliputi:

  • Memberikan backlink kepada halaman di blog kita dari situs luar atau konten dari situs eksternal yang relevan dan berkualitas.
  • Mempromosikan situs atau konten situs di berbagai website sosial bookmark seperti Delicious, reddit, stumbleupon, digg, dan lain-lain.
  • Menyebarkan link menuju situs atau konten situs kita di media sosial, semisal Google+, Facebook dan twitter.
  • Menulis artikel di blog orang lain dengan menempatkan link menuju situs blog kita yang relevan.

Semua hal tentang SEO off page ini bila diringkas adalah bagaimana usaha kita memberikan backlink berkualitas kepada konten atau artikel di blog kita dengan tujuan untuk meningkatkan peringkatnya di halaman hasil pencarian Google.

Lebih lengkap bisa anda baca dalam artikel tentang SEO off page

Beberapa Website ternama yang membahas dari dasar-dasar cara SEO website hingga teknik SEO tingkat lanjut.

Semua website tersebut menulis artikel tentang SEO dalam bahasa Inggris. Kalau anda tidak bisa memahami bahasa Inggris dengan benar anda bisa belajar SEO dengan membaca artikel di biajo bisnis dalam kategori SEO. Apa yang saya tulis selalu merujuk pada beberapa situs spesialis SEO diatas.

Tips seputar SEO

Cara seo website atau cara SEO blog itu mengikuti logika manusia. Apapun algoritma ranking Google yang dirilis tujuannya tetap sama, yaitu menampilkan hasil pencarian yang paling berkualitas dan relevan dengan query yang diketik pencari informasi melalui mesin pencari google.

Setiap algoritma yang baru melengkapi dan menyempurnakan algoritma yang lama, dengan tujuan meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Jadi cara optimasi SEO yang benar kapanpun relatif tetap sama dengan apa yang kita pikirkan selama ini, yaitu bagaimana membuat google percaya bahwa konten yang kita terbitkan paling bernilai. Namun karena kian hari google kian pandai maka metode penilaian otomatis yang dikerjakan sang algoritma meningkat mendekati logika manusia.

cara seo yang benar

Tapi tentu saja ia selalu tidak sempurna, maka ada cela-cela yang bisa dimanfaatkan untuk mengelabui sang mesin pencari, itulah yang dikenal dengan trik SEO.

Apa yang menjadi pertimbangan Google dalam menentukan ranking

1. Unikisme atau seberapa unik artikel memenuhi standar google panda

Inilah yang pertama kali dilihat google. Artikel yang unik adalah yang paling dianggab bernilai. Logikanya saja, buat apa google menyimpan 2 artikel yang identik. Bukankah hanya akan memenuhi space media penyimpanan mereka. Sementara artikel unik atau lain dari yang pernah ada akan memperkaya ragam informasi yang tersimpan dalam gudang informasi google.

Sebaiknya jangan menulis artikel yang relatif sama dengan apa yang ditulis di blog orang lain, apalagi kalau ditulis dalam kurun waktu yang sama semisal mengikuti kontes SEO.

Dua buah atau lebih posting dengan judul dan isi yang sama namun beda URL atau disebut duplikat tag judul dan 2 buah atau lebih URL dengan deskripsi yang sama (duplikat deskripsi) tidak disukai google panda, karena itu posting tersebut akan turun peringkat.

Tidak hanya unik ia juga harus memiliki jumlah kata dan kalimat yang memadai dengan variasi kata yang kaya. Harus juga cukup relevan antara tofik, judul dan isi secara keseluruhan.

2. Penulis artikel atau author

Pasti masuk akal kalau artikel tulisan Prof. BJ. Habibie tentang teknologi pesawat terbang tampil di halaman pertama utuk query ” teknologi pesawat terbang” atau query yang relevan. Terlepas dimanapun artikel tersebut diterbitkan, bahkan seandainya ia terbit di blog tidak terkenal seperti blog saya.

Hanya saja pertanyaannya apakah Google sebagai sebuah mesin pencari mengenal Prof. B.J. Habibie sebagai seorang pakar dalam industri pesawat.

Meskipun google mengenal beliau, belum tentu google bisa memastikan bahwa artikel tersebut benar-benar ditulis oleh prof. B.J. Habibie.

Mungkin google akan memeriksa apakah ada link tertaut ke akun google beliau, apakah ada link ditaut dari akun google beliau menuju website dimana tulisan beliau diterbitkan, dan masih banyak lagi metode yang google gunakan untuk memastikan keterkaitan antara penulis dengan apa yang ditulis.

3. Penerbit atau di mana artikel diterbitkan

Untuk alasan google belum tentu mengenal siapa yang menulis sebuah artikel, maka google akan melihat dimana artikel tersebut diterbitkan.

Logikanya, pasti tidak mudah menerbitkan artikel di situs ternama dan punya otoritas tinggi dibidang tertentu. Katakanlah misalnya, kalau saya mengirim artikel tentang SEO ke admin moz.com untuk diterbitkan, tidakkah nanti Rand Fishkin mentertawai saya, lalu membuang kiriman saya ke kotak sampah.

Sebaliknya kalau Rand Fishkin menulis artikel SEO di blog saya, apakah bisa dipastikan artikel tersebut akan tampil di peringkat atas pula. Apalagi kalau Google tidak bisa memastikan bahwa Rand fishkin yang dimaksud adalah benar-benar rand fishkin yang terkenal tersebut.

Termasuk pada bagian ini adalah bagaimana sisi on page blog tersebut. Sisi on page itu seperti desain situs. Situs blog/website anda harus memiliki template yang didesain dengan mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahan diakses, baik mudah diakses robot google maupun pengunjung blog anda, atau orang menyebutnya blog SEO friendly.

Untuk mengetahui apakah template blog anda SEO friendly silahkan klik cara mengetahui template blog seo friendly dengan tool gratis.

Bagaimana cara SEO yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan

1. Jangan menulis tentang apapun di internet selain spesifikasi kita

Kalau anda memiliki blog tempat belajar SEO untuk pemula, sebaiknya jangan menulis tentang tips kecantikan di blog tersebut. Bolehlah anda menulis artikel dengan tema beragam di manapun diterbitkan, asalkan anda bisa memastikan artikel yang anda tulis dan di mana artikel tersebut diterbitkan tidak terkait dan dikaitkan dengan akun Google+ anda yang sama.

Semakin banyak artikel berkualitas dengan tema yang relevan dengan sfesifikasi anda dan tampil di halaman pertama dengan anda sebagai pengarangnya, semakin tinggi pula nilai poin untuk ranking kepengarangan anda. Dan lambat laun google akan mengasosiasikan anda dengan sesuatu yang sfesifik.

Kalau saya Abdul Majid menulis banyak artikel di blog ini dan di mana saja dengan tema yang selalu sama, misalnya artikel SEO. Nama saya boleh jadi akan terekam dalam ingatan anda sebagai penulis khusus tema SEO, apalagi kalau tulisan saya enak dibaca dan mengena di hati anda.

Jadi ketika suatu saat anda ingin baca artikel tentang SEO, lalu anda melihat nama saya di hasil pencarian google, besar kemungkinan anda akan klik artikel tulisan saya.

Coba kalau saya menulis 200 artikel dengan 30 tema yang berbeda, anda pasti kesulitan mengasosiasikan saya dengan apa. Jadi anda hanya akan mengenal saya sebagai blogger yang banyak menulis di internet, hanya itu saja, tidak ada efek untuk membangun brand sama sekali.

2. Pastikan anda memiliki akun Google+ dan aktif menggunakannya

Meskipun bukan faktor utama tapi tidak bisa disangkal lagi bahwa authorship atau status kepengarangan google itu mempengaruhi hasil pencarian.

Jadi kalau anda mengaitkan tulisan anda dengan akun google+ yang secara otomatis memastikan google menulis anda sebagai sang pengarang, maka itu akan memberi poin untuk peringkat kepengarangan anda (author rank).

Aktif bersosialisasi di google+ setidaknya dengan memberi +1 untuk artikel anda, sehingga link menuju artikel anda tampil di beranda google+ dan terlihat oleh teman-teman dalam lingkaran anda. Jika pengguna Google+ membaginya maka poin akan kembali anda dapatkan, apalagi kalau yang membagi adalah orang yang populer di bidang yang relevan dengan konten yang mereka bagi.

3. Buat akun Google baru untuk blog anda yang beda tema

Mungkin ini berlebihan, tapi saya pikir ini salah satu cara aman agar tidak memberikan efek mengurangi poin ranking kepengarangan.

Logikanya begini, untuk memberikan hasil yang sangat berkualitas google akan menampilkan artikel dengan tema tertentu yang ditulis oleh penulis kenamaan dalam bidang tersebut. Artinya spesialisasi yang memegang peranan.

Jadi kalau anda membuat 3 buah blog yang berbeda tema, lalu anda mengaitkan blog-blog tersebut dengan akun Google+ yang sama, maka anda bukan seorang spesialis. Dan status kepengarangan anda bukan spesialis di suatu bidang.

Tentu saja anda bisa membuat banyak blog dengan tema yang benar-benar berbeda, tapi apakah mungkin anda bisa menguasai banyak bidang yang masing-masing berbeda jauh. Anda boleh yakin bisa, tapi google belum tentu akan percaya.

Ini juga berguna agar orang dan google bisa lebih mudah mengasosiasikan anda dengan sesuatu. Setelah anda berhasil diasosiasikan dengan sesuatu maka brand anda terbentuk.

Baca juga cara meningkatkan peringkat blog di google.

Kesimpulan

  • Optimasi SEO itu adalah apa yang harus anda ketahui dan praktekkan agar blog atau website anda memenuhi standar kualitas Google dan mesin pencari lain.
  • Ada 2 bidang SEO yaitu: SEO on page dan SEO off page. Kedua bidang itu sama-sama penting. Namun mulailah dengan belajar SEO on page terlebih dulu. Pahami dan praktekkan.
  • Apapun Algoritma yang dikeluarkan google, tujuannya tetap sama yaitu menampilkan konten yang ditulis oleh penulis berkualitas di peringkat teratas.
  • Artikel berkualitas itu adalah artikel yang ditulis oleh penulis dengan brand yang relevan dengan tema/tofik tulisan.
  • Tidak punya google+ sama saja tidak google friendly. Artinya anda tidak butuh google sebagai mesin pencari.
  • Mengaitkan diri anda sebagai blogger atau penulis multi tema dengan akun Google+ yang sama berakibat anda sulit terasosiasikan dengan sesuatu yang sfesifik.
  • Jangan kaitkan akun google+ yang sama untuk blog anda dengan tema yang benar-benar beda.
  • Anda boleh setuju atau membantah pendapat saya. Silahkan koreksi dan berikan tambahan dalam komentar anda.

Demikianlah artikel tentang cara SEO yang benar. Artikel ini adalah dasar-dasar cara meningkatkan SEO untuk website atau blog anda. Ini adalah yang harus diketahui pemula untuk melakukan SEO yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *